pt tap talk teknologi blog
pentingnya ui dan ux

Pentingnya UI dan UX Untuk Bisnis

By Regita
13 / 05 / 2021

Kemajuan teknologi membuat semua orang tidak perlu membuang waktu dan energi untuk menikmati teknologi. Hal yang sama juga berlaku ketika menjelajahi situs web atau aplikasi di ponsel. Di era digital, kini membuka situs atau aplikasi menjadi lebih cepat dan efisien

Hal ini juga memudahkan akses dan interaksi antara pelanggan dengan berbagai bisnis. Dalam hal kepuasan pelanggan dengan aplikasi atau situs web, perusahaan fokus mengembangkan teknologi dan tampilan mereka di dunia maya. Perusahaan meningkatkan performa tampilan untuk pengguna atau User Interface (UI) dan pengalaman pengguna atau User Experience (UX).

pentingnya ui dan ux

Apa itu User Interface?

User Interface (UI) adalah tampilan visual sebuah aplikasi atau situs web. UI berfokus pada kenyamanan tampilan visual aplikasi dan bagaimana tampilan tersebut berinteraksi dengan pengguna. Setiap layar, halaman, hingga animasi tombol yang Anda lihat saat menggunakan aplikasi adalah bagian dari User Interface aplikasi tersebut.

Baca juga: Basic Knowledge penting untuk interaction design yang baik

Apa itu User Experience (UX)?

User Experience (UX) adalah prosedur untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan ketika mereka berinteraksi dengan aplikasi atau situs web. Singkatnya, UX adalah bagaimana pengalaman pengguna dalam berinteraksi atau menggunakan produk digital Anda.

User Experience mengutamakan alur kenyamanan pengguna dalam segala perencanaan produk digital. UX fokus pada wireframing aplikasi, menyusun semua komponen serta elemennya dengan tepat untuk menciptakan user flow yang tidak membingungkan dan mudah untuk digunakan oleh pengguna.

UI dan UX adalah aspek penting pada produk digital. Dengan banyaknya aplikasi yang menawarkan fungsi, fitur, dan harga yang serupa, UI dan UX menjadi nilai jual yang berbeda antara satu produk dengan yang lainnya. 

Tetapi sebenarnya, seberapa pentingkah UI dan UX bagi bisnis Anda?

Pentingnya UI dan UX Design

Desain UI / UX memainkan peran penting dalam pertumbuhan bisnis dengan meningkatkan pengalaman pengguna dan kepuasan pelanggan. Kenyamanan dan kepercayaan yang dibangun saat menggunakan situs atau aplikasi pada akhirnya akan membantu meningkatkan jumlah pengguna.

Dengan banyaknya kompetitor yang menawarkan berbagai pilihan dan alternatif produk, Anda harus pintar mencari celah untuk menarik perhatian pengguna. Aplikasi UI dan UX design yang tepat bisa membantu mendapatkan kepercayaan pengguna dan membuat mereka menggunakan aplikasi atau situs web Anda untuk mendapatkan apa yang mereka cari. Jumlah pengguna yang Anda dapatkan di situs web atau aplikasi Anda menjadi tolak ukur keberhasilan desain UI / UX yang digunakan.

Bahkan untuk usaha kecil dan start-up, UI / UX design akan menjadi lebih krusial. Tampilan dan pengalaman menggunakan aplikasi menjadi faktor penentu keberhasilan bisnis Anda di dunia maya. Hal ini juga berkaitan erat dengan kesan pertama pelanggan terhadap brand.

Komponen UI / UX Design

Ada beberapa komponen UX design, yaitu Information Architecture, Interaction Design, Usability, Wireframing dan Visual Design.

  1. Information Architecture

Information Architecture, juga dikenal sebagai IA, adalah sebuah ilmu organisasi dan penataan konten situs web, aplikasi seluler, serta software media sosial. Peran utama IA adalah menyediakan navigasi yang mudah bagi penggunanya, terlepas dari jenis browser yang mereka gunakan. 

  1. Interaction Design

Interaction design membuat desain konseptual yang digunakan pengguna untuk berinteraksi dengan produk dan/atau aplikasi. Interaksi ini mencakup berbagai elemen seperti estetika, warna, font, ikon, gambar, gerakan, suara, ruang, grafik, dll.

  1. Usability

Usability juga dapat disebut sebagai user-friendliness atau kemudahan untuk menggunakan aplikasi. Komponen ini mencari cara agar pengguna pertama bisa menggunakan navigasi dengan mudah untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Aspek ini juga memahami cara menangani kesalahan yang mungkin ada dari hal tersebut.

  1. Wireframing

Wireframing adalah cara merancang layanan situs web di tingkat struktural. Wireframing merupakan cara yang praktis untuk menguji fungsi elemen yang digunakan dan mengevaluasi apakah aplikasi memenuhi tujuan yang diharapkan.

  1. Visual Design

Menyelesaikan desain visual dapat memengaruhi perilaku pengguna dan merupakan komponen terpenting dari desain UI. Visual design tidak hanya tentang memilih gambar, warna, ikon, dan font terbaik, tetapi juga mengidentifikasi tampilan aplikasi yang berdampak pada interaksi dengan pengguna.

Baca juga: semua tentang desain produk yang anda perlu ketahui

ui dan ux

Jangan sepelekan User Experience

User Experience dan User Interface merupakan hal yang penting bagi sebuah bisnis. Kedua hal ini memusatkan pengalaman dan kemudahan pengguna dalam menggunakan produk digital Anda. UI dan UX yang tersusun dengan rapi dan sesuai akan membuat pelanggan memiliki kesan yang baik terhadap produk Anda. Bahkan, pelanggan bisa kembali menggunakannya.

Untuk menyusun UI / UX yang sempurna tanpa ribet, TapTalk.io menawarkan produk layanan messaging atau chat yang mempertimbangkan pengalaman pengguna dalam desainnya. Salah satunya adalah PowerTalk by TapTalk.io, yang memiliki in-app chat framework dengan User Experience yang mudah digunakan dan lengkap. PowerTalk memiliki interface yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan brand Anda dan menawarkan user experience yang baik untuk pengguna.

Dengan Smart Local Cache Management, chat yang tersimpan lebih dari 30 hari lalu akan secara otomatis terhapus dari memori internal ponsel dan langsung disimpan pada penyimpanan cloud pada server TapTalk. Hal ini akan memberikan user experience tetap mulus tanpa data yang menumpuk. Kapanpun perusahaan Anda membutuhkan data tersebut, Anda tetap dapat mengaksesnya dengan scroll ke bagian paling atas pada halaman.

Background Message Delivery juga memungkinkan pengiriman data dalam kapasitas besar tetap terkirim meskipun aplikasi telah tertutup. Fitur ini memastikan pesan Anda tetap terkirim, bahkan ketika Anda tidak membuka aplikasi.

Mendapatkan UI dan UX Terbaik Untuk Bisnis

Ragam elemen yang kompleks ini saling berkesinambungan untuk menghasilkan sebuah aplikasi atau situs yang maksimal. Agar pengalaman menggunakannya bisa lebih maksimal, Anda bisa mengikuti tips berikut:

  1. Gunakan desain yang sederhana dan responsif

Jangan membuat desain yang rumit, jika Anda dapat membuat sesuatu yang sederhana dan mudah dinavigasi. Ingatlah bahwa kemudahan navigasi adalah poin penting dalam UI /UX design.

Desain yang ditampilkan juga harus konsisten. Pengguna akan bingung jika setiap halaman berubah-ubah dengan drastis, berbeda jauh dengan halaman yang sebelumnya dilihat meski berada dalam situs atau aplikasi yang sama.

  1. Pahami keinginan dan kebutuhan pengguna

Hindari membuat asumsi mengenai apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pengguna. Lakukan riset untuk benar-benar mengetahui apa yang dibutuhkan pengguna dan  tujuan yang ingin mereka capai saat mengakses produk digital. Dengan memahami kebutuhan pelanggan, Anda akan dapat membuat produk yang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pengguna.

  1. Pastikan hal-hal penting terlihat

Bagian terpenting pada suatu halaman harus terlihat menonjol, entah itu dari jenis tulisan atau tebal tipis teks. Disinilah UI design berperan, pengguna harus tahu di mana letak hal-hal penting untuk keperluan navigasi. Dengan begitu, pengguna dapat dengan mudah mencari halaman yang dituju.

UX dan UI design juga penting karena memiliki hubungan langsung dengan minat pelanggan untuk membeli dan jumlah pengguna. Tingkat penjualan tentu akan mempengaruhi tingkat keberhasilan sebuah perusahaan. Jadi, ketika Anda merencanakan kerangka produk digital seperti aplikasi atau situs web, keluarkan usaha lebih untuk mencapai UI dan UX design yang baik.

Ingat bahwa Anda harus memberikan “perjalanan” yang lancar bagi pengguna, agar pengguna dapat beralih dari satu halaman ke halaman lainnya dengan nyaman tanpa hambatan. Setiap klik dan setiap halaman harus membuat pengguna selangkah lebih dekat dengan tujuan mereka.

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Jessica Jacob

03 / 03 / 2023

Pada tahun 2020, dunia internasional memasuki masa-masa yang sangat “menakutkan” dalam bidang perekonomian, baik secara ekonomi makro maupun ekonomi mikro. Pandemi Covid-19 melanda sebagian besar negara di dunia tak terkecuali Indonesia yang ditandai dengan munculnya kasus pertama Covid-19 di Indonesia pada Maret 2020. Lantas pemerintah segera mengikuti arahan WHO (World Health Organization) terkait penanganan Covid-19 […]

Read More

By Dominic Vedericho

10 / 10 / 2019

There are many companies that can provide chat services if you are thinking of integrating chat features to your websites and applications. It is known that companies like Sendbird, Qiscus, Zendesk, Tawk.to and etcetera could be a solution to that. However, there is a new alternative chat SDK in town and that is TapTalk.io. In […]

Read More

By Ardian

14 / 10 / 2020

Menjalani rutinitas customer service memang selalu berwarna. Tentu selalu ada berbagai macam kepribadian dan model pelanggan yang kita hadapi sehari-hari. Namun, bagaimana kita harus bersikap saat menghadapi pelanggan yang marah dan disaat yang sama harus tetap menjaga sikap kita? Karena agen adalah citra perusahaan, bagaimana menyikapi pelanggan yang marah akan menjadi suatu hal yang penting. […]

Read More
1 2 3 64
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer