pt tap talk teknologi blog
Tutorial Lengkap Facebook Business Manager untuk Bisnis Sukses

Tutorial Lengkap Facebook Business Manager untuk Bisnis Sukses

By Jessica Jacob
30 / 04 / 2022

Bisnis Anda menggunakan platform Facebook tapi masih belum memanfaatkan Facebook Business Manager? Ayo pertimbangkan lagi! Alat penting ini menjaga aset bisnis Facebook Anda terpusat, aman, dan teratur. 

Jangan tunda-tunda lagi penggunaan Facebook Business Manager hanya karena tidak yakin dengan cara kerjanya. Hanya dalam langkah sederhana di bawah ini, tutorial ini akan mengajari Anda cara melakukan segalanya mulai dari menyiapkan akun hingga menempatkan iklan pertama Anda.

Tutorial Lengkap Facebook Business Manager untuk Bisnis Sukses

Sebelum kita menggali lebih dalam, mari jawab dahulu sebuah pertanyaan penting: Sebenarnya apa sih Facebook Business Manager itu?

Apa itu Facebook Business Manager?

Seperti yang dijelaskan Facebook sendiri, “Facebook Business Manager berfungsi sebagai toko serba ada untuk mengelola alat bisnis, aset bisnis, dan akses karyawan ke aset ini.”

Pada dasarnya, Facebook Business Manager adalah tempat untuk mengelola semua aktivitas pemasaran dan periklanan Facebook Anda. Ini juga tempat Anda dapat mengontrol akses banyak pengguna ke sumber daya tambahan seperti akun Instagram dan katalog produk Anda. Berikut adalah beberapa fungsi utamanya:

  • Memisahkan aktivitas bisnis dari profil pribadi Anda, jadi Anda tidak perlu khawatir memposting di tempat yang salah (atau terganggu oleh video kucing saat Anda mencoba bekerja).
  • Tempat utama untuk melacak iklan Facebook, dengan laporan terperinci yang menunjukkan bagaimana kinerja iklan Anda.
  • Memungkinkan Anda memberi vendor, mitra, dan agensi akses ke halaman dan iklan Anda, tanpa menyerahkan kepemilikan aset.
  • Rekan kerja tidak melihat informasi Facebook pribadi Anda—hanya nama, email kantor, dan halaman serta akun iklan Anda.

Baca juga: Kupas Tuntas Manfaat dan Cara Membuat Facebook Page

Kelebihan Facebook Business Manager

Tentu, Anda harus memahami terlebih dahulu apa saja keuntungan menggunakan Facebook Business Manager. Berikut kelebihan yang ditawarkan dari Facebook Business Manager.

Kelebihan Facebook Business Manager

1. User-friendly/ramah pengguna

Tentu saja, ada beberapa platform dan aplikasi yang sulit digunakan orang awam. Tapi, Facebook Business Manager sangat ramah pengguna dan mudah diakses oleh mereka yang tidak memiliki pengalaman menangani kampanye pemasaran atau manajemen iklan. Memisahkan profil pribadi dan bisnis jadi lebih mudah dan menyingkirkan masalah tercampurnya akun dan halaman.

2. Akuntabilitas

Dengan jumlah karyawan yang begitu besar dalam tim pemasaran digital, akuntabilitas menjadi penting. Anda perlu menentukan siapa yang memiliki akses ke data mana dan siapa yang memiliki izin untuk mengubah atau menggunakan fitur tertentu pada akun.

Selain itu, Anda dapat mengubah atau menetapkan izin dalam Facebook Business Manager. Hal ini akan memudahkan untuk melacak peran tim Anda dalam platform.

3. Pengujian terpisah/Split testing

Tes terpisah (atau tes A/B) adalah strategi pemasaran yang menguji elemen dalam dua iklan Facebook untuk mengetahui mana yang memberikan hasil terbaik untuk kampanye pemasaran. Jika dilakukan dengan benar, pengujian split yang baik dapat meningkatkan ROI sebesar 10x. Hasil pengujian terpisah akan bervariasi untuk setiap bisnis, tetapi fitur ini merupakan aset yang bagus untuk Facebook Business Manager.

4. Akses data berharga

Memiliki akses ke Facebook Business Manager tidak hanya memberi Anda akses ke beberapa akun Facebook. Ini juga memberi Anda akses ke data piksel––sepotong kode yang Anda tempatkan di situs web Anda untuk melacak insight, membangun audiens, dan melaporkan konversi.

5. Manajemen tagihan jadi mudah

Dengan penyiapan Dasbor Facebook Business Manager, pelacakan dan pengelolaan penagihan menjadi mudah. Anda dapat mengelola detail penagihan untuk klien dan vendor yang berbeda guna menentukan batas pembelanjaan untuk berbagai kampanye pemasaran.

6. Keamanan & aksesibilitas 

Facebook Business Manager memungkinkan pengguna menyediakan akses ke vendor, klien, dan mitra dengan aman melalui autentikasi dua faktor. Selain autentikasi dua faktor, Anda dapat terus memantau pengeluaran iklan di semua akun, untuk memastikan tidak ada yang berubah tanpa otorisasi sebelumnya.

Satu langkah keamanan penting lainnya adalah pengguna dapat melihat siapa yang memiliki akses ke akun Facebook Business Manager melalui audit rutin.

Tutorial Facebook Business Manager 

1. Siapkan Facebook Business Manager

Sebelum menggunakan alat ini, Anda harus terlebih dahulu memutuskan siapa yang mengontrol siapa admin Facebook Business Manager.

Mereka yang bertanggung jawab sebagai Facebook Business Manager akan bertanggung jawab atas semua pelanggan dan karyawan lain sebagai pengguna dan akun perusahaan.

Mengonfigurasi Facebook Business Manager sangat sederhana. Jika sebelumnya Anda bekerja sebagai administrator, Anda harus terlebih dahulu masuk ke akun Facebook pribadi Anda dan melanjutkan dengan mengakses https://business.facebook.com/ 

Setelah Anda masuk ke halaman beranda, Facebook nantinya akan membawa Anda untuk mengikuti tahapan berbeda berikutnya, yaitu mengisi berbagai informasi yang terdiri dari empat tahapan.

Setiap tahap dimulai dengan pengenalan, informasi rinci tentang bisnis Anda, nama halaman bisnis Anda dan profil manajer bisnis Anda.

2. Pengaturan Masuk Shared Login

Pada umumnya, setiap pengusaha tidak sendirian dalam mengelola Akun Facebook Ads atau Halaman Bisnisnya. Mereka dibantu oleh karyawan atau sumber daya lain dengan berbagi akses ke akun mereka.

Tetapi dengan Facebook Business Manager, ini tidak lagi diperlukan. mengapa? Karena Anda dapat berbagi akses di akun yang berbeda. Bagaimana?

Jika Anda berhasil menyelesaikan langkah pertama di atas, Anda akan dibawa ke halaman beranda bisnis Anda. Selanjutnya silahkan pilih Setting pada menu bar di kanan atas, pilih Shared Login dan klik menu bar di kiri bawah Shared Login.

Kemudian, cukup masukkan email dan kata sandi yang ingin Anda masukkan ke akun Facebook Business Manager Anda.

3. Tambahkan Manajer

Di dalam Facebook Business Manager juga terdapat struktur kepegawaian yang sangat baik. Contohnya, yang berhak mengelola akun adalah admin. Nah, administrator lah yang selanjutnya akan memberikan tugas kepada pengelola akun di bisnis Anda. Administrator juga bertindak sebagai manajer, tetapi hanya berperan dalam pembagian dan pemantapan tugas.

Selain bisa menambah akun, administrator juga harus bisa menambah pengelola dan melakukan berbagai tugas lainnya.

Cara menambahkan manager juga sangat mudah. Silahkan pilih Settings, klik sidebar di sisi kiri lalu pilih "People". Selanjutnya, pilih bilah sisi di kiri atas, dan "Tambahkan orang baru."

Kemudian, cukup tulis email pekerjaan yang telah Anda pilih sebagai manajer saja. Namun, pastikan bahwa mereka telah memverifikasi akun baru sebelum menggunakan email pribadi mereka.

4. Tetapkan Tugas dan Pekerjaan

Ketika setiap akun mulai terhubung dan administrator telah berhasil memilih manajer, sekarang adalah waktu terbaik untuk memberikan tugas.

Untuk melakukannya, klik Halaman atau Akun Iklan, lalu pilih Halaman atau Akun Halaman yang ingin Anda beri akses ke akun yang sebelumnya Anda berikan hak aksesnya. Jika demikian, tambahkan orang atau admin yang memiliki akses ke halaman atau ke akun iklan.

Baca juga: Mau Jualan Laris di Facebook? Baca 7 Tips Jitu Ini!

Cara Menambahkan Halaman Bisnis Facebook ke Akun Facebook Business Manager Anda

Di beranda Facebook Business Manager, Anda akan segera melihat tombol “Tambah Halaman”, “Tambah Akun Iklan”, atau “Tambah Orang”.

1. Pertama, mari kita klik “Tambah Halaman”.

2. Klik “Tambah Halaman” pada layar pop-up.

3. Di halaman berikutnya, ketik halaman Anda di bilah pencarian. Jika itu adalah halaman bisnis Facebook yang dibuat sebelumnya, itu akan langsung muncul. Klik bagian bawah "Tambah Halaman" berwarna biru.

4. Jika Anda melihat pop-up dengan tanda centang hijau, Anda sudah siap! Halaman Anda berhasil ditambahkan.

Cara Menambahkan Akun Iklan Facebook Anda

Menambahkan akun iklan Facebook Anda adalah proses yang hampir sama dengan menambahkan halaman, tetapi saya akan memandu Anda melalui langkah-langkah di sini sehingga Anda dapat melihatnya beraksi.

Penting untuk dicatat bahwa Anda hanya dapat menambahkan satu akun iklan pada awalnya, dan kemudian Anda dapat menambahkan akun iklan tambahan setelah Anda mulai membelanjakan uang di akun iklan pertama Anda.

Namun, Anda tidak dapat menghosting lebih dari lima akun iklan sekaligus.

1. Klik tombol biru “Tambah Akun Iklan” di beranda Anda.

2. Pilih “Tambah Akun Iklan”.

3. Masukkan “ID akun iklan” Anda ke dalam kotak. Setelah selesai, klik “Tambah Akun Iklan”.

Cara Menambahkan Orang ke Akun Facebook Business Manager Anda

Untuk contoh ini, kami akan fokus pada penambahan karyawan internal ke Akun Manajer Bisnis Anda, bukan klien atau orang dari eksternal.

Menambahkan orang ke akun Anda itu mudah, dan Anda dapat membatasi jumlah akses yang didapat setiap karyawan.

Membatasi akses ke "karyawan saja" berguna jika, misalnya, Anda ingin menugaskan satu karyawan untuk menangani akun Instagram Anda dan memantau analitik tersebut, tetapi kemudian Anda ingin karyawan lain di tim untuk menangani akun iklan Anda dan analitik tersebut.

1. Pertama, buka ikon "Pengaturan" Anda di sudut kanan atas.

2. Selanjutnya, klik tombol biru “Tambah”, yang disorot di bawah.

3. Ketikkan alamat email karyawan (sehingga Facebook dapat mengirimi mereka email dengan izin akses), lalu pilih "aktif" untuk "Akses karyawan" atau "Akses Admin". Kemudian, klik "Selanjutnya".

4. Di sini, Anda memiliki beberapa opsi berbeda. Anda dapat menetapkan karyawan Anda ke salah satu aset di sebelah kanan (Halaman, Akun Iklan, atau Katalog). Kemudian, centang kotak Halaman, iklan, atau katalog yang Anda inginkan. Selanjutnya, pilih peran untuk karyawan Anda (seperti “Pengiklan halaman”). Setelah Anda puas, klik "Undang".

5. Sekarang, karyawan Anda telah dikirimi undangan, yang memberinya izin ke 1 akun dan alat.

Alat Pengelola Ads

Sekarang setelah kita siap, Anda mungkin ingin tahu tentang beberapa manfaat tambahan dari membuat iklan di dalam Facebook Business Manager Anda.

Saat membuat iklan di Pengelola Iklan/Ad Manager, salah satu keuntungan terbaik adalah kemampuan untuk membuat grup demografis inti yang sangat bertarget dengan fitur "buat audiens baru".

Anda dapat memilih jenis kelamin, usia, wilayah, dan bahasa untuk dijangkau, dan bahkan mendalami minat tertentu yang Anda ingin agar dibagikan oleh audiens Anda.

Kemudian Anda diberi perkiraan berdasarkan audiens dan anggaran Anda, seperti berapa banyak orang yang Anda harapkan untuk dijangkau setiap hari, dan berapa banyak orang yang akan mengklik link Anda. Evaluasi kinerja tersebut sangat penting untuk memutuskan apakah akan menambah atau mengurangi ukuran audiens, atau apakah anggaran Anda cukup besar.

Baca juga: Tutorial Cara Mudah Membuat Iklan Facebook

- - -

Itu dia tutorial Facebook Business Manager. Kini, Anda tidak perlu lagi ragu untuk memanfaatkan Facebook Business Manager untuk bisnis. Dengan langkah sederhana dan berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan, tidak ada alasan untuk menunda lagi bukan?

Supaya promosi bisnis Anda bisa lebih baik, Anda juga bisa menggunakan layanan dari Taptalk yang memiliki begitu banyak fitur untuk integrasi Facebook dan media sosial lainnya sehingga memudahkan Anda terhubung dengan pelanggan. Kunjungi taptalk.io sekarang juga!

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Ardian

18 / 09 / 2020

Have you ever heard of UI/UX Design? If not, you should know about it NOW, because it should be something to develop to achieve your user satisfaction. The UX designer does more than just design the user interface. UX design is like a joke, if you have to explain it, it’s not that good. That […]

Read More

By Ardian

03 / 02 / 2021

It is very difficult to incorporate functionality into a product. It's really, really, freaking difficult to remove features from a product (or put features in an 'end-of-life' or EOL state). You worry about whether a customer will use it when you add a feature. When you delete a feature, you think about the fact that […]

Read More

By Ardian

16 / 10 / 2020

CRM and CEM / CXM are essential tools for maintaining business flow with customers. Both are there to optimize customer relationships. But, they are not the same. Similar, but different. To choose the right one, the organization must go beyond the alphabet soup of this tech business application. What's the difference between CRM and CXM? […]

Read More
1 2 3 48
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer