Saat ini, siapa yang tidak gemar berbelanja online? Selain karena lebih cepat dan harga bersaing, situasi pandemi membuat masyarakat membatasi kegiatan berbelanja secara langsung atau offline. Hal ini terbukti dengan penjualan e-commerce yang melonjak 160% antara 2014 dan 2019 dan penjualan retail online yang terus meningkat hingga 32,4% pada 2020.
Selain menjadi peluang yang besar bagi online shop, fenomena ini ternyata juga menguntungkan bagi perusahaan penyedia layanan logistik. Terlihat dari data pada tahun 2020, bisnis logistik meningkat sebesar 25%.
Semakin banyaknya pembelian online, maka semakin banyak juga paket yang perlu dikirim pemilik toko ke customer mereka. Tentunya untuk memberikan pengalaman yang terbaik bagi pelanggannya, pemilik toko juga harus memilih layanan logistik yang tepat agar paket bisa diterima dengan cepat dan aman.
Selain itu, penyedia layanan logistik adalah jembatan antara pebisnis dan pelanggan.Pemilik toko menghubungi layanan logistik untuk permintaan pick up agar barang bisa dikirimkan, sedangkan pelanggan melacak paketnya. Pastinya, permintaan ini bisa datang dari berbagai channel mulai dari Whatsapp, media sosial, hingga layanan chat di situs.
Untuk menanggapi berbagai permintaan setiap hari dan mempermudah sistem komunikasi, penyedia layanan logistik juga membutuhkan sesuatu yang cepat, murah, mudah, dan dapat digunakan dalam skala besar. Solusinya, dengan menggunakan layanan omnichannel, seperti layanan OneTalk oleh TapTalk.io.
Sebelumnya, kita telah membahas manfaat penggunaan omnichannel dari segi pesan otomatis, broadcast dan lainnya. Kali ini kami akan membahas manfaat lainya dari penggunaan omnichannel untuk penyedia layanan logistik.
Table of Contents
Penyedia layanan logistik umumnya memiliki banyak cabang. Oleh karena itu, dibutuhkan alat untuk menghubungkan dan melakukan koordinasi dari berbagai lokasi layanan. Ketika pelanggan menghubungi tentang suatu masalah, Anda dapat dengan mudah menyerahkannya ke agent yang sesuai dengan bidangnya.
Misalnya, seorang pemilik olshop ingin meminta pick up paket di tokonya. Ia menghubungi admin pusat layanan logistik tersebut. Dengan omnichannel, admin tersebut dapat dengan mudah menyerahkan query atau permasalahan ini ke cabang logistik yang paling dekat dengan olshop. Hal ini membuat alur komunikasi menjadi lebih jelas dan cepat, sehingga tidak memakan waktu.
Dengan fitur user session synchronization, pelanggan tidak perlu memberikan informasi berulang-ulang. Mereka hanya perlu mengisi data satu kali, dan sistem akan langsung menyimpannya. Hal yang sama juga berlaku pada setiap agent Anda. Mereka hanya perlu menginput lokasi terbaru paket dan informasi tersebut akan tersimpan dalam sistem.
Nantinya, hal ini akan mempermudah pelacakan karena agent Anda tidak perlu menanyakan satu per satu lagi pihak yang bersangkutan. Anda dan pelanggan dapat dengan cepat melacak paket secara real-time.
Selain mengawasi paket, Anda juga dapat mengawasi status dan berapa lama waktu yang dibutuhkan agent Anda menanggapi pelanggan. Efisiensi sistem dan kinerja menjadi terukur, sehingga bisa membantu untuk meningkatkan customer support. Dengan usaha ini, tentunya pelayanan yang Anda berikan bisa selalu optimal.
Misalnya, beberapa agent Anda butuh waktu cukup lama dalam menanggapi customer. Sebelum ada komplain yang masuk karena hal tersebut, Anda bisa menghindarinya berkat fitur analisa data yang diberikan omnichannel.
Selain itu, dengan omnichannel OneTalk, Anda juga dapat mengukur kualitas customer service Anda lewat penilaian dari pelanggan di fitur customer ratings.
Tidak hanya sebagai penghubung komunikasi, Omnichannel juga dapat menghasilkan laporan sesuai kebutuhan, berdasarkan data yang dimiliki. Dengan kompilasi ini, Anda dapat memperoleh wawasan tentang kinerja layanan selama ini. Anda bisa mengenali dan menindaklanjuti masalah pelanggan, serta memikirkan solusi untuk masalah yang sering terjadi.
Misalnya, Anda mengekstrak laporan terperinci tentang pesanan yang belum dimulai, pesanan dengan operator yang ditetapkan, dan pesanan yang dikirim. Omnichannel akan menganalisis informasi yang diminta secara real-time dan menyajikannya dalam representasi grafis dengan ringkas yang dapat membantu pengambilan keputusan.
Omnichannel yang ditawarkan OneTalk memungkinkan channel WhatsApp Anda mempunyai tanda verified atau centang hijau di samping nama bisnis. Hal ini akan meningkatkan kredibilitas brand dan menunjukkan bahwa bisnis Anda dapat dipercaya. Tanda verified ini juga menunjukkan bahwa kontak tersebut adalah bisnis asli dan bukan seorang penipu.
Omnichannel di bidang logistik adalah sebuah inovasi yang sangat membantu kinerja dan sistem bisnis. Berbagai perusahaan logistik telah memulai layanan omnichannel mereka untuk masa depan yang lebih produktif.
Semua keuntungan yang telah disebutkan di atas dapat Anda peroleh dengan menggunakan OneTalk by TapTalk.io. Anda dapat mengakses berbagai fitur seperti disposition, customer rating, user session synchronization, agent activity tracker, WhatsApp green badge dan masih banyak lagi.
Jadi tunggu apalagi? Maksimalkan layanan logistik Anda dengan omnichannel. Untuk informasi fitur lebih lanjut, cari tahu dengan klik di sini.
By Jessica Jacob
Ketika memulai bisnis, Anda mungkin bertanya-tanya berapa banyak bisnis yang gagal baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Sayangnya, kegagalan wirausaha adalah hal biasa: Sekitar 20% bisnis kecil gagal di tahun pertama mereka dan 96% bisnis akan gagal dalam jangka waktu 10 tahun. Key Takeaway: Faktor yang menyebabkan bisnis gagal adalah kurangnya perencanaan bisnis dan […]
By Jessica Jacob
Saat ini sudah banyak sekali perubahan yang terjadi hampir di seluruh sendi-sendi kehidupan, misalnya saja dahulu kita perlu pergi ke pangkalan ojek untuk menggunakan jasanya, kini sudah ada moda transportasi online yang hanya berbekal smartphone dan pengemudi ojek pun akan tiba sesuai dengan titik jemput. Contoh lainnya seperti aktivitas jual-beli dan layanan antar makanan, kini […]
By Ardian
Increasing your business growth might take a considerable amount of effort. First, you have to spend some time to get your marketing sales up. Moreover, you need to study your financial statement as well as other corporate compliance. When you have just started your business, you might find difficulties in managing your company. However, by […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)