pt tap talk teknologi blog
Cara Mudah Membuat Link Pesan Auto Text WhatsApp

Cara Mudah Membuat Link Pesan Auto Text WhatsApp

By Jessica Jacob
20 / 10 / 2022

Sebelum membahas mengenai pesan Auto Text WhatsApp, tahukah Anda, 90% konsumen global mengatakan bahwa mereka akan belanja lebih banyak dengan perusahaan yang mempersonalisasi layanan yang mereka tawarkan. 

Ditambah lagi dengan efek samping pasca pandemi, banyak brand kini beralih ke WhatsApp dan platform perpesanan serupa untuk berinteraksi dengan pelanggan dengan cara yang efektif.

Brand menggunakan WhatsApp dalam berbagai cara yang memperluas bagaimana mereka melayani pelanggan dan organisasi internal mereka. Terlebih kini pebisnis dapat menggunakan WhatsApp Business dengan banyak fitur yang berguna bagi interaksi antara pelanggan dan bisnis.

Cara Mudah Membuat Link Pesan Auto Text WhatsApp

Salah satu fitur yang sangat membantu bisnis ketika menggunakan WhatsApp adalah Auto Chat dan Auto Text yang muncul ketika pelanggan membuka link tertentu.

Bagaimana cara membuat link Auto Chat WhatsApp? Apa itu Auto Text WhatsApp? Apa saja yang bisa dilakukan Auto Text WhatsApp untuk bisnis Anda? Baca selengkapnya di bawah ini.

Key Takeaways:

  • Auto Chat WhatsApp adalah salah satu fitur chat WhatsApp yang memungkinkan pengguna untuk menghubungi bisnis Anda tanpa menyimpan nomor telepon bisnis Anda terlebih dahulu.
  • Untuk membuat link pesan auto text di WhatsApp gunakan format https://wa.me/[nomor]?text=[teks dengan URL].
  • Pengguna WhatsApp Business dapat menggunakan fitur serupa seperti auto text di dengan lebih mudah menggunakan fitur Welcome Messages, Away Message, maupun menggunakan omnichannel platform.

Apa itu Auto Chat dan Auto Text WhatsApp?

Auto Chat WhatsApp adalah salah satu fitur chat WhatsApp yang memungkinkan pengguna untuk menghubungi bisnis Anda tanpa menyimpan nomor telepon bisnis Anda terlebih dahulu. Mereka cukup mengunjungi link yang sudah dibuat, dan akan langsung terhubung ke ruang chat.

Fitur ini menggunakan link yang biasanya diletakkan di profil media sosial, misalnya saja sebagai bio Instagram bisnis.

Di beberapa jenis link, pemilik bisnis dapat memasukkan pesan secara otomatis, yang biasa dikenal dengan sebutan Auto Text WhatsApp.

Lalu bagaimana caranya membuat link auto chat dan auto text WhatsApp untuk bisnis Anda?

Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan Verified WA (Whatsapp Centang Hijau)

Cara Mudah Membuat Link Auto Chat WhatsApp

Cara mudah untuk langsung menghubungkan pelanggan dengan nomor bisnis Anda adalah dengan menggunakan format tautan https://wa.me/[nomor]. Nomor diisi dengan nomor telepon WhatsApp bisnis Anda. Nomor ini harus ditulis dengan menghilangkan angka 0 (nol), tanda plus, tanda kurung, ataupun tanda (-). Nomor telepon juga diawali dengan kode internasional sebagai pengganti 0. 

Misalnya, jika nomor telepon bisnis Anda adalah 082108802009, maka penulisan nomor menjadi 6282108802009. 62 merupakan kode internasional untuk nomor telepon di negara Indonesia.

Maka, penulisan link Auto Text WhatsApp yang benar adalah https://wa.me/6282108802009.

Baca juga: Cara Menggunakan dan Aplikasi Auto Reply WhatsApp Business

Cara Membuat Pesan Auto Text WhatsApp

Untuk membuat pesan auto text di WhatsApp, Anda perlu melakukan beberapa kiat sebelum menyusun link. Berikut langkah–langkah membuat link pesan auto text WhatsApp:

  1. Buat link auto chat WhatsApp dengan cara yang telah dijelaskan di atas.
  2. Siapkan teks dengan URL yang ingin dimunculkan secara otomatis. Untuk membuat teks ini, ada beberapa kode penting untuk ditambahkan dalam teks Anda.
    &text untuk menambahkan teks pada link WhatsApp
    %20 untuk menambahkan spasi dalam teks
    %0A untuk menambahkan ganti baris/enter pada teks.
    %2C untuk menambahkan koma pada teks
    Contoh teks: Halo, saya ingin memesan produk nomor 1
    Teks dengan URL: Halo%2C%20saya%20ingin%20memesan%20produk%20nomor%201
  3. Jika Anda merasa menyusun pesan dengan kode di atas cukup rumit, Anda dapat menggunakan website https://urldecode.org/ untuk langsung mengubah format teks yang Anda inginkan ke dalam bentuk kode.
  4. Kemudian, gunakan format https://wa.me/[nomor]?text=[teks dengan URL]. Teks dengan URL berisi pesan yang dibuat di poin ke 3.
  5. Hasilnya, link akan berbentuk seperti ini:
    https://wa.me/6282108802009?text=Halo%2C%20saya%20ingin%20memesan%20produk%20nomor%201

Baca juga: 3 Aplikasi Broadcast Message WhatsApp Menguntungkan Bisnismu

Buat Auto Text WhatsApp Lebih Mudah

Buat Auto Text WhatsApp Lebih Mudah

Untuk Anda pengguna WhatsApp Business, sebenarnya Anda dapat menggunakan fitur serupa seperti auto text di atas dengan lebih mudah.

Terdapat fitur Welcome Messages dan Away Messages pada WhatsApp Business yang memungkinkan bisnis menyusun teks yang otomatis keluar ketika pelanggan mengirimkan pesan apapun kepada Anda.

Welcome Message adalah pesan yang akan menyambut pelanggan ketika mereka pertama kali mengirimkan teks ke bisnis, biasanya diatur untuk aktif pada jam kerja bisnis. Sementara itu Away Messages adalah pesan otomatis yang muncul ketika pelanggan mengirimkan pesan di luar jam kerja bisnis.

Kedua fitur ini merupakan hal yang menguntungkan interaksi bisnis dengan pelanggannya.

Terlebih, jika Anda menggunakan omnichannel messaging platform seperti OneTalk by TapTalk.io. Tidak hanya Welcome Messages dan Away Messages, bahkan Anda dapat menambah efektivitas interaksi dengan pelanggan menggunakan chatbot!

Semua interaksi ini nantinya juga dapat menghasilkan Analytics yang dapat digunakan untuk menilai efektivitas layanan pelanggan, juga Disposition untuk mempelajari masalah yang kerap muncul di customer service.

Benar-benar menguntungkan bukan?
Segera hubungi agent kami untuk mengetahui lebih lanjut fitur yang bisa Anda dapatkan dengan OneTalk dari aplikasi pesan instan Taptalk. Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut!

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Jessica Jacob

10 / 06 / 2022

Customer loyalty dan customer retention adalah bagian penting dari strategi bisnis. Mampu mengukur dan mengelola keduanya adalah bagian penting untuk berhasil di pasar mana pun.  Hari ini kita akan membahas perbedaan antara customer loyalty dan customer retention– menggali lebih dalam tentang cara mengukur keduanya dan bagaimana keduanya memainkan peran kunci dalam pertumbuhan sebuah bisnis. Mari […]

Read More

By Jessica Jacob

23 / 09 / 2021

Saat ini, siapa yang tidak gemar berbelanja online? Selain karena lebih cepat dan harga bersaing, situasi pandemi membuat masyarakat membatasi kegiatan berbelanja secara langsung atau offline. Hal ini terbukti dengan penjualan e-commerce yang melonjak 160% antara 2014 dan 2019 dan penjualan retail online yang terus meningkat hingga 32,4% pada 2020. Selain menjadi peluang yang besar […]

Read More

By Regita

19 / 04 / 2022

Di era digital ini, semua orang suka dengan sesuatu yang instan. Sebuah penelitian menunjukkan 82% konsumen mencari tanggapan instan dari brand atas pertanyaan atau penjualan. Dan kelompok ini juga menilai tanggapan instan sebagai bagian penting dari bisnis yang mereka hubungi. Tentunya tanggapan yang instan tidak bisa dicapai tanpa customer service yang baik. Customer service memainkan […]

Read More
1 2 3 107
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer