13 Fitur WhatsApp Yang Berguna Hingga Kini

fitur whatsapp
Semua Fitur Berguna WhatsApp Hingga Kini. Whatsapp. Chat. Phone screen.

WhatsApp telah menjadi aplikasi favorit semua orang untuk memulai percakapan online. Berdasarkan data yang disajikan We Are Social dan Hootsuite pada 2020, WhatsApp merupakan platform sosial peringkat tiga yang paling banyak digunakan dengan dengan 2 miliar pengguna aktif per bulannya.

Sejak didirikan pada tahun 2009, WhatsApp terus berkembang dan memberikan fitur-fitur baru. Pada tahun ini, WhatsApp memperkenalkan beberapa fitur baru dan semuanya dirancang untuk membuat aplikasi lebih nyaman bagi penggunanya.

Riset WhatsApp menunjukkan bahwa orang-orang lebih suka mengirim pesan ke akun bisnis untuk mendapatkan bantuan, seperti menanyakan tentang produk, dan mereka lebih cenderung melakukan pembelian ketika mereka bisa melakukannya. Maka dari itu, WhatsApp terus mengembangkan aplikasinya dan memberikan fitur-fitur baru untuk membantu Anda menjalankan bisnis.

Berikut fitur-fitur WhatsApp yang bermanfaat bagi Anda tentunya untuk Anda yang memiliki bisnis. Semua fitur ini kami rangkum dari website WhatsApp

1. WhatsApp Business dan WhatsApp Business API

Selama dua tahun terakhir, WhatsApp telah menyediakan aplikasi WhatsApp Business dan WhatsApp Business API untuk membantu bisnis dari semua ukuran untuk mengelola komunikasi mereka dengan pelanggan.

Dengan menggunakan WhatsApp Business, akun Anda akan terlihat sebagai akun bisnis karena Anda dapat membuat profil bisnis dengan informasi bermanfaat untuk pelanggan Anda seperti alamat, deskripsi bisnis, alamat email, dan situs web Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur fitur pesan otomatis. Anda dapat mengatur pesan seperti memberi tahu kapan waktu operasional bisnis Anda dan pesan singkat mengenai bisnis Anda.

Anda juga dapat menggunakan quick replies (balasan cepat) untuk menyimpan dan menggunakan kembali pesan yang sering Anda kirim sehingga Anda dapat dengan mudah menjawab pertanyaan umum dalam waktu singkat.

Jika Anda menggunakan WhatsApp Business API, Tampilan akun Anda akan memiliki badge hijau/verified badge. Tentunya hal ini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap akun Anda. Mereka tidak perlu takut akan penipuan.

WhatsApp Business API juga memiliki dashboard terpusat dan inbox tim bersama untuk memudahkan pengaturan manajemen pelanggan. Anda dapat dengan mudah mengatur pelanggan dan disesuaikan dengan tugas agent Anda.  

Masih banyak fitur lainnya yang bisa Anda dinikmati jika menggunakan WhatsApp Business dan WhatsApp Business API. Sayangnya, WhatsApp Business API merupakan layanan berbayar dan melalui proses pendaftaran yang bisa memakan waktu lama. 

Namun, solusi lain yang dapat Anda gunakan adalah menggunakan platform perpesanan omnichannel untuk mendapatkan akun tersebut. Anda bisa memanfaatkan omnichannel messaging platform dari OneTalk oleh TapTalk.io

OneTalk menyediakan WhatsApp Business API dan memungkinkan Anda untuk mengelola data dalam percakapan Anda. Anda dapat dengan mudah mengekspor data Anda dan mengelompokkan obrolan masuk berdasarkan topiknya masing-masing.

WhatsApp, WhatsApp Business, WhatsApp Verified.

2. Katalog Bisnis

Katalog adalah etalase seluler bagi bisnis untuk menunjukkan barang yang mereka jual sehingga orang dapat dengan mudah melihat dan menemukan sesuatu yang ingin mereka beli. 

Sebelumnya bisnis harus mengirim foto produk satu per satu dan berulang kali untuk memberikan informasi. Sekarang pelanggan dapat melihat katalog lengkap mereka langsung di dalam WhatsApp. 

Dengan fitur ini, pemilik usaha akan  terlihat lebih profesional dan membuat pelanggan tetap terlibat dalam obrolan tanpa harus mengunjungi situs web.

Untuk setiap item yang ada dalam katalog, pemilik bisnis dapat menambahkan informasi seperti harga, deskripsi, dan kode produk. WhatsApp menghosting katalog ini untuk menghemat ruang penyimpanan di telepon penjual dan pelanggan. 

Berdasarkan data yang dimiliki WhatsApp, lebih dari 40 juta penggunanya telah menggunakan fitur ini setiap bulan.

Fitur ini tersedia untuk pengguna yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business di Brasil, Jerman, India, Indonesia, Meksiko, Inggris, dan A.S. Fitur ini akan segera diluncurkan di seluruh dunia.

3. Shopping Cart (Keranjang Belanja )

Selama pandemi COVID-19, terjadi perubahan kegiatan belanja dari offline menjadi online. Menurut Getfeedback, konsumen mengandalkan dunia digital lebih dari sebelumnya dan bisnis dipaksa untuk menyesuaikan strategi mereka dan beralih ke transformasi digital dengan lebih mendesak dari sebelumnya.

Melihat adanya perubahan ini, WhatsApp merilis fitur Shopping Cart. Dengan fitur ini, pelanggan dapat menelusuri katalog, memilih beberapa produk, dan memasukkan produk tersebut ke dalam shopping cart untuk dibeli. Sama seperti fitur shopping cart di aplikasi e-commerce lainnya, hal ini akan mempermudah bisnis untuk melacak pesanan, mengelola permintaan dari pelanggan, dan menutup penjualan.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda hanya perlu menemukan item yang diinginkan dan ketuk “tambahkan ke keranjang”. Setelah memasukkannya ke dalam keranjang, kirimkan pesanan ke kolom chat Anda dengan akun bisnis

4. Mengirim dan menerima uang melalui chat

Pengguna WhatsApp dapat mengirim uang dengan aman atau melakukan pembelian dari akun yang menggunakan WhatsApp Business tanpa harus meninggalkan obrolan mereka.

Pembayaran di WhatsApp didukung oleh Facebook Pay, dan ke depannya WhatsApp ingin semua pengguna aplikasi grup Facebook bisa menggunakan informasi kartu yang sama. 

WhatsApp telah membangun pembayaran dengan mempertimbangkan keamanan. Dalam melakukan transaksi, diperlukan enam digit PIN atau sidik jari khusus untuk mencegah transaksi yang tidak sah

Mengirim uang atau melakukan pembelian di WhatsApp gratis untuk pengguna biasa. Namun, untuk pengguna WhatsApp Business, Anda perlu membayar biaya pemrosesan untuk menerima pembayaran pelanggan.

Fitur ini baru bisa digunakan di Brasil dan India, WhatsApp juga berencana secara bertahap untuk mengaktifkan fitur ini kepada semua orang yang ada di dunia ke depannya

5. Menghubungi sebuah bisnis melalui QR code

Berdasarkan datanya, WhatsApp memiliki lebih dari 50 juta pengguna WhatsApp Business. Untuk membantu mereka mudah ditemukan oleh pengguna WhatsApp lainnya, WhatsApp memperkenalkan fitur baru yaitu QR code untuk mempermudah pengguna lain memulai obrolan 

Sebelumnya ketika orang ingin menghubungi bisnis yang menarik, mereka harus menambahkan nomor WhatsApp-nya ke kontak handphone mereka, satu per satu. Sekarang, orang cukup memindai kode QR yang mereka tampilkan.

Fitur ini tersedia untuk akun bisnis di seluruh dunia menggunakan aplikasi WhatsApp Business atau WhatsApp Business API.

6. Pusat Informasi COVID-19

WhatsApp menghadirkan sebuah hub untuk para tenaga kesehatan, pengajar, pemilik bisnis kecil, dan lainnya yang menggunakan WhatsApp untuk saling mendukung satu sama lain selama Covid-19. Pusat informasi ini bisa Anda kunjungi di sini.

7. Video Call dan Panggilan Suara di Grup Bisa Mencapai 8 Peserta

Sejak April 2020, WhatsApp menambahkan kapasitas jumlah peserta yang dapat Anda miliki di panggilan video atau panggilan suara WhatsApp dari 4 menjadi 8 orang sekaligus.

Melihat bahwa orang-orang di seluruh dunia beralih ke panggilan suara dan video di WhatsApp sejak pandemi COVID-19, WhatsApp memutuskan untuk meningkatkan kapasitas peserta panggilan suara atau video call. Namun, pastikan aplikasi WhatsApp kalian sudah diperbarui ke versi yang terbaru.

8. Dark Mode

Melihat banyak penggunanya yang meminta fitur dark mode atau mode gelap, akhirnya WhatsApp merilis fitur ini pada bulan Maret lalu.

Mode gelap dibuat untuk mengurangi ketegangan mata saat Anda berada di lingkungan yang gelap. WhatsApp juga berharap fitur ini dapat membantu mencegah layar yang menyilaukan saat Anda berada di ruang gelap, misal ketika sedang menonton di bioskop.

Dengan mode gelap, Anda tidak perlu khawatir dengan layar handphone yang silau saat membuka pesan WhatsApp dan Anda juga tidak akan mengganggu penonton lain.

9. Pesan yang Sementara

Dengan tujuan membuat percakapan di WhatsApp terasa lebih privat dan rahasia, WhatsApp memperkenalkan opsi untuk menggunakan pesan yang bisa menghilang. Ketika fitur ini diaktifkan, pesan baru yang dikirim ke obrolan akan hilang setelah 7 hari.

Dalam obrolan antara dua orang, salah satu dari mereka dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini. Namun, dalam grup, hanya admin yang bisa memegang kendali fitur ini.

WhatsApp memulai dengan 7 hari karena menurutnya fitur ini menawarkan rasa tenang bahwa percakapan tersebut tidak permanen, tetapi tetap praktis sehingga Anda tidak lupa tentang apa yang Anda chat.

10. Stiker Animasi dan lain nya

WhatsApp luncurkan paket stiker animasi baru yang berbeda dari biasanya. Stiker ini lebih ekspresif karena bisa bergerak.

Selain itu, WhatsApp juga meluncurkan paket stiker “Bersama di Rumah” yang akan membantu orang tetap terhubung selama pandemi COVID-19.  Paket stiker ini adalah hasil kolaborasinya dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk 

Paket stiker “Bersama di Rumah” sekarang tersedia di WhatsApp, termasuk dengan teks yang dilokalkan untuk 9 bahasa, yaitu Arab, Perancis, Jerman, Indonesia, Italia, Portugis, Rusia, Spanyol, dan Turki.

11. Fitur penelusuran web

WhatsApp memberikan label khusus pada ke pesan yang telah di-forward berkali-kali dalam suatu obrolan. Awal tahun ini, WhatsApp menetapkan batasan berapa kali pesan dapat diteruskan untuk menjaga sifat privat WhatsApp.

Dengan mengetuk tombol kaca pembesar di chat, Anda dapat memeriksa kembali pesan forward tersebut. Hal ini juga dilakukan untuk mencegah penyebaran hoaks dan menelusuri sumber informasi pesan yang telah di-forward berkali-kali.

Bagi pengguna WhatsApp  di Brasil, Italia, Irlandia, Meksiko, Spanyol, Inggris, dan AS, fitur ini sudah bisa digunakan untuk versi terbaru WhatsApp untuk Android, iOS, dan WhatsApp Web. 

12. Storage management tool baru

Storage management tool WhatsApp yang lama hanya bisa menyortir semua obrolan yang tersedia berdasarkan jumlah ruang yang mereka gunakan, mencantumkan jumlah pesan, GIF, foto dan video di setiap obrolan, dan membiarkan pengguna menghapus setiap kategori dengan beberapa ketukan. Namun, tidak Anda tidak bisa mengetahui konten apa yang akan dihapus. secara spesifik 

Storage management tool yang diperbarui memudahkan pengguna untuk mengidentifikasi konten yang tidak mereka butuhkan atau inginkan lagi, dan dapat dengan mudah dihapus. Tool baru ini menawarkan thumbnail konten yang akan dihapus, sehingga Anda tidak perlu khawatir menghapus konten yang sebenarnya penting. 

Tool ini juga memungkinkan Anda melihat konten berdasarkan kategori seperti “Diteruskan berkali-kali” dan “Lebih dari 5 MB”. Tujuannya adalah untuk mempermudah menemukan hanya media yang benar-benar ingin Anda singkirkan – bukan semuanya.

13. Star a message (Menandai pesan)

Mirip dengan memberi bintang di e-mail. Anda juga bisa memberi bintang pada pesan yang ada di WhatsApp. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mencari pesan penting seperti nomor telepon, alamat, atau tautan artikel. 

Ikon bintang kecil akan diletakkan di sebelah pesan yang Anda tandai, sehingga Anda dapat dengan mudah menemukannya saat menggeser obrolan Anda. Anda juga dapat melihat kumpulan pesan berbintang Anda dengan cara membuka halaman utama WhatsApp di handphone, kemudian mengetuk tombol titik tiga yang ada di ujung kanan atas, lalu memilih pesan berbintang.

Sekian tentang beberapa fitur baru dan mungkin beberapa fitur yang jarang diketahui sebelumnya. Semoga semua fitur ini dapat membantu Anda agar Anda bisa memaksimalkan fungsi WhatsApp!

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Eva
6 months ago

Berkerja