pt tap talk teknologi blog
Interactive Marketing: Strategi Ampuh Digital Marketing

Interactive Marketing: Strategi Ampuh Digital Marketing

By Jessica Jacob
23 / 09 / 2022

Format konten yang kita andalkan saat ini sangat mirip dengan format konten yang kita andalkan sejak lama — postingan blog terlihat seperti artikel cetak, presentasi terlihat seperti buku, dan deck slide terlihat seperti presentasi. 

Meskipun tidak ada salahnya menggunakan format seperti ini untuk pemasaran, kini pemasar sudah mulai mengubah konten dari “baik” menjadi "luar biasa" menggunakan pemasaran interaktif atau interactive marketing.

Interactive marketing memberi pemasar peluang besar untuk melibatkan pelanggan pada tingkat yang jauh. Pengguna awalnya membuktikan bahwa jika pemasar ingin mengatasi kebisingan, mereka tidak bisa hanya melakukan apa yang selalu mereka lakukan. Mereka perlu memperbarui pekerjaan mereka.

Interactive Marketing: Strategi Ampuh Digital Marketing

Tapi Anda jelas tidak dapat memanfaatkan interactive marketing dengan baik jika Anda masih belum mengetahui semua tentang strategi ini. Untuk itu, mari baca artikel di bawah untuk memahami semua tentang interactive marketing, strategi ampuh untuk digital marketing Anda.

Poin Kunci:

  • Interactive marketing adalah taktik digital marketing menggunakan visual atau video yang menarik untuk membuat audiens Anda terlibat dengan konten
  • Interactive marketing membantu perusahaan meningkatkan konversi, meningkatkan keterlibatan audiens, dan mendapatkan umpan balik yang lebih instan.

Pengertian

Interactive marketing adalah taktik pemasaran menggunakan visual atau video yang menarik untuk membuat audiens Anda terlibat dengan konten digital Anda. Bentuk pemasaran ini menarik perhatian audiens Anda, menyenangkan mereka, dan secara kreatif menyajikan produk atau layanan Anda. 

Interactive marketing melibatkan inisiatif pemasaran yang berasal dari perilaku dan preferensi pelanggan. Untuk alasan ini, interactive marketing memasarkan produk dengan berkembang dari cara yang tradisional. Sebuah strategi yang berpusat pada kebutuhan konsumen, interactive marketing melibatkan interaksi dengan tindakan pelanggan dan berusaha untuk memenuhi harapan dan tuntutan mereka.

Agar pemasar dapat menerapkan upaya interactive marketing yang berhasil, mereka harus memiliki akses ke teknologi yang memberikan pandangan 360 derajat penuh kepada pelanggan.

Manfaat Interactive Marketing Bagi Strategi Digital Marketing

Meningkatkan konversi

Interactive marketing memberi pelanggan potensial kesempatan untuk melakukan pembelian segera. Misalnya, menyertakan ajakan bertindak di tempat pembelian adalah teknik interactive marketing yang populer dan efektif. Saya yakin Anda pernah melihat tombol selama iklan digital yang mengatakan "Beli Sekarang" atau berbagai poin di situs web yang menyertakan tombol "Tambahkan ke Troli".

Meningkatkan keterlibatan audiens

Menghibur audiens Anda adalah kunci untuk melibatkan mereka - itulah sebabnya taktik seperti kuis online, konten yang dipersonalisasi, dan video interaktif sangat membantu. Ini memberi audiens pengalaman unik yang membuat interaksi dengan bisnis Anda menjadi menyenangkan. Jika audiens Anda terhibur, mereka cenderung tetap setia dan berpotensi mendukung perusahaan Anda.

Umpan balik yang instan

Anda dapat dengan mudah dan cepat mengukur bagaimana perasaan audiens Anda tentang perusahaan Anda melalui taktik seperti kuis dan jajak pendapat. Apakah situs web Anda mudah dinavigasi? Apakah produk Anda memenuhi harapan? Apakah ada area yang perlu ditingkatkan? Dengan interactive marketing, Anda dapat terhubung lebih baik dengan audiens Anda dan membiarkan suara mereka didengar, sehingga Anda dapat melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak.

Baca juga: Tahapan Marketing Funnel, Strategi, dan Cara Menggunakannya

Kelebihan & Kekurangan Interactive Marketing

Kelebihan interactive marketing

Interactive marketing menawarkan beberapa kelebihan, antara lain:

  1. Interactive marketing mengurangi risiko kegagalan dari kampanye pemasaran, ditambah lagi mengoptimalkan perolehan prospek dan penjualan karena disesuaikan sesuai dengan perilaku dan keinginan pelanggan.
  2. Strategi ini memungkinkan perusahaan dalam memenuhi keinginan pelanggan karena pemasar dapat menanggapi kecenderungan dan tindakan pelanggan.
  3. Berguna dalam meningkatkan penjualan, menurunkan biaya pemasaran, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
  4. Faktor personalisasi kampanye interaktif menambah lebih banyak konversi dan ROI.

Kekurangan dari Interactive Marketing

  1. Karena strategi ini melibatkan kontak langsung antara perusahaan dan pelanggan, jelas bahwa perusahaan tidak memiliki basis yang tepat untuk mengendalikan pelanggan. Selain itu, cara berbagi desain yang berbeda untuk kebutuhan mereka dapat menimbulkan masalah bagi perusahaan.
  2. Bagaimana Anda tahu tentang suatu produk? Aksesibilitas iklan tergantung pada beberapa produk tertentu. Misalkan untuk sebuah situs web, pembeli harus memiliki terminal yang sesuai sebagai komputer untuk mengakses internet untuk melihat produk.

Jenis-Jenis Interactive Marketing

Ada beberapa tipe umum untuk menerapkan interactive marketing pada strategi pemasaran sebuah perusahaan. Berikut beberapa contoh jenis interactive marketing:

1. Video Interaktif

Menggunakan video adalah cara yang bagus untuk menjelaskan suatu topik atau menghibur pemirsa. Pemasar berpengalaman telah menemukan cara baru untuk melibatkan pemirsa dengan menambahkan ajakan bertindak dalam video yang mendorong mereka untuk berlangganan atau berpartisipasi dalam percakapan secara real time. Beberapa memungkinkan pemirsa menjawab pertanyaan dengan mengetuk serangkaian jawaban pilihan ganda tepat di layar. Format lain membenamkan pemandangan dalam lanskap yang menakjubkan - sebuah teknologi yang menjadi semakin populer dengan meluasnya penggunaan video 360 derajat.

Jenis-Jenis Interactive Marketing

2. Kuis, Polls, dan Survei

Kuis dan jajak pendapat adalah cara yang menyenangkan untuk membuat pengunjung berinteraksi dengan situs Anda — dan Anda dapat membuatnya untuk hampir semua topik. Buzzfeed telah unggul di bidang ini, tetapi tidak jarang melihatnya digunakan untuk perjalanan, pencarian rumah, dan situs web desain interior. Mereka adalah alat pemasaran media sosial yang populer juga.

3. Konten yang Dipersonalisasi

Dari menyapa pelanggan dengan nama di email hingga mengatur iklan spesifik yang menargetkan kebutuhan individu mereka, menambahkan sentuhan pribadi memberi kesan bahwa Anda berbicara langsung kepada mereka. Pernahkah Anda meninggalkan item di keranjang Anda dan menerima email pengingat tentangnya nanti? Ini adalah tindakan pemasaran khusus.

Jenis-Jenis Interactive Marketing

4. Interaktive Storytelling

Mungkin sulit untuk membuat pembaca tetap terlibat dengan artikel yang panjang - itulah sebabnya penceritaan interaktif dapat menjadi sumber yang kuat bagi pemasar. Ini menggunakan bagan, animasi, video, peta yang dapat diklik, bagan, dan alat bantu visual lainnya untuk membantu memecah teks dan mencegah pembaca menjadi kewalahan atau bosan.

Jenis-Jenis Interactive Marketing

5. Kalkulator

Meskipun kalkulator tidak terlihat sangat menarik, kalkulator ini sangat berguna bagi organisasi yang ingin melihat data. Mencari rumah? Anda mungkin telah menggunakan kalkulator KPR untuk mendapatkan perkiraan kasar pembayaran bulanan Anda.

Jenis-Jenis Interactive Marketing

6. Interaksi Dua Arah

Inisiatif interaksi dua arah adalah inti dari pemasaran interaktif karena mereka memberikan konsumen “platform” untuk berpartisipasi secara aktif. Misalnya menggunakan messaging platform untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Tingkatkan Penjualan

Contoh Penerapan Interactive Marketing

Masih bingung menggunakan interactive marketing? Di bawah ini terdapat beberapa contoh penerapan strategi ini untuk beberapa brand. 

The Structure of Stand-Up Comedy | The Pudding

Contoh Penerapan Interactive Marketing

Telusuri di: https://pudding.cool/2018/02/stand-up/ 

Cara The Pudding menyajikan data dengan konsep interaktif satu ini sungguh menarik! Dengan membedah pertunjukkan seorang stand-up comedian yang mungkin pernah Anda saksikan, Ali Wong, The Pudding membedah data menjadi sesuatu yang menarik.

Kelebihan dari strategi interactive marketing oleh The Pudding:

  • Visual dan bagan yang menganalisis rutinitas Ali Wong terasa seperti mengikuti kelas pertunjukan dan penulisan kreatif pada saat yang bersamaan.
  • Membuat penonton memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang tidak hanya bagaimana Ali Wong membentuk rutinitasnya, tetapi juga memungkinkan mereka untuk terhubung dengannya dengan cara yang empatik.
  • Infografisnya mudah dipahami dan memberi penggemar pemahaman yang lebih baik tentang seni di balik komika.
  • Komedian stand-up mungkin tampak seperti orang bijak yang beruntung yang telah diberkati dengan bakat untuk mengimprovisasi beberapa lelucon dan potongan paling lucu yang pernah Anda dengar, tetapi mereka benar-benar memoles penampilan mereka dengan akurasi yang tepat.

Untuk memecah audiens mereka sebanyak mungkin, mereka memastikan cerita rutin mereka mengalir mulus dari satu ke yang lain. Namun, beberapa komedian seperti Ali Wong melakukan persiapan stand-up mereka ke tingkat yang sangat berbeda.

Dengan menguraikan seluruh rutinitasnya secara visual, The Pudding mengungkapkan bagaimana Ali Wong telah menjalin semua bagiannya menjadi sebuah cerita, membangun dunianya dan persepsi hidupnya dengan cara yang benar-benar dapat dipahami oleh audiensnya, membuat mereka memiliki rasa empati yang lebih dalam, makna, dan akhirnya humor.

Video Imersif | Scotland From the Sky oleh BBC Scotland

Scotland From the Sky: Glen Coe

Alasan utama mengapa tontonan ini memiliki value adalah karena Glen Coe, lembah Skotlandia yang membelah reruntuhan gunung berapi raksasa kuno, adalah salah satu pemandangan paling spektakuler di dunia.

Melalui video 360 derajat Glen Coe yang imersif, BBC Scotland dapat memikat audiens karena mereka dapat mengalami lanskap dari sudut pandang yang intim di setiap sudut yang memungkinkan, membuat mereka merasa seperti apa adanya.

Kelebihan strategi oleh BBC:

  • Video 360 derajat ini menyoroti seni menunjukkan daripada menceritakan.
  • Menggunakan lanskap Skotlandia yang imersif sebagai latar belakang, penonton merasa seolah-olah sedang menjelajahi Glen Coe bersama sutradara.
  • Video semacam itu sangat menakjubkan secara visual sehingga dapat mendorong pengunjung untuk membagikan tautan dengan orang lain, yang meningkatkan keterlibatan.
  • Pada tahun 2019, Rough Guides, seorang pemandu wisata populer, menobatkan Skotlandia sebagai negara terindah di dunia.

Baca juga: Panduan Sukses Conversational Marketing di WhatsApp

Terapkan Pemasaran Interaktif ke Kampanye Anda

Kampanye dalam artikel ini akan memberi Anda beberapa kiat untuk diterapkan pada pemasaran Anda. Saat membuat konten yang bagus, Anda juga harus mempertimbangkan:

  • Cara menonaktifkan prospek untuk mendapatkan perhatian, keterlibatan, dan minat
  • Cara terbaik untuk mempersonalisasi pengalaman untuk setiap pelanggan potensial
  • Bagaimana mengurangi gesekan sebanyak mungkin untuk meningkatkan momentum

Dengan menerapkan konsep seperti ini, Anda akan berada dalam posisi untuk menciptakan sensasi, membuat konten Anda lebih konsisten, meningkatkan pengalaman, dan menggerakkan roda Anda.

Itu dia semua tentang interactive marketing yang bisa mengoptimalkan strategi pemasaran digital perusahaan. Pengemasan konten yang kini semakin beragam dan imersif membuat interactive marketing menjadi sebuah kebutuhan bagi perusahaan. 

Jadikan OneTalk by TapTalk.io bagian dari perjalanan interactive marketing Anda. Menggunakan Omnichannel messaging platform yang terpercaya seperti OneTalk, interaksi Anda tidak hanya berhenti di konten, tetapi mengiringi pelangan hingga retensi luar biasa.

Hubungi agent kami untuk berkolaborasi dan wujudkan interactive marketing Anda yang tak terlupakan. 

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Jessica Jacob

18 / 12 / 2023

Maraknya penggunaan ecommerce sebagai tempat berjualan di Indonesia, membuat membuka toko menjadi lebih mudah. Era pandemi telah mendorong banyak merchant untuk membuka toko secara online. Salah satu ecommerce yang ada dan populer di Indonesia adalah Tokopedia. Tokopedia merupakan salah satu platform ecommerce yang memungkinkan para merchant-nya untuk meningkatkan penjualan dan mengenalkan produk ke publik dengan […]

Read More

By Jessica Jacob

12 / 01 / 2023

Perusahaan menggunakan berbagai strategi pemasaran, seperti promosi, untuk menarik pelanggan baru, menyebarkan pesan ke target audiens mereka, dan meningkatkan penjualan barang dan jasa.  Mereka mungkin menggunakan beragam teknik promosi, seperti pemasaran langsung, penjualan pribadi, dan PR, untuk mencapai tujuan mereka.  Memilih teknik promosi bisnis yang tepat dapat membantu Anda meningkatkan pendapatan organisasi dan menciptakan citra […]

Read More

By Ardian

18 / 01 / 2021

Strategi pemasaran terdiri dari banyak elemen: pembuatan dan distribusi konten, media sosial, pengoptimalan mesin telusur, dll. Dipilih dengan bijak, ini dapat membantu perusahaan Anda menjadi sangat populer atau, sebaliknya, membuatnya tidak relevan dan bahkan dijauhi. Seseorang dapat menjadi kreatif dengan upaya pemasaran mereka hari ini hanya untuk kehilangan semuanya besok. Pada artikel ini, kita akan […]

Read More
1 2 3 107
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer