pt tap talk teknologi blog

Maksimalkan In-App Messaging, Retensi Pengguna Dijamin Meningkat

By Regita
09 / 06 / 2021

Bingung cara menjaga dan meningkatkan retensi pengguna? Mungkin Anda belum tahu dan menggunakan In-App Messaging. In-App Messaging terbukti meningkatkan retensi pengguna 61% hingga 74%, terhitung 28 hari setelah pesan dikirimkan.

In-App Messaging adalah komponen kunci dari strategi keterlibatan pelanggan yang kuat. Hal ini karena In App Messaging memberikan strategi yang dapat menjangkau pengguna di tempat & waktu yang tepat, dan konsisten di seluruh platform.

Apa itu In-App Messaging?

In-App Messaging adalah pemberitahuan yang muncul selama penggunaan aplikasi untuk mengingatkan pengguna Anda tentang sesuatu yang menarik atau penting. Mereka sangat mirip dengan push notification, hanya saja, mereka hanya muncul ketika pengguna benar-benar sedang menggunakan aplikasi.

In-App Messaging merupakan salah satu bentuk pemberitahuan yang sangat ditargetkan yang dikirim ke pengguna saat mereka menggunakan aplikasi seluler atau desktop. In-App Messaging dalam aplikasi memungkinkan pemasar untuk melibatkan pengguna pada waktu yang tepat, untuk memfasilitasi orientasi penggunaan aplikasi, berbagi pembaruan produk, menawarkan dukungan, atau mempromosikan penawaran yang relevan. 

Jika dijalankan dengan benar, pengguna biasanya menganggapnya jauh lebih tidak invasif daripada push notification karena tidak mengganggu siapapun yang menjalankan bisnis sehari-hari dan hadir untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Karena In-App Messaging terpicu saat pengguna aktif dalam aplikasi, pesan tersebut merupakan cara yang sangat produktif untuk meningkatkan daya tarik dengan pengguna Anda yang paling terlibat. Kemampuan mereka untuk dimanfaatkan baik untuk aplikasi web dan seluler menjadikannya komponen kunci dari strategi orientasi, dukungan, dan pemasaran yang kohesif. Anda tidak memerlukan izin dari pengguna untuk mengirim In-App Messaging, jadi ini adalah saluran komunikasi yang efektif dengan pengguna (asalkan mereka masih menggunakan aplikasi Anda dari waktu ke waktu).

Mengapa Menggunakan In-app Messaging?

In-App Messaging bukan hanya tentang keterlibatan - ini juga tentang menciptakan pengalaman aplikasi yang lebih kuat dan lebih kaya. Dengan menyesuaikan pesan dalam aplikasi dengan segmen pengguna tertentu, pemberitahuan dalam aplikasi menambah value

Mereka memberitahu pengguna tentang pembaruan penting, berbagi tutorial singkat, mendorong kebiasaan pengguna, dan juga dapat digunakan untuk menawarkan promosi yang dipersonalisasi.

Contoh In-App Messaging

Terdapat beberapa jenis In-App Messaging yang biasanya digunakan untuk meningkatkan keterlibatan dan retensi pengguna, yaitu:

1. Chats dan Posts

Chats dan posts memiliki banyak use case yang berbeda-beda. Misalnya seperti bertanya kepada pelanggan apakah mereka membutuhkan bantuan, mengumumkan pembaruan produk, menyambut pengunjung, atau melakukan orientasi pengguna baru.

Sebuah post membutuhkan lebih banyak ruang jendela daripada chat. Post terutama digunakan untuk mempromosikan pembaruan produk utama dan cenderung lebih menarik secara visual.

2. Mobile Carousels

Memungkinkan Anda untuk memberi orientasi kepada pengguna, menyoroti fitur-fitur baru, berbagi promosi pemasaran atau pengumuman produk, dan secara proaktif mendukung pelanggan dengan kiat-kiat yang berguna, semuanya dalam aplikasi asli Anda. Ini adalah pengalaman full-screen yang sesuai dengan tampilan dan nuansa aplikasi, tidak seperti chats dan posts, yang tidak menggunakan full-screen.

3. Tur Produk

Tur Produk adalah solusi khusus desktop yang memandu pengguna melalui UI produk, menyoroti fitur yang mereka perlukan agar berhasil.

Selain itu, terdapat juga beberapa use cases dari In-App Messaging:

  • Sediakan tutorial langkah demi langkah kepada pengguna selama proses orientasi
  • Berikan petunjuk dan tip seputar berbagai fitur dalam aplikasi
  • Amankan izin dari pengguna untuk mendapatkan akses ke data seperti kontak mereka, lokasi, mendapatkan kemampuan untuk mengirim push notification, dll.
  • Buat pengumuman tentang fitur dan pembaruan aplikasi baru
  • Pesan promosi untuk meningkatkan penjualan dan pembelian dalam aplikasi
  • Mengirim pesan yang dipersonalisasi seperti mengucapkan "Selamat Ulang Tahun" kepada pengguna

Kapan dan Bagaimana Menggunakan In-app Messaging?

In-App Messaging sangat efektif karena kemampuannya untuk menargetkan secara hyper  berdasarkan perilaku audiens, atribut, dan tempatnya dalam perjalanan pelanggan. Berikut adalah cara-cara menggunakannya secara strategis:

1. Mempertahankan Retensi Pengguna

Semua orang sudah paham, bahwa mempertahankan pengguna untuk jangka panjang itu sulit, apapun industri yang Anda geluti. Masalahnya jelas terlihat pada retensi seluler - sekitar 68% pengguna meluncurkan aplikasi seluler kurang dari 10 kali setelah mengunduhnya dari App Store.

In-App Messaging adalah alat yang cukup ampuh untuk memberikan tip berharga dan mengingatkan pengguna mengapa mereka harus terus menggunakan aplikasi Anda atau ikut serta ke fitur tertentu. Hal ini dapat dilakukan sesederhana mungkin, misal, menyoroti pencapaian atau pencapaian mereka: "Anda telah mengirim 100 pesan bulan ini! Itu 25% lebih banyak dari bulan lalu 🥳. ”

Proactive Messaging dapat menyelesaikan pertanyaan umum pelanggan, karena Anda akan menggunakan pesan otomatis untuk mendahului pertanyaan dari pengguna Anda bahkan sebelum mereka muncul. Jawab pertanyaan sederhana, seperti "Di mana saya dapat melihat detail akun saya?" atau beri tahu mereka jika terjadi keadaan darurat: “Aplikasi kami sedang mengalami gangguan. Kami akan memberitahu Anda saat kami kembali aktif ".

2. Ubah pengguna dari uji coba gratis

In-App Messaging juga dapat memainkan peran penting dalam strategi perluasan Anda untuk pengguna uji coba dan pelanggan saat ini. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menunjukkan batasan langganan mereka saat ini sambil memikat mereka dengan fitur yang lebih canggih.

Misalnya, aplikasi pengeditan foto VSCO mengunci filter foto premium mereka dan menghasilkan pesan dalam aplikasi yang memungkinkan pengguna mengetahui bahwa fitur tersebut hanya tersedia dengan langganan berbayar.

3. Mempromosikan pengguna baru

Untuk membuat pengguna yakin dan siap menggunakan aplikasi Anda, Anda dapat menggunakan In-App Messaging untuk membuat panduan menyeluruh tentang fitur penting yang perlu mereka ketahui agar berhasil. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menciptakan pengalaman terpadu yang menyenangkan, mudah diikuti, yang mengarahkan pengguna dan membuat mereka tetap fokus pada penyelesaian tugas yang mengarah pada penerapan.

4. Mempromosikan fitur yang menonjol

Jika Anda menjalankan promosi di situs web Anda, gunakan In-App Messaging untuk menampilkan promosi yang sama di desktop dan seluler untuk mempertahankan pengalaman lintas platform yang konsisten.

Saat mempromosikan fitur produk baru, pesan dalam aplikasi dapat menunjukkan kepada pengguna cara mengaktifkan fitur tersebut atau mulai menggunakannya. Yelp melakukan ini dengan fitur "Yelp Collections" di dalam aplikasi seluler mereka.

5. Dapatkan feedback pengguna

In-App Messaging juga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan feedback pelanggan tentang bagaimana mereka menggunakan aplikasi. Hal ini merupakan salah satu strategi di mana Anda bisa memahami pengguna melalui perspektif omnichannel. OneTalk by TapTalk.io memungkinkan Anda mendengarkan feedback pengguna Anda melalui berbagai aplikasi messenger yang terhubung.

Dengan mengintegrasi berbagai platform messenger, OneTalk menawarkan beberapa fitur yang memungkinkan Anda menjangkau pelanggan sebelum masalah muncul. Fitur Proactive chat yang sudah ditingkatkan oleh OneTalk akan meningkatkan keterlibatan Anda dengan pengguna/pelanggan Anda. 

Proactive Chat ini dapat memiliki beberapa kegunaan, yaitu:

  1. Broadcast Message

Untuk mengirim satu pesan ke beberapa pengguna sekaligus secara bersamaan

  1. Start New Conversation

Sapa dan memulai percakapan dengan pengguna/pelanggan tertentu

  1. Notification dan OTP

Gunakan untuk mengirimkan notifikasi berupa OTP ataupun riwayat transaksi dengan nomor WhatsApp Anda.

Untuk Anda yang tertarik dengan fitur Proactive Chat ini, OneTalk menawarkan kredit sebesar IDR 300.000,00 untuk 3 bulan, dengan jumlah IDR 100.000,00 per bulan. Jika Anda tertarik, hubungi agent kami di sini.

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Ardian

11 / 02 / 2021

Sekarang, semakin banyak perusahaan yang berfokus pada peningkatan pengalaman pengguna dengan menggunakan omnichannel. Berdasarkan survey, perusahaan yang menggunakan Omnichannel sebagai strategi customer engagement akan mempertahankan rata-rata 89% pelanggan mereka. Gaya pemasaran ini menciptakan banyak kesempatan bagi pelanggan untuk membeli lebih mudah karena memudahkan pelanggan untuk berkomunikasi melalui channel yang mereka punya. Banyak brand besar seperti […]

Read More

By Ardian

27 / 08 / 2020

Bagi seorang pebisnis, penting untuk mencari cara terbaik dalam memasarkan produknya kepada customer. Mencari peluang terbaik untuk memberikan penawaran kepada customer tidak dapat dilakukan tanpa pertimbangan. Jika Anda menemukan kesulitan dalam memasarkan produk Anda, belum tentu hal itu karena produk yang Anda tawarkan tidak menarik. Tetapi mungkin saja “cara” Anda memasarkan produk tersebut belum tepat […]

Read More

By Jessica Jacob

14 / 12 / 2021

Dalam beberapa waktu ini, WhatsApp terus menerus mengembangkan WhatsApp Beta dan fitur-fiturnya. Salah satunya adalah bisa beroperasi tanpa harus terhubung dengan handphone. Namun, tidak semua orang bisa langsung menikmati fitur ini. Hanya mereka yang menggunakan program beta, yang bisa menikmati sejumlah fitur terbaru WhatsApp. Table of Contents Apa itu WhatsApp Beta?Fitur-Fitur Baru dari WhatsApp Beta1. […]

Read More
1 2 3 107
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer