pt tap talk teknologi blog
Sales Force Automation

Semua Tentang Sales Force Automation (SFA) yang Harus Kamu Ketahui

By Jessica Jacob
15 / 10 / 2021

Agar perusahaanmu dapat meningkatkan penjualan hingga closing produk, tentunya tidak bisa hanya dilakukan dengan promosi di sosial media atau iklan. Tidak dapat dilupakan bahwa beberapa industri juga butuh tim pemasaran atau biasa disebut tim sales untuk mewujudkannya. Sebab, staf penjualan atau salesman pada bisnis umumnya yang berhadapan langsung dengan customer.

Jika perusahaanmu memiliki banyak calon pembeli, dibutuhkan strategi untuk membantu dan mempermudah tugas tim sales dengan software atau aplikasi yang mempermudah pekerjaan mereka. Terlebih, kini proses pendekatan dilakukan kebanyakan harus melalui metode online.

Jangan khawatir, pada 2021 ini teknologi sudah semakin maju. Perusahaan dapat menggunakan Sales Force Automation (SFA) untuk manajemen kinerja tim pemasaran atau tim sales di lapangan.

Anda sudah pernah mendengar SFA? Kalau belum, simak artikel di bawah ini.

Apa itu Sales Force Automation (SFA)?

Sales Force Automation (SFA) adalah sebuah sistem atau aplikasi yang dirancang untuk membuat kegiatan penjualan menjadi lebih mudah, cepat dan sederhana. Selain itu, SFA mengotomatiskan alur kerja tim penjualan dan mempermudah proses administrasi perusahaan.

SFA menjadi bagian penting untuk hubungan ke customer. Terutama ketika perusahaan ingin menjaga hubungan jangka panjang dengan klien. Konsep Sales Force Automation muncul ketika banyak kegiatan penjualan yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga manual. Misalnya, pencatatan data klien, laporan penjualan, ketersediaan stok, dll.

Perusahaan pasti membutuhkan aplikasi Sales Force Automation yang sistematis dan otomatis. Adanya kemudahan dari SFA ini, membuat tim sales dapat lebih fokus pada manajemen hubungan langsung ke klien.

Perpaduan teknologi dan aktivitas mengelola hubungan baik dengan calon pembeli ini pasti akan memudahkan dan membantu perusahaan.

Baca juga: Sikat Tuntas CRM untuk Kembangkan Bisnis Anda

Tujuan Sales Force Automation (SFA)

Sales Force Automation dapat berguna untuk perusahaan Anda dalam beberapa hal, yaitu:

1. SFA Membantu Tim Sales Fokus pada Tugas-Tugas Penting

Aplikasi SFA ini akan memudahkan tim sales melakukan tugas administrasi sehingga mereka dapat lebih fokus pada tugas yang dapat menghasilkan pendapatan. Contohnya ketika menelepon klien, mengadakan rapat, penagihan klien, atau menyiapkan strategi penjualan.

2. SFA Menyederhanakan Proses Penjualan dengan Strategi Paling Efektif dan Efisien

SFA mengatur penjualan menjadi lebih efisien. Tim sales atau tim penjualan yang dibantu dengan aplikasi SFA tentu akan dapat mengelola tugas yang lebih menjadi prioritas.

3. SFA Membantu Manajer Lebih Memahami Efektivitas Proses Penjualan

Aplikasi Sales Force Automation (SFA) memiliki kemampuan pelaporan dan analitik yang dapat membantu tim penjualan melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak. Ini dapat membantu mengembangkan strategi penjualan yang lebih baik.

Apa Saja Yang Bisa Diotomisasi SFA?

1. Pemilihan Prospek/Pelanggan Potensial

Proses otomatisasi ini sebenarnya dapat membantu Anda menemukan calon pelanggan. Sebab, melaluinya, ada berbagai data yang terkumpul dan bisa dievaluasi.

Apa yang 'A' lakukan di situs Anda? Bagaimana dengan perilaku 'F' di halaman web?

Melalui informasi tersebut, Anda secara kasar dapat menilai siapa yang paling mungkin menjadi pelanggan.

2. Pelacakan Aktivitas Prospek Selanjutnya

Anda sudah tahu bahwa otomatisasi tim penjualan memungkinkan untuk penelitian klien.

Ternyata, fungsinya tidak hanya itu. Melalui laporan data klien, Anda juga bisa menilai, kapan Anda harus menghubunginya, informasi kontak, dan menilai siapa orang yang paling mudah berubah menjadi pelanggan tetap.

3. Otomatisasi Reminder dan Blast

Dengan reminder yang telah diatur, Anda akan lebih mudah melakukan reminder atau melakukan blast ke klien. Blast ini dapat menjangkau klien dengan lebih mudah karena dapat dijadwalkan untuk waktu yang sudah ditetapkan. 

Anda dapat mengirim pesan secara otomatis. Anda juga dapat menyesuaikan konten pada pesan ini berdasarkan perilaku dan preferensi setiap klien.

Selain otomatisasi tersebut, Anda juga bisa mendapatkan report dari hasil interaksi tersebut yang dapat menjadi bahan evaluasi tindakan tim sales atau tim marketing selanjutnya.

Keuntungan dan Manfaat Sales Force Automation (SFA)

- Meningkatkan produktivitas dengan menyederhanakan Sales Process

Ketika semua pekerjaan manual dari tugas penjualan sehari-hari diotomatisasi, Anda jadi memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada hal-hal seperti menciptakan percakapan yang bermakna dengan prospek pelanggan ke depannya. Cukup ajaib, bukan?

SFA membantu untuk mengelola pekerjaan dengan efisien, jadi Anda tidak perlu terus khawatir dan memantau tim sales. Anda dapat lebih fokus untuk mengembangkan bisnis.

Beberapa sistem SFA bahkan dapat dijalankan di ponsel cerdas atau perangkat seluler lainnya untuk membuatnya lebih nyaman digunakan.

- Menurunkan biaya penjualan

Setelah software SFA ini sudah aktif dan berjalan, Anda akan segera melihat penurunan biaya terkait penjualan. Terlebih lagi, Anda juga dapat mengharapkan potensi peningkatan kinerja penjualan dan pendapatan saat prosesnya menjadi lebih cepat dan lancar.

Biaya akan berkurang karena tugas manual yang memakan waktu dilakukan lebih hemat waktu dan tanpa masukan terus menerus dari seseorang. Pendapatan Anda, pada gilirannya, akan meningkat karena Anda akan dapat menemukan klien yang benar-benar cocok untuk perusahaan Anda dan menyelesaikan lebih banyak transaksi dengan waktu yang berkurang.

- Dapat lebih banyak data dan informasi mengenai penjualan Anda

Sales Force Automation menawarkan banyak wawasan menarik yang dapat membantu Anda membangun kecerdasan bisnis dan merencanakan serta menargetkan upaya penjualan Anda di masa depan.

Misalnya, sistem mengetahui riwayat pembelian klien Anda dan dapat memprediksi penjualan di masa mendatang. Berdasarkan hal tersebut,  tim penjualan dan manajer penjualan ke depannya dapat menawarkan produk dan layanan yang paling relevan kepada klien yang tepat pada waktu yang tepat.

- Menghemat waktu

Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada area yang lebih bermasalah seperti keluhan selama proses penjualan. Memberi perhatian ekstra pada waktu respons dan bersikap cepat dengan layanan pelanggan dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dan pengalaman pelanggan Anda.

Dengan sales force automation, balasan real time sangatlah mudah. Kinerja agent Anda juga menjadi lebih efektif.

- Mengumpulkan data pelanggan lebih mudah

Saat proses pendekatan dan penjualan ke customer, biasanya tim sales akan ada catatan atau data terkait profil pelanggan. Informasi berupa nama, ulang tahun, alamat, nomor telepon, hal ini sungguh rumit jika dimasukkan satu per satu.

Dengan menggunakan SFA, semua itu dapat dilakukan secara otomatis, dan dapat disinkronkan dengan mudah. Anda juga dapat cari klien yang sesuai ke depannya untuk diberikan penawaran menarik.

- Meminimalisir Human Error

Pernahkah Anda kehilangan calon pelanggan karena kinerja sales Anda kurang baik dan terjadi kesalahan yang sederhana, seperti lupa menghubungi mereka tepat waktu? Sistem SFA akan mengingatkan Anda, dan bahkan menghubungi orang itu untuk Anda, sehingga kesalahan seperti ini tidak akan pernah terjadi lagi.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengukur Keberhasilan Customer Service Anda?

Fitur SFA yang dapat membantu kamu

Jika membicarakan fitur yang dapat membantu perusahaan Anda, tentu semua bergantung pada penyedia sistem SFA ini. OneTalk by TapTalk.io merupakan salah satu omnichannel messaging solution terpercaya di Indonesia yang dapat membantu sistem Sales Force Automation perusahaan Anda.

Working Hours And Automated Messages

Proses automasi dapat dimulai dari Working Hours dan Automated Messages Anda. Dengan menyetel Working Hours atau jam kerja perusahaan di platform messenger, Anda dapat menyetel pesan  yang akan dikirimkan kepada pelanggan yang menghubungi di luar jam kerja. Away Messages dan Welcome Messages adalah fitur yang dapat mengirimkan pesan otomatis ketika pelanggan menghubungi Anda di luar jam kerja. Fitur ini akan membuat pelanggan Anda tidak merasa diabaikan dan dapat memberikan intensi untuk segera membalas pesan mereka.

Quick Reply Features

Ketika seorang customer bertanya mengenai suatu produk dengan detail yang seringkali ditanyakan jutaan customer lainnya, agent Anda tentu akan membuang waktu jika menjawab pertanyaan yang sama berulang kali. Chatbot yang disediakan OneTalk untuk Anda juga dapat mengirimkan jawaban untuk pertanyaan pelanggan Anda yang seringkali ditanyakan dan dapat dijawab berdasarkan templat. Agent Anda tidak perlu repot-repot menjawab semua jenis pertanyaan dan dapat fokus kepada hal lain yang membutuhkan prioritas juga. Jika chatbot tidak dapat menjawab pertanyaan, barulah pelanggan dialihkan kepada agent Anda

Disposition

OneTalk fokus dengan  bagaimana menyediakan jalur komunikasi terbaik untuk memahami kebutuhan pelanggan. Fitur ini yang memungkinkan Anda merangkum disposisi setiap case yang masuk. Disposisi ini nantinya dapat membantu agent Anda untuk mendapatkan Insight terhadap case selanjutnya yang mungkin serupa.

Send Message via API

Send Message via API memungkinkan bisnis Anda mengirimkan dari sistem secara otomatis. Tunjukkan bahwa Anda peduli kepada pelanggan Anda, misalnya saja dengan mengirim pesan ulang tahun, atau ketika ada suatu momen penting. Anda bahkan dapat mengatur kode promo khusus mengenai suatu produk dalam wishlist mereka. Pengaturan sistem ini dapat Anda atur secara bebas dan dapat berdasarkan database pengguna aplikasi chat OneTalk.

Fitur lain yang ditawarkan OneTalk adalah:

Integrasi berbagai jenis messenger dalam satu dasbor, termasuk WhatsApp API dan Instagram DM API

  • Mengelompokkan pesan berdasarkan kategori case.
  • Menyimpan kontak secara otomatis ketika pesan masuk ke dasbor Anda menggunakan fitur Contact
  • Operational Report yang dapat meningkatkan akuntabilitas tim, memaksimalkan manajemen operasional, dan meningkatkan visibilitas operasional bisnis Anda
  • Pahami pelanggan Anda lebih baik dengan melacak Chat History dan identifikasi kebiasaan mereka. Ketahui berapa lama mereka menunggu, channel yang digunakan, dll menggunakan Case Details
  • Hubungi customer Anda sebelum mereka menghubungi Anda dengan fitur Proactive Chat. Fitur ini memungkinkan Anda menunjukkan inisiatif bahkan sebelum customer memintanya.
  • Assignment Rules mengatur bagaimana Anda ingin meyusun sistem pembagian tugas untuk mingkatkan kinerja agent Anda. Terdiri dari Unassigned, Round Robin, dan Balanced.
  • dan masih banyak lagi!

Untuk itu, hubungi agent kami sekarang untuk meningkatkan dan memudahkan pelayanan Anda kepada klien Anda. Pesan pelanggan dengan kategori yang berbeda-beda akan dengan mudah Anda tangani. Data pelanggan yang masuk pun dapat Anda manfaatkan semaksimal mungkin untuk menambah kepuasan pelanggan Anda.

Baca juga: 5 Cara Pikat Gen Z sebagai Pelanggan Anda

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Jessica Jacob

07 / 04 / 2022

Apakah bisnis Anda menjadi sepi akhir-akhir ini?  Bisa jadi, bisnis menjadi kurang menarik bagi pelanggan. Untuk mengembalikan kembali kesuksesan seperti dulu, Anda dapat menentukan seberapa penting bisnis menggunakan solusi omnichannel. Bukan hanya desas-desus, omnichannel untuk bisnis retail mulai menjadi tren di mana-mana. Dan banyak riset yang membuktikan dampak positifnya.  Hingga kini, belum terlihat terobosan bisnis […]

Read More

By Jessica Jacob

12 / 05 / 2023

Kata inovasi tentu pernah melayang ke telinga Anda, entah saat sedang browsing di internet, membaca banner iklan, atau mungkin berbincang dengan kawan sejawat. Terutama di era yang serba canggih ini, segala macam inovasi dapat langsung dinikmati sehari-hari. Coba perhatikan sekeliling Anda, mulai dari gawai pintar di genggaman, hingga mobil listrik yang sedang dipromosikan dengan gencar, […]

Read More

By Jessica Jacob

16 / 03 / 2022

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa conversational marketing memberikan dampak positif terhadap sebuah brand. Lebih dari itu, sebenarnya conversational marketing sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan sebelum e-commerce ramai digunakan. Semua yang telah menggunakan conversational marketing dalam brand mereka pasti bisa merekomendasikan efektivitas yang diberikan hal ini kepada performa brand. Untuk itu, mari kita bahas semua […]

Read More
1 2 3 116
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer