Selain memiliki aplikasi perpesanan yang biasa Anda kenal, WhatsApp juga memiliki dua produk khusus untuk bisnis, yaitu WhatsApp Business App dan WhatsApp Business API.
Secara singkat, perbedaan dua WhatsApp itu terletak pada skala bisnis. WhatsApp Business diperuntukan untuk bisnis skala kecil dan menengah melalui aplikasi di smartphone. Sedangkan, WhatsApp Business API memberikan solusi untuk bisnis skala besar. Berbeda dari WhatsApp Business, WhatsApp API memiliki aturan yang lebih ketat.
Berikut ini terdapat larangan-larangan yang perlu diperhatikan agar bisnis Anda tidak di-banned.
Table of Contents
Sebelum Anda mulai menggunakan WhatsApp Business API, penting bagi Anda untuk memahami kebijakan WhatsApp Business dan Commerce.
Berikut ini adalah kumpulan bisnis yang tidak diperbolehkan WhatsApp.
Selama Anda tidak menggunakan WhatsApp Business API untuk hal-hal tersebut, Anda tentunya tidak perlu khawatir.
Bisnis yang menjual produk dan layanan yang dilarang di atas masih bisa menggunakan WhatsApp Business untuk mengirim pesan. Namun, mereka hanya bisa menggunakannya untuk interaksi pra dan pasca penjualan tertentu.
Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp Business dengan Multi User
Selain mengatur bisnis apa saja yang tidak diperbolehkan, WhatsApp juga memiliki beberapa larangan dalam mengoperasikan API-nya.
Sejak awal, WhatsApp telah berhati-hati untuk menghindari memfasilitasi atau terlibat dalam tindakan yang menghasilkan spam atau pesan mengganggu lainnya.
Pesan spam yang dimaksud adalah pesan template yang berisi penawaran atau promosi tentang layanan dan produk. Facebook telah menetapkan aturan tentang jenis pesan apa yang dapat digunakan sebagai template sehingga bisnis tidak dapat membuat pesan tanpa persetujuan dari WhatsApp.
Sebagai pengguna, Anda sendiri juga pasti tidak suka menerima pesan terus-menerus dari nomor telepon yang sama. Oleh karena itu, WhatsApp sangat melarang pengguna WhatsApp Business yang mengirim spam.
Untuk menggunakan WhatsApp Business API, Anda harus bekerja sama dengan pihak ketiga yang official, yaitu WhatsApp Business Solution Provider (BSP).
Menggunakan apa pun selain BSP resmi dapat mengakibatkan penghapusan akses Anda ke WhatsApp atau banned. Ini juga dapat mengakibatkan nomor Anda diblokir secara permanen dari WhatsApp.
WhatsApp sendiri secara aktif mengejar perusahaan tidak resmi ini dengan tindakan hukum. Algoritma mereka bisa mendeteksi perilaku yang dilarang. Jadi, hanya masalah waktu sebelum perusahaan nakal ditemukan.
Jika Anda bekerja dengan pihak ketiga yang ilegal, segera hentikan dan hubungi penyedia resmi seperti OneTalk by Taptalk. OneTalk adalah salah satu penyedia layanan omnichannel di Indonesia yang menyediakan WhatsApp Business API.
Sebenarnya, WhatsApp jenis ini tidak memiliki aplikasi, sehingga perusahaan besar harus mengakses data mentah melalui API yang memerlukan tindakan teknis. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena OneTalk mempermudah segala tindakan teknis.
Integrasi OneTalk dengan WhatsApp API hanya membutuhkan langkah-langkah sederhana. OneTalk memungkinkan WhatsApp API Anda dalam satu dasbor perpesanan omnichannel.
Selain terhubung dengan channel lainnya dalam satu dasbor, akun WhatsApp Anda juga akan otomatis mempunyai Centang Hijau. Sangat menguntungkan bukan? Jadi tunggu apalagi? Dapatkan WhatsApp Business API dengan OneTalk dengan menghubungi agent kami di sini.
Baca juga: WhatsApp Beta vs WhatsApp Business API: Mana Pilihan Terbaik untuk Bisnismu?
By Jessica Jacob
Faktanya sebanyak 76 % pelanggan mengharapkan perusahaan memahami kebutuhan mereka dan $1,6 triliun hilang setiap tahun karena layanan pelanggan yang buruk. -statistik HubSpot Customer experience (CX) adalah sebuah konsep yang selalu berkembang, dan dalam dua tahun terakhir, berkembang lebih cepat dari sebelumnya. Mulai dari bagaimana pelanggan memandang suatu brand hingga apa yang mereka inginkan dan […]
By Jessica Jacob
Dalam lingkungan bisnis yang dinamis, tahapan pemasaran adalah proses yang sangat penting untuk setiap aktivitas. Inilah yang dapat membantu Anda meraih kesuksesan dalam waktu singkat. Proses pemasaran strategis dapat membuat perbedaan dalam retensi pelanggan. Ini mengarahkan seberapa efektif Anda berkomunikasi dengan pelanggan dan membuat mereka tetap terlibat dalam bisnis Anda. Proses pemasaran yang diteliti dengan […]
By Jessica Jacob
Yuna & Co adalah sebuah perusahaan fashion yang membantu wanita tampil maksimal melalui berbagai jenis styling yang mereka sediakan. Menjadi sebuah perusahaan yang menjangkau kebutuhan personal setiap pelanggannya, tentu Yuna & Co. membutuhkan layanan customer service yang kuat di balik performa digitalnya. Sebagai bisnis yang yang mengutamakan kepuasan pelanggannya, relasi yang erat dengan customer tentu […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)