Selama pandemi, hampir semua kegiatan terjadi secara online, contohnya tren online shopping, di mana pengguna dapat melakukan pembelian langsung dari akun mereka. Menurut Mckinsey, sebanyak 30 juta masyarakat Indonesia telah berbelanja secara online dan 60% perdagangan online saat ini terjadi melalui platform e-commerce, dan sisanya terjadi melalui social commerce.
Pelanggan juga mengharapkan pengalaman yang cepat, dari proses transaksi hingga produknya sampai ke rumah mereka. Oleh karena itu, logistik juga harus memenuhi keinginan pelanggan dengan mengirimkan pesanan instan mereka dengan cepat. Tidak hanya pengiriman yang cepat, pelanggan juga membutuhkan transparansi dari penyedia logistik.
Namun, terkadang pesan pelanggan yang masuk dapat berjumlah banyak dan dari berbagai channel. Daripada berganti-gantian dengan agents untuk mengakses channel satu per satu, Anda bisa menggunakan omnichannel.
Selain itu, omnichannel juga memiliki berbagai fitur yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas customer support Anda. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan omnichannel
Baca juga: Solusi Omnichannel Untuk Perbankan
Dengan omnichannel, semua channel yang Anda miliki dapat terhubung dan masuk ke dalam satu inbox. Artinya, Anda tidak perlu lagi membuka channel Anda satu per satu untuk membalas pesan pelanggan.
Selain itu, jika Anda mempunyai banyak agent, mereka juga tidak perlu bergantian membuka pesan pelanggan karena omnichannel memungkinkan agents untuk mengakses inbox secara bersamaan.
Anda dapat menggunakan simple chatbot untuk mengirim pesan otomatis seperti Welcome Message atau Away Message. Fungsi fitur ini adalah untuk membantu customer support Anda yang tidak selalu aktif 24 jam. Anda dapat dengan mudah menyapa customer baru dan menginfokan mereka jika mereka menghubungi di luar jam operasional.
Selain mengatur Welcome dan Away Message, Anda juga dapat mengatur pesan otomatis yang ada di omnichannel sebagai FAQ. Sistem dapat memberikan jawaban yang telah diprogram sebelumnya untuk pertanyaan umum yang mungkin dimiliki pelanggan Anda mengenai tarif, batas berat, waktu pengiriman, dan sebagainya. Pelanggan Anda dapat menghemat waktu dan tidak perlu mencari informasi terlebih dahulu di internet. Mereka hanya perlu memilih jawaban yang telah disediakan dari pertanyaan mirp yang sudah pernah diajukan.
Anda dapat menggunakan chatbot logistik Anda untuk mengirim pemberitahuan kepada pelanggan Anda. Misalnya, jika terjadi kendala pengiriman, Anda dapat mengirimkan pesan broadcast kepada pelanggan di suatu wilayah terdampak. Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan pesan broadcast yang berisikan promo gratis ongkir dan sebagainya.
Brand yang memiliki upaya penjualan dan pemasaran terpadu di semua channel memiliki reputasi yang lebih baik di mata konsumen daripada brand yang hanya menggunakan satu atau dua channel. Hal ini juga akan memberikan kemudahan bagi pelanggan, mereka dapat dengan bebas menghubungi Anda menggunakan channel yang sering mereka gunakan.
Omnichannel untuk penyedia logistik adalah solusi yang berjangka panjang. Fitur yang dimiliki dapat bermanfaat bagi Anda dan juga pelanggan. Perusahaan Anda dapat menarik lebih banyak konsumen dari berbagai channel, dan pelanggan Anda dapat dengan cepat mendapatkan apa yang mereka mau.
Nah, sekarang Anda telah mengetahui manfaat omnichannel untuk bisnis Anda di bidang logistik. Dalam memilih penyedia omnichannel yang tepat, fitur-fitur sebelumnya telah disebutkan dapat dijadikan pertimbangan.
OneTalk by Taptalk.io menyediakan banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan. Omnichannel ini menyediakan berbagai channel, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, Line, dan Telegram yang dapat diakses bersamaan oleh agents Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengatur simple chatbot, broadcast message, dan masih banyak lagi.
Jadi tunggu apa lagi? Gunakanlah omnichannel untuk bisnis logistik Anda. Jika Anda masih ingin mengetahui fiturnya lebih lanjut, klik di sini
By Jessica Jacob
Bisnis modern harus tersedia di saluran favorit pelanggan mereka. Masa-masa di mana hanya alamat email dan nomor telepon yang cukup sudah berakhir dan kadaluarsa. Jika grup target Anda ada di Instagram, Anda juga harus ada di sana. Dan dilihat dari jumlahnya, Instagram memiliki peluang yang besar untuk Anda. Pada tahun 2018, 71% dari semua bisnis […]
By Jessica Jacob
Google Maps telah menjadi alat navigasi digital yang sangat populer dan berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi ini menyediakan informasi yang komprehensif tentang lokasi, arah, dan berbagai tempat menarik di seluruh dunia. Namun, di balik kesuksesannya, ada aspek penting yang menjadikan Google Maps semakin relevan dan berharga bagi para penggunanya. Salah satunya adalah Review Google Maps. […]
By Jessica Jacob
Dalam era informasi yang terus berkembang pesat, merek (brand) bukan lagi sekadar produk atau layanan, tetapi juga sebuah cerita yang mampu menghadirkan pengalaman yang mendalam bagi konsumen. Di tengah persaingan yang semakin sengit, brand communication menjadi kunci untuk membedakan merek Anda dari pesaing, menginspirasi kepercayaan, dan membangun hubungan yang berarti dengan konsumen. Brand communication bukanlah […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)