Back to Home

Insight

Cara Ampuh Manfaatkan SEO Untuk Instagram

BY
Regita Larasati

Regita Larasati

Content Strategic Associate
Regita adalah seorang Content Strategist dan Copywriter yang memulai karirnya sebagai Marketing Intern di TapTalk.io pada tahun 2021 dan secara konsisten menunjukkan dedikasinya hingga mencapai posisinya sekarang. Dengan memanfaatkan latar belakang pendidikan Sastra Jerman dari Universitas Indonesia yang memberinya kemampuan analitis dan kreatif dalam mengembangkan strategi konten yang efektif serta menulis copy yang menarik, menjadikannya aset berharga dalam membangun image dan komunikasi brand di berbagai platform digital.

Dengan jutaan pengguna aktif, Instagram telah menjadi alat social marketing yang populer dan bisa diandalkan. Namun, bagaimana Anda bisa menjangkau banyak pengguna Instagram dan membuat mereka engaged/terlibat dengan brand Anda?

Jawabannya adalah SEO (Search Engine Optimization). Sama seperti SEO untuk website, SEO untuk Instagram dapat membantu meningkatkan visibilitas, kemudahan untuk ditemukan, dan engagement.

seo untuk instagram

Berikut beberapa tips SEO Instagram yang bisa Anda gunakan untuk memperluas jangkauan:

1. Mengoptimalkan Profil Instagram untuk Pencarian

Sama seperti mengetik suatu keyword di  Google, Anda dapat menggunakan search bar di bagian atas halaman Explore untuk mencari dan menemukan akun Instagram, hashtag, dan lokasi.

Dan menurut Instagram, hasil pencarian dlihat didasarkan pada berbagai faktor, seperti orang yang Anda ikuti, siapa yang terhubung dengan Anda, dan foto/video apa yang Anda sukai di Instagram.

Namun, semua faktor itu berhubungan dengan keywords. Instagram akan menyortir jutaan akun untuk menemukan hasil yang paling relevan dengan apa yang Anda cari - alias akun yang berisi keyword tersebut. Maka dari itu, Anda perlu mengoptimalkan profil Anda seperti berikut ini:

Display name dan username

Ada baiknya untuk menyertakan keyword ke display name atau username Anda, karena keduanya dapat ditelusuri di Instagram.

Misalnya, Anda memiliki bisnis aksesoris. Jika Anda ingin profil Anda muncul paling atas, Anda bisa menggunakan keywords yang berhubungan dengan hal tersebut, seperti “accessories” untuk display name atau username Anda.

Bio Instagram

Sama seperti display name dan username, bio Anda harus dioptimalkan dengan keywords untuk brand dan bisnis Anda. Anda bisa menggunakan keyword sekunder untuk bagian ini. Keyword tersebut masih berhubungan erat dengan keyword utama Anda.

Misalnya keyword utama Anda “accessories”, maka Anda bisa menggunakan keyword necklace”, “bracelet”, “rings”  dan lainnya. Keyword sekunder sangat cocok untuk menjangkau pengguna yang mungkin tidak menelusuri keywords utama Anda, tetapi mungkin masih tertarik dengan produk Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan hashtag yang dapat diklik di bio untuk meningkatkan peluang visibilitas akun Anda.

Baca juga: 7 Langkah untuk memaksimalkan akun Bisnis Intagram Anda

02. Perlakukan Hashtag Seperti Keyword

Menggunakan hashtag yang relevan dan sesuai target pada posting atau story Anda merupakan salah satu cara terbaik untuk ditemukan oleh pengguna baru di Instagram. Hal ini akan meningkatkan engagement, menambah followers, dan tentunya berkemungkinan menambah calon customers.

Jika Anda memiliki akun Instagram yang terbuka (public) dan menambahkan hashtag ke sebuah post, post tersebut akan terlihat di halaman hasil hashtag yang sesuai.

Hashtag meningkatkan kesempatan Anda untuk dapat ditemukan. Anda dapat menggunakannya untuk membangun komunitas, menjalankan kampanye marketing, meneliti audiens Anda, dan banyak lagi.

Itulah mengapa sangat penting untuk memiliki strategi hashtag yang jelas dan disusun dengan baik. Tanpa strategi tersebut, Anda bisa saja kehilangan peluang untuk mengoptimalkan akun Anda dan mendorong lebih banyak engagement dan followers.

Perlu diingat, strategi hashtag Anda tidak harus terlalu rumit. Yang paling penting adalah Anda perlu menguji strategi tersebut untuk mengetahui hashtag yang berhasil dan yang tidak.

03. Menulis Caption yang Deskriptif

Meskipun posting Instagram hanya dapat ditelusuri melalui hashtag dan tag lokasi, ada cara lain agar konten Anda bisa ditemukan di halaman Explore, yaitu dengan menulis caption yang relevan dan deskriptif.

Instagram memiliki algoritma halaman Explore yang terus belajar dari perilaku Anda (seperti akun apa yang Anda follow dan post apa yang Anda suka dan komentari) untuk menentukan konten apa yang paling berhubungan dengan Anda.

Itulah mengapa halaman Explore Anda terlihat sangat berbeda dari teman Anda. Halaman ini secara khusus disesuaikan dengan minat Anda di Instagram (bersama dengan faktor-faktor lain seperti akun yang Anda ikuti, lokasi Anda, dan seberapa baru konten telah diposting).

Lalu, apa hubungannya dengan caption? 

Nah, Instagram baru-baru ini membahas tentang bagaimana mereka menggunakan machine learning untuk menentukan konten apa yang akan ditampilkan di halaman Explore.

Mereka mengidentifikasi akun yang secara topik mirip dengan menggunakan metode machine learning yang dikenal sebagai "word embedding".

Pada dasarnya, Instagram melihat keyword yang digunakan di suatu akun untuk menentukan seberapa relevan mereka dengan akun lain. Keyword tersebut berasal dari display name, username, bio, dan bahkan dari caption yang Anda tulis.

Dengan kata lain, ketika Anda menulis caption yang menggambarkan bisnis atau industri Anda, Instagram akan menggunakan keyword dalam caption tersebut untuk menentukan topik yang selaras dengan akun Anda. Maka dari itu, post Anda berkemungkinan untuk muncul di halaman Explore seseorang.

04. Menciptakan Alternative Text Anda Sendiri

Alt text Instagram adalah fitur baru yang memungkinkan Anda menulis teks alternatif khusus sehingga Anda dapat menambahkan deskripsi foto/post.

Fitur ini dapat Anda gunakan untuk membuat deskripsi yang lebih jelas tentang apa posting Anda. Untuk mengedit alt text, Anda dapat mengklik Advanced Setting di bagian bawah layar sebelum memposting.

Instagram akan secara otomatis mengisi opsi alt text untuk foto Anda jika Anda melewatkan langkah ini. Jadi lebih baik melakukannya sendiri untuk memastikan teks tersebut cocok dengan apa yang sebenarnya ada di foto.

Setelah Anda membuat alt text, bagikan foto Anda seperti biasa. Fitur ini dapat membantu post Anda mendapat peringkat yang lebih baik dalam algoritme Instagram.

05. Lacak Jangkauan (Reach) Instagram Anda

Ingin tahu apakah upaya SEO Instagram Anda berhasil? Anda dapat memeriksanya melalui Instagram Insight!

Anda akan menemukan sekumpulan informasi tentang berapa banyak orang yang melihat konten Anda dan di mana mereka menemukannya, termasuk dari feed mereka (jika mereka adalah follower), hashtag, halaman Explore, dan "Lainnya" (yang terdiri dari share, save, tags, mention, dan notification).

Selain itu, Anda juga dapat menemukan data seputar Discovery (termasuk keseluruhan reach dan impression Anda dalam seminggu terakhir) dan Interactions, yang menyoroti jumlah kunjungan profil.

Dengan menggunakan data ini, Anda dapat dengan mudah menentukan seberapa optimal konten Anda.

SEO mungkin lebih sering digunakan untuk pengoptimalan website, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa menggunakannya untuk media sosial. Ikuti beberapa teknik ini dan ubah strategi marketing Instagram Anda dengan cara yang mengutamakan pengguna sekaligus membangun brand awareness.

Dalam berjuang untuk mendapatkan visibilitas, Anda mungkin mudah tergoda dengan melakukan kecurangan, seperti menggunakan bot, membeli followers atau like. Namun, perlu diingat bahwa hal ini hanya bersifat sementara. Mereka tidak menawarkan visibilitas autentik dan dapat mengganggu kinerja Anda dalam jangka panjang.

Selain itu, Instagram terus menindak akun yang berulang kali menggunakan taktik mencurigakan untuk mendapatkan visibilitas di platform. Oleh karena itu, yang terbaik adalah membangun visibilitas asli meskipun membutuhkan waktu dan usaha.

Baca juga: Kiat - Kiat melakukan Instagram Ads yang sukses

Share this article

Regita Larasati

Content Strategic Associate

Regita adalah seorang Content Strategist dan Copywriter yang memulai karirnya sebagai Marketing Intern di TapTalk.io pada tahun 2021 dan secara konsisten menunjukkan dedikasinya hingga mencapai posisinya sekarang. Dengan memanfaatkan latar belakang pendidikan Sastra Jerman dari Universitas Indonesia yang memberinya kemampuan analitis dan kreatif dalam mengembangkan strategi konten yang efektif serta menulis copy yang menarik, menjadikannya aset berharga dalam membangun image dan komunikasi brand di berbagai platform digital.

Dengan jutaan pengguna aktif, Instagram telah menjadi alat social marketing yang populer dan bisa diandalkan. Namun, bagaimana Anda bisa menjangkau banyak pengguna Instagram dan membuat mereka engaged/terlibat dengan brand Anda?

Jawabannya adalah SEO (Search Engine Optimization). Sama seperti SEO untuk website, SEO untuk Instagram dapat membantu meningkatkan visibilitas, kemudahan untuk ditemukan, dan engagement.

seo untuk instagram

Berikut beberapa tips SEO Instagram yang bisa Anda gunakan untuk memperluas jangkauan:

1. Mengoptimalkan Profil Instagram untuk Pencarian

Sama seperti mengetik suatu keyword di  Google, Anda dapat menggunakan search bar di bagian atas halaman Explore untuk mencari dan menemukan akun Instagram, hashtag, dan lokasi.

Dan menurut Instagram, hasil pencarian dlihat didasarkan pada berbagai faktor, seperti orang yang Anda ikuti, siapa yang terhubung dengan Anda, dan foto/video apa yang Anda sukai di Instagram.

Namun, semua faktor itu berhubungan dengan keywords. Instagram akan menyortir jutaan akun untuk menemukan hasil yang paling relevan dengan apa yang Anda cari - alias akun yang berisi keyword tersebut. Maka dari itu, Anda perlu mengoptimalkan profil Anda seperti berikut ini:

Display name dan username

Ada baiknya untuk menyertakan keyword ke display name atau username Anda, karena keduanya dapat ditelusuri di Instagram.

Misalnya, Anda memiliki bisnis aksesoris. Jika Anda ingin profil Anda muncul paling atas, Anda bisa menggunakan keywords yang berhubungan dengan hal tersebut, seperti “accessories” untuk display name atau username Anda.

Bio Instagram

Sama seperti display name dan username, bio Anda harus dioptimalkan dengan keywords untuk brand dan bisnis Anda. Anda bisa menggunakan keyword sekunder untuk bagian ini. Keyword tersebut masih berhubungan erat dengan keyword utama Anda.

Misalnya keyword utama Anda “accessories”, maka Anda bisa menggunakan keyword necklace”, “bracelet”, “rings”  dan lainnya. Keyword sekunder sangat cocok untuk menjangkau pengguna yang mungkin tidak menelusuri keywords utama Anda, tetapi mungkin masih tertarik dengan produk Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan hashtag yang dapat diklik di bio untuk meningkatkan peluang visibilitas akun Anda.

Baca juga: 7 Langkah untuk memaksimalkan akun Bisnis Intagram Anda

02. Perlakukan Hashtag Seperti Keyword

Menggunakan hashtag yang relevan dan sesuai target pada posting atau story Anda merupakan salah satu cara terbaik untuk ditemukan oleh pengguna baru di Instagram. Hal ini akan meningkatkan engagement, menambah followers, dan tentunya berkemungkinan menambah calon customers.

Jika Anda memiliki akun Instagram yang terbuka (public) dan menambahkan hashtag ke sebuah post, post tersebut akan terlihat di halaman hasil hashtag yang sesuai.

Hashtag meningkatkan kesempatan Anda untuk dapat ditemukan. Anda dapat menggunakannya untuk membangun komunitas, menjalankan kampanye marketing, meneliti audiens Anda, dan banyak lagi.

Itulah mengapa sangat penting untuk memiliki strategi hashtag yang jelas dan disusun dengan baik. Tanpa strategi tersebut, Anda bisa saja kehilangan peluang untuk mengoptimalkan akun Anda dan mendorong lebih banyak engagement dan followers.

Perlu diingat, strategi hashtag Anda tidak harus terlalu rumit. Yang paling penting adalah Anda perlu menguji strategi tersebut untuk mengetahui hashtag yang berhasil dan yang tidak.

03. Menulis Caption yang Deskriptif

Meskipun posting Instagram hanya dapat ditelusuri melalui hashtag dan tag lokasi, ada cara lain agar konten Anda bisa ditemukan di halaman Explore, yaitu dengan menulis caption yang relevan dan deskriptif.

Instagram memiliki algoritma halaman Explore yang terus belajar dari perilaku Anda (seperti akun apa yang Anda follow dan post apa yang Anda suka dan komentari) untuk menentukan konten apa yang paling berhubungan dengan Anda.

Itulah mengapa halaman Explore Anda terlihat sangat berbeda dari teman Anda. Halaman ini secara khusus disesuaikan dengan minat Anda di Instagram (bersama dengan faktor-faktor lain seperti akun yang Anda ikuti, lokasi Anda, dan seberapa baru konten telah diposting).

Lalu, apa hubungannya dengan caption? 

Nah, Instagram baru-baru ini membahas tentang bagaimana mereka menggunakan machine learning untuk menentukan konten apa yang akan ditampilkan di halaman Explore.

Mereka mengidentifikasi akun yang secara topik mirip dengan menggunakan metode machine learning yang dikenal sebagai "word embedding".

Pada dasarnya, Instagram melihat keyword yang digunakan di suatu akun untuk menentukan seberapa relevan mereka dengan akun lain. Keyword tersebut berasal dari display name, username, bio, dan bahkan dari caption yang Anda tulis.

Dengan kata lain, ketika Anda menulis caption yang menggambarkan bisnis atau industri Anda, Instagram akan menggunakan keyword dalam caption tersebut untuk menentukan topik yang selaras dengan akun Anda. Maka dari itu, post Anda berkemungkinan untuk muncul di halaman Explore seseorang.

04. Menciptakan Alternative Text Anda Sendiri

Alt text Instagram adalah fitur baru yang memungkinkan Anda menulis teks alternatif khusus sehingga Anda dapat menambahkan deskripsi foto/post.

Fitur ini dapat Anda gunakan untuk membuat deskripsi yang lebih jelas tentang apa posting Anda. Untuk mengedit alt text, Anda dapat mengklik Advanced Setting di bagian bawah layar sebelum memposting.

Instagram akan secara otomatis mengisi opsi alt text untuk foto Anda jika Anda melewatkan langkah ini. Jadi lebih baik melakukannya sendiri untuk memastikan teks tersebut cocok dengan apa yang sebenarnya ada di foto.

Setelah Anda membuat alt text, bagikan foto Anda seperti biasa. Fitur ini dapat membantu post Anda mendapat peringkat yang lebih baik dalam algoritme Instagram.

05. Lacak Jangkauan (Reach) Instagram Anda

Ingin tahu apakah upaya SEO Instagram Anda berhasil? Anda dapat memeriksanya melalui Instagram Insight!

Anda akan menemukan sekumpulan informasi tentang berapa banyak orang yang melihat konten Anda dan di mana mereka menemukannya, termasuk dari feed mereka (jika mereka adalah follower), hashtag, halaman Explore, dan "Lainnya" (yang terdiri dari share, save, tags, mention, dan notification).

Selain itu, Anda juga dapat menemukan data seputar Discovery (termasuk keseluruhan reach dan impression Anda dalam seminggu terakhir) dan Interactions, yang menyoroti jumlah kunjungan profil.

Dengan menggunakan data ini, Anda dapat dengan mudah menentukan seberapa optimal konten Anda.

SEO mungkin lebih sering digunakan untuk pengoptimalan website, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa menggunakannya untuk media sosial. Ikuti beberapa teknik ini dan ubah strategi marketing Instagram Anda dengan cara yang mengutamakan pengguna sekaligus membangun brand awareness.

Dalam berjuang untuk mendapatkan visibilitas, Anda mungkin mudah tergoda dengan melakukan kecurangan, seperti menggunakan bot, membeli followers atau like. Namun, perlu diingat bahwa hal ini hanya bersifat sementara. Mereka tidak menawarkan visibilitas autentik dan dapat mengganggu kinerja Anda dalam jangka panjang.

Selain itu, Instagram terus menindak akun yang berulang kali menggunakan taktik mencurigakan untuk mendapatkan visibilitas di platform. Oleh karena itu, yang terbaik adalah membangun visibilitas asli meskipun membutuhkan waktu dan usaha.

Baca juga: Kiat - Kiat melakukan Instagram Ads yang sukses

Related Posts