pt tap talk teknologi blog
keuntungan menggunakan chatbot

Ini Dia 7 Keuntungan Menggunakan Chatbot

By Jessica Jacob
28 / 09 / 2021

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dapat menjadi alat yang ampuh dalam hal bisnis. Ketika digunakan dalam pengaturan dunia nyata yang sudah terbukti, AI dapat menghasilkan manfaat yang mungkin tidak pernah Anda perkirakan, terutama bila dikombinasikan dengan teknologi canggih seperti chatbot. Chatbot adalah program kecerdasan buatan yang dapat mensimulasikan percakapan (atau obrolan) dengan pengguna melalui aplikasi perpesanan, situs web, aplikasi seluler, atau melalui telepon.

Misalnya saja. Anda ingin membeli sepatu dari toko ritel lokal Anda, Anda harus mengakses situs web mereka, menemukan apa yang Anda cari dan membelinya. Tetapi bagaimana jika toko itu memiliki bot? Anda hanya perlu menulis pesan kepada brand melalui Facebook dan memberi tahu mereka apa yang kita inginkan. Dan jika Anda ragu tentang ukuran, Anda bisa mendapatkan jawaban atas masalah Anda hanya dalam sekejap.

keuntungan menggunakan chatbot

Menurut Forbes, market chatbot diperkirakan mencapai $ 1,25 miliar pada tahun 2025.

Di masa sekarang, di mana pelanggan percaya bahwa pengalaman yang diberikan perusahaan sama pentingnya dengan produk atau layanannya, chatbot AI masuk sebagai peluang. Dapat dikatakan bahwa bot adalah bagian penting dari otomatisasi layanan pelanggan.

Kenapa Chatbot Penting Untuk Bisnis?

80% pemasar berencana untuk mulai menggunakan chatbot dengan berbagai cara. Ini adalah alasan penting mengapa merek berinvestasi dalam meningkatkan pengalaman pelanggan.

Chatbot berbasis AI meningkatkan efisiensi operasional dan menghemat biaya bisnis sambil menawarkan kenyamanan bagi pelanggan. Bisnis dapat mengotomatiskan FAQ dan mengurangi kebutuhan akan interaksi manusia.

Terdapat beberapa keuntungan menggunakan Chatbot untuk bisnis Anda, yaitu:

1. Siap sedia setiap saat

Salah satu keuntungan yang didapatkan dari chatbot adalah ketersediaannya selama 24/7. Meskipun bukan jam kerja sekalipun, chatbot tetap dapat melayani pelanggan kapan saja. 

2. Menambah Customer Satisfaction

Dengan chatbot, pelanggan yang dapat menghubungi Anda dimana saja dan kapan saja akan mendapat respon langsung. Hal ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan karena mereka akan merasa bahwa perusahaan Anda cepat tanggap.

3. Hemat Waktu dan Biaya

Dengan kecepatan respon yang saat itu juga, tentu akan mengurangi waktu yang terbuang karena perusahaan dapat merespon pelanggan dengan cepat. 

4. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Menciptakan lingkungan kredibilitas antara bisnis Anda dan calon pelanggan Anda adalah faktor fundamental, dan memiliki chatbot dapat membantu perusahaan mewujudkannya.

5. Meningkatkan Penjualan

Meningkatnya kepercayaan pelanggan dan kepuasan pelanggan berarti Anda dapat meningkatkan penjualan. Hal ini secara otomatis terjadi karena kepercayaan dan kepuasan pelanggan berhubungan dengan penjualan dalam perusahaan.

6. Hasilkan dan Kualifikasikan Prospek

Chatbot dapat dirancang untuk mengumpulkan informasi pengguna yang penting seperti email, telepon, dll, hingga kemudian mengirimkan informasi tersebut ke tim penjualan sehingga mereka dapat menindaklanjuti percakapan tersebut. Kemudian juga, chatbot dapat memfilter dan mengkualifikasi calon pelanggan dengan mengajukan pertanyaan dan mengevaluasi respons. Hasil filter ini kemudian dapat dilanjutkan kepada tim penjualan Anda.

7. Dapat Menangani Pembelian Online dan Manajemen Pembayaran

Chatbot membantu menyederhanakan proses belanja dan pembayaran online. Mereka memberikan informasi dan memecahkan masalah yang dimiliki pengguna selama proses keputusan pembelian.

Chatbot juga dapat melakukan pencarian, menyediakan produk serupa atau bahkan mengizinkan pembayaran dari obrolan percakapan itu sendiri.

Chatbot tidak memerlukan aplikasi tambahan yang cukup merepotkan untuk di-install. Salah satu cara untuk menggunakan chatbot adalah melalui omnichannel messaging platform. Jika Anda familiar dengan istilah tersebut, Anda dapat memilih OneTalk by TapTalk.io sebagai penyedia omnichannel messaging solution terpercaya di Indonesia. Anda bisa mengaplikasikan chatbot pada aplikasi messenger yang Anda miliki, misalnya saja pada WhatsApp.

Dapatkan keuntungan menggunakan chatbot menggunakan OneTalk. Tidak hanya chatbot, Anda juga dapat mengintegrasikan berbagai aplikasi messenger hanya dalam satu dasbor. Apalagi, kini sudah tersedia Instagram API di OneTalk, Anda dapat terhubung dengan pelanggan Anda di berbagai saluran. Customer Satisfaction pelanggan Anda sudah pasti meningkat dan secara otomatis meningkatkan penjualan perusahaan Anda. Inilah saatnya mengatakan selamat tinggal kepada pelayanan pelanggan yang rumit. 

OneTalk selalu siap menjawab pertanyaan Anda, hubungi agent kami di sini dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Jessica Jacob

19 / 01 / 2023

Konsumen di seluruh dunia mengalihkan sebagian besar pembelian mereka ke retailers online ketika pandemi COVID-19 melanda pada tahun 2020. Penjualan e-commerce meningkat sebesar 43%, atau hampir $250 miliar, pada tahun 2020. Lebih dari 50% konsumen grosir online juga menyatakan bahwa mereka berencana untuk berbelanja online bahkan setelah pandemi. Tidak diragukan lagi, peluang berjualan online telah […]

Read More

By Jessica Jacob

02 / 03 / 2023

Anda tentu pernah mendengar istilah Customer Support dan Customer Success. Dua istilah ini sering disebut secara bergantian. Walaupun terdapat perbedaan mencolok, Customer Support vs Customer Success juga memiliki benang merah. Tujuan akhir dari kedua disiplin ini adalah tentang memberikan pengalaman yang luar biasa pada pelanggan dan mempertahankan mereka. Keduanya sangat penting untuk kesuksesan perusahaan di […]

Read More

By Jessica Jacob

16 / 11 / 2023

Citra perusahaan adalah salah satu unsur terpenting dari suksesnya sebuah perusahaan. Konsumen membuat keputusan karena berbagai alasan. Salah satu alasannya adalah hubungan yang mereka rasakan dengan sebuah perusahaan. Jika suatu perusahaan memiliki citra negatif, pelanggan mungkin tidak lagi merasa terhubung dengan merek tersebut. Untuk itu, penting bagi sebuah perusahaan untuk memiliki public relation yang baik.  […]

Read More
1 2 3 109
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer