No Rating
Dengan jutaan pengguna aktif, Instagram telah menjadi alat social marketing yang populer dan bisa diandalkan. Namun, bagaimana Anda bisa menjangkau banyak pengguna Instagram dan membuat mereka engaged/terlibat dengan brand Anda?
Jawabannya adalah SEO (Search Engine Optimization). Sama seperti SEO untuk website, SEO untuk Instagram dapat membantu meningkatkan visibilitas, kemudahan untuk ditemukan, dan engagement.
Berikut beberapa tips SEO Instagram yang bisa Anda gunakan untuk memperluas jangkauan:
Sama seperti mengetik suatu keyword di Google, Anda dapat menggunakan search bar di bagian atas halaman Explore untuk mencari dan menemukan akun Instagram, hashtag, dan lokasi.
Dan menurut Instagram, hasil pencarian dlihat didasarkan pada berbagai faktor, seperti orang yang Anda ikuti, siapa yang terhubung dengan Anda, dan foto/video apa yang Anda sukai di Instagram.
Namun, semua faktor itu berhubungan dengan keywords. Instagram akan menyortir jutaan akun untuk menemukan hasil yang paling relevan dengan apa yang Anda cari - alias akun yang berisi keyword tersebut. Maka dari itu, Anda perlu mengoptimalkan profil Anda seperti berikut ini:
Ada baiknya untuk menyertakan keyword ke display name atau username Anda, karena keduanya dapat ditelusuri di Instagram.
Misalnya, Anda memiliki bisnis aksesoris. Jika Anda ingin profil Anda muncul paling atas, Anda bisa menggunakan keywords yang berhubungan dengan hal tersebut, seperti “accessories” untuk display name atau username Anda.
Sama seperti display name dan username, bio Anda harus dioptimalkan dengan keywords untuk brand dan bisnis Anda. Anda bisa menggunakan keyword sekunder untuk bagian ini. Keyword tersebut masih berhubungan erat dengan keyword utama Anda.
Misalnya keyword utama Anda “accessories”, maka Anda bisa menggunakan keyword “necklace”, “bracelet”, “rings” dan lainnya. Keyword sekunder sangat cocok untuk menjangkau pengguna yang mungkin tidak menelusuri keywords utama Anda, tetapi mungkin masih tertarik dengan produk Anda.
Selain itu, Anda juga bisa menambahkan hashtag yang dapat diklik di bio untuk meningkatkan peluang visibilitas akun Anda.
Baca juga: 7 Langkah untuk memaksimalkan akun Bisnis Intagram Anda
Menggunakan hashtag yang relevan dan sesuai target pada posting atau story Anda merupakan salah satu cara terbaik untuk ditemukan oleh pengguna baru di Instagram. Hal ini akan meningkatkan engagement, menambah followers, dan tentunya berkemungkinan menambah calon customers.
Jika Anda memiliki akun Instagram yang terbuka (public) dan menambahkan hashtag ke sebuah post, post tersebut akan terlihat di halaman hasil hashtag yang sesuai.
Hashtag meningkatkan kesempatan Anda untuk dapat ditemukan. Anda dapat menggunakannya untuk membangun komunitas, menjalankan kampanye marketing, meneliti audiens Anda, dan banyak lagi.
Itulah mengapa sangat penting untuk memiliki strategi hashtag yang jelas dan disusun dengan baik. Tanpa strategi tersebut, Anda bisa saja kehilangan peluang untuk mengoptimalkan akun Anda dan mendorong lebih banyak engagement dan followers.
Perlu diingat, strategi hashtag Anda tidak harus terlalu rumit. Yang paling penting adalah Anda perlu menguji strategi tersebut untuk mengetahui hashtag yang berhasil dan yang tidak.
Alt text Instagram adalah fitur baru yang memungkinkan Anda menulis teks alternatif khusus sehingga Anda dapat menambahkan deskripsi foto/post.
Fitur ini dapat Anda gunakan untuk membuat deskripsi yang lebih jelas tentang apa posting Anda. Untuk mengedit alt text, Anda dapat mengklik Advanced Setting di bagian bawah layar sebelum memposting.
Instagram akan secara otomatis mengisi opsi alt text untuk foto Anda jika Anda melewatkan langkah ini. Jadi lebih baik melakukannya sendiri untuk memastikan teks tersebut cocok dengan apa yang sebenarnya ada di foto.
Setelah Anda membuat alt text, bagikan foto Anda seperti biasa. Fitur ini dapat membantu post Anda mendapat peringkat yang lebih baik dalam algoritme Instagram.
Ingin tahu apakah upaya SEO Instagram Anda berhasil? Anda dapat memeriksanya melalui Instagram Insight!
Anda akan menemukan sekumpulan informasi tentang berapa banyak orang yang melihat konten Anda dan di mana mereka menemukannya, termasuk dari feed mereka (jika mereka adalah follower), hashtag, halaman Explore, dan "Lainnya" (yang terdiri dari share, save, tags, mention, dan notification).
Selain itu, Anda juga dapat menemukan data seputar Discovery (termasuk keseluruhan reach dan impression Anda dalam seminggu terakhir) dan Interactions, yang menyoroti jumlah kunjungan profil.
Dengan menggunakan data ini, Anda dapat dengan mudah menentukan seberapa optimal konten Anda.
SEO mungkin lebih sering digunakan untuk pengoptimalan website, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa menggunakannya untuk media sosial. Ikuti beberapa teknik ini dan ubah strategi marketing Instagram Anda dengan cara yang mengutamakan pengguna sekaligus membangun brand awareness.
Dalam berjuang untuk mendapatkan visibilitas, Anda mungkin mudah tergoda dengan melakukan kecurangan, seperti menggunakan bot, membeli followers atau like. Namun, perlu diingat bahwa hal ini hanya bersifat sementara. Mereka tidak menawarkan visibilitas autentik dan dapat mengganggu kinerja Anda dalam jangka panjang.
Selain itu, Instagram terus menindak akun yang berulang kali menggunakan taktik mencurigakan untuk mendapatkan visibilitas di platform. Oleh karena itu, yang terbaik adalah membangun visibilitas asli meskipun membutuhkan waktu dan usaha.
New Message
Please fill out the form below before you leave a message
Need help with anything?
Tell us what you need through the button down below.
Click on one of the channels to get started
FAQ
Selamat datang di TapTalk.io! Apa itu OmniChannel?
Omnichannel adalah platform integrasi berbagai saluran yang digabungkan menjadi satu sistem manajemen untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan pengalaman pelanggan.
Dalam hal customer support, omnichannel menyatukan berbagai saluran perpesanan dalam platform yang sama. Omnichannel fokus pada perjalanan pelanggan dalam berkomunikasi dengan perusahaan, sehingga kualitas pengalaman yang didapatkan menjadi lebih mulus.
Social Media apa saja yang bisa diintegrasikan ke OneTalk?
Anda bisa mengintegrasikan channel WhatsApp SME, WhatsApp Business API, Instagram DM, FB Messenger, Twitter DM, Live Chat dan LINE
Bagaimana cara mengintegrasi channel ke OneTalk?
Berikut dokumentasi yang bisa dipelajari untuk mengintegrasikan channel Social Media ke dashboard OneTalk
https://docs.taptalk.io/onetalk-omnichannel-documentation/onetalk-channel-integration
Apa itu Chatbot? Fitur apa saja yang tersedia?
Chatbot adalah program kecerdasan buatan yang dapat mensimulasikan percakapan (atau obrolan) dengan pengguna melalui aplikasi perpesanan, situs web, aplikasi seluler, atau melalui telepon.
Terdapat dua jenis Chatbot yang disediakan oleh TapTalk, yaitu dalam bentuk FAQ Chatbot dan Assign Topic Chatbot.
No Rating
Case ID #123445
What is OneTalk?
A single dashboard to manage WhatsApp, Twitter, FB Messenger, Telegram, LINE and email to elevate your sales, marketing, and support experience. A single dashboard to manage WhatsApp, Twitter, FB Messenger, Telegram, LINE and email to elevate your sales, marketing, and support experience.