pt tap talk teknologi blog
FITUR OMNICHANNEL

Tips Dan Trik Untuk Membuat Customer Membeli Apapun Produk Yang Anda Jual

By Ardian
04 / 08 / 2020

(COVID-19) memiliki dampak yang cukup signifikan kepada semua bisnis, khususnya di Indonesia. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat customer membeli apapun produk yang Anda jual adalah sebagai berikut :

  • Memberikan service terbaik

Sebagian pebisnis lebih sering menggunakan teknik penjualan seperti potongan harga atau diskon untuk mendapatkan lead namun melupakan teknik untuk membuat mereka datang dan melakukan pembelian lagi. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat konsumen melakukan pembelian lagi dan lagi adalah dengan memberikan layanan terbaik kepada para.

  • Tawarkan voucher untuk pembelian selanjutnya

Menawarkan voucher sering digunakan oleh pebisnis untuk membuat konsumen kembali membeli produk Anda. Sampai sekarang cara ini masih banyak digunakan oleh department store dan masih cukup efektif.

  • Teknik up selling tawarkan lebih

Anda dapat menggunakan teknik ini untuk meningkatkan penjualan anda. Apa itu Up Selling?  anda tentu pernah membeli paket ayam di KFC atau McDonalds pada saat anda memesan paket ukuran medium biasanya kasirnya seperti ini “mau nambah ukuran minuman menjadi jumbo hanya dengan menambah Rp.3000 saja?”  atau “mau nambah Rp. 4000 untuk ukuran medium?”. Nah, teknik ini adalah teknik up selling yang dapat menambah jumlah transaki konsumen Anda.

Untuk dapat mempraktikkan 3 cara bagi pelaku bisnis online, Anda bisa menggunakan tools dan teknologi untuk memaksimalkan kualitas customer service. Meskipun customer service Anda sudah bersikap proaktif, Anda tidak akan bisa mengetahui masalah tiap pelanggan. Untuk memastikan Anda mengetahui pengalaman baik atau buruk yang dimiliki pelanggan, ciptakan cara mudah bagi pelanggan untuk memberi feedback. Bisa berupa survey di akhir layanan telepon, survey email yang dikirim secara langsung dari bantuan tools customer service Anda, atau formulir di halaman “Contact Us” dari web Anda.

Ada teknologi dan tools bagi customer service membuat customer semakin merasa dekat dengan usaha Anda. Karena konsumen lebih mudah mengingat semua informasi tentang produk dan jasa Anda setiap saat. Untuk terus menjalin hubungan baik antara pelaku usaha dan customer dibutuhkan tools yang disebut SaaS. SaaS berfungsi sebagai penolong peng-update informasi bagi customer. SaaS atau Software as a Service adalah salah satu bagian komputasi cloud berupa perangkat lunak yang dapat diakses oleh customer. Salah satu contoh platform SaaS adalah Omnichannel. Platform ini menyediakan segala informasi yang dibutuhkan customer dalam perangkat lunak berupa halaman interface. Saas digunakan karena perangkat lunak ini menguntungkan pelaku usaha. Beberapa keuntungan penggunaan Omnichannel sebagai salah satu dari contoh perangkat lunak SaaS adalah:

  • Pelaku usaha sebagai pengguna gratis atau sewa tidak dipusingkan dengan maintenance seperti pada penggunaan web
  • Pelaku usaha tidak perlu membeli lisensi yang menguras kantong
  • Penyedia layanan menggaransi ketersediaan dan ketahanan aplikasi
  • Pelaku usaha dapat mengkustomisasi SaaS sesuai dengan kebutuhan dengan fungsi dan skala terbatas

Kustomisasi Interface sesuai dengan kebutuhan bertujuan untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi customer. Omnichannel memiliki kustomisasi yang ramah pengguna sehingga pengguna UI atau User Interface merasa nyaman dengan segala kemudahan.

Salah satu upaya pelaku usaha dalam menjalin komunikasi dengan customer adalah penerbitan Monthly Newsletter. Dengan ini, customer tetap terhubung dengan informasi-informasi terbaru dari produk dan jasa yang telah melekat pada dirinya. Hal ini akan menjaga ingatan customer dan tidak berpindah produk dan jasa yang lain. Hal lain yang turut menjaga kesetiaan customer adalah pelayanan yang menyenangkan ketika bertransaksi. Apalagi ketika transaksi terkendala dengan adanya komplain dari customer. Kenyamanan menghadapi customer yang sedang bermasalah dengan produk yang dijual dapat diperoleh dengan live chat on web yang ada pada fitur OneTalk Automatic Messaging. Fitur ini akan bekerja sebagai chatbot yang akan melayani keluhan customer selama 24 jam. Hal ini tentu akan meringankan kedua belah pihak. Pelaku usaha dapat terus melakukan perencanaan-perencanaan, sementara customer mendapatkan penanganan secara cepat. Efisiensi waktu tercapai bagi kedua belah pihak.

Untuk dapat mengakses SaaS dengan perangkat lunak Omnichannel customer service pelaku usaha dapat segera swipe ke OneTalk by TapTalk.io. Fitur OneTalk Automatic Messaging telah menunggu untuk melakukan efisiensi besar-besaran bagi perusahaan milik pelaku usaha. OneTalk memiliki visualisasi, pewarnaan dan font UI yang menyenangkan experience pelanggan. Menggunakan platform ini sebagai customer service berarti menempatkan pelaku usaha pada posisi tinggal pakai dan menikmati kerjanya. Karena sebagian besar perawatan platform dibebankan pada vendor. Efisiensi tak terbatas dalam terlibat penuh dengan customer akan memperkecil post pengeluaran sekaligus membawa kurva sales dan marketing menuju puncak penjualan yang ditargetkan. Gunakan Omnichannel customer service untuk mengembangkan usaha Anda lebih besar dan menjangkau semua kalangan.

Pengusaha yang tidak berusaha meningkatkan apa yang mereka lakukan, baik dengan membangun produk, memasarkan bisnis, atau membantu pelanggan, akan tertinggal oleh orang yang ingin berinvestasi di kemampuan mereka. Meningkatkan layanan pelanggan memang tidak bisa dilakukan dengan cepat namun Anda bisa memanfaatkan adanya tools seperti OneTalk. Ini juga jadi perjalanan tanpa akhir, tapi penting. Jadi, pastikan ini jadi momen Anda untuk meningkatkan layanan ke customer.

Semoga bermanfaat!

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Ardian

21 / 01 / 2021

Dengan kebijakan privasi WhatsApp yang berubah, banyak pihak yang memiliki kekhawatiran akan data dan privasi yang mereka miliki di aplikasi messenger tersebut. Namun, terdapat juga pihak yang merasa acuh tak acuh dengan kebijakan baru tersebut karena merasa tidak ada masalah yang mengganggu aktivitasnya. Anda keliru! Kebijakan privasi adalah hal yang penting yang harus dijaga oleh […]

Read More

By Jessica Jacob

10 / 08 / 2023

Dalam mengelola bisnis, Anda pasti mengutamakan hubungan dengan pelanggan sebagai pondasi layanan. Hubungan Anda dengan pelanggan secara langsung terkait dengan kesejahteraan finansial bisnis Anda. Membangun hubungan pelanggan yang kuat akan mengembangkan loyalitas pelanggan dan mempertahankan klien jangka panjang yang berharga, meningkatkan pendapatan dari pembelian berulang. Anda mungkin pernah mendengar tentang Customer Relations dan bahkan mungkin […]

Read More

By Ardian

03 / 02 / 2021

Di era yang serba digital, banyak bisnis telah menggunakan pemasaran multi channel karena mereka mau menjangkau pelanggan dan mengirimkan informasi kepada mereka. Namun, mereka yang menggunakan Multichannel sering mengalami masalah seperti ini: Ketidakkonsistenan gaya antar channel. Miskomunikasi antar channel. Membuat frustasi pelanggan karena mereka perlu menggunakan banyak channel. Anda yang mempunyai bisnis mungkin bertanya-tanya bagaimana […]

Read More
1 2 3 142
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer