pt tap talk teknologi blog
Ini Dia Cara Membalas Pesan Otomatis di WhatsApp

Ini Dia Cara Membalas Pesan Otomatis di WhatsApp

By Jessica Jacob
14 / 03 / 2022

Apakah Anda tahu balasan pesan otomatis di WhatsApp? Atau mungkin pernah menerimanya?

Seperti namanya, fitur balasan otomatis memungkinkan Anda mengatur pesan untuk menanggapi pelanggan Anda secara otomatis. Dengan ini, Anda bisa menjawab mereka lebih cepat bahkan ketika sedang tidak online.

Ini Dia Cara Membalas Pesan Otomatis di WhatsApp

Kenapa Pesan Otomatis di WhatsApp Penting?

WhatsApp adalah aplikasi messenger yang paling banyak digunakan di dunia. Artinya, besar kemungkinan pelanggan menghubungi Anda melalui WhatsApp.

Namun apa yang akan terjadi jika Anda telat atau bahkan tidak merespon mereka? Apakah mereka tetap akan minat dengan bisnis Anda?

Sepertinya mereka tidak akan menghubungi Anda lagi. Customer experience yang buruk akan membuat mereka merasa kecewa, tidak bahagia, dan marah. Sebanyak 65% pelanggan juga mengatakan bahwa mereka akan beralih ke brand lain karena pengalaman yang buruk.

Hal ini memang sering terjadi, tetapi Anda bisa mencegahnya dengan membuat pesan otomatis.

Bagaimana Cara Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp?

Bagaimana Cara Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp?

Anda dapat membuat pesan otomatis menggunakan chatbot. Chatbot WhatsApp adalah perangkat lunak otomatis yang didukung oleh artificial intelligence (AI) dan berjalan di platform WhatsApp. 

Dengan menggunakan chatbot, pelanggan Anda seolah-olah akan berbicara dengan orang sungguhan. Namun, fitur ini hanya bisa didapatkan dengan menggunakan WhatsApp Business API.

Sebelum bisa menggunakan layanan bisnis WhatsApp API, Anda membutuhkan:

  • Akun manajer bisnis Facebook
  • Bisnis yang terverifikasi
  • Akun bisnis WhatsApp
  • Fasilitas Kredit untuk Akun WhatsApp Business

Setelah menyiapkan semuanya, Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah ini:

1. Siapkan akun WhatsApp Anda

Masukkan data seperti nama dan nomor telepon Anda ke akun WhatsApp Business. 

Setelah semua verifikasi dan entri data ini selesai, Anda dapat melakukan langkah selanjutnya yaitu mendaftarkan klien WhatsApp Business API. 

2. Siapkan klien bisnis WhatsApp API

Klien WhatsApp API Business didasarkan pada Docker. Proses ini berjalan di komputer yang memiliki koneksi internet dan menjalankan Docker.

Anda dapat melakukan pemasangan sendiri klien WhatsApp Business API dengan dua cara, yaitu penginstalan di tempat dan Amazon Web Service (AWS).

3. Pendaftaran

Kemudian Anda bisa mendaftarkan nomor telepon dengan mengirimkan panggilan API ke endpoint akun Anda atau mengisi formulir pendaftaran di pengaturan bisnis web.

4. Perbarui pengaturan

Setelah melakukan pendaftaran, Anda dapat mengubah pengaturan aplikasi setelah klien WhatsApp API Business berjalan. 

5. Kirim pesan percobaan

WhatsApp Business API memberikan Anda kesempatan untuk mengirim empat jenis pesan pengujian, yaitu teks, template pesan, dokumen, atau media. 

Namun, Anda harus memiliki template pesan yang disetujui di akun WhatsApp API Business Anda untuk menguji fungsinya.

Baca juga: Ini Contoh Template Pesan Broadcast WhatsApp yang Kreatif!

Bisnis Anda akan ditinjau kesesuaiannya dengan Persyaratan Layanan WhatsApp dan Kebijakan Perdagangan WhatsApp. Proses ini akan dimulai secara otomatis dan Anda dapat memeriksa verifikasi bisnis dan statusnya di tab pengaturan akun bisnis WhatsApp.

Biasanya, dibutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan akun WhatsApp Business API. Hal ini dikarenakan aturannya yang lebih kompleks. 

Namun, jika Anda ingin membuat akun WhatsApp Business API, Anda dapat menggunakan OneTalk. PT. Tap Talk Teknologi merupakan salah satu penyedia layanan WhatsApp Business API terpercaya di Indonesia.

Apa Saja Keuntungan WhatsApp Business API dengan OneTalk?

Dengan WhatsApp Business API OneTalk, Anda dapat menjawab customer lebih cepat. Anda hanya perlu mengatur:

1. Quick Reply

Keuntungan WhatsApp Business API dengan OneTalk: Quick Reply

Biasanya, Anda akan menerima berbagai pertanyaan umum. Dengan mengatur quick reply, Anda dapat membuat jawaban dari berbagai pertanyaan ini.

Fitur ini memungkinkan Anda menyimpan jawaban dan menggunakannya kembali sehingga Anda dapat dengan mudah menjawab pertanyaan umum dalam waktu singkat.

Cukup tekan "/" pada keyboard Anda untuk memilih balasan cepat dan kirim.

2. Pesan Welcome Otomatis

Keuntungan WhatsApp Business API dengan OneTalk: Pesan Welcome Otomatis

WhatsApp memungkinkan Anda untuk membuat pesan salam yang akan diterima pengguna saat mereka memulai percakapan. Dengan mengirim pesan instan ini, Anda dapat menyambut dan memperkenalkan perusahaan kepada calon pelanggan baru tanpa penundaan atau waktu tunggu.

Anda dapat membuatnya di pengaturan dengan membuat pesan greeting baru atau mengedit yang sudah ada.

3. Pesan Away

Keuntungan WhatsApp Business API dengan OneTalk: Pesan Away

Mirip dengan pesan welcome, fitur ini dibuat untuk orang-orang yang mencoba menghubungi perusahaan setelah jam kerja Anda. Anda dapat menulis pesan khusus atau mengirim jam operasional bisnis. 

Selain itu, Anda juga dapat mengedit pesan away dan menjadwalkan kapan Anda ingin mengirim pesan ini. Contohnya, pesan ini dapat diaktifkan setelah jam kerja berakhir.

4. FAQ Chatbot

Keuntungan WhatsApp Business API dengan OneTalk: FAQ Chatbot

Fitur quick reply tadi masih membutuhkan Anda untuk memilih jawaban yang tepat. Nah, dengan chatbot, pesan customer akan terjawab secara langsung.

Anda dapat memberikan opsi pertanyaan yang biasa diajukan pelanggan. Setelah mereka memilih apa yang mereka ingin tanyakan, chatbot dapat menjawabnya berdasarkan template atau menunjukkan rute ke pelanggan sesuai dengan apa yang mereka cari.

Fitur ini dapat menghemat biaya penambahan agent. Selain itu, chatbots dapat tersedia selama 24 jam untuk menjawab ribuan pesan pelanggan. 

Saat Anda menggunakan balasan otomatis di WhatsApp, Anda tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga membantu meyakinkan pelanggan bahwa mereka tidak diabaikan. 

Pelanggan yang mengirim pesan kepada Anda akan secara otomatis menerima pesan yang dapat disesuaikan, seperti memberitahu mereka bahwa Anda sedang sibuk atau jauh dari handphone.

Tidak hanya penting, menggunakan pesan otomatis juga lebih mudah bukan? Jadi, mau sampai kapan Anda membalas pesan satu per satu? Yuk, gunakan pesan otomatis di WhatsApp dengan OneTalk. 

Jika, Anda ingin menanyakan lebih dalam tentang pesan otomatis, Anda dapat menghubungi kami di sini.

Baca juga: WhatsApp Beta vs WhatsApp Business API: Mana Pilihan Terbaik untuk Bisnismu?

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Jessica Jacob

18 / 05 / 2022

Pernahkah Anda membuat Email Marketing? Baik itu Newsletter, email sponsor, email digest, atau email follow-up, email promosional seperti ini terbukti sangat efektif, lho. 68% milenial mengatakan email promosi telah mempengaruhi keputusan pembelian mereka.  76% pelanggan email telah melakukan pembelian dari email marketing. Lalu, bagaimana membuat email marketing yang baik? Di artikel ini, kita akan melihat […]

Read More

By Jessica Jacob

08 / 09 / 2022

Belakangan ini, chatbot WhatsApp telah menjadi salah satu alat yang harus dimiliki oleh bisnis yang ingin berinteraksi lebih baik dengan pelanggan mereka.  Jika Anda memiliki bisnis online, Anda tentu tahu bahwa pelanggan mencari respon bisnis yang cepat. Oleh karena itu, chatbot WhatsApp dapat memberdayakan proses komunikasi bisnis Anda untuk memenuhi harapan audiens Anda soal kecepatan. […]

Read More

By Jessica Jacob

02 / 02 / 2024

Dalam era digital seperti saat ini, kecepatan dan efisiensi dalam memberikan layanan pelanggan merupakan aspek krusial bagi perusahaan, terutama dalam bisnis online seperti Astro. Sebagai perusahaan yang menyediakan layanan belanja online untuk kebutuhan sehari-hari dengan lebih dari 1.000 produk, Astro dihadapkan pada tantangan besar terkait manajemen pesan dari pelanggan.  Namun, bagaimana cara Astro mengatasi tantangan […]

Read More
1 2 3 107
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer