pt tap talk teknologi blog
5 Trik Marketing Unik yang Dapat Ditiru

3 Trik Marketing Unik yang Dapat Ditiru

By Ardian
18 / 01 / 2021
5 trik marketing
5 Trik Marketing Unik yang Dapat Ditiru. costco. rolex. nike. top hat.

Strategi pemasaran terdiri dari banyak elemen: pembuatan dan distribusi konten, media sosial, pengoptimalan mesin telusur, dll. Dipilih dengan bijak, ini dapat membantu perusahaan Anda menjadi sangat populer atau, sebaliknya, membuatnya tidak relevan dan bahkan dijauhi. Seseorang dapat menjadi kreatif dengan upaya pemasaran mereka hari ini hanya untuk kehilangan semuanya besok.

Pada artikel ini, kita akan membahas 5 trik marketing unik yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan terkenal yang berhasil mencapai profit margin yang tinggi.

trik marketing
Trik marketing costco

1. Trik marketing Costco

Costco menggunakan teknik seperti diskon besar-besaran sebagai bagian dari promosi penjualan untuk menarik konsumen ke tokonya. Mereka menjual barang dengan harga murah untuk meningkatkan basis pelanggan. Apalagi Costco menggunakan pemasaran langsung dengan menggunakan email dan nomor kontak konsumennya sehingga mereka mempromosikan informasi merek melalui aplikasi.

Mereka juga melakukan personal selling dengan membujuk pelanggan untuk membeli produk melalui tenaga penjualannya. Costco berfokus pada membangun hubungan masyarakat untuk meningkatkan citra mereknya. Costco tidak beriklan karena fokus pada harga produk mereka yang rendah.

Perusahaan berfokus pada kemungkinan penawaran harga terendah dibandingkan dengan pesaingnya di pasar ritel. 

Dalam konteks strategi pemasaran Costco, Costco memiliki berbagai macam produk untuk ditawarkan kepada pelanggannya. Produk dan layanan utama yang ditawarkan oleh ban mobil, peralatan, komputer & printer, bayi & anak-anak, furnitur, elektronik, grosir, kecantikan & kesehatan, dan beberapa produk lainnya.

Costco dikenal dengan menjual ayam siap saji yang sangat murah seharga 5 USD. Penjualan ini tentu tidak menghasilkan keuntungan dan malah merugi. Ayam yang dijual Costco malah menghasilkan rugi sekitar 30-40 juta USD. Lalu, mengapa mereka melakukan hal tersebut? Hal itu disebut dengan LOSS LEADER. Mereka sengaja memasang harga dengan sangat rendah untuk mendapatkan pelanggan agar mereka masuk ke dalam toko mereka. Ayam siap saji ini diletakkan di bagian belakang toko, sehingga pelanggan harus melewati barang-barang lain yang dijual Costco dan berakhir membeli barang lain di Costco.

Selain itu, Costco menggunakan trik lain, yaitu meletakkan barang dengan harga yang sangat mahal di depan toko. Hal ini untuk membuat pelanggan merasa seakan-akan semua barang yang lain yang dijual di Costco memiliki harga yang sangat murah.

Dengan harga yang murah, tentu Costco tidak mendapat keuntungan yang besar bukan? Namun, Costco menghasilkan keuntungan yang sangat besar melalui biaya keanggotaan. Biaya keanggotaan Costco merupakan 91% dari total profit yang dihasilkan Costco.

Trik marketing nike

2. Trik marketing Nike

Nike memanfaatkan Twitter sebagai media customer service yang responsif. Karena, untuk mengambil hati pelanggan, kita harus melayani mereka dengan sepenuh hati bukan? Jika Anda menelusuri akun Twitter Nike, @NikeSupport, Anda akan melihat bahwa mereka sangat cepat menanggapi pertanyaan atau pernyataan dari pelanggan mereka. @NikeSupport berupaya untuk selalu menghargai, membantu, dan membangun interaksi positif antara perusahaan dan pelanggan, meskipun karakter yang disajikan hanya 140 kata.

Nike memisahkan akun customer service dengan akun resmi toko mereka untuk merespon berbagai hal berbeda. Hal ini dilakukan agar setiap akun memiliki fokus dan konten yang tidak terlalu lebar. Nike juga mengusung tagline "give us a shout if you need help" yang membuat perusahaan ini dikenal dengan keramahannya yang hangat.

Membuat akun terpisah untuk toko dan layanan pelanggan dapat secara signifikan meningkatkan kepuasan pelanggan. Anda juga dapat belajar banyak dari bahasa yang digunakan oleh admin dibalik akun @NikeSupport, @Nike, atau @NikeStore ketika mereka berbicara dengan orang lain: interaktif, menyenangkan, dan ramah. Dengan menyediakan bahasa dan percakapan yang hangat antara perusahaan dan pelanggan, pelanggan Anda akan merasa diapresiasi dan dihargai oleh Anda. Hal ini tentu akan berpengaruh dengan citra brand Anda.

Trik marketing rolex

3. Trik marketing Rolex

Siapa yang tidak kenal jam tangan Rolex? Jam tangan yang dikenal dengan kualitas dan harga yang sangat fantastis ini merupakan salah satu brand yang mampu mempertahankan citranya untuk menyajikan jam tangan klasik di tengah perkembangan hal-hal modern. Dikutip dari Content marketing Institute, citra klasik Rolex sebenarnya menghadirkan tantangan baru yang unik bagi perusahaan: Bagaimana sebuah perusahaan dapat menerapkan strategi pemasaran konten yang segar dan inovatif jika produk yang ditargetkan adalah merek jadul?

Ternyata jawabannya ya. Rolex menangkap citra klasiknya dari sudut pandang tertentu yang menghasilkan gambar yang indah. Mereka kemudian mengunggah gambar tersebut di media sosial untuk menarik perhatian penonton. Karena menjunjung tinggi pencitraan klasik, konten gambar yang diunggah harus sesuai jalur. Mereka berusaha agar fotografi, video dan karya editorial mereka tetap sederhana dan minimalis. Rolex menghindari kesan gaya hidup yang terlalu canggih karena jauh dari citra yang dimiliki oleh pelanggan Rolex pada umumnya.

Rolex memang seperti itu, detail seperti di atas menunjukkan bahwa ia memperhatikan pemasaran kontennya sebanyak ia juga memperhatikan kualitas jam tangannya. Selain itu, Rolex selalu berkomitmen untuk memprioritaskan kualitas daripada kuantitas. Jadi, daripada mengunggah banyak gambar atau video sekaligus, Rolex lebih memilih untuk fokus pada konten berkualitas dan hanya mengunggah sesekali. Contoh pemasaran konten Rolex menunjukkan bahwa terkadang kami tidak perlu sering memperbarui, tetapi kami harus berkualitas tinggi.

Selain trik-trik di atas, kalian juga bisa mempraktikkan satu trik lainnya, yaitu menggunakan omnichannel untuk meningkatkan sales, marketing, dan support. Menggunakan omnichannel yang mengintegrasi berbagai platform pesan akan membuat Anda lebih dekat dengan customer dan secara signifikan meningkatkan kualitas hubungan dengan customer Anda. Dengan meningkatkan kualitas hubungan ini, kegiatan marketing dan sales perusahaan Anda tentu akan memberikan hasil yang lebih memuaskan. 

Kunjungi OneTalk, penyedia jasa omnichannel nomor #1 di Indonesia dan tingkatkan trik marketing yang Anda miliki!

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Ardian

01 / 05 / 2021

Pandemi membantu membawa raksasa teknologi dunia seperti Amazon.com Inc. dan Microsoft Corp. kepada kesuksesan yang baru pada tahun 2020. Pergeseran ke belanja online dan kerja jarak jauh dipercepat dengan kecepatan yang tidak dapat dibayangkan tanpa virus corona. Tetapi ada tanda-tanda bahwa masa-masa kejayaan itu akan segera berakhir. Akhir tahun lalu, pemerintah di AS, China, dan […]

Read More

By Jessica Jacob

29 / 09 / 2023

Saat ini sudah banyak sekali perubahan yang terjadi hampir di seluruh sendi-sendi kehidupan, misalnya saja dahulu kita perlu pergi ke pangkalan ojek untuk menggunakan jasanya, kini sudah ada moda transportasi online yang hanya berbekal smartphone dan pengemudi ojek pun akan tiba sesuai dengan titik jemput. Contoh lainnya seperti aktivitas jual-beli dan layanan antar makanan, kini […]

Read More

By Jessica Jacob

27 / 05 / 2022

Apa sih resep di balik bisnis FinTech yang baik? Keamanan? Efektivitas? Minimnya resiko? Ketika kita berbicara tentang sistem kompleks yang mengelola, menyimpan, meminjamkan, dan mendapatkan keuntungan dari uang, sedikit saja ada kekurangan pada keamanan atau efektivitasnya pasti akan mengurangi kepercayaan publik terhadapnya secara signifikan.  Lalu bagaimana Danakini, sebuah perusahaan FinTech anak usaha dari Kawan Lama […]

Read More
1 2 3 140
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer