Alasan Strategi Branding Kritikal bagi Kesuksesan Bisnis Anda

Alasan Strategi Branding Kritikal bagi Kesuksesan Bisnis Anda

Dahulu, branding didefinisikan sebagai nama, slogan, tanda, simbol atau desain, atau kombinasi dari elemen-elemen tersebut, yang membedakan satu perusahaan, produk, atau layanan dari yang lain. Saat ini, branding menjadi lebih kompleks dan bahkan lebih penting.

Branding, secara konvensional, adalah praktik pemasaran di mana perusahaan membuat nama, simbol, atau desain yang mudah diidentifikasi sebagai milik perusahaan. Ini membantu dalam mengidentifikasi produk dan membedakannya dari produk dan layanan lain. 

Branding penting karena tidak hanya memberikan kesan yang tak terlupakan pada konsumen, tetapi juga memungkinkan pelanggan Anda mengetahui apa yang diharapkan dari perusahaan Anda. Ini adalah cara untuk membedakan diri Anda dari pesaing dan mengklarifikasi apa yang Anda tawarkan yang membuat Anda menjadi pilihan yang lebih baik. Branding dibangun untuk menjadi representasi utama tentang “siapa” perusahaan Anda dan bagaimana perusahaan Anda ingin dilihat oleh pelanggan Anda.

Bagaimana Anda tahu jika brand Anda cukup kuat untuk memberi Anda nilai internal dan eksternal yang Anda butuhkan? Mulailah dengan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.

  • Apakah brand Anda berhubungan dengan target pemasaran Anda? Akankah mereka langsung “memahaminya” tanpa terlalu banyak berpikir?
  • Apakah brand tersebut memiliki keunikan yang sama dengan apa yang Anda tawarkan dan mengapa itu penting?
  • Apakah brand mencerminkan proposisi yang dibuat untuk target pelanggan Anda  dan memiliki nilai untuk pelanggan?
  • Apakah brand mencerminkan nilai yang ingin Anda representasikan kepada pelanggan saya?

Selain pertanyaan-pertanyaan di atas, lanjutkan dengan mengetahui betapa pentingnya branding yang baik untuk menciptakan usaha yang sukses. Karena, branding memiliki kaitan erat terhadap kesan dan citra perusahaan, juga berkaitan dengan kesuksesan usaha Anda.

Mengapa branding itu kritikal bagi usaha yang sukses?

Branding memang sangat kritikal bagi sebuah perusahaan, karena dampak pada keseluruhan perusahaan. Branding dapat mengubah cara orang melihat perusahaan Anda, dan dapat mendorong usaha baru untuk meningkatkan branding mereka.

Di bawah ini adalah alasan mengapa branding itu sangat penting untuk usaha yang sukses:

 1. Branding dapat meningkatkan niat customer untuk membeli produk

Hal pertama yang membuat branding menjadi kritikal dalam usaha adalah karena Branding dapat membangun kepercayaan customer terhadap produk lewat storytelling. Dengan cerita ini brand bisa memposisikan produknya terhubung kepada target pelanggan. Selain memposisikan produk dengan tujuan yang ingin dicapai pelanggan, brand yang baik juga akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk, yang pada akhirnya juga akan meningkatkan niat seseorang membeli produk Anda.

2. Meningkatkan penjualan produk melalui branding

Branding sangat berpengaruh terhadap penjualan melalui faktor desain. Desain yang menarik membuat persepsi yang berbeda atas sebuah produk yang nantinya berujung pada pembelian. Ketika seorang pelanggan atau calon pelanggan pertama kali membuat citra dari branding Anda, maka saat-saat penting terjadi ketika mereka memutuskan apakah brand Anda cukup menarik atau tidak untuk digunakan.

3.  Branding dapat menambah visibilitas perusahaan

Persaingan dengan kompetitor yang selalu ada membuat perusahaan menambah visibilitas yang menarik agar menangkap perhatian pelanggan. Pelanggan akan mencari lebih dalam mengenai perusahaan Anda atau brand Anda, karena produk atau brand Anda meninggalkan kesan yang lebih diingat, dibanding perusahaan kompetitor lain. Visibilitas ini nantinya akan berkaitan erat dengan penjualan atau sales perusahaan.

4.  Memperkuat perusahaan dengan pesan branding

Dengan branding yang menarik, customer akan mudah mendapatkan pesan tentang perusahaan anda. Dengan ini perusahaan memiliki konsistensi terhadap produk atau jasa yang diberikan.

5. Branding yang baik akan menambah pelanggan baru

Selain berkaitan erat dengan penjualan, branding ini juga akan mempengaruhi faktor referal. Promosi dan marketing dari mulut ke mulut atau referal ini akan membantu bisnis. Perusahaan yang paling sukses, kecil dan besar, memiliki satu kesamaan. Mereka telah dengan kuat menempatkan diri mereka sebagai pelopor dalam industri mereka dengan membangun branding yang kuat. 

Ketika brand meninggalkan kesan baik dan kesan produk juga berbanding lurus, maka pelanggan baru akan bermunculan dengan rekomendasi pelanggan yang sudah puas akan pelayanan dan produk yang mereka nikmati. Hal ini akan kembali menambah sales atau penjualan perusahaan.

Bagaimana menciptakan branding yang meningkatkan kesuksesan usaha?

Untuk mencapai branding yang dapat meningkatkan kesuksesan perusahaan atau bisnis Anda, Anda dapat menggunakan omnichannel messaging platform yang terpercaya. Brand omnichannel yang terpercaya, OneTalk adalah brand omnichannel yang dapat membantu anda mengembangkan branding perusahaan.

OneTalk, memungkinkan Anda meningkatkan sales, marketing, dan support perusahaan dengan berbagai fitur menariknya. Dengan All-in-one inbox, OneTalk memungkinkan Anda mengintegrasikan beberapa platform perpesanan sekaligus, dan akan meningkatkan customer support yang dibutuhkan pelanggan. Sehingga, pelayanan ini akan menciptakan image brand Anda yang mengutamakan kepentingan pelanggan.

Dengan meninggalkan kesan yang berorientasi pada pelanggan, mereka akan mengingat perusahan Anda sebagai brand yang menyenangkan dan memprioritaskan kenyamanan pelanggan.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments