pt tap talk teknologi blog
Instagram DM

5 Cara Manfaatkan Instagram DM untuk Bisnis

By Jessica Jacob
09 / 09 / 2021

Instagram telah menjadi platform social media yang sangat populer, terutama untuk berbisnis. Para penggunanya dapat dengan mudah menemukan dan terhubung dengan suatu brand

Melalui Instagram, bisnis dapat mengunggah foto, video, atau story untuk memperkenalkan produk/layanan yang mereka punya. Selain itu, mereka dapat berinteraksi dengan followersnya melalui fitur comment, like, atau DM (direct message).

Dibandingkan comment dan like, DM memiliki peran yang penting dalam membangun hubungan antara brand dan pengguna. Dengan direct message, suatu brand dapat terhubung secara personal dan real time dengan followers-nya.

Instagram dm

Penggunaan strategi marketing yang tepat melalui DM Instagram dapat memungkinkan Anda memperoleh lebih banyak prospek serta meningkatkan rasio konversi.

baca juga: Tips untuk melakukan instagram marketing yang harus kamu tahu

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui bagaimana DM dapat membantu membangun brand Anda:

1. Membangun Hubungan dengan Pengguna

Pesan langsung Instagram adalah cara sempurna untuk memperkuat hubungan brand Anda dengan pengguna. Anda dapat membuat saluran komunikasi yang bermakna dengan followers Anda atau calon followers lainnya.

Contohnya, ketika followers Anda menyebutkan atau tag brand Anda di Instagram, Anda dapat mengucapkan terima kasih kepada mereka melalui DM atau komentar posting mereka.

Hal seperti Ini menunjukkan bahwa Anda menghargai mereka. Selain itu, jika mereka Anda membalas story atau reels Instagram Anda, pastikan untuk membalas kembali pesan mereka.

2. Membuat Koneksi yang Lebih Luas

Gunakan DM Instagram untuk menjalin & membuat koneksi baru. Influencer marketing adalah cara terbaik untuk meningkatkan jangkauan bisnis Anda dan membuat brand Anda dapat dipercaya. 

Influencer sering kali menyebutkan kontak mereka di bio profil, tetapi terkadang menghubungi mereka melalui email menghabiskan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan Instagram DM untuk menghubungi mereka dengan lebih cepat.

Sebelum menghubungi mereka, Anda perlu memantau platform mereka dan memahami bidang minat & nilai mereka.

Setelah itu, kirimi mereka pesan ramah dan jelaskan alasan menghubungkan mereka, apa yang Anda cari dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan influencer.

Instagram DM dari sebuah brand dapat lebih cepat menarik perhatian Influencer, jadi pastikan pesan yang Anda kirim juga tidak merusak citra brand Anda.

3. Minta Feedback ke Followers Anda

Untuk membangun brand, sangat penting untuk melakukan peningkatan, dan untuk itu, Anda dapat menggunakan DM untuk mencari feedback dari followers Anda. Amati bagian komentar Anda, untuk menemukan pengguna yang sangat vokal tentang brand Anda.

Selain berinteraksi di post, juga berbagi pendapat tentang produk Anda. Dibandingkan meminta feedback di forum publik, Anda dapat menghubungi followers aktif Anda untuk mendapatkan masukan eksklusif tentang brand Anda. Feedback yang Anda minta bisa berupa pengalaman mereka dan saran.

Ke depannya, saran ini bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda juga.

4. Shoutout Produk Melalui DM

Gunakan Instagram DM untuk mengumumkan peluncuran produk atau layanan baru. Instagram memberikan kebebasan untuk membuat grup obrolan pribadi dari followers setia Anda, Anda dapat memberitahu mereka terlebih dahulu melalui grup ini. 

Anda dapat menggunakan Instagram DM untuk memberikan bocoran produk baru kepada pengikut Anda yang loyal. Selain itu, Anda juga bisa membagikan penawaran khusus terkait produk baru atau dapat membagikan kode kupon melalui DM, yang dapat digunakan secara online.

5. Tingkatkan Customer Support

Customer support yang cepat merupakan bagian integral yang meningkatkan penjualan dan menghasilkan prospek. Selain itu, customer support juga mengembangkan identitas brand yang baik.

90% pengguna Instagram sudah mengikuti akun bisnis dan mereka sering menghubungi bisnis tersebut untuk menyelesaikan masalah dengan penjualan yang ada atau sebelumnya.

Sering kali DM yang masuk sangatlah banyak, tetapi Anda tidak perlu khawatir dalam membalasnya sendiri karena Anda dapat menggunakan menggunakan Instagram DM API

Dengan omnichannel seperti OneTalk by Taptalk.io, Anda dapat mengintegrasikan Instagram DM bersama platform messenger lainnya yang Anda miliki. Semua pesan ini akan masuk ke dalam satu inbox, sehingga Anda tidak perlu ribet membuka satu per satu tiap platform.

Dengan OneTalk, Anda juga bisa membuat pesan otomatis ketika Anda tidak bisa langsung membalas DM follower Anda. Selain itu, masih banyak lagi fitur bermanfaat yang bisa Anda gunakan. Untuk memahami yang lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami di sini.

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Jessica Jacob

20 / 07 / 2023

Dalam dunia yang semakin terhubung dan serba digital ini, menuntut kita sebagai masyarakat yang adaptif dan selalu melakukan berbagai inovasi. Kini, inovasi-inovasi tidak serta merta hanya untuk peningkatan mutu dan jumlah, tetapi juga untuk persaingan dalam penguasaan dan pengembangan teknologi dunia. Salah satu kemajuan teknologi yang kini sedang ramai jadi perbincangan adalah kemajuan kecerdasan buatan […]

Read More

By Jessica Jacob

03 / 02 / 2024

Profesi sales executive adalah salah satu pekerjaan yang sangat dinamis dan menantang. Seorang sales executive bertanggung jawab untuk menjual produk atau jasa perusahaan kepada pelanggan potensial. Tidak hanya itu, mereka juga harus mampu membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, memahami kebutuhan mereka, dan memberikan solusi yang tepat.  Keberhasilan sales executive tidak hanya memengaruhi pendapatan perusahaan […]

Read More

By Jessica Jacob

09 / 05 / 2022

Pelanggan selalu mengharapkan interaksi yang bermakna ketika mereka menghubungi sebuah bisnis. Mereka juga menginginkan jawaban yang konsisten untuk pertanyaan mereka baik untuk tujuan sales, marketing, atau mendapatkan bantuan. Tanggapan yang cepat dan relevan selalu menambah nilai komunikasi yang baik. Sayangnya, sebagian besar agent customer service masih belum cukup terlatih untuk memahami alur dan seluk-beluk percakapan […]

Read More
1 2 3 110
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer