pt tap talk teknologi blog

Solusi Untuk Menangani Customer di Era New Normal

By Ardian
17 / 07 / 2020

Kita hidup di masa-masa sulit yang penuh dengan ketidakpastian. Tidak ada yang bisa menjamin atau tahu untuk apa yang akan terjadi dalam wabah COVID-19 ini. Bisnis yang ingin bertahan di masa COVID-19 ini harus menjaga komunikasi yang konsisten dan relevan dengan customer selama pandemi. Para pemilik bisnis dan konsumer tentu nya juga harus beradaptasi dengan lingkungan ‘new normal’ ini. Sekarang, tantangan terbesar bagi pemilik bisnis adalah bagaimana caranya untuk mempertahankan arus komunikasi terhadap customer mereka secara konsisten dan relevan. Terutama jika bisnis Anda berencana untuk kembali beroperasi di dalam beberapa minggu yang mendatang.

Menurut riset yang kami lakukan, ada beberapa cara yang menurut kami bisa Anda ikuti untuk melayani customer Anda di masa pandemi ini.

  1. Komunikasi dengan baik
    Di masa yang sulit ini, penting untuk Anda tetap berkomunikasi dan melayani customer Anda. Lebih baik berkomunikasi sering daripada kurang berkomunikasi. Yang ditakutkan oleh customer Anda di saat pandemi ini adalah ketidakpastian. Berkomunikasi dengan pelanggan Anda tidak akan mengurangi ketidakpastian global seputar krisis kesehatan. Namun, itu akan memberikan sedikit kepastian tentang bagaimana bisnis Anda beroperasi dan bertahan di saat pandemi ini.

  2. Dengarkan keluhan customer Anda
    Untuk lebih memahami kebutuhan cutomer Anda, kami merekomendasikan untuk secara aktif mendengarkan masalah customer Anda ketika Anda berbicara dengan customer Anda. Karena keluhan yang dihadapi customer Anda terhadap produk Anda, karena bisa saja keluhan di masa lalu itu sangat berbeda dengan keluhan yang mereka hadapi di hari ini. Kami sarankan menempatkan diri Anda pada posisi customer Anda. Ketahuilah bahwa customer bisa menjadi emosional dan cemas. Dengan memberikan empati berarti Anda mengerti situasi customer Anda, tetapi itu bukan berarti Anda harus memberikan semua yang mereka minta. Maka dari itu, dengarkan keluhan customer Anda.

  3. Mindset dimana customer adalah raja
    Kebutuhan customer Anda harus selalu menjadi yang utama dalam segala hal. Saat customer menghubungi Anda, Anda harus pertimbangkan terlebih dahulu apa yang paling perlukan customer Anda saat ini, apakah itu informasi yang akan Anda berikan relevan dan tepat waktu?

  4. Siap siaga dalam melayani customer Anda
    Jika customer Anda telah menghubungi Anda, penting untuk membalas mereka cepat. Karena customer ingin diperhatikan dan ingin mendapatkan solusi tercepat terhadap kendala yang mereka alami. Atribut terpenting untuk memberikan customer Anda pengalaman baik adalah waktu respons yang cepat. Karena itu, merespons dengan cepat berarti Anda memenuhi harapan pelanggan.

Keberhasilan bisnis Anda dapat bergantung pada seberapa baik Anda memenuhi perubahan kebutuhan pelanggan. Jika Anda sudah melakukan 4 hal diatas, yang harus Anda lakukan setelah itu adalah untuk menadaptaskan bisnis Anda dengan situasi pandemi ini. Misalnya, para bisnis sekarang dapat melayani customer secara vitual dan menggunakan layanan sosial lainnya dengan bantuan teknologi. Untuk bisnis online, pastikan bisnis Anda masih bisa dijangkau di saat #NewNormal ini. Dengan OneTalk by TapTalk.io, Anda dapat menjangkau customer dari berbagai aplikasi messenger dan juga sebaliknya. Customers dan konsumen Anda-pun dapat belanja dan tanya jawab bebas repot via online dengan omnichannel OneTalk by TapTalk.io. Gunakan OneTalk untuk mempermudah kinerja Anda.

Semoga bermanfaat dan semoga tips dan trik yang kami berikan bisa memberikan insight untuk membantu Anda menyusun strategi di masa pandemi ini!

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Ardian

21 / 09 / 2020

Pada zaman industri 4.0, banyak tantangan baru yang akan hadir bagi para eksekutif teknologi. Terlebih beradaptasi pada masa pandemi yang tidak pasti. Mulai dari kekurangan keterampilan hingga masalah personal dan data, eksekutif teknologi perlu mengatasi sejumlah tantangan di sepanjang perjalanan digital mereka tahun ini. Ada 9 tantangan baru yang mungkin akan dialami oleh eksekutif teknologi […]

Read More

By Jessica Jacob

03 / 11 / 2022

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kepuasan pelanggan adalah kunci kesuksesan. Memahami tingkat kepuasan pelanggan adalah penting untuk bisnis Anda, karena hal ini dapat mengukur apakah Anda telah melakukan strategi yang benar serta menunjukkan area mana yang perlu ditingkatkan oleh bisnis Anda. Jika dilakukan dengan benar, menguasai strategi kepuasan pelanggan akan menghasilkan pelanggan yang loyal. Pelanggan […]

Read More

By Jessica Jacob

25 / 08 / 2022

Saat ini, pelanggan mengharapkan konten yang relevan terkait dengan apa yang mereka lakukan kapanpun, dimanapun, dan dalam format serta di perangkat yang mereka pilih. Perjalanan merekalah yang menentukan strategi Anda. Transformasi digital memaksa perusahaan untuk mengubah model bisnisnya dan beradaptasi dengan realitas pasar yang baru. Yang menarik dari hal ini adalah bukan perusahaan yang mendorong […]

Read More
1 2 3 141
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer