Back to Home

WhatsApp

10 Rekomendasi WhatsApp Business API Provider Terbaik untuk Bisnis Anda

BY
Regita Larasati

Regita Larasati

Content Strategic Associate

Regita adalah seorang Content Strategist dan Copywriter yang memulai karirnya sebagai Marketing Intern di TapTalk.io pada tahun 2021 dan secara konsisten menunjukkan dedikasinya hingga mencapai posisinya sekarang. Dengan memanfaatkan latar belakang pendidikan Sastra Jerman dari Universitas Indonesia yang memberinya kemampuan analitis dan kreatif dalam mengembangkan strategi konten yang efektif serta menulis copy yang menarik, menjadikannya aset berharga dalam membangun image dan komunikasi brand di berbagai platform digital.

Mengelola komunikasi bisnis kini tak lagi sekadar menjawab pesan pelanggan. Di era digital, Whatsapp Business API menjadi solusi canggih untuk meningkatkan layanan pelanggan, mengotomasi pesan, hingga memaksimalkan efisiensi operasional. Tetapi dengan banyaknya penyedia layanan yang tersedia, bagaimana memilih yang terbaik untuk bisnis? Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 rekomendasi Whatsapp Business API Provider terbaik yang siap mendukung pertumbuhan bisnis kita. Penasaran? Yuk, kita simak bersama! 

Key Takeaways: 

  • WhatsApp Business API adalah sebuah layanan yang memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui WhatsApp secara lebih professional.
  • WhatsApp Business API provider adalah perusahaan yang menawarkan akses dan dukungan untuk penggunaan API ini.
  • Keuntungan menggunakan WhatsApp Business API diantaranya adalah dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, menghemat biaya, dan menyediakan layanan 24/7 nonstop.
  • Beberapa fitur dari WhatsApp Business API adalah WhatsApp concierge, Broadcast WhatsApp dan Login Multi-User.
  • 10 rekomendasi WhatsApp Business API Provider yang terpercaya adalah 360dialog, Mtarget, Clickatell, CBOT, MII, WhatSender, DoubleTick, Enjay World, Hubspot Marketing Automation, dan WAAM-It Sender. 

Apa Itu WhatsApp Business API Provider? 

Pontianakinfo.disway.id (2024) menyebutkan, WhatsApp Business API adalah sebuah layanan yang memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui WhatsApp secara lebih profesional dan terintegrasi dengan sistem bisnis. Berbeda dengan WhatsApp Business biasa, API ini dirancang untuk skala yang lebih besar. Penyedia layanan WhatsApp Business API, atau yang sering disebut sebagai WhatsApp Business API provider, adalah perusahaan yang menawarkan akses dan dukungan untuk penggunaan API ini. 

Keuntungan Menggunakan WhatsApp Business API 

Dikutip dari lenna.ai (2023), penggunaan WhatsApp Business API memiliki beberapa keuntungan, yaitu:  

  1. Meningkatkan kepercayaan pelanggan 

Pengguna WhatsApp Business API secara otomatis meningkatkan kepercayaan atau keyakinan pelanggan dengan memberikan tanda centang biru (verified badge) pada akun bisnis. 

  1. Menyediakan layanan 24/7 nonstop 

Pelaku bisnis dapat memberikan layanan yang siap menjawab pertanyaan pelanggan kapan saja, bahkan di luar jam kerja, dengan menggunakan fungsi Chatbot. Chatbot WhatsApp Business API dapat deprogram untuk memberikan respon otomatis yang cepat dan akurat, memberikan informasi dasar, bahkan mengarahkan pelanggan ke website atau produk yang relevan. 

  1. Mudah diintegrasikan dengan sistem lain 

Dengan mengintegrasikan WhatsApp Business API ke dalam sistem seperti CRM, memungkinkan bisnis mengelola komunikasi dan data pelanggan secara terpusat dan efisien. Misalnya informasi mengenai riwayat percakapan, kebutuhan pelanggan, dan analisis data sederhana, untuk meningkatkan koordinasi antar departemen. 

  1. Meningkatkan pengalaman pelanggan 

WhatsApp Business API dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memberikan respons yang cepat, akurat, dan dipersonalisasikan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu, perusahaan dapat meningkatkan hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan loyalitasnya. 

  1. Menghemat biaya 

WhatsApp Business API dapat menghemat banyak uang karena dengan menggunakan WhatsApp Business API, kebutuhan akan agen layanan pelanggan dalam jumlah besar dapat dikurangi. Kita hanya memerlukan satu atau dua karyawan untuk menangani semua pekerjaan sebagai layanan pelanggan. 

Fitur-Fitur WhatsApp Business API

Ada banyak fitur yang bisa kita dapatkan ketika menggunakan WhatsApp Business API. Dilansir dari sleekflow.io (2024), berikut adalah fitur dari WhatsApp Business API yang dapat kita gunakan: 

  1. WhatsApp Concierge 

WhatsApp Concierge adalah layanan atau solusi berbasis WhatsApp yang dirancang untuk membantu bisnis memberikan pengalaman pelanggan yang lebih personal, cepat, dan terorganisir. Dengan otomasi yang dibuat di Flow Builder, kita bisa membuat chatbot yang berisikan pertanyaan uang umumnya ditanyakan oleh pelanggan. Kita dapat membuat otomasi di WhatsApp Business API sesuai kebutuhan bisnis. Berikut adalah contoh penggunaannya untuk jenis bisnis tertentu: 

  • Bisnis retail: pertanyaan mengenai produk (ukuran, harga, pengiriman), order barang, info dropshipper, atau reseller 
  • Bisnis pendidikan: pertanyaan seputar sekolah atau universitas (lokasi, jam, operasional, informasi kemahasiswaan, dll), pendaftaran kelas 
  • Bisnis hotel: pertanyaan seputar lokasi, jam operasional, jenis kamar, fasilitas, dan booking kamar melalui WhatsApp. 
  1. Broadcast WhatsApp 

Dengan WhatsApp broadcast, bisnis dapat mengirimkan pesan massal dengan sentuhan personal kepada pelanggan untuk memberitahukan detail acara atau promosi. 

  1. Login Multi-User dan Chat Routing 

Customer Support tak perlu lagi berebut telepon yang sama jika menggunakan WhatsApp Business. Dengan WhatsApp Business API, kita dapat menambahkan staf sesuai dengan kebutuhan bisnis tanpa perlu khawatir adanya batasan jumlah orang yang dapat mengakses pesan masuk. Selain akses multi-user, WhatsApp Business API memungkinkan kita untuk membuat chat routing ke staf secara spesifik berdasarkan role atau spesialisasi dari staf tersebut. 

  1. WhatsApp Widget 

WhatsApp Business API dapat membuat nomor lebih mudah dihubungi dengan menambahkan widget ke live chat di website. Dengan banyaknya pelanggan yang mengklik ikon WhatsApp di widget, konverski akan meningkat. Kita juga dapat memantau kegiatan penelusuran oleh pelanggan untuk mengetahui halaman website mana yang paling menonjol. 

  1. Link Pembayaran di WhatsApp 

Dari percakapan, pemesanan, hingga pembayaran, pengalaman berbelanja in-chat menjadi mudah dengan WhatsApp Business API. Cukup buat link pembayaran agar pelanggan dapat melakukan pembayaran secara langsung dalam percakapan. Semakin sedikit langkah yang perlu diambil, semakin besar kemungkinan konsumen melakukan lebih banyak pembelian.

  1. Omnichannel Commerce 

Untuk memaksimalkannya, kita bisa mengintegrasikan platform ke media sosial kita, dan juga ke CRM, e-commerce seperti Shopify & Woo Commerce, Google Sheets, hingga aplikasi in-house. Detail pelanggan yang terkumpul dari berbagai platform lain, termasuk toko fisik, website e-commerce, atau media sosial, dapat disatukan. Jadi, kita dapat menggunakan informasi ini untuk mengirimkan pesan broadcast atau memberikan bantuan kepada pelanggan melalui WhatsApp.

10 Rekomendasi WhatsApp Business API Provider Terbaik 

Penyedia layanan WhatsApp Business API menyediakan berbagai layanan seperti pesan masa, otomatisasi, dan dukungan pelanggan untuk bisnis. Dirangkum dari mtarget.co (2022) dan doubletick.io (2023), berikut adalah daftarnya: 

  1. TapTalk.io

TapTalk.io adalah perusahaan SaaS dari Indonesia yang menyediakan solusi perpesanan untuk bisnis di berbagai industri. TapTalk.io juga menjadi partner resmi Meta dan menyediakan solusi lengkap WhatsApp Business API, termasuk Centang Biru. Tidak hanya itu, TapTalk.io memiliki berbagai fitur unggulan yang dapat membantu operasional bisnis, seperti Omnichannel dan GenAI Chatbot yang terpadu hanya di dalam satu dashboard pengaturan.

  1. 360dialog 

360dialog adalah solusi iPaaS perpesanan yang komprehensif sekaligus penyedia resmi WhatsApp Business Solution. Platform ini menyediakan solusi lengkap WhatsApp Business API melalui aplikasi web yang cocok untuk berbagai ukuran bisnis, industri, dan sektor. Sebagai platform pemasaran WhatsApp, 360dialog mengintegrasikan analitik dan pelacakan ROI, kotak masuk tim, integrasi CRM, otomatisasi pemasaran, serta kecerdasan penjualan dalam satu solusi terpadu. 

  1. MTARGET 

Mtarget merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang email marketing di Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu, Mtarget mengeluarkan beberapa produk lainnya seperti WhatsApp API yang dapat digunakan oleh pelaku usaha untuk melayani pelanggan sebagai customer service dan menambah pelanggan baru 24 jam otomatis dan praktis. Beberapa fitur unggulan dari Mtarget adalah: 

  • WhatsApp usage
  • WhatsApp template 
  • Manage template
  • Detail usage
  • Sender tools
  1. Clickatell 

Clickatell merupakan salah satu jenis layanan API yang memungkinkan kita untuk memberikan interaksi melalui WhatsApp secara kompetitif dan fokus terhadap pelanggan. Fitur resmi dari WhatsApp API Clickatell merupakan provider terbaik di Indonesia, dan memiliki beberapa kelebihan seperti mengkonfigurasi SMS gateway, online reporting, dan sangat membantu dalam mengalokasikan waktu. Sedangkan, kekurangan yang dimiliki Clickatell yaitu pengiriman SMS tidak dapat diandalkan dan tidak menyediakan layanan pelanggan yang bersifat dukungan.

  1. CBOT

CBOT adalah perusahaan AI terkemuka yang menawarkan automation service platform yang didukung teknologi miliknya sendiri. CBOT menawarkan fitur end-to-end berbasis AI yang memungkinkan perusahaan mengembangkan dan meningkatkan skala penggunaan chatbots dengan cepat serta hemat biaya.

  1. Hubspot Marketing Automation 

Aplikasi HubSpot Marketing Automation menawarkan alat pemasaran untuk membantu bisnis menarik audiens target, mengubah pengunjung menjadi pelanggan, dan menjalankan kampanye dalam skala besar untuk jangkauan yang lebih luas.

  1. Enjay World

Selanjutnya, Enjay World di mana penyedia ini menawarkan aplikasi pengiriman pesan Whatsapp blast dengan berbagai layanan menarik. Sebagai contoh, Enjay World memungkinkan kita membuat pesan khusus sesuai kebutuhan. Selain itu juga dapat mengirim pesan blast sekaligus, dan antarmuka yang user friendly dan nyaman untuk pemula.

  1. WAAM-it Sender 

Penyedia WhatsApp ini memiliki opsi unduhan aplikasi gratis dan memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan WhatsApp yang dipersonalisasi ke semua kontak didukung objek multimedia seperti emoji, gambar, video, file, dan link.

  1. WhatSender

Pesan WhatsApp ini dapat bersifat pribadi, seperti salam atau terkait bisnis, atau penawaran promosi terbaru. Dengan bantuan WhatSender, kita dapat mengirim pesan dari komputer atau laptop dengan nyaman. Kita juga dapat mengimpor beberapa kontak dari file CSV, TXT atau hanya dengan copy-paste. Aplikasi ini juga memungkinkan kita membuat beberapa variasi pesan apa pun untuk dikirim ke pelanggan.

  1. DoubleTick 

DoubleTick adalah layanan WhatsApp Business API yang dirancang untuk mendukung tim bisnis kita langsung dari perangkat seluler. Dengan fitur premium seperti shared team inbox berbasis cloud, broadcast dan pengiriman pesan massal tanpa batas, berbagi katalog dinamis, chatbot, commerce bot, dan banyak lagi, DoubleTick membantu tim kita menjual lebih banyak dalam waktu lebih singkat. Sebagai solusi all-in-one, DoubleTick menyediakan semua yang kita butuhkan dalam alat pemasaran WhatsApp.

Tingkatkan Kualitas Bisnis Komunikasi dengan WhatsApp Business dari TapTalk.io! 

Kelola interaksi pelanggan secara efisien melalui fitur-fitur canggih yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi modern. Dengan solusi ini, respon pelanggan menjadi lebih cepat, layanan lebih personal, dan kepercayaan terhadap brand semakin meningkat. Optimalkan pengalaman pelanggan dengan sistem komunikasi yang terintegrasi dan terorganisir. Kunjungi TapTalk.io untuk informasi lebih lanjut dan memaksimalkan potensi bisnis! 

Related Posts