pt tap talk teknologi blog
Cara Mudah Mengirim Broadcast ke Semua Kontak di WhatsApp

Cara Mudah Mengirim Broadcast ke Semua Kontak di WhatsApp

By Jessica Jacob
11 / 08 / 2022

Broadcast WhatsApp adalah cara yang tepat bagi Anda yang ingin menjangkau ratusan ribu pengguna dalam sekali jalan. Tidak hanya itu, WhatsApp juga memiliki 90% open rates, sehingga kesempatan pesan Anda dibaca pelanggan juga besar.

Bila Anda menggunakan WhatsApp Business API, Anda bisa mengirimkan pesan broadcast ke pengguna tanpa batas sekaligus. Bahkan ke pengguna yang belum menambahkan Anda ke daftar kontak mereka.

Lalu, bagaimana cara mudah mengirim broadcast message tersebut ke semua kontak?

Cara Mudah Mengirim Broadcast ke Semua Kontak di WhatsApp

Cara Mengirim Pesan Broadcast di WhatsApp

Jika Anda adalah seseorang yang tertarik untuk mengirim pesan yang sama ke beberapa orang sekaligus, Anda dapat melakukannya dengan membuat daftar siaran di WhatsApp. Berikut caranya.

Cara Membuat Daftar Broadcast di WhatsApp

Berikut langkah-langkah untuk membuat daftar siaran WhatsApp Business hingga 256 kontak dan mengirim pesan broadcast.

  • Klik tiga titik putih di sisi kanan aplikasi WhatsApp dan tekan 'Siaran Baru' atau 'New Broadcast’
  • Pilih kontak yang ingin Anda tambahkan ke daftar WhatsApp Broadcast. Anda dapat memilih hingga 256 kontak dalam satu daftar siaran di aplikasi ini
  • Buat daftar siaran dengan mengklik tombol centang hijau.

Perlu diingat bahwa ketika Anda mengirim pesan ke daftar siaran, itu akan dikirim ke semua pengguna dalam daftar yang menyimpan nomor Anda di daftar kontak mereka. Jika pengguna tidak menyimpan nomor Anda, mereka tidak akan menerima pesan siaran. 

Penerima akan menerima pesan seperti pesan WhatsApp biasa.

Cara Mengubah Daftar Broadcast WhatsApp

Jika Anda ingin menambah atau menghapus seseorang dari daftar siaran yang telah dibuat, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Baca terus untuk mengetahui lebih banyak.

  • Buka daftar siaran yang akan diedit.
  • Klik menu tiga titik.
  • Selanjutnya, klik opsi Info daftar siaran.
  • Anda kemudian dapat mengedit nama yang ada di daftar siaran, menambahkan lebih banyak pengguna dan menghapus penerima.

Batasan Mengirim Broadcast melalui WhatsApp 

Mengirim pesan broadcast melalui WhatsApp memang mudah, tetapi apakah Anda tahu bahwa fitur ini memiliki batasan, seperti:

  • Hanya dapat mengirim pesan broadcast ke 256 kontak.
  • Hanya dapat diakses di 2 perangkat (satu smartphone dan satu PC).
  • Tidak ada fitur untuk pesan otomatis, balasan cepat, dan integrasi chatbot WhatsApp.
  • Orang yang belum menambahkan Anda ke kontak mereka tidak akan menerima pesan broadcast.

Ketentuan dalam Mengirim Pesan Broadcast

Menurut WhatsApp, ada beberapa persyaratan untuk melakukan ini:

  • Pastikan semua kontak dalam daftar siaran menyimpan nomor Anda di kontak mereka.
  • Tidak ada batasan jumlah Daftar Siaran yang bisa dibuat.
  • Anda dapat memilih hingga 256 kontak di setiap daftar siaran yang Anda buat.

Untuk memastikan pesan Anda terkirim dengan benar, jangan menyiarkan banyak pesan sekaligus. 

Ketika pelanggan menganggap pesan yang Anda kirim sebagai spam, mereka dapat memblokir Anda dan Anda tidak akan bisa mengirim pesan siaran apapun kepada mereka di masa mendatang.

Baca juga: Ini Contoh Template Pesan Broadcast WhatsApp yang Kreatif!

WhatsApp Business API: Solusi Mengirim Broadcast tanpa Batasan

WhatsApp Business API: Solusi Mengirim Broadcast tanpa Batasan

Pada tahun 2018, WhatsApp meluncurkan WhatsApp Business API. Tujuannya adalah untuk membantu UKM berkomunikasi dengan pelanggan mereka di WhatsApp.

Untuk menggunakan WhatsApp API, bisnis perlu memverifikasi diri mereka sendiri untuk mengaktifkan kontak bisnis mereka di WhatsApp API. Namun, WhatsApp sendiri tidak bisa memverifikasi semua aktivitas di seluruh dunia.

Dengan nomor bisnis berkemampuan API WhatsApp, Anda dapat mengirim pesan siaran ke ribuan pelanggan Anda secara bersamaan.

Menggunakan Vendor Pihak Ketiga

Untuk menggunakan WhatsApp Business API, bisnis perlu memverifikasi diri mereka sendiri untuk menggunakannya. Namun, WhatsApp sendiri tidak dapat memverifikasi setiap bisnis di seluruh dunia.

Tak hanya itu, WhatsApp Business API juga tidak hadir dengan fungsi broadcast bawaan. Untuk mengatasi ini, WhatsApp mengandalkan vendor pihak ketiga resmi dan platform pemasaran khusus mereka untuk menyediakan fitur tersebut.

Contohnya, dengan platform pesan omnichannel, OneTalk by TapTalk.io, Anda dapat menggunakan fitur broadcast dengan mudah. Fitur ini memungkinkan Anda mengirim pesan ke beberapa penerima secara bersamaan. 

Anda bahkan dapat berbagi pesan dengan beberapa agent karena OneTalk memungkinkan Anda memiliki beberapa admin di satu nomor. Tingkatkan penjualan, pemasaran, dan dukungan dengan WhatsApp Business API oleh OneTalk. 

Interaksi dengan pelanggan menjadi lebih mudah dengan Whatsapp Business API ini. OneTalk juga menawarkan bantuan bagi Anda untuk mendapatkan tanda centang hijau untuk akun WhatsApp Anda dan menjadikannya kredibel di mata pelanggan.

Meskipun mungkin tampak merepotkan untuk mengirim broadcast, OneTalk dapat menyederhanakan seluruh proses menjadi langkah-langkah kecil. Dan, yang terbaiknya adalah OneTalk juga dapat mengintegrasikan beberapa platform perpesanan ke dalam satu dasbor untuk pencarian yang lebih mudah.

Fitur Broadcast WhatsApp Business API 

Sering disebut sebagai WhatsApp Blast, Anda harus bekerja sama dengan penyedia layanan WhatsApp Business API pihak ketiga untuk mendapatkan fitur ini. Selain mengirim pesan broadcast menjadi lebih mudah, berikut keuntungan fitur broadcast di WhatsApp Business API:

  • Jumlah penerima tidak terbatas.
  • Kirim pesan ke ratusan kontak dengan satu klik tanpa membuang tenaga.
  • Tidak perlu menyimpan nomor kontak pelanggan. Dengan kata lain, Anda bisa mengirim pesan kepada siapa saja asalkan kontak tersebut tersimpan di database WhatsApp.
  • Personalisasi pesan sesuai dengan sistem yang Anda inginkan, sehingga informasi yang Anda sampaikan akan jelas dan detail.
  • Atur jadwal pengiriman pesan.
  • Sistem anti-ban.

Baca juga: Bagaimana Cara Menggunakan Dual WhatsApp? Cek Cara-Cara Ini!

Cara Mengirim Pesan Broadcast di WhatsApp Business API

Untuk memulai broadcast WhatsApp Business API, klik pada Broadcast Message dan Contact Segment. Fitur ini berfungsi untuk mengkategorikan kontak-kontak yang Anda punya. Nantinya, pesan broadcast yang Anda kirim ini hanya ditujukan untuk pelanggan tertentu. Misalnya: Anda ingin mengirimkan pesan kepada pelanggan yang sudah berlangganan, pesan promosi untuk pembeli pertama, atau pesan yang dikirim untuk pelanggan yang berdomisili di Jakarta.

Cara Mengirim Pesan Broadcast di WhatsApp Business API

Setelah itu, Anda dapat menyiapkan template pesan untuk setiap peristiwa. Pastikan pesannya menarik, tidak berlebihan dalam promosi, dan tidak mengirim spam.

Baca juga: Ini Dia Cara Membalas Pesan Otomatis di WhatsApp

Kesimpulan

Pesan broadcast WhatsApp Business API bisa menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling ampuh dalam mengembangkan bisnis Anda. Selain fitur broadcast, masih banyak lagi keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan WhatsApp Business API.

Gunakan vendor pihak ketiga yang tepat untuk proses yang mulus, aman, dan bisa memberikan layanan terbaik kepada pelanggan Anda. 

Tidak ada lagi pesan spam WhatsApp ke pelanggan. Sebaliknya, optimalkan akun WhatsApp Anda untuk meningkatkan penjualan.

Jadi, apalagi yang Anda tunggu? Ini adalah tanda bahwa Anda perlu meningkatkan akun bisnis Anda melalui OneTalk. 

Tingkatkan kredibilitas Anda, kirim pesan massal, promosi yang hebat, dan akses mudah di seluruh platform dan perangkat hanya di OneTalk. Tidak ada lagi akun yang ribet atau di-banned karena laporan spam. Semua itu bisa diatasi karena Anda menggunakan WhatsApp Business API.

Yuk, cobalah sendiri dengan mulai mengobrol dengan agent kami di sini atau memulai free trial.

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Jessica Jacob

04 / 07 / 2023

Dalam dunia bisnis yang semakin kompleks dan persaingan yang semakin ketat, pemahaman yang mendalam tentang pelanggan menjadi kunci sukses. Salah satu konsep yang memegang peranan penting dalam memahami perilaku pelanggan adalah customer segmentation, atau segmentasi pelanggan. Kali ini, kami akan membahas secara komprehensif tentang customer segmentation dan pentingnya mengenal segmen pelanggan secara mendalam. Customer segmentation […]

Read More

By Jessica Jacob

25 / 09 / 2023

Di era digital, mudah bagi pelanggan Anda untuk berpindah dari satu bisnis langganan atau toko e-commerce bisnis lainnya. Bagaimana Anda membuat pelanggan merasa dihormati dan mendapatkan kepercayaan mereka? Kepercayaan pelanggan merupakan perilaku timbal balik terhadap apa yang mereka terima. Kepercayaan muncul ketika Anda memahami kebutuhan pelanggan, menghormatinya, dan menawarkan layanan yang relevan. Mendapatkan kepercayaan pelanggan […]

Read More

By Jessica Jacob

27 / 01 / 2023

Konsep keterlibatan pelanggan (customer engagement) telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir, karena semakin banyak perusahaan mencari cara inovatif untuk menarik dan mempertahankan pelanggan setia. Di masa lalu, menyediakan produk atau layanan yang berkualitas saja mungkin sudah cukup. Keterlibatan pelanggan akan mendorong penjualan, mempromosikan branding, memperkuat loyalitas, dan memperkuat retensi. Tanpa pendekatan profesional yang konstruktif terhadap […]

Read More
1 2 3 107
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer