pt tap talk teknologi blog
Solusi Ampuh Tingkatkan Bisnis Menggunakan Telegram

Solusi Ampuh Tingkatkan Bisnis Menggunakan Telegram

By Jessica Jacob
01 / 07 / 2022

Telegram menjadi semakin populer dalam 5 tahun terakhir karena keamanannya, dukungan untuk setiap sistem operasi utama, dan kemudahannya untuk digunakan sebagai aplikasi seluler. Fitur seperti direct private messaging, keamanan yang ketat, dan bahkan secret chats menyebabkan gelombang pertama adopsi Telegram.​​

Pada Januari 2021, platform ini telah melampaui 500 juta pengguna aktif bulanan, meningkat 150% dalam 21 bulan terakhir. Jumlah ini naik dari 200 juta pada Maret 2018, dan 60 juta pada September 2015. Telegram dengan cepat bergabung dengan jajaran tujuan sosial utama, dan merek di beberapa negara mulai memperhatikan, termasuk Bloomberg, Starbucks, Ted Talks, dan Financial Times.

Selain basis pengguna yang berkembang pesat di Amerika Serikat dan banyak negara di Eropa, Telegram sudah memiliki kantong penetrasi tinggi di banyak negara termasuk Ethiopia, Iran, Korea Selatan, Brasil, Hong Kong, India, Rusia, dan Uzbekistan.

Solusi Ampuh Tingkatkan Bisnis Menggunakan Telegram

Dengan lonjakan pengguna Telegram yang mencari platform komunikasi yang aman, pemilik bisnis mulai memperhatikan aplikasi ini. Para profesional mulai menyadari manfaat aplikasi Telegram bahkan mungkin lebih dari WhatsApp. 

Telegram menjadi solusi utama untuk meningkatkan bisnis Anda. Dengan berbagai fitur yang bisa kita gunakan di Telegram, engagement bersama pelanggan menjadi lebih mudah, begitu pula melakukan digital marketing.

Sebelum kita mulai membahas solusi ampuh untuk tingkatkan bisnis menggunakan Telegram, mari kita mengenal aplikasi Telegram terlebih dahulu. 

Apa itu Telegram?

Telegram adalah aplikasi perpesanan gratis yang berfokus pada kecepatan dan keamanan. Interface-nya sederhana dan tidak berantakan. Tidak seperti aplikasi WhatsApp Business, Anda dapat mengunduh Telegram di beberapa perangkat dan pesan akan disinkronkan dengan mulus di seluruh perangkat seluler.

Meskipun Telegram adalah salah satu aplikasi messenger dengan fitur paling kaya di luar sana, Telegram tidak “mendorong” fitur-fitur ini ke depan Anda. Hanya ada satu interface pusat. Sementara itu, menu tarik-turun di sebelah kiri memberikan akses ke kontak serta kemampuan untuk membuat grup rahasia, obrolan, dan channel baru.

Apa Saja Yang Bisa Anda Lakukan di Telegram?

Apa Saja Yang Bisa Anda Lakukan di Telegram?

1. Grup Telegram

Grup Telegram berfungsi seperti grup di aplikasi perpesanan lainnya. Perbedaan utamanya adalah grup di Telegram dapat memiliki hingga 200.000 anggota. 

Grup Telegram  menjadi peluang bagus untuk membangun komunitas bagi bisnis. Anda dapat menambahkan anggota satu per satu atau memposting tautan grup secara publik. Grup juga dapat dibuat publik dan dapat dicari di Telegram.

Grup Telegram

2. Channel Telegram

Channel Telegram memiliki semua fitur yang sama dengan grup kecuali hanya admin yang dapat mengirim pesan. Mereka juga tidak memiliki batasan pengguna yang membuatnya mudah untuk menyebarkan informasi.

Pengguna dapat men-subscribe sebuah channel dengan melakukan pencarian dalam aplikasi atau menggunakan link invite dari platform lain. 

Channel dengan lebih dari 1.000 pelanggan menampilkan analitik channel dan posting. Kita akan membahas mengenai channel secara lebih dalam di bawah ini.

Channel Telegram

3. Telegram Passport

Karena Telegram adalah messenger berbasis cloud yang menggunakan end-to-end encryption, lembaga keuangan dapat mengakses data dari satu lokasi pusat. Contohnya saja ePayments.com yang merupakan sistem pembayaran elektronik pertama yang mendukung pendaftaran dan verifikasi dengan menggunakan Telegram Passport.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tren Digital Marketing di Tahun 2022

Apa itu Channel Telegram?

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, Telegram Channel tidak memiliki batasan pengguna. Jadi, fitur ini adalah platform yang bagus untuk membangun komunitas dan meningkatkan pemasaran digital Anda. Bagaimana kita mengelola channel ini? Langkah pertama dan terpenting adalah membuat channel publik untuk bisnis atau brand Anda. Dengan menjadikan channel Anda publik, pengguna akan dapat menemukan channel Anda dengan mencari nama brand Anda.

Channel Telegram adalah media broadcast. Tidak seperti saluran di Slack, Discord, atau platform perpesanan lainnya, channel publik ini digunakan untuk komunikasi satu arah. Siapa pun dapat bergabung dengan saluran publik Anda, tetapi hanya Anda yang dapat memutuskan siapa yang dapat memposting konten.

Di channel Anda, mulailah memposting tautan ke situs web/produk atau artikel Anda untuk melibatkan komunitas dalam pekerjaan Anda. Peluang baik bagi Anda untuk melakukan update dan promosi produk, launching produk, dan lainnya. Anda dapat menganggap Telegram sebagai format media besar seperti daftar email, Twitter, atau halaman Facebook.

Engagement di Telegram Channel

Telegram adalah platform yang sangat interaktif. Menurut sebuah penelitian, Telegram memiliki tingkat penayangan 20%, sementara Instagram memiliki 3 persen dan Facebook memiliki 4 persen.

Ayrshare menganalisis beberapa data dan menemukan bahwa Telegram memiliki tingkat keterlibatan yang cukup tinggi.

Financial Times menerbitkan satu posting per hari di salurannya. Selama 90 hari terakhir, mereka telah berhasil secara konsisten mendapatkan 35%-45% pengguna untuk melihat posting ini setiap hari. Pada periode yang sama, jumlah pengguna meningkat dari 19.000 menjadi 22.600 pengguna, meningkat 19% hanya dalam 90 hari.

Saluran yang dibuat oleh penggemar Netflix juga menerbitkan sekali sehari dan mendapatkan lebih dari 20% pelanggan mereka untuk menonton posting mereka.

Meskipun tidak setiap saluran dapat memiliki jumlah keterlibatan yang tinggi, data ini menunjukkan bahwa ada banyak pengguna Telegram yang berdedikasi, dan nilai serta keterlibatan pelanggan Telegram mungkin lebih tinggi daripada tujuan sosial lainnya.

Baca juga: 5 Strategi Digital Engagement Tingkatkan Hubungan Pelanggan

Bagaimana Menggunakan Telegram Untuk Meningkatkan Bisnis?

Menggunakan akun Telegram Anda untuk bisnis berbeda dengan email atau SMS. Telegram adalah perusahaan swasta yang mengontrol apa yang mungkin dalam aplikasi. Telegram berfokus pada penyediaan pesan gratis, cepat, dan aman, dan fitur-fiturnya dibangun dengan tujuan ini.

Karena tidak ada batasan pengguna di Telegram, ketika sebuah iklan dirilis di Telegram, kemungkinan akan menjangkau lebih banyak orang. Tidak seperti WhatsApp yang membatasi pengguna hingga 200 pengguna maksimum. Memanfaatkan Channel Telegram dapat meningkatkan jangkauan brand dan iklan ke pelanggan Anda.

Mengoptimalkan aplikasi messenger untuk membangun komunitas adalah cara untuk meningkatkan pemasaran Anda. Ini akan membuat hubungan yang baik untuk Anda dan pelanggan Anda. Seiring dengan peningkatan keterlibatan di akun Telegram Anda dengan pelanggan Anda, penjualan Anda juga akan meningkat.

Lalu, bagaimana Anda bisa memanfaatkan Telegram dengan efisien untuk meningkatkan bisnis Anda? Simak cara-caranya di bawah ini.

1. Temukan Pelanggan di Akun Telegram Anda

Meskipun pengguna mendaftar ke Telegram dengan nomor telepon, tanda pengenal utama setiap pengguna adalah ID Telegram mereka. Namun, Telegram tidak memberikan nomor telepon atau ID melalui Telegram Bot API ke CRM perpesanan, hanya ID saja.

Ini berarti bahwa data pengguna tidak dapat diimpor melalui CSV ke CRM sebagai kontak. Untuk menjadikan pelanggan Anda kontak Telegram, mereka harus mengirimi Anda pesan terlebih dahulu. Ini adalah batasan yang digunakan oleh Telegram dan akun bisnis aplikasi perpesanan lainnya untuk mengurangi spam.

Untungnya, ada fitur yang dirancang untuk membuat pelanggan mengirimkan pesan kepada brand terlebih dahulu. Tautan obrolan dan kode QR dapat dikirim ke pelanggan yang sudah ada untuk terhubung dengan brand di Telegram. Meskipun pengguna setia bisa langsung menemukan brand dengan melakukan pencarian di dalam aplikasi Telegram. 

2. Tautan Obrolan & Kode QR

Ketika seseorang mengklik tautan obrolan atau memindai kode QR, mereka akan dibawa langsung ke obrolan brand Anda. Setiap Bot Telegram dilengkapi dengan tautan obrolan menggunakan format t.me/nama pengguna. Jadi, nama pengguna bot Anda harus mencerminkan brand Anda.

Tautan obrolan berfungsi dengan baik di situs web, profil media sosial, atau bahkan dalam email yang dikirim ke pelanggan. Pengguna seluler akan diarahkan untuk mengunduh aplikasi Telegram jika mereka mengklik tautan tersebut. Jika mereka mengklik tautan di desktop, pengguna akan dibawa ke halaman di mana mereka dapat membuka Telegram Web, tetapi ini hanya berfungsi ketika pengguna telah mengunjungi halaman tersebut sebelumnya.

Seperti kode Facebook Messenger, kode QR adalah opsi lain untuk mengarahkan traffic ke akun Anda. Tidak seperti tautan, kode QR hanya akan berfungsi dengan aplikasi yang diinstal, jadi tambahkan logo Telegram di atas kode QR.

3. Pencarian Dalam Aplikasi

Tidak seperti akun bisnis lain untuk aplikasi perpesanan, Anda tidak memerlukan bot Telegram resmi bagi pelanggan untuk mencari brand Anda di dalam aplikasi. Setelah bot Anda dibuat, setiap pengguna harus dapat mencari dan menemukan Telegram serta mengirim pesan.

Meskipun penelusuran dalam aplikasi mungkin tidak menghasilkan sebagian besar lalu lintas Anda, ini adalah cara yang paling mungkin bagi pengguna untuk menemukan brand Anda. Sekarang setelah Anda mengetahui semua tentang mendapatkan pelanggan sebagai kontak Telegram, mari jelajahi pengiriman pesan dengan mereka.

4. Messaging client

Mengirim pesan ke pelanggan di Telegram relatif mudah. Sementara akun bisnis dari messenger lain membatasi waktu dan isi konten, Telegram tidak memberikan batasan apapun kepada brand.

5. 1:1 Messaging

Karena Telegram tidak memiliki messaging window seperti aplikasi perpesanan lainnya, Anda dapat mengirim pesan kepada pelanggan Anda kapan saja setelah mereka terdaftar di kontak Anda. Anda dapat mengirimkan pesan kepada pengguna yang telah terdaftar di kontak Anda secara personal dan membuat komunikasi menjadi lebih eksklusif.

6. Broadcast Messages

Anda dapat mengirim berbagai macam media seperti foto, video, dokumen, dan teks ke jumlah kontak yang tidak terbatas di Telegram secara bersamaan. Tetapi ingat, bahwa Anda harus membuat mereka mengirimi Anda pesan terlebih dahulu untuk menjadi kontak.

Ingatlah, kontak dapat memblokir bot Anda jika mereka tidak menyukai apa yang Anda kirim. Setelah mereka memblokir Anda, Anda tidak dapat melakukan apa-apa. Bahkan jika Anda mencoba mengirimi mereka pesan baru, Anda akan mendapatkan pemberitahuan yang memberitahu bahwa Anda telah diblokir oleh pengguna.

Baca juga: Pentingnya Omnichannel untuk Sosial Media Customer Service

Akhir kata

Seperti yang dapat disimpulkan, Telegram sekarang dianggap sebagai aplikasi seluler dengan keterlibatan tinggi, lebih dari WhatsApp. Telegram juga dapat memperkuat platform media sosial, penjualan, dan pemasaran digital Anda yang lain. Mengingat Telegram menyediakan komunitas untuk orang-orang dengan objektif yang sama berpikiran sama, Anda dapat membangun komunitas dengan pelanggan dengan mudah.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan Telegram sebagai alat pemasaran Anda, Anda dapat membuatnya lebih mudah dengan menggunakan omnichannel untuk saluran komunikasi Anda. Mengintegrasikan beberapa aplikasi perpesanan dengan omnichannel akan meningkatkan tingkat keterlibatan Anda secara menyeluruh. OneTalk by TapTalk.io siap memandu Anda untuk meningkatkan strategi pemasaran digital Anda dengan mengoptimalkan semua aplikasi perpesanan dalam satu dasbor.

Mari mengenal OneTalk lebih jauh dan berbincang dengan agent kami di sini.

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Ardian

07 / 01 / 2022

WhatsApp mendapat peringkat teratas sebagai aplikasi perpesanan favorit pengguna. Mengacu pada pada hal tersebut. WhatsApp tak henti mengembangkan fitur-fitur di dalamnya untuk makin meningkatkan pelayanan demi kepuasan pengguna. Whatsapp pun mencanangkan menjadi ajudan bagi ajudan bisnis-bisnis besar dengan meluncurkan WhatsApp Business API. Table of Contents Application Programming Interface (API) dari WhatsAppCara Praktis Membuat Link WhatsAppApakah […]

Read More

By Ardian

26 / 10 / 2020

There is a clear difference between Customer Experience Management (CXM) and Customer Relationship Management (CRM). To find out, we have to look at the CXM definition and CRM definition. Customer Experience Management (CXM) is the practice of designing and responding to customer interactions to meet or exceed customer expectations and increase customer satisfaction, loyalty and […]

Read More

By Ardian

07 / 01 / 2021

In sales terms, closing is commonly defined as the moment when the transaction is agreed upon by a customer or client. Very few clients are going to close themselves, making it appropriate for the salesperson to instigate the closing. According to HubSpot’s 2018 study, 75% of companies’ top sales priority is closing more sales. Although […]

Read More
1 2 3 107
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer