Apakah bisnis Anda mempunyai website? Sekarang ini, hampir semua orang menghabiskan waktunya di internet, misalnya untuk kegiatan jual beli, menggunakan layanan/service, membaca blog atau mencari informasi tentang produk, dan lainnya.
Maka dari itu, kehadiran online suatu bisnis dapat berdampak besar pada kesuksesannya. Memiliki kehadiran online yang kuat, seperti website, dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Namun, kualitas website Anda dapat mempengaruhi segalanya.
Terkadang terdapat beberapa website yang terlihat sangat berbeda ketika diakses melalui device yang berbeda-beda. Misalnya, ketika mengakses suatu website di laptop, gambar yang muncul ukurannya pas dan tulisannya terbaca jelas, tetapi ketika diakses melalui handphone, semuanya terlihat terlalu besar.
Nah, hal seperti itu bisa terjadi kalau website-nya tidak responsif. Jika Anda mau website Anda terlihat sama bagusnya di berbagai device pengguna, pastikan kalau Anda memiliki design web yang responsif.
Apa itu Desain Web yang Responsif?
Web dengan desain yang responsif artinya adalah suatu web yang telah dirancang sehingga semua konten, gambar, dan struktur situs web tetap sama di perangkat apa pun. Misalnya, saat pengguna mengakses website di desktop, mereka mendapatkan tampilan yang penuh.
Namun, ketika pengguna yang sama mengunjungi website dari handphone atau tablet mereka, website tersebut akan ditarik kembali agar muat di layar yang lebih kecil. Dengan begitu, ketika pengguna menggunakan handphone, mereka tidak perlu atau mengetuk dua kali untuk memperbesar halaman.
Dengan desain situs web yang responsif, Anda tidak perlu khawatir memiliki situs web yang berbeda untuk berbagai perangkat atau memastikan bahwa situs Anda berjalan dengan baik di perangkat seluler.
Mengapa Desain Web Responsif Penting?
Banyak organisasi menghabiskan banyak uang setiap tahun untuk beriklan di Google atau mesin pencari lainnya, karena peningkatan jumlah traffic situs web mereka sering kali mengarah pada peningkatan penjualan dan pendapatan. Anda dapat menjangkau orang-orang dan mereka menggunakan berbagai jenis perangkat, seperti handphone, tablet, laptop, dan komputer.
Sayangnya, banyak situs masih hanya dirancang untuk dilihat di komputer desktop. Padahal dari penelitian yang dilakukan oleh Statista Business Data Platform, sekitar setengah dari orang-orang di dunia justru mendapatkan informasi menggunakan perangkat seluler.
Pada tahun 2016, Google memberitahu para pemilik website bahwa mereka akan terus mengurangi visibilitas hasil pencarian untuk situs web yang tidak dioptimalkan untuk seluler. Hal ini dilakukan Google karena orang yang mengklik situs web tersebut memiliki user experience yang buruk. Maka dari itu, organisasi saat ini harus memprioritaskan desain web responsif untuk memiliki kehadiran Internet yang substansial.
Keuntungan Memiliki Web yang Responsif
1. Peningkatan User Experience
Desain situs web yang responsif membuat pengunjung Anda memiliki pengalaman yang baik terlepas dari perangkat apa yang mereka gunakan. Ketika pengunjung situs Anda menemukan bahwa website Anda dapat disesuaikan berdasarkan device yang mereka gunakan, serta mudah mengakses semua menu dan tombol, mereka mungkin akan menghabiskan banyak mereka di website Anda.
Namun, jika mereka merasa sulit untuk menavigasi dan dipaksa untuk terus-menerus memperbesar atau memperkecil konten, mereka pasti tidak akan bertahan lebih lama.
2. Peningkatan Traffic pada Website
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ketika website Anda mudah untuk dinavigasi, tentunya pengunjung akan menghabiskan waktu yang lebih lama dibandingkan website dengan desain yang tidak responsif.
Dengan menerapkan desain responsif, secara otomatis Anda akan melihat peningkatan jumlah pengunjung situs web Anda dan juga durasi yang mereka habiskan di situs web Anda.
Menurut statistik dari SaleCycle 2021 Ecommerce Stats & Trends Report, dari semua traffic situs web di seluruh dunia, sebanyak 68% dihasilkan melalui mobile dan 32% untuk desktop. Bahkan traffic mobile sedikit meningkat dari 57% pada 2019.
3. Lebih Banyak Pengunjung dan Penjualan
Memiliki website yang responsif dan memberikan user experience yang memuaskan akan membuat pengunjung tetap datang dan memberi mereka lebih banyak alasan untuk bertahan.
Selain itu, tren belanja online terus berkembang, dan saat ini, 55% populasi online di seluruh dunia melakukan belanja online melalui mobile device. Jika situs web Anda dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan mereka dan memberikan pengalaman seluler yang bebas repot, kemungkinan besar mereka akan melakukan pembelian dan kembali lagi.
4. Peningkatan Brand Awareness
Sekarang ini, banyak pengguna mengharapkan website suatu perusahaan terlihat bagus di perangkat apa pun. Jika Anda tidak memenuhi harapan mereka, Anda dapat saja merusak reputasi perusahaan di mata prospek Anda.
Berikanlah pengalaman yang lancar kepada pelanggan Anda dan jadilah yang terdepan dari harapan mereka. Ini adalah cara untuk mendapatkan kepuasan mereka dan mendorong kata-kata baik mereka tentang brand Anda.
5. Pengurangan Biaya
Manfaat lain dari memiliki situs web yang responsif adalah menawarkan biaya maintenance yang lebih rendah dibandingkan dengan menjalankan dua versi (mobile dan desktop) dari satu situs web.
Pada awalnya mungkin Anda perlu mengeluarkan biaya lebih. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hal ini akan mengurangi biaya lainnya yang diperlukan jika memiliki dua versi dari satu website kedepannya.
Selain itu, Anda hanya perlu waktu yang lebih sedikit untuk mempersiapkan website-nya. Pastinya akan lebih mudah untuk memelihara satu website responsif.
Dengan demikian, Anda akan mempunyai lebih banyak waktu untuk mendedikasikan ke area penting lainnya dari bisnis Anda, seperti pemasaran dan pengembangan produk atau konten.
6. SEO Campaign yang Lebih Sederhana
SEO akan lebih mudah diterapkan dan dijaga dengan website yang responsif, karena Anda hanya perlu membuat dan memantau satu kampanye. Jika Anda memiliki situs seluler yang berdiri sendiri, Anda harus mengatur dua kampanye terpisah dan menginvestasikan dua kali lipat upaya.
Situs web responsif akan memungkinkan Anda menginvestasikan lebih banyak waktu dalam penelitian kata kunci dan kompetitor, dan memungkinkan Anda memfokuskan upaya Anda untuk meningkatkan peringkat.
7. Lebih Banyak Share di Media Sosial
Desain web yang responsif juga dapat meningkatkan jumlah share di media sosial dari konten website Anda. Ketika situs web Anda responsif dan memiliki beberapa tombol share ke media sosial, hal itu sangat memudahkan pengunjung situs Anda untuk membagikan tautan ke media sosial mereka.
Lebih banyak share di media sosial berarti paparan audience baru yang nantinya dapat mengarah pada peningkatan traffic situs web dan lebih banyak tingkat konversi. Selain itu, search engine akan melihat peningkatan pencarian dan keterlibatan situs web Anda, serta meningkatkan peringkat Anda di search engine.
8. Lebih Unggul dari Kompetitor
Dalam dunia bisnis, Anda harus tetap terdepan dalam persaingan. Jadi, jika semakin banyak pengguna menggunakan perangkat seluler mereka untuk mencari dan melakukan pembelian secara online, Anda harus melayani audience tersebut dengan memiliki website yang mobile friendly.
Beberapa dari kompetitor Anda mungkin tidak menggunakan desain responsif, yang berarti mereka kehilangan pelanggan potensial. Di situlah Anda dapat tetap terdepan dan membawa pelanggan tersebut pergi atau setidaknya bersaing dengan mereka yang telah menerapkan situs web responsif.
Kesimpulan
Desain web yang responsif memungkinkan konten Anda tampil dengan bebas di semua resolusi dan ukuran layar, dan membuatnya tampak bagus di semua perangkat. Hal ini juga membuatnya tidak perlu mempertahankan versi situs web Anda yang berbeda untuk mobile atau desktop, serta menghemat waktu dan sumber daya Anda.
Website yang tampak modern, mobile friendly, dan cepat adalah salah satu syarat untuk mengembangkan bisnis Anda dan menarik pelanggan baru. Itu membuat kehadiran online Anda lebih solid dan menunjukkan Anda lebih dapat dipercaya oleh pelanggan Anda.
Tentu saja, memiliki situs web yang tampak hebat dan dioptimalkan dengan baik hanyalah permulaan. Anda masih harus mengisinya dengan konten yang berharga dan menyediakan produk dan layanan terbaik. Website adalah wajah digital bisnis Anda dan membuatnya ramah, dapat diakses, dan fleksibel adalah dasar yang tidak boleh Anda lewatkan.