pt tap talk teknologi blog
WhatsApp Centang Hijau: Pengertian dan Keuntungannya

WhatsApp Centang Hijau: Pengertian dan Keuntungannya

By Jessica Jacob
01 / 12 / 2022

Langkah pertama untuk menjalankan bisnis Anda di WhatsApp adalah membuat akun bisnis resmi. 

Anda mungkin telah memperhatikan beberapa bisnis yang memiliki centang hijau di samping nama mereka. Tanda inilah yang menunjukkan bahwa WhatsApp bisnis telah diverifikasi.

Meskipun proses mendapatkan centang hijau bisa menjadi proses yang rumit, Anda tetap bisa melakukannya dengan cara yang cukup mudah.

Namun, sebelum Anda mulai mengajukan centang hijau, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Simak selengkapnya di artikel ini.

WhatsApp Centang Hijau: Pengertian dan Keuntungannya

Apa Itu Whatsapp Centang Hijau?

Centang hijau WhatsApp adalah tanda centang hijau kecil yang muncul di sebelah nama bisnis atau gambar profil yang terverifikasi. WhatsApp verified badge ini menunjukkan bahwa bisnis telah melalui proses verifikasi menyeluruh oleh platform. 

Ini dilakukan untuk melindungi pengguna dari spam dan akun palsu.

Proses verifikasi untuk bisnis dapat menjadi tantangan, tetapi ini bisa Anda gunakan untuk menunjukkan kredibilitas bisnis.

Sebelum mengajukan centang hijau, bisnis Anda harus berada di Platform WhatsApp Business. Mendapatkan centang hijau akan meng-upgrade Anda dari akun bisnis biasa ke akun resmi.

Meskipun memiliki tanda centang hijau adalah keuntungan utama dari akun bisnis resmi (Official Business Account), ada keuntungan lain memiliki akun WA resmi dibandingkan yang biasa. Salah satu keuntungannya adalah ia menampilkan nama bisnis Anda daripada nomor telepon di profil.

Ketika ingin mendapatkan centang hijau, Anda harus mengajukannya melalui Platform WhatsApp Business dan membutuhkan persetujuan atau penolakan Meta.

Berikut perbandingan singkat dari akun bisnis resmi dan akun bisnis biasa.

Apa Itu Whatsapp Centang Hijau?

Baca juga: Ini Dia Cara Membalas Pesan Otomatis di WhatsApp

Pro dan Kontra Centang Hijau di WhatsApp

Centang hijau akan menandakan status Anda sebagai bisnis terverifikasi di WhatsApp. Ini menunjukkan brand Anda yang kredibel di antara ribuan bisnis lainnya di WhatsApp. Berikut beberapa keuntungan dari centang hijau di WhatsApp:

  • Mendapatkan tanda centang hijau di WhatsApp akan meningkatkan kepercayaan dan kehadiran brand.
  • Centang hijau akan membedakan akun Anda dan mencegah penipu meniru identitas bisnis.
  • Dengan meningkatkan brand awareness, centang hijau WhatsApp juga mengurangi berapa kali pelanggan memblokir Anda atau bereaksi negatif karena Anda menghubungi mereka.
  • Verified badge di WhatsApp ini dapat meningkatkan kemungkinan pesan Anda  dibaca karena pelanggan lebih memilih bisnis terverifikasi.
  • Centang hijau WhatsApp memberi Anda lebih banyak visibilitas karena pelanggan dapat melihat nama brand Anda tanpa harus menyimpan kontak Anda.
  • Menjadi lebih bisa dipercaya oleh pelanggan akan meningkatkan engagement Anda dan sering kali mengarah ke ROI yang lebih tinggi pada kampanye pemasaran.

Sayangnya, untuk mendapatkan centang hijau, Anda harus mempunyai akun WhatsApp Business API terlebih dahulu. Selain itu, prosesnya juga cukup menantang untuk mendapatkan verifikasi centang hijau.

Bagaimana Cara Mendapatkan Centang Hijau Verified Badge WhatsApp?

Sebelum Anda memulai proses verifikasi, pastikan akun Facebook Business Anda telah berhasil diverifikasi. Setelah itu, Anda bisa mengikuti langkah berikut.

  • Klik ikon Edit untuk channel WhatsApp yang ingin jadikan Akun Bisnis Resmi.
  • Di bagian bawah halaman, Anda akan melihat Aktifkan autentikasi dua faktor.
  • Setel pin 6 digit dan klik Simpan.
  • Log in ke Business Manager dan klik pada tab Akun > Akun WhatsApp.
  • Cari Akun WhatsApp Business yang benar dan klik WhatsApp Manager.
  • Arahkan ke tab Nomor Telepon, cari nomor teleponnya dan klik Setting.
  • Buka Profil dan klik tombol Kirim Permintaan dan isi informasi yang diperlukan.
Bagaimana Cara Mendapatkan Centang Hijau Verified Badge WhatsApp?

Setelah itu, Anda akan menerima pemberitahuan dengan keputusan Meta dalam waktu 1-2 hari kerja. Periksa email Anda atau notifikasi Business Manager.

Selain melakukannya sendiri, Anda bisa mengajukan centang hijau melalui BSP (Business Solution Provider). Namun, pastikan Anda mengobrol dengan setidaknya 50 kontak di WhatsApp Business API Anda.

Pertama, Anda harus memberi BSP informasi yang diperlukan WhatsApp untuk memverifikasi akun bisnis Anda. Kemudian, BSP akan mengonfigurasi profil untuk Anda di WhatsApp Business API. Langkah ini merupakan bagian integral untuk mendapatkan verifikasi.

BSP akan melakukan sebagian besar pekerjaan rumit dalam mengajukan centang hijau dan Anda hanya perlu memulai proses dan memberikan informasi yang diperlukan.

Baca juga: Bagaimana Cara Menggunakan Dual WhatsApp? Cek Cara-Cara Ini!

Apa Syarat untuk Mendapatkan Centang Hijau?

Ini adalah daftar singkat kriteria kelayakan untuk mendapatkan centang hijau di WhatsApp:

  • Harus menggunakan Akun Bisnis yang Disetujui WhatsApp API 
  • Harus mengaktifkan Otentikasi 2 Langkah
  • Akun Facebook Business Manager harus diverifikasi oleh Facebook
  • Harus berupa bisnis (Perorangan tidak diizinkan)
  • Direkomendasikan Anda berada di Tingkat 2 (Tier 2) atau di atas tingkat perpesanan
  • Harus bisnis yang terkenal

Selain itu, ada satu hal penting lagi yang perlu Anda ingat. Jika bisnis Anda berurusan dengan salah satu bisnis berikut, Anda tidak memenuhi syarat. 

Jadi, Anda tidak dapat mengintegrasikan bisnis Anda dengan WhatsApp Business. Tanpa WhatsApp Business, Anda bahkan tidak dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan centang hijau. 

Berikut adalah bidang yang gagal memenuhi syarat WhatsApp.

  • Narkoba
  • Produk Tembakau
  • Bisnis Perjudian
  • Alkohol
  • Bisnis Senjata & Amunisi
  • Hewan Hidup
  • Produk/Layanan Dewasa
  • Produk Medis & Perawatan Kesehatan
  • Layanan Kencan
  • Cryptocurrency

Tips untuk Mendapatkan Centang Hijau

Untuk mendapatkan Centang Hijau, Anda dapat melakukan beberapa hal yang akan meningkatkan peluang Anda untuk disetujui Whatsapp. 

Pertama, perlu diketahui bahwa akun bisnis resmi tidak diberikan kepada karyawan, departemen, atau akun percobaan. Akun ini hanya diberikan kepada perusahaan secara keseluruhan untuk penggunaan yang nyata.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda perhatikan untuk mendapatkan centang hijau.

1. Pengaturan akun

Sebelum mengajukan Official Business Account, Anda harus memastikan bahwa bisnis Anda telah diverifikasi di Facebook, dan telah menyiapkan Otentikasi 2 Faktor (2 Factor Authentication)

2. Alamat email

Bila Anda ingin mengajukan akun bisnis resmi, pastikan Anda menambahkan domain email resmi ke Akun Bisnis Facebook. 

Anda dapat menggunakan domain email resmi (seperti "user@namaperusahaan.com") dari bisnis daripada email web seperti namapengguna@gmail.com atau "namapengguna@yahoo.com". 

Alamat email web paling sering ditolak karena tidak dapat berafiliasi dengan bisnis yang sudah mapan.

3. Nama tampilan

Nama tampilan Anda dapat membuat perbedaan dalam proses persetujuan. 

Saat mengajukan, Anda harus memastikan nama tampilan Anda mematuhi pedoman yang ada. Jika ada inkonsistensi nama tampilan dengan branding eksternal atau ada hubungan yang tidak jelas dengan bisnis, permintaan Anda kemungkinan akan ditolak.

Selain itu, bila Anda mengubah nama tampilan akun bisnis Anda setelah menerima status akun bisnis resmi, Anda harus melalui proses yang sama dari awal lagi. Setelah bisnis Anda diverifikasi sekali, bukan berarti Anda akan menerima verifikasi lagi.

4. Kehadiran online

Akun Anda harus mewakili brand atau entitas yang terkenal dan sering dicari. Akun yang ditampilkan di beberapa sumber berita memiliki peluang lebih tinggi untuk mendapatkan persetujuan, tetapi perhatikan bahwa konten berbayar atau promosi tidak dianggap sebagai sumber untuk ditinjau.

Saat mengajukan centang hijau, tambahkan tautan ke artikel untuk mendapatkan peluang lebih tinggi untuk mendapatkan Official Business Account.

Baca juga: Tutorial Menggunakan WhatsApp Web di PC dan Laptop Terlengkap

Berapa Lama Proses Verifikasi Centang Hijau?

Keputusan verifikasi centang hijau biasanya memakan waktu sekitar 1-2 hari kerja. Namun, dalam beberapa kasus tertentu, prose ini mungkin membutuhkan waktu hingga satu minggu.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Permohonan Centang Hijau Ditolak?

Jika permintaan untuk akun bisnis terverifikasi ditolak, Anda dapat mengajukan kembali permohonan untuk centang hijau setelah 30 hari.

Key Takeaways

Mengingat bahwa informasi di atas cukup banyak, berikut adalah rangkuman bagian-bagian penting soal WhatsApp centang hijau:

  • Verifikasi centang hijau hanya tersedia di WhatsApp Business API, jadi Anda memerlukannya sebelum mendaftar.
  • Ada beberapa perbedaan antara akun bisnis resmi dan akun WhatsApp biasa.
  • Anda harus memverifikasi akun Facebook Business Anda untuk mengakses WhatsApp Business API.
  • Setelah memverifikasi akun Business Manager, Anda dapat menggunakan Penyedia Solusi Bisnis (BSP) untuk mengonfigurasi profil Anda di WhatsApp Business API.
  • Anda harus mengobrol dengan setidaknya 50 kontak sebelum meminta BSP untuk meminta verifikasi WhatsApp.

Baca juga: Integrasi Channel Terbaru 'WhatsApp Cloud API' dengan OneTalk

Dapatkan Centang Hijau WhatsApp dengan BSP Tepercaya, OneTalk

Dapatkan Centang Hijau WhatsApp dengan BSP Tepercaya, OneTalk

Centang Hijau WA adalah cara yang dapat membuktikan kredibilitas brand. Ini adalah indikator ketenaran dan keasliannya. 

Fitur ini membantu pelanggan tahu bahwa mereka berbicara dengan brand asli dan bukan penipu. Jadi, ini penting bagi sebagian besar bisnis.

Anda mungkin merasa proses proses verifikasi centang hijau cukup rumit. Namun, ini bisa diatasi dengan menggunakan layanan BSP (Business Solution Provider).

Sebagai salah satu BSP tepercaya di Indonesia, OneTalk dapat mempermudah Anda dalam membuat akun WhatsApp Business terverifikasi dan mendapatkan centang hijau.

Dengan OneTalk, Anda bisa:

  • Dapatkan akses WhatsApp API 
  • Dapatkan verifikasi untuk akun perusahaan (OneTalk menangani proses pengajuan verifikasi, jadi Anda tidak perlu khawatir)
  • Kelola dukungan pelanggan WhatsApp dalam satu inbox
  • Kirim pemberitahuan otomatis kepada pelanggan
  • Kirim broadcast ke daftar pelanggan Anda

OneTalk akan membantu Anda dengan semua proses verifikasi yang Anda butuhkan. Kami juga dapat membantu Anda membuat chatbot yang dapat menangani pertanyaan pelanggan secara efisien, memenuhi kebutuhan pelanggan, dan meningkatkan penjualan Anda. 

Yuk, jadwalkan demo gratis dengan tim kami sekarang! Klik di sini!

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Jessica Jacob

15 / 10 / 2021

Agar perusahaanmu dapat meningkatkan penjualan hingga closing produk, tentunya tidak bisa hanya dilakukan dengan promosi di sosial media atau iklan. Tidak dapat dilupakan bahwa beberapa industri juga butuh tim pemasaran atau biasa disebut tim sales untuk mewujudkannya. Sebab, staf penjualan atau salesman pada bisnis umumnya yang berhadapan langsung dengan customer. Jika perusahaanmu memiliki banyak calon […]

Read More

By Ardian

27 / 05 / 2020

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan perubahan tren para pengguna internet di Indonesia, semakin banyak penduduk Indonesia yang menggunakan internet bukan hanya untuk mengkonsumsi media baik itu tulis maupun gambar, tetapi juga untuk kebutuhan berbelanja/commerce. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pada tahun 2018 terdapat lebih dari 20 juta transaksi online, dengan nilai lebih dari 17 […]

Read More

By Jessica Jacob

16 / 03 / 2023

Even though you can't be online all the time, you can still reply to direct messages at any time. To respond quickly to customers, many people—from brands and online businesses to creators and influencers—rely on a personalized auto-response. No matter when someone contacts you, auto-replies are a great way to make them feel seen and […]

Read More
1 2 3 108
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer