pt tap talk teknologi blog
Whatsapp Marketing IFRA

Pahami Cara Optimasi WhatsApp Marketing, Si Mesin Pencetak Profit

By Jessica Jacob
02 / 08 / 2022

Anda pemilik bisnis yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi dengan pelanggan? Itu tandanya, Anda sudah berada di jalan yang tepat! Bagaimana tidak, aplikasi messenger itu begitu potensial untuk mencetak profit bagi bisnis Anda.

Masa digital yang terus berkembang memunculkan berbagai jenis strategi marketing berbeda untuk tiap bisnis. Tapi, salah satu yang semakin pesat kemajuannya karena optimasi AI yang efektif di masa kini adalah personalized marketing.

Personalized marketing, juga dikenal sebagai pemasaran one-on-one, memanfaatkan pengumpulan data, analisis, dan teknologi otomatisasi bagi perusahaan untuk mengirimkan konten individual kepada penerima.

Personalized marketing memiliki beberapa manfaat, baik untuk bisnis maupun konsumen. Strategi ini meningkatkan pengalaman pelanggan dengan mempertahankan konsistensi dan kohesi di semua saluran, yang mengarah pada loyalitas merek yang lebih kuat dan, pada akhirnya, peningkatan pendapatan.

Saat ini, personalisasi menjadi sangat penting, karena konsumen memiliki akses ke konten dari beberapa saluran. Konten yang dipersonalisasi efektif karena berbicara langsung kepada konsumen Anda. Itulah mengapa pesan dan campaign yang dipersonalisasi untuk individu memiliki dampak yang besar. Terlebih, jika Anda melakukannya di saluran yang tepat, seperti WhatsApp.

80% orang menganggap WhatsApp sebagai saluran percakapan terbaik mereka. Tidak hanya untuk berhubungan dengan keluarga dan teman, WhatsApp juga digunakan untuk menjangkau bisnis pilihan pengguna. 

Menurut statistik WhatsApp, lebih dari 5 miliar bisnis menggunakan WhatsApp untuk terhubung dengan pelanggan mereka. 

Dengan beragamnya strategi marketing, digital marketing menggunakan WhatsApp merupakan hal yang sangat efektif untuk meningkatkan konversi bisnis. 80% dari bisnis yang menggunakan WhatsApp mengkonfirmasi bahwa WhatsApp membantu bisnis mereka tumbuh.

Melakukan strategi marketing melalui WhatsApp memiliki beberapa keuntungan, yaitu: 

  1. Mengoptimasi sistem pengiriman.
    Berbagai fitur yang dimiliki WhatsApp dapat melengkapi bisnis Anda. Misalnya saja fitur berbagi lokasi. Pelanggan dapat didorong untuk membagikan lokasi mereka melalui WhatsApp. Dengan memiliki koordinat lokasi pengiriman yang tepat, perusahaan Anda melakukan pengiriman lebih cepat dengan memilih jalur terpendek untuk mengoptimalkan biaya operasional.
  2. Lebih dekat dengan pelanggan.
    Dengan obrolan WhatsApp yang mudah digunakan, bisnis dapat menjangkau pelanggan lebih cepat dengan cara yang efisien.
  3. Pemasaran yang lebih mudah dengan grup.
    WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk membentuk grup hingga 100 orang. Anda dapat memanfaatkan ini untuk tetap berhubungan dengan basis pelanggan Anda, yang dapat mengarah pada pemasaran.

Lalu, bagaimana Anda bisa menggunakan WhatsApp sebagai alat marketing dengan benar? Simak tips dan trik menggunakan WhatsApp sebagai alat marketing di webinar series TapTalk.io di IFRA 2022.

Whatsapp Marketing IFRA

TapTalk.io akan hadir dalam acara The 20th IFRA Hybrid Business Expo 2022: Pameran lisensi, waralaba, dan peluang bisnis terbesar dan terlengkap di Indonesia yang diadakan via online pada tanggal 5 - 31 Agustus 2022 dan offline pada tanggal 5 - 7 Agustus 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

Jangan lewatkan webinar TapTalk.io yang diadakan secara langsung di JCC pada 6 Agustus 2022 mulai dari pukul 19.00 - 19.45 WIB. Anda bisa mengulik semua tentang WhatsApp marketing bersama Jessica Jacob, Business Development Principal TapTalk.io di “WhatsApp Marketing: Mesin Pencetak Profit untuk Bisnis Anda”.

IFRA Expo Webinar

Waktunya tingkatkan WhatsApp Marketing Anda bersama TapTalk.io, ayo daftar webinarnya sekarang. 

Nantikan juga booth online TapTalk.io di sini dan dapatkan promo spesialnya!

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Jessica Jacob

02 / 02 / 2024

Dalam era digital seperti saat ini, kecepatan dan efisiensi dalam memberikan layanan pelanggan merupakan aspek krusial bagi perusahaan, terutama dalam bisnis online seperti Astro. Sebagai perusahaan yang menyediakan layanan belanja online untuk kebutuhan sehari-hari dengan lebih dari 1.000 produk, Astro dihadapkan pada tantangan besar terkait manajemen pesan dari pelanggan.  Namun, bagaimana cara Astro mengatasi tantangan […]

Read More

By Jessica Jacob

25 / 05 / 2022

Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah salah satu perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia. Sebagai salah satu universitas tertua di Indonesia, UGM berperan sebagai pilar kebangkitan pendidikan di Indonesia. Di Universitas Gadjah Mada, mahasiswa diberikan kesempatan yang luas untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi di bidangnya melalui dukungan infrastruktur modern dan teknologi informasi.  Sebagai universitas yang menghasilkan […]

Read More

By Jessica Jacob

27 / 07 / 2023

Dalam dunia bisnis, ada dua jenis utama hubungan pelanggan: B2B (business to business) dan B2C (business to consumer). Kedua jenis hubungan ini memiliki dinamika yang berbeda, dan bisnis perlu memahami perbedaannya agar dapat memasarkan dan menjual produk atau layanan mereka secara efektif. Simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui karakteristik, perbedaan utama, serta tantangan dari […]

Read More
1 2 3 109
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer