pt tap talk teknologi blog
omnichannel-industri-logistik

Bagaimana Omnichannel dan Chatbot Memudahkan Penyedia Logistik

By Jessica Jacob
16 / 09 / 2021

Selama pandemi, hampir semua kegiatan terjadi secara online, contohnya tren online shopping, di mana pengguna dapat melakukan pembelian langsung dari akun mereka. Menurut Mckinsey, sebanyak 30 juta masyarakat Indonesia telah berbelanja secara online dan 60% perdagangan online saat ini terjadi melalui platform e-commerce, dan sisanya terjadi melalui social commerce.

Pelanggan juga mengharapkan pengalaman yang cepat, dari proses transaksi hingga produknya sampai ke rumah mereka. Oleh karena itu, logistik juga harus memenuhi keinginan pelanggan dengan mengirimkan pesanan instan mereka dengan cepat. Tidak hanya pengiriman yang cepat, pelanggan juga membutuhkan transparansi dari penyedia logistik. 

Namun, terkadang pesan pelanggan yang masuk dapat berjumlah banyak dan dari berbagai channel. Daripada berganti-gantian dengan agents untuk mengakses channel satu per satu, Anda bisa menggunakan omnichannel. 

Selain itu, omnichannel juga memiliki berbagai fitur yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas customer support Anda. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan omnichannel

Baca juga: Solusi Omnichannel Untuk Perbankan

Manfaat Omnichannel Bagi Penyedia Logistik

  1. Semua Channel dalam Satu Inbox

Dengan omnichannel, semua channel yang Anda miliki dapat terhubung dan masuk ke dalam satu inbox. Artinya, Anda tidak perlu lagi membuka channel Anda satu per satu untuk membalas pesan pelanggan.

Selain itu, jika Anda mempunyai banyak agent, mereka juga tidak perlu bergantian membuka pesan pelanggan karena omnichannel memungkinkan agents untuk mengakses inbox secara bersamaan.

  1. Pesan Otomatis

Anda dapat menggunakan simple chatbot untuk mengirim pesan otomatis seperti Welcome Message atau Away Message. Fungsi fitur ini adalah untuk membantu customer support Anda yang tidak selalu aktif 24 jam. Anda dapat dengan mudah menyapa customer baru dan menginfokan mereka jika mereka menghubungi di luar jam operasional.

  1. Memberikan Jawaban dengan Cepat

Selain mengatur Welcome dan Away Message, Anda juga dapat mengatur pesan otomatis yang ada di omnichannel sebagai FAQ. Sistem dapat memberikan jawaban yang telah diprogram sebelumnya untuk pertanyaan umum yang mungkin dimiliki pelanggan Anda mengenai tarif, batas berat, waktu pengiriman, dan sebagainya. Pelanggan Anda dapat menghemat waktu  dan tidak perlu mencari informasi terlebih dahulu di internet. Mereka hanya perlu memilih jawaban yang telah disediakan dari pertanyaan mirp yang sudah pernah diajukan.

  1. Mengirimkan Notifikasi Broadcast

Anda dapat menggunakan chatbot logistik Anda untuk mengirim pemberitahuan kepada pelanggan Anda. Misalnya, jika terjadi kendala pengiriman, Anda dapat mengirimkan pesan broadcast kepada pelanggan di suatu wilayah terdampak. Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan pesan broadcast yang berisikan promo gratis ongkir dan sebagainya.

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Brand yang memiliki upaya penjualan dan pemasaran terpadu di semua channel memiliki reputasi yang lebih baik di mata konsumen daripada brand yang hanya menggunakan satu atau dua channel. Hal ini juga akan memberikan kemudahan bagi pelanggan, mereka dapat dengan bebas menghubungi Anda menggunakan channel yang sering mereka gunakan.

Omnichannel untuk penyedia logistik adalah solusi yang berjangka panjang. Fitur yang dimiliki dapat bermanfaat bagi Anda dan juga pelanggan. Perusahaan Anda dapat menarik lebih banyak konsumen dari berbagai channel, dan pelanggan Anda dapat dengan cepat mendapatkan apa yang mereka mau.

Nah, sekarang Anda telah mengetahui manfaat omnichannel untuk bisnis Anda di bidang logistik. Dalam memilih penyedia omnichannel yang tepat, fitur-fitur sebelumnya telah disebutkan dapat dijadikan pertimbangan.

OneTalk by Taptalk.io menyediakan banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan. Omnichannel ini menyediakan berbagai channel, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, Line, dan Telegram yang dapat diakses bersamaan oleh agents Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengatur simple chatbot, broadcast message, dan masih banyak lagi.
Jadi tunggu apa lagi? Gunakanlah omnichannel untuk bisnis logistik Anda. Jika Anda masih ingin mengetahui fiturnya lebih lanjut, klik di sini

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Ardian

07 / 01 / 2022

WhatsApp mendapat peringkat teratas sebagai aplikasi perpesanan favorit pengguna. Mengacu pada pada hal tersebut. WhatsApp tak henti mengembangkan fitur-fitur di dalamnya untuk makin meningkatkan pelayanan demi kepuasan pengguna. Whatsapp pun mencanangkan menjadi ajudan bagi ajudan bisnis-bisnis besar dengan meluncurkan WhatsApp Business API. Table of Contents Application Programming Interface (API) dari WhatsAppCara Praktis Membuat Link WhatsAppApakah […]

Read More

By Jessica Jacob

26 / 06 / 2023

Layanan pelanggan adalah dukungan yang Anda tawarkan kepada pelanggan, dari awal hingga akhir ketika mereka membeli dan menggunakan produk atau layanan Anda. Ini yang membantu mereka mendapatkan pengalaman yang mudah dan menyenangkan dengan brand Anda.  Namun, layanan pelanggan lebih dari sekadar menyelesaikan masalah pelanggan. Layanan pelanggan yang baik membantu meningkatkan reputasi bisnis, retensi pelanggan yang […]

Read More

By Ardian

03 / 02 / 2021

It is very difficult to incorporate functionality into a product. It's really, really, freaking difficult to remove features from a product (or put features in an 'end-of-life' or EOL state). You worry about whether a customer will use it when you add a feature. When you delete a feature, you think about the fact that […]

Read More
1 2 3 134
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer