pt tap talk teknologi blog
Tutorial Cara Mudah Membuat Iklan Facebook

Tutorial Cara Mudah Membuat Iklan Facebook

By Jessica Jacob
22 / 04 / 2022

Anda mulai merasa kesulitan mempromosikan bisnis? Atau jangan-jangan, Anda mulai kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pelanggan potensial?

Kini, sudah ada solusi yang bisa mengatasi hal tersebut. Jawabannya adalah iklan Facebook!

Iklan Facebook atau Facebook Ads adalah Iklan yang dijalankan secara eksklusif melalui platform periklanan Facebook. 

Mereka dapat muncul di feed Facebook, Messenger, dan bahkan di aplikasi dan situs web non-Facebook seperti Instagram. Mereka datang dalam berbagai format—gambar, video, tayangan slide, dan banyak lagi—dan dapat ditargetkan ke audiens yang sangat spesifik.

Tentu saja, membuat iklan di Facebook sangat berbeda dengan memposting di feed pribadi Anda. Segala sesuatu tentang iklan Facebook—dari kata-kata yang Anda gunakan hingga waktu Anda menempatkannya—berperan dalam jumlah lalu lintas yang mereka arahkan ke situs Anda.

Tutorial Cara Mudah Membuat Iklan Facebook

Apa Itu Iklan Facebook?

Iklan Facebook atau yang sering kita dengar dengan sebutan Facebook Ads adalah iklan yang dijalankan melalui Facebook Business Manager. Facebook Ads memberikan fleksibilitas untuk mempromosikan produk Anda dengan strategi dan cara Anda sendiri. Plus, Anda dapat menjangkau target pasar yang paling tepat untuk bisnis.

Komponen penting dari definisi ini adalah kata "dibayar" atau “paid”. Siapa pun dapat mem-posting di halaman Facebook mereka secara gratis—tetapi audiens yang melihat posting-an tersebut tidak akan dapat ditebak.

Paid Ads atau iklan berbayar di Facebook memungkinkan Anda menargetkan demografi audiens tertentu, dan Anda bisa sespesifik atau seluas yang diinginkan. 

Hal ini akan lebih efektif, dan dapat memberikan peluang ROI yang lebih tinggi bagi bisnis. Bayangkan saja jika sebuah perusahaan tiket konser mengiklankan ke audiens yang dalam 3 hari terakhir mencari kata “konser” atau melihat akun-akun penjual tiket konser. Kemungkinan konversi akan menjadi lebih tinggi, bisnis pun semakin diuntungkan.

Kampanye iklan Facebook tersedia dalam berbagai format. Anda juga dapat menentukan budget yang bersedia Anda keluarkan, termasuk:

  • Jumlah keseluruhan
  • Anggaran harian Anda
  • Biaya Anda per hasil

Anda bahkan dapat menentukan tindakan pengguna seperti apa yang Anda inginkan dengan biaya iklan yang Anda keluarkan. Itu bukan berarti bahwa Facebook hanya akan “menagih” Anda ketika iklan Anda bekerja seperti yang Anda inginkan, tetapi Anda dapat memilih bagaimana mereka menagih Anda, seperti ditagih berdasarkan jumlah views atau klik. Anda memiliki opsi yang berbeda bergantung pada sasaran yang Anda tetapkan untuk iklan Anda.

Mengapa Iklan Facebook Penting?

Hampir 96% pemasar media sosial percaya bahwa dari semua platform di luar sana, Facebook memberikan laba atas investasi/return of investment (ROI) terbaik. 

Mengapa Iklan Facebook Penting?

Kenapa iklan Facebook penting?? 

Dengan jangkauan seperti itu, Anda akan berpikir bahwa pemasaran di Facebook akan mahal. Tetapi nyatanya tidak! Facebook tidak hanya memungkinkan Anda menentukan pembelanjaan maksimum, tetapi juga membebankan biaya lebih sedikit untuk menjangkau jumlah orang yang sama dengan yang Anda jangkau di platform lain.

Kustomisasi

Salah satu elemen paling menarik dari iklan Facebook adalah potensi kustomisasinya. Karena platform memiliki begitu banyak informasi tentang setiap pengguna, Anda dapat menargetkan iklan Anda berdasarkan hampir semua fitur demografis yang dapat Anda bayangkan, seperti:

  • Jenis kelamin
  • Usia
  • Status pernikahan
  • Karir
  • Minat
  • Lokasi

Plus, menyesuaikan audiens yang melihat posting tertentu dapat memotong biaya akuisisi pelanggan Anda.

Baca juga: Mau Jualan Laris di Facebook? Baca 7 Tips Jitu Ini!

Cara Membuat Iklan di Facebook

Cara Membuat Iklan di Facebook

Ada 4 langkah mudah untuk membuat iklan di facebook:

1. Membuat Halaman Facebook

Masuk ke Facebook, lalu pilih menu Halaman dan buat halaman baru. Pilih jenis halaman yang paling sesuai dengan bisnis Anda.

Lengkapi informasi yang diperlukan. Setelah membuat halaman Facebook, Anda dapat mulai membuat iklan Facebook.

2. Login ke Facebook Ads Manager

Langkah selanjutnya, masuk ke halaman Pengelola Iklan Facebook lalu login dengan akun Facebook yang akan digunakan untuk mengelola iklan.

3. Buat dan Tentukan Kampanye Iklan

Ada tiga langkah dasar untuk membuat iklan Facebook. Mulailah dengan kampanye (campaign), ad set, dan ads.

Kampanye (campaign) berorientasi pada tujuan (objective). Misalnya, Anda dapat memilih untuk meningkatkan lalu lintas situs web untuk mendorong orang mengunjungi situs Anda. Akan ada satu atau beberapa ad set di setiap kampanye.

Anda dapat membuat Ad set yang menyertakan satu atau beberapa audiens target. Orang-orang di Jakarta, misalnya, menjadi ad set 1. Ad set 2 terdiri dari orang-orang yang tinggal di Bandung.

Setiap Ads (iklan) mungkin memiliki gambar, tautan, atau teks yang berbeda.

Kampanye/Campaign

Buka tab Kampanye dan klik Buat.

Tentukan tujuan iklan yang ingin Anda capai. Tersedia 3 tujuan berbeda untuk Facebook Ads, Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi.

Ad Set/Set Iklan

Di sini, Anda dapat menentukan jumlah anggaran. Anda juga dapat memilih antara Anggaran Harian atau Anggaran Sepanjang Masa Promosi. Selain itu, tentukan target audiens yang ingin Anda tuju. Target ini dapat diatur berdasarkan lokasi, jenis kelamin, usia, dan detail target lainnya seperti demografi, minat, ataupun behavior di media sosial. 

Ads/Iklan

Selanjutnya, isi Nama Iklan serta Identitas Halaman Facebook dan Akun Instagram.

Penyiapan Iklan. Pilih Buat Iklan dan format yang diinginkan. 

Untuk Materi Iklan, pilih gambar atau video yang diinginkan. Perhatikan pula rekomendasi spesifikasi gambar yang disarankan Facebook. Gambar dengan terlalu banyak teks  dapat mengalami penurunan tayang atau bahkan tidak ditayangkan sama sekali. Cek terlebih dahulu gambar seperti apa yang dapat Anda gunakan di pemeriksaan teks gambar Facebook. 

Selanjutnya, tentukan destinasi yang dituju dari iklan tersebut. Misalnya saja website atau Facebook Page, lalu tentukan Call-To-Action (CTA) yang sesuai. misalnya CTA berupa: Tekan Di Sini, Informasi Selengkapnya, Beli Sekarang, dan lain-lain.

Proses selesai! Kini iklan Facebook Anda siap meluncur. Klik tombol Terbitkan.

4.  Lakukan Pembayaran Iklan

Proses terakhir dari pembuatan Facebook Ads adalah melakukan pembayaran.

Baca juga: Tutorial Lengkap Facebook Business Manager untuk Bisnis Sukses

Cara Terbaik Menggunakan Iklan Facebook

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari iklan Facebook, Anda perlu tahu kerja platform dalam hal perilaku pengguna. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan rating tinggi dan menampilkan iklan Anda di depan lebih banyak orang.

1. Ketahui algoritmanya.

Salah satu perubahan paling signifikan terjadi pada awal 2018 ketika Facebook merilis apa yang dikenal sebagai pembaruan "meaningful interactions".

Platform ini merancang pembaruan ini untuk menghilangkan penekanan brand dan memprioritaskan kiriman dari teman dan keluarga penggunanya. Menampilkan iklan di Facebook kini menjadi jauh lebih kompetitif. Bisnis dengan cepat mengetahui bahwa mereka harus fokus untuk melibatkan pengguna untuk mendapatkan perhatian.

Saat memutuskan apakah akan menampilkan postingan, Facebook melihat berdasarkan pada 4 hal ini:

  1. Inventaris: Semua kemungkinan konten yang dapat muncul di umpan pengguna.
  2. Sinyal: Semua informasi tentang pos yang diberikan. Ini termasuk sinyal pasif seperti waktu diposting serta sinyal aktif seperti jumlah suka, bagikan, dan komentar postingan.
  3. Prediksi: Kemungkinan pengguna akan berinteraksi secara positif dengan postingan.
  4. Skor: Representasi numerik yang dikumpulkan dari 3 kategori sebelumnya yang menunjukkan peluang interaksi positif.

Sinyal aktif dan pasif adalah satu-satunya metrik yang dapat Anda kendalikan sebagai brand. Itu berarti salah satu tujuan utama Anda dalam membuat iklan Facebook adalah menginspirasi keterlibatan dengan konten Anda untuk meningkatkan jumlah likes dan share yang Anda dapatkan.

2. Ketahui dan bicara kepada audiens Anda.

Anda hanya dapat melibatkan audiens jika Anda mengetahui kebutuhan dan masalah mereka. Lihat semua kemungkinan opsi penyesuaian yang Anda miliki di Facebook dan jawab sebanyak mungkin pertanyaan tersebut untuk audiens target Anda:

  1. Apakah mereka membeli barang-barang mewah atau murah?
  2. Apakah mereka cenderung meneliti produk secara mendalam sebelum membeli?
  3. Berapa umur mereka?
  4. Apakah mereka memiliki pasangan dan/atau anak? Apa minat mereka? Apa yang mereka hargai? Apakah mereka sadar akan kesehatan? Tertarik dengan kehidupan yang berkelanjutan?

Buat pertanyaan Anda spesifik. Data demografis Facebook memungkinkan Anda menargetkan berdasarkan kombinasi kualitas tertentu.

Jika Anda menawarkan layanan untuk anggaran wisatawan, misalnya, Anda dapat menampilkan iklan Anda kepada orang-orang yang telah mencari mengenai penerbangan dalam sebulan terakhir atau mengikuti situs hostel pria di berbagai negara. Sementara itu, brand yang menawarkan layanan bimbingan belajar dapat menargetkan orang-orang dengan anak-anak yang baru saja membeli materi pendidikan.

3. Buat audiens Anda untuk berinteraksi satu sama lain.

Komentar dan likes memang bagus, tetapi percakapan peer-to-peer adalah yang benar-benar membuat interaksi terus berjalan. Facebook memungkinkan orang untuk terhubung berdasarkan minat yang sama—itulah bagian dari alasan platform itu ada. Manfaatkan itu dan undang orang-orang untuk berbagi pemikiran dan pengalaman mereka tidak hanya dengan Anda, tetapi juga satu sama lain.

Untuk melihat cara kerjanya, lihat contoh iklan Facebook berikut:

Contoh: Retailer pakaian wanita memposting galeri foto yang menampilkan lini baru pakaian musim seminya. Di bawahnya, teks bertanya kepada pembaca, “Apa tren musim semi favorit Anda? 

A. Floral dress B. Crop Jeans C. Kemeja Flannel D. Jumpsuits.”

Pembaca menjawab dan mulai menanggapi jawaban satu sama lain. “Floral dress! Mereka terlihat sangat dengan sepatu sneakers baruku.” “Saya suka crop jeans, tapi saya tidak pernah bisa menemukan celana yang pas.”

Bagaimana trik ini bekerja? Hasil yang kita tuju adalah, Anda dapat mengumpulkan informasi dengan cara yang juga melibatkan pelanggan Anda.

Ini juga berlaku untuk pelanggan business-to-business (B2B). Mereka mungkin tidak pernah bertemu satu sama lain, tetapi mereka berbagi kebutuhan akan layanan atau produk Anda, jadi mereka mungkin memiliki dilema profesional yang serupa.

4. Pilih sasaran kampanye yang tepat.

Facebook menampilkan iklan di situsnya sebagai bagian dari kampanye iklan yang lebih luas. Hal pertama yang Anda lakukan saat membuat iklan adalah memilih tujuan pemasaran. Tujuan yang disarankan meliputi:

  • Brand awareness
  • Pemasangan aplikasi
  • Mengumpulkan informasi prospek/calon pelanggan (seperti alamat email atau nomor telepon)
  • Keterlibatan dengan post atau halaman Facebook Anda

Ingat, tujuan Anda dapat memengaruhi jumlah yang Anda bayarkan untuk menjalankan iklan ini, jadi pilihlah sasaran yang akan memberikan banyak nilai bagi bisnis Anda.

5. Lacak kinerja post dan sesuaikan.

Dengan biaya iklan yang terjangkau dan alat analitik real-time, Facebook memungkinkan Anda bereksperimen dengan berbagai gaya posting dan menyesuaikan strategi Anda berdasarkan respons audiens. Lihat bagian Insight di Halaman Facebook Anda dan lihat perubahan yang terjadi pada hari-hari Anda memasang iklan:

  • Unggahan mana yang menghasilkan peningkatan tajam atau penurunan likes?
  • Berapa banyak likes yang berasal dari iklan berbayar?
  • Postingan mana yang memiliki tampilan paling unik?
  • Apakah audiens Anda merespons konten foto atau video dengan lebih baik?

Yang terpenting, Anda dapat menggunakan wawasan ini untuk menginformasikan desain iklan Anda berikutnya, karena Anda harus selalu membuat yang baru jika ingin tetap berada di depan audiens Anda. Manfaatkan perputaran cepat itu untuk mengubah desain iklan Anda sebanyak mungkin. Ketika Anda menemukan sesuatu yang berhasil, ikuti itu!

- - -

Itu dia proses pembuatan iklan di Facebook dan segala keuntungan yang bisa didapatkannya. Dengan ROI yang baik, pembuatan iklan di Facebook tentu akan menguntungkan bisnis Anda.

Supaya promosi bisnis Anda bisa lebih baik, Anda juga bisa menggunakan layanan dari Taptalk yang memiliki begitu banyak fitur untuk terhubung dengan pelanggan Anda. Kunjungi taptalk.io sekarang juga!

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Ardian

06 / 10 / 2020

TapTalk.io is a startup company that was home-grown and made by our nation’s people. We understand and care for our customers─even to those precious potential customers. In TapTalk.io, we understand how important communication is, and we believe, the very basic aspect of human life is the ability to communicate, and the presence of communication is […]

Read More

By Jessica Jacob

10 / 01 / 2024

Untuk membangun tujuan perusahaan yang jelas, Anda memerlukan nilai atau value perusahaan. Value adalah nilai yang dimiliki oleh seorang individu atau usaha untuk dapat melakukan peranannya dengan tepat. Setiap objek, baik manusia, lembaga, maupun bisnis memiliki value. Agar dapat mencapai tujuan organisasi, sebuah organisasi harus memiliki nilai dan menemukan cara untuk meningkatkan nilai mereka. Pada […]

Read More

By Jessica Jacob

06 / 01 / 2023

Etika bisnis mempelajari kebijakan dan praktik bisnis yang sesuai mengenai subjek yang berpotensi kontroversial, termasuk corporate governance, insider trading, penyuapan, diskriminasi, tanggung jawab sosial perusahaan, tanggung jawab fidusia, dan banyak lagi.  Ingin mengetahui lebih dalam mengenai etika bisnis? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. Key Takeaways: Etika bisnis adalah panduan mengelola tindakan untuk menangani subjek […]

Read More
1 2 3 48
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer