Back to Home

Insight

7 Instagram Marketing Tools Yang Berguna Untuk Bisnis

BY
Regita Larasati

Regita Larasati

Content Strategic Associate
Regita adalah seorang Content Strategist dan Copywriter yang memulai karirnya sebagai Marketing Intern di TapTalk.io pada tahun 2021 dan secara konsisten menunjukkan dedikasinya hingga mencapai posisinya sekarang. Dengan memanfaatkan latar belakang pendidikan Sastra Jerman dari Universitas Indonesia yang memberinya kemampuan analitis dan kreatif dalam mengembangkan strategi konten yang efektif serta menulis copy yang menarik, menjadikannya aset berharga dalam membangun image dan komunikasi brand di berbagai platform digital.

Memiliki satu miliar pengguna aktif bulanan, Instagram kini sudah menjadi keseharian bagi sebagian besar orang. Hal ini pula yang bisa dimanfaatkan bagi pelaku bisnis dan perusahaan. Jika sebelumnya marketing di Instagram dirasa hanya sebagai ‘pilihan’, kini hal tersebut berubah menjadi kebutuhan.

Sesuai data yang diberikan Instagram, lebih dari 80% penggunanya mengikuti minat yang mereka sukai dan sekitar 200 juta dari mereka mengunjungi profil bisnis di Instagram. Sekarang, pertanyaannya adalah apakah Anda sudah membangun akun Instagram dengan pengalaman terbaik untuk followers Anda? Jika Anda belum mengikuti tren ini, maka Anda telah kehilangan satu platform efektif untuk melakukan marketing produk Anda.

Namun, perlu diingat bahwa Instagram adalah platform yang berfokus pada  visual dan memiliki sedikit ruang untuk teks. Tentu ada beberapa orang yang merasa sulit untuk membangun profil Instagram yang sempurna untuk audiens. 

Dalam artikel ini, ada beberapa Instagram Marketing Tools yang harus dimiliki untuk mengoptimalkan unggahan Anda, menaikkan jumlah followers Anda dan mendorong engagement

Instagram marketing tools

01. LeeTags 

Harga: Gratis 

Kegunaan: Menganalisis hashtag atau tagar teratas dengan menghasilkan ratusan hashtag yang relevan, lalu cukup di-copy paste ke caption Instagram Anda. 

Use Case

Anda dapat membuat serangkaian hashtag yang sempurna dari berbagai kategori seperti ‘Most Popular’, 'Fotografi / Seni', 'Fashion', 'Kebugaran', dll.

Kategori koleksi hashtag ini juga mengandung subkategori yang dapat digunakan untuk pemasaran mikro. Misalnya, dalam 'Fashion' Anda dapat mengakses hashtag granular seperti 'Outfit of the day', 'Girls fashion', 'Men's fashion', dll.

LeeTag juga memungkinkan Anda untuk menyimpan hasil pencarian, kategori tagar dan membuat daftar tagar favorit untuk menghemat waktu Anda.

02. VSCO

Harga: Versi gratis (dengan pembelian dalam aplikasi) / Member: $19,99/tahun

Kegunaan:

Mengedit gambar dan video untuk Instagram dengan pilihan filter dan preset yang berbeda.

Use Case:

Cara yang bagus untuk melakukan Instagram Marketing dan menonjolkan brand Anda adalah dengan memposting gambar/foto yang indah dan memukau. Anda bisa mendapatkannya dengan mengeditnya dengan berbagai filter dan preset.

Karena Instagram hanya menawarkan filter yang terbatas, VSCO bisa jadi aplikasi yang membantu. Menyediakan lebih banyak filter dan preset yang menakjubkan, aplikasi ini berguna untuk meningkatkan permainan visual Instagram.

03. Iconosquare

Harga: Mulai dari $29/bulan (termasuk uji coba gratis 14 hari)

Kegunaan:

Memantau semua postingan Anda menggunakan alat analitik Instagram end-to-end.

Use case:

Iconosquare dirancang untuk membantu pebisnis mengelola sosial media dengan memantau kinerja kampanye pada setiap postingan di Instagram Anda.

Anda dapat dengan mudah melacak Insights seperti bagaimana audiens Anda berkembang, orang yang baru-baru ini berhenti mengikuti Anda, postingan Instagram mana yang paling banyak memiliki engagement, waktu yang ideal untuk memposting, dll. Ini memungkinkan Anda untuk merencanakan dan menjadwalkan semua posting Instagram Anda sebelumnya. Anda juga dapat mengelola semua akun Anda dalam satu dasbor.

Bagian terbaik dari Iconosquare adalah ia dapat membantu mengidentifikasi influencer Instagram yang relevan untuk brand Anda. 

04. Gleam

Harga: Mulai dari $10/bulan (termasuk uji coba gratis 14 hari)

Kegunaan:

Mendorong engagement dan meraih prospek dengan menjalankan contest di media sosial.

Use Case:

Kampanye pada Instagram seperti giveaway, games, dan bentuk promosi lainnya kini menjadi salah satu cara untuk memperluas jangkauan merek dan audiens. 

Tentu, ini terdengar seperti strategi pemasaran yang efektif untuk mendorong konversi. Namun, mencari tahu cara meluncurkan contest yang sukses itu agak sulit.

Gleam adalah platform pemasaran yang membantu pemasar menghasilkan prospek dengan menjalankan contest dan kompetisi media sosial. Anda dapat mengintegrasikannya dengan akun Instagram brand Anda dan meluncurkan kontes yang menyenangkan dan menarik untuk followers Anda.

05. Pablo

Harga: Gratis

Kegunaan:

Membuat postingan media sosial tanpa memerlukan bandwidth desainer apa pun

Use Case:

Gambar-gambar yang menarik dari sisi font, grafik, dan logo biasanya mendapatkan banyak views, likes, dan share di antara komunitas Instagram.

Pablo adalah aplikasi yang mudah digunakan yang memungkinkan Anda mengunggah gambar yang Anda edit. Mereka memiliki serangkaian font, grafik, dan logo yang estetik untuk dipilih dan membuat foto untuk brand Anda.

Anda juga dapat memilih gambar dari pilihan luas 50.000+ foto bebas royalti untuk membuat desain Anda sendiri.

06. PromoRepublic 

Harga: Mulai dari $9/bulan untuk Smart Posting, $49/bulan untuk social monitoring (termasuk uji coba gratis).

Kegunaan:

Membuat kalender media sosial yang dipersonalisasi, penjadwalan & pemantauan mention.

Use Case:

PromoRepublic memungkinkan Anda menghemat waktu yang biasanya dihabiskan untuk memantau media sosial Anda. Alat penjadwalan ini memiliki instrumen untuk menjadwalkan konten dalam kalender yang dipersonalisasi. Ia bahkan dapat membuat jadwal posting berdasarkan industri dan zona waktu Anda!

PromoRepublic juga dapat memantau tags dan tagar tertentu. Anda akan dapat melihat siapa yang mention dan menanggapi pesan pada konten yang diunggah. Aplikasi ini juga  tersedia untuk Instagram, Facebook, dan Twitter.

07. Renderforest 

Harga: Mulai dari $9,9/bulan (termasuk uji coba gratis)

Kegunaan:

Membuat Instagram Stories yang menarik dengan mudah.

Use Case:

Renderforest adalah platform yang memiliki template ratusan video menarik yang dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan Anda.

Cukup pilih salah satu gaya dan desain yang diinginkan, ubah warna, font, tambahkan beberapa gambar, teks atau audio dan semuanya sudah siap. Renderforest bisa menjadi alat yang hebat untuk mempromosikan bisnis apa pun untuk semua jenis media sosial.

Selain membutuhkan tools untuk meningkatkan sales dan marketing di Instagram, penting untuk brand Anda untuk menjalin interaksi yang baik dengan customer. Marketing yang sukses menghasilkan niat beli oleh customer Anda. Interaksi bersama customer merupakan hal krusial yang harus terjaga dengan baik. Komunikasi pada platform Instagram seperti pada Direct Messages atau link di bio dapat diarahkan langsung ke messaging platform Anda.

Baca juga: 7 Langkah untuk memaksimalkan akun Bisnis Instagram anda

Pada saat seperti ini, Anda butuh pendukung yang dapat memudahkan dalam berkomunikasi dengan customer. OneTalk by Taptalk.io adalah salah satu brand omnichannel messaging platform terpercaya karya anak bangsa. OneTalk dapat mengintegrasikan berbagai platform messenger untuk berkomunikasi dengan customer hanya dalam satu dasbor. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan Anda untuk membalas, tanpa membuka satu per satu aplikasi.

OneTalk juga mengakomodasi Anda yang ingin menggunakan WhatsApp Business API dengan mudah. Anda akan mendapatkan Lencana Hijau/Green Badge WhatsApp Official Business API. Pesan yang masuk akan aman dengan end-to-end encryption untuk melindungi privasi pelanggan.

Keunggulan lainnya adalah omnichannel messaging solution sekelas OneTalk, membuat Anda dapat menikmati akses satu akun WhatsApp dan saluran messenger lainnya di beberapa perangkat sekaligus.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai OneTalk sebagai solusi perpesanan omnichannel, kunjungi agent kami di sini.

Share this article

Regita Larasati

Content Strategic Associate

Regita adalah seorang Content Strategist dan Copywriter yang memulai karirnya sebagai Marketing Intern di TapTalk.io pada tahun 2021 dan secara konsisten menunjukkan dedikasinya hingga mencapai posisinya sekarang. Dengan memanfaatkan latar belakang pendidikan Sastra Jerman dari Universitas Indonesia yang memberinya kemampuan analitis dan kreatif dalam mengembangkan strategi konten yang efektif serta menulis copy yang menarik, menjadikannya aset berharga dalam membangun image dan komunikasi brand di berbagai platform digital.

Memiliki satu miliar pengguna aktif bulanan, Instagram kini sudah menjadi keseharian bagi sebagian besar orang. Hal ini pula yang bisa dimanfaatkan bagi pelaku bisnis dan perusahaan. Jika sebelumnya marketing di Instagram dirasa hanya sebagai ‘pilihan’, kini hal tersebut berubah menjadi kebutuhan.

Sesuai data yang diberikan Instagram, lebih dari 80% penggunanya mengikuti minat yang mereka sukai dan sekitar 200 juta dari mereka mengunjungi profil bisnis di Instagram. Sekarang, pertanyaannya adalah apakah Anda sudah membangun akun Instagram dengan pengalaman terbaik untuk followers Anda? Jika Anda belum mengikuti tren ini, maka Anda telah kehilangan satu platform efektif untuk melakukan marketing produk Anda.

Namun, perlu diingat bahwa Instagram adalah platform yang berfokus pada  visual dan memiliki sedikit ruang untuk teks. Tentu ada beberapa orang yang merasa sulit untuk membangun profil Instagram yang sempurna untuk audiens. 

Dalam artikel ini, ada beberapa Instagram Marketing Tools yang harus dimiliki untuk mengoptimalkan unggahan Anda, menaikkan jumlah followers Anda dan mendorong engagement

Instagram marketing tools

01. LeeTags 

Harga: Gratis 

Kegunaan: Menganalisis hashtag atau tagar teratas dengan menghasilkan ratusan hashtag yang relevan, lalu cukup di-copy paste ke caption Instagram Anda. 

Use Case

Anda dapat membuat serangkaian hashtag yang sempurna dari berbagai kategori seperti ‘Most Popular’, 'Fotografi / Seni', 'Fashion', 'Kebugaran', dll.

Kategori koleksi hashtag ini juga mengandung subkategori yang dapat digunakan untuk pemasaran mikro. Misalnya, dalam 'Fashion' Anda dapat mengakses hashtag granular seperti 'Outfit of the day', 'Girls fashion', 'Men's fashion', dll.

LeeTag juga memungkinkan Anda untuk menyimpan hasil pencarian, kategori tagar dan membuat daftar tagar favorit untuk menghemat waktu Anda.

02. VSCO

Harga: Versi gratis (dengan pembelian dalam aplikasi) / Member: $19,99/tahun

Kegunaan:

Mengedit gambar dan video untuk Instagram dengan pilihan filter dan preset yang berbeda.

Use Case:

Cara yang bagus untuk melakukan Instagram Marketing dan menonjolkan brand Anda adalah dengan memposting gambar/foto yang indah dan memukau. Anda bisa mendapatkannya dengan mengeditnya dengan berbagai filter dan preset.

Karena Instagram hanya menawarkan filter yang terbatas, VSCO bisa jadi aplikasi yang membantu. Menyediakan lebih banyak filter dan preset yang menakjubkan, aplikasi ini berguna untuk meningkatkan permainan visual Instagram.

03. Iconosquare

Harga: Mulai dari $29/bulan (termasuk uji coba gratis 14 hari)

Kegunaan:

Memantau semua postingan Anda menggunakan alat analitik Instagram end-to-end.

Use case:

Iconosquare dirancang untuk membantu pebisnis mengelola sosial media dengan memantau kinerja kampanye pada setiap postingan di Instagram Anda.

Anda dapat dengan mudah melacak Insights seperti bagaimana audiens Anda berkembang, orang yang baru-baru ini berhenti mengikuti Anda, postingan Instagram mana yang paling banyak memiliki engagement, waktu yang ideal untuk memposting, dll. Ini memungkinkan Anda untuk merencanakan dan menjadwalkan semua posting Instagram Anda sebelumnya. Anda juga dapat mengelola semua akun Anda dalam satu dasbor.

Bagian terbaik dari Iconosquare adalah ia dapat membantu mengidentifikasi influencer Instagram yang relevan untuk brand Anda. 

04. Gleam

Harga: Mulai dari $10/bulan (termasuk uji coba gratis 14 hari)

Kegunaan:

Mendorong engagement dan meraih prospek dengan menjalankan contest di media sosial.

Use Case:

Kampanye pada Instagram seperti giveaway, games, dan bentuk promosi lainnya kini menjadi salah satu cara untuk memperluas jangkauan merek dan audiens. 

Tentu, ini terdengar seperti strategi pemasaran yang efektif untuk mendorong konversi. Namun, mencari tahu cara meluncurkan contest yang sukses itu agak sulit.

Gleam adalah platform pemasaran yang membantu pemasar menghasilkan prospek dengan menjalankan contest dan kompetisi media sosial. Anda dapat mengintegrasikannya dengan akun Instagram brand Anda dan meluncurkan kontes yang menyenangkan dan menarik untuk followers Anda.

05. Pablo

Harga: Gratis

Kegunaan:

Membuat postingan media sosial tanpa memerlukan bandwidth desainer apa pun

Use Case:

Gambar-gambar yang menarik dari sisi font, grafik, dan logo biasanya mendapatkan banyak views, likes, dan share di antara komunitas Instagram.

Pablo adalah aplikasi yang mudah digunakan yang memungkinkan Anda mengunggah gambar yang Anda edit. Mereka memiliki serangkaian font, grafik, dan logo yang estetik untuk dipilih dan membuat foto untuk brand Anda.

Anda juga dapat memilih gambar dari pilihan luas 50.000+ foto bebas royalti untuk membuat desain Anda sendiri.

06. PromoRepublic 

Harga: Mulai dari $9/bulan untuk Smart Posting, $49/bulan untuk social monitoring (termasuk uji coba gratis).

Kegunaan:

Membuat kalender media sosial yang dipersonalisasi, penjadwalan & pemantauan mention.

Use Case:

PromoRepublic memungkinkan Anda menghemat waktu yang biasanya dihabiskan untuk memantau media sosial Anda. Alat penjadwalan ini memiliki instrumen untuk menjadwalkan konten dalam kalender yang dipersonalisasi. Ia bahkan dapat membuat jadwal posting berdasarkan industri dan zona waktu Anda!

PromoRepublic juga dapat memantau tags dan tagar tertentu. Anda akan dapat melihat siapa yang mention dan menanggapi pesan pada konten yang diunggah. Aplikasi ini juga  tersedia untuk Instagram, Facebook, dan Twitter.

07. Renderforest 

Harga: Mulai dari $9,9/bulan (termasuk uji coba gratis)

Kegunaan:

Membuat Instagram Stories yang menarik dengan mudah.

Use Case:

Renderforest adalah platform yang memiliki template ratusan video menarik yang dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan Anda.

Cukup pilih salah satu gaya dan desain yang diinginkan, ubah warna, font, tambahkan beberapa gambar, teks atau audio dan semuanya sudah siap. Renderforest bisa menjadi alat yang hebat untuk mempromosikan bisnis apa pun untuk semua jenis media sosial.

Selain membutuhkan tools untuk meningkatkan sales dan marketing di Instagram, penting untuk brand Anda untuk menjalin interaksi yang baik dengan customer. Marketing yang sukses menghasilkan niat beli oleh customer Anda. Interaksi bersama customer merupakan hal krusial yang harus terjaga dengan baik. Komunikasi pada platform Instagram seperti pada Direct Messages atau link di bio dapat diarahkan langsung ke messaging platform Anda.

Baca juga: 7 Langkah untuk memaksimalkan akun Bisnis Instagram anda

Pada saat seperti ini, Anda butuh pendukung yang dapat memudahkan dalam berkomunikasi dengan customer. OneTalk by Taptalk.io adalah salah satu brand omnichannel messaging platform terpercaya karya anak bangsa. OneTalk dapat mengintegrasikan berbagai platform messenger untuk berkomunikasi dengan customer hanya dalam satu dasbor. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan Anda untuk membalas, tanpa membuka satu per satu aplikasi.

OneTalk juga mengakomodasi Anda yang ingin menggunakan WhatsApp Business API dengan mudah. Anda akan mendapatkan Lencana Hijau/Green Badge WhatsApp Official Business API. Pesan yang masuk akan aman dengan end-to-end encryption untuk melindungi privasi pelanggan.

Keunggulan lainnya adalah omnichannel messaging solution sekelas OneTalk, membuat Anda dapat menikmati akses satu akun WhatsApp dan saluran messenger lainnya di beberapa perangkat sekaligus.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai OneTalk sebagai solusi perpesanan omnichannel, kunjungi agent kami di sini.

Related Posts