pt tap talk teknologi blog
Mau Jualan Laris di Facebook? Baca 7 Tips Jitu Ini!

Mau Jualan Laris di Facebook? Baca 7 Tips Jitu Ini!

By Jessica Jacob
27 / 04 / 2022

Mau produk Anda cepat laku secara online? Sudahkah Anda menjual di tempat yang tepat? Ini saatnya Anda mencoba berjualan di Facebook! Dengan berbagai keuntungan, pelajari cara jitu agar jualan laris di Facebook. 

Mau Jualan Laris di Facebook? Baca 7 Tips Jitu Ini!

Menjual barang-barang Anda secara online tidak pernah semudah saat ini, berkat sejumlah situs web dan aplikasi yang melayani pembeli dan penjual semua barang bekas. Termasuk platform pendatang baru, Facebook Marketplace. Diperkenalkan pada tahun 2016, kini Facebook Marketplace sudah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh Indonesia. 

Facebook Marketplace memiliki beberapa keunggulan dibandingkan platform penjualan online lainnya, termasuk kemudahan penggunaan dan tidak adanya anonimitas karena pesan dikirimkan melalui akun Facebook pribadi pengguna.

Cek tips-tips di bawah ini agar jualan Anda laku di Facebook.

Tips Jualan Laku di Facebook

1. Gunakan Fitur Marketplace

Cara jualan kamu laris di Facebook adalah dengan menggunakan fitur Marketplace. Memudahkan orang untuk melihat barang apa saja yang Anda jual, lengkap dengan spesifikasinya. 

Mirip dengan aplikasi e-commerce lainnya, Facebook Marketplace hadir dengan cara dan tampilan yang sederhana. Nama penjual, foto barang, lokasi, deskripsi, dan harga dicantumkan dengan jelas. Fitur ini terletak di sebelah kiri halaman saat Anda masuk ke Facebook melalui desktop.

Tidak menggunakan jasa pengiriman barang, marketplace mengharuskan Anda untuk bertemu langsung dengan pembeli dan melakukan pembayaran atau cash on delivery. Sebelum transaksi secara langsung, Anda bisa terlebih dahulu mengobrol dan bernegosiasi dengan pembeli untuk menyepakati harga barang tersebut. Jika Anda cepat menanggapi pesan pembeli, Facebook memberi Anda lencana "sangat responsif" di Profil Anda.

2. Gunakan Gambar Asli Dengan Kualitas Yang Baik

Salah satu cara terbaik untuk memastikan produk Anda terjual dengan cepat adalah dengan menyediakan foto berkualitas tinggi untuk menarik calon pembeli dan membiarkan mereka melihat seperti apa barang itu sebenarnya. 

Jika memungkinkan, atur item di depan latar belakang netral dan minimalkan gangguan sehingga fokusnya ada pada item itu sendiri. Ambil foto dari beberapa sudut untuk memberikan gambaran yang lengkap bagi pihak yang berkepentingan.

Gunakan cahaya alami dengan menempatkan barang di depan jendela yang cerah. Sebagai alternatif, pertimbangkan untuk mengambil foto di luar ruangan di area yang teduh untuk menghindari bayangan yang keras. 

Di dalam ruangan, matikan pencahayaan di atas kepala agar warnanya tetap sealami mungkin. Jangan ragu untuk menggunakan aplikasi untuk mencerahkan foto. 

Pastikan Anda memberikan gambar item yang akurat. Jika ada kerusakan di bagian apapun, ambil foto yang jelas dari area yang tersebut sehingga pembeli dapat melihat tingkat kerusakannya.

3. Memberikan Deskripsi Rinci

Berikan sebanyak mungkin detail tentang item di awal untuk mengurangi pertanyaan yang harus Anda jawab berkali-kali dari calon pembeli. Jika informasi tersedia, pastikan untuk menyertakan detail tentang merek, pabrikan, dan nomor model. 

Berikan pengukuran yang akurat dan detail yang relevan tentang kondisi barang, termasuk cacat dan tanda penggunaan. Jujurlah saat menjelaskan barang tersebut, terutama dalam hal ukuran, tempat asal, dan kondisinya. Anda hanya akan membuang waktu Anda sendiri—juga waktu pembeli—jika barang tidak sesuai dengan deskripsi saat pengambilan.

4. Gunakan Iklan Facebook/Facebook Ads

Mau jualan Anda semakin di boost? Gunakan Facebook Ads. Facebook menyediakan layanan Facebook Ads yang tentunya memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan metode penjualan lainnya di Facebook. Selama Anda memiliki modal yang cukup, tidak ada salahnya menggunakan layanan Facebook Ads.

Baca juga: Tutorial Cara Mudah Membuat Iklan Facebook

5. Tentukan Harga Yang Masuk Akal

Salah satu keputusan tersulit saat Anda mencoba untuk berjualan di Facebook Marketplace adalah menetapkan harga. Meskipun Anda tentu ingin menghasilkan uang sebanyak mungkin, penting untuk menetapkan harga yang wajar untuk memastikan bahwa barang Anda terjual. 

Panduan yang baik adalah untuk selalu mencantumkan item dengan harga 50 persen atau kurang dari harga eceran aslinya. Anda juga harus mencari barang serupa di lingkungan Anda untuk melihat persaingan dan mengukur kisaran harga. Jika Anda mengharapkan penjualan cepat, Anda dapat memilih untuk melemahkan pasar saat ini dengan memberi harga barang Anda sedikit di bawah daftar yang sebanding. 

Atau, jangan ragu untuk menetapkan harga yang sedikit lebih tinggi jika menurut Anda item Anda memiliki kualitas yang lebih baik daripada produk serupa yang saat ini terdaftar, dan sertakan detail dalam deskripsi item yang menjelaskan apa yang membedakan listing Anda.

6. Pastikan Menyertakan Search Tag

Pertama, pastikan untuk mencantumkan produk Anda dalam kategori yang benar sehingga mudah ditemukan. Selain menyediakan kategori umum, Facebook Marketplace memungkinkan penjual untuk melabeli daftar mereka dengan tag pencarian untuk memudahkan calon pembeli menemukan apa yang mereka cari. 

Jadi, misalnya, jika Anda menjual cermin antik, sertakan tag seperti "vintage", "cermin", "emas", "antik", dan seterusnya. Facebook saat ini mengizinkan hingga 20 tag. Semakin banyak tag yang Anda gunakan, semakin tinggi kemungkinan ditemukannya produk Anda oleh calon pembeli.

7. Tanggapi Pertanyaan Dengan Cepat

Transaksi Facebook Marketplace cenderung bergerak cepat, jadi penting untuk merespon pesan Anda dengan cepat juga saat Anda memiliki item yang dijual. 

Tanggapi calon pembeli sesegera mungkin untuk menjawab pertanyaan atau bernegosiasi tentang harga. Jika Anda tidak menanggapi pertanyaan dalam waktu 24 jam, calon pembeli mungkin telah membeli barang serupa dari penjual lain.

Gunakan strategi omnichannel merespon lebih mudah dan cepat. Strategi omnichannel mengintegrasi banyak channel sekaligus. Misalnya, selain di Facebook, Anda memiliki platform lain tempat pembeli dapat menghubungi Anda. Media sosial, sistem inventaris online, atau e-commerce dapat langsung Anda tangani dengan 1 dasbor.

Nilai plusnya? Jika Anda menggunakan layanan omnichannel seperti OneTalk by TapTalk.io, Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur lainnya yang berguna untuk bisnis

Keuntungan Berjualan Di Facebook

Keuntungan Berjualan Di Facebook

Sudah semakin tahu tips jualan online laris di Facebook? Pahami juga keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan. Apa saja keuntungan berjualan di Facebook? 

1. Facebook Marketplace menyederhanakan pembelian dan penjualan

Salah satu kelebihan Facebook Marketplace adalah kemudahan untuk memposting iklan dan menemukan item. Jika Anda sudah aktif di Facebook, kurva belajarnya akan menjadi lebih sedikit.

Di Facebook Marketplace, Anda dapat:

Berjualan: Posting barang untuk dijual dalam sekejap menggunakan komputer, tablet, atau ponsel. Ambil foto, tulis deskripsi, dan tentukan harganya. Kemudian, pilih kategori dan lokasi, dan boom, Anda selesai. Facebook dapat menggabungkan informasi sehingga Anda juga dapat berbagi produk dengan grup Facebook.

Membeli: Forum marketplace memungkinkan Anda untuk mencari berdasarkan harga, lokasi, atau jenis produk dan menampilkan item berdasarkan riwayat penelusuran dan grup keanggotaan Anda.

2. Pasar menjangkau khalayak luas

Dengan lebih dari 1,85 miliar pengguna setiap hari, Facebook sangat ideal untuk penjual yang ingin menjangkau khalayak luas atau pembeli yang perlu menemukan barang tertentu. Karena diatur berdasarkan lokasi, pembeli dapat membeli barang besar tanpa membayar mahal untuk pengiriman. Sebagai pemilik bisnis, Anda dapat menjangkau calon pembeli dengan mencantumkan item individual di inventaris Anda, menautkannya ke situs web Anda, atau memberikan alamat etalase Anda.

3. Kemudahan berkomunikasi antara pembeli dan penjual

Facebook adalah jaringan komunikasi, jadi Facebook tahu cara membuat Anda tetap terhubung. Pembeli dan penjual marketplace dapat saling mengirim pesan melalui Facebook Messenger. Jalur komunikasi yang nyaman memang luar biasa, tetapi Anda tidak ingin pertanyaan yang dapat dihindari membanjiri kotak masuk Anda.

Facebook Messenger juga merupakan cara terbaik bagi pemilik bisnis untuk membangun hubungan terpercaya dengan komunitas mereka, membuat koneksi lokal, dan terkoneksi dengan rekan bisnis.

Baca juga: Kupas Tuntas Manfaat dan Cara Membuat Facebook Page

Produk Apa Yang Laku Di Facebook Marketplace?

Tidak hanya mengetahui tips dan keuntungan berjualan di Facebook Marketplace, Anda juga harus memahami dulu pasar yang diincar di marketplace. Di bawah ini adalah barang-barang yang paling laku di Facebook Marketplace.

  • Barang populer. Facebook adalah tempat yang baik untuk menjual barang-barang mainstream seperti Nintendo Switch, sofa, dan TV cadangan – hal-hal yang dimiliki dan diinginkan banyak orang.
  • Ketika ongkos kirim melebihi nilai barang-barang kecil. Cocok untuk paperback, baby grow dan DVD lama. Seperti yang kita bahas sebelumnya, Facebook Marketplace tidak menggunakan jasa kirim, memungkinkan pengguna untuk bertemu secara langsung untuk transaksi. 
  • Barang besar atau mudah pecah. Pasar untuk barang-barang koleksi saja, seperti sofa dan lemari pakaian, seringkali terbatas pada orang-orang lokal.
  • Barang anak-anak. Kelompok orang tua termasuk yang paling ramai, jadi ini sangat cocok untuk tempat tidur bayi, pakaian anak-anak, dan boneka Frozen.

Mulai Berjualan Di Facebook Marketplace

Tidak lagi hanya tempat untuk terhubung dengan teman, Facebook terikat menjadi ruang perdagangan sosial dan tidak akan mundur. Misalkan Anda seorang pemilik bisnis yang ingin meningkatkan basis pelanggan Anda, penjual yang menyediakan ruang di garasi Anda, atau seorang kolektor yang berburu harta karun yang unik. Dalam hal ini, Facebook Marketplace dapat membantu Anda menemukan apa yang Anda cari.

Jadikan OneTalk by Taptalk sebagai partner Anda dalam berjualan di Facebook Marketplace. Menjawab pesan menjadi lebih cepat dan efektif dengan fitur All-in-one inbox dan Chatbot. Pertanyaan yang seringkali ditanyakan (FAQ) dapat dijawab secara cepat dengan template pesan dan bot, memudahkan Anda mengurangi waktu yang dihabiskan untuk membalas pesan.

Hubungi agent kami di sini, dan eksplor kemudahan yang ditawarkan OneTalk sekarang!

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Jessica Jacob

09 / 09 / 2022

Penawaran WhatsApp Business semakin membantu bisnis untuk terlibat dengan pelanggan mereka untuk dukungan pelanggan, pesan massal dan siaran WhatsApp, dan mengirim pembaruan otomatis seperti pemberitahuan terkait pesanan. WhatsApp juga dapat menjadi pendorong besar bagi pelanggan karena membantu mereka tetap diperbarui secara real-time dan memulai obrolan dengan bisnis dengan mulus. Tetapi, WhatsApp masih merupakan platform perpesanan […]

Read More

By Jessica Jacob

14 / 07 / 2022

Dengan berkembangnya media komunikasi, pelanggan kini menjadi lebih menuntut dan menginginkan jawaban cepat untuk masalah mereka. Dengan memiliki beberapa media komunikasi sekaligus, perusahaan akan menanggapi kekhawatiran pelanggan dengan jumlah yang juga bertambah. Membalas chat pelanggan bisa menjadi hal yang rumit untuk ditangani. Menjaga komunikasi dengan balasan yang cepat menjadi tanggung jawab setiap organisasi agar tetap […]

Read More

By Jessica Jacob

22 / 01 / 2024

Di tengah kemajuan ilmu marketing dan teknologi, banyak perusahaan besar dan kecil melibatkan konsumen melalui berbagai saluran secara terkoordinasi dan terpadu. Cross channel marketing muncul sebagai kunci strategis untuk mengoptimalkan interaksi pelanggan dan memastikan bahwa pesan merek mencapai targetnya di setiap titik kontak. Dengan latar belakang perubahan perilaku konsumen dan kemajuan teknologi, perusahaan harus beradaptasi […]

Read More
1 2 3 134
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer