Back to Home

OneTalk

After Sales Service: Definisi, Manfaat dan Tips

BY
Jessica Jacob

Jessica Jacob

VP Business Development
Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.

Dalam berbisnis, seorang pengusaha harus dapat menyusun strategi untuk dapat memenangkan persaingan bisnis yang ketat. Ada banyak strategi yang dapat dilakukan untuk menghadapi persaingan bisnis, salah satunya adalah dengan layanan after sales atau after sales service.

After sales service adalah salah satu cara yang sering digunakan oleh pengusaha untuk memuaskan konsumen. Banyak manfaat bisa dirasakan oleh bisnis dengan melakukan after sales service.

Pada artikel berikut, kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai after sales service. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut.

After Sales Service: Definisi, Manfaat dan Tips

Key Takeaways: 

  • After sales service adalah istilah untuk berbagai upaya yang dilakukan demi memastikan apakah konsumen sudah merasa puas dengan produk atau layanan yang perusahaan tawarkan.
  • Dengan memastikan kepuasan pelanggan, perusahaan secara tidak langsung dapat meningkatkan penjualan dan pastinya menciptakan hubungan yang baik dengan konsumen. 
  • Melalui after sales service, perusahaan berharap agar pelanggan dapat merekomendasikan produk atau layanan yang telah mereka beli kepada orang lain yang mereka kenal. 

Apa Itu After Sales Service?

After sales service adalah istilah untuk berbagai upaya yang dilakukan demi memastikan apakah konsumen sudah merasa puas dengan produk atau layanan yang perusahaan tawarkan.

Dengan memastikan kepuasan pelanggan, perusahaan secara tidak langsung dapat meningkatkan penjualan dan pastinya menciptakan hubungan yang baik dengan konsumen. Perusahaan dapat menciptakan loyalitas pelanggan jika mereka dapat mempertahankan hubungan ini untuk waktu yang lama.

Hubungan yang baik antara penjual dan pembeli akan membentuk terjadinya pembelian ulang atau membuat pembeli merekomendasikan produk atau jasa perusahaan secara sukarela.

Melalui after sales service, perusahaan berharap agar pelanggan dapat merekomendasikan produk atau layanan yang telah mereka beli kepada orang lain yang mereka kenal. Hal ini dikenal dengan istilah word of mouth.

After sales service dalam customer journey termasuk dalam level pemasaran funnel terbawah. Alasannya adalah orang yang telah menjadi konsumen atau pelanggan merupakan target utama layanan after sales.

4 Manfaat Utama Layanan After Sales

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat perusahaan rasakan dari menerapkan after sales service.

4 Manfaat Utama Layanan After Sales

1. Meningkatkan Angka Penjualan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, word of mouth dari pelanggan dapat meningkatkan penjualan. Selain itu, pelanggan juga dapat meningkatkan penjualan melalui review pembelian produk yang dapat mendukung calon pembeli lainnya untuk meneruskan proses pembelian mereka.

2. Menciptakan Loyalitas Pelanggan

Salah satu manfaat utama dari strategi after sales service adalah menumbuhkan loyalitas konsumen. Dengan strategi ini, Anda dapat dengan mudah membangun kedekatan dengan konsumen, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan meningkatkan loyalitas mereka terhadap produk.

3. Mendukung Perbaikan Produk atau Layanan

Strategi after sales service dapat memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk menerima banyak saran dari pelanggan. Saran ini dapat digunakan untuk mendukung perbaikan produk dari berbagai aspek, mulai dari kualitas produk, strategi penjualan, dan lain-lain.

Selain itu, saran dari pelanggan juga dapat dijadikan bahan evaluasi.

4. Diferensiasi

Diferensiasi merupakan salah satu cara yang dapat pebisnis lakukan untuk memenangkan persaingan bisnis. Kelebihan dari melakukan kegiatan after sales service memungkinkan perusahaan dapat melakukan diferensiasi dan membuat produk menjadi top of mind yang kemudian mengarahkan pelanggan untuk repeat order.

Baca juga: Sales Order: Konsep untuk Menjawab Permintaan Pelanggan

3 Contoh After Sales Service

Tertarik untuk menerapkan kegiatan after sales service ke dalam bisnis Anda? Berikut adalah contoh after sales service yang dapat Anda terapkan.

1. Pemberian Kupon Loyalty atau Diskon

Contoh layanan after sales yang sudah marak dilakukan sejak dulu adalah pemberian kupon loyalty atau diskon. Banyak seller memberikan kupon loyalty agar pelanggan dapat lebih setia terhadap produk dan perusahaan.

Kupon yang diberikan dapat berisi diskon atau poin untuk ditukarkan dengan produk atau merchandise gratis.

2. Pengemasan Produk yang Menarik

Mengemas produk secara menarik dan unik juga merupakan salah satu contoh after sales service yang dapat Anda lakukan. Anda bisa menerapkan berbagai ide packaging yang unik dan kreatif agar menarik bagi pelanggan.

Anda dapat menerapkan desain pengemasan barang yang unik atau memberikan thank you card, greeting card, dan lain-lain.

3. Pemberian Hadiah Gratis atau Freebies

Pada masa kini, banyak seller online yang mulai memberikan freebies kepada konsumen mereka. Freebies sendiri merujuk pada hadiah gratis yang tak terduga yang dimasukkan ke dalam kemasan barang yang konsumen pesan.

Freebies yang diberikan tidak harus mahal. Anda bisa memberikan berbagai aksesoris atau barang lucu, seperti stiker, permen, cemilan, atau benda-benda lucu lainnya.

Tips-Tips Kegiatan After Sales Service yang Sukses dan Efektif

Untuk menghasilkan hasil yang diharapkan, kegiatan after sales service tidak dapat Anda lakukan secara sembarangan. Ada beberapa strategi ataupun teknik yang dapat Anda terapkan untuk melakukan layanan after sales secara maksimal.

Simak beberapa tips di bawah ini untuk menerapkan after sales service yang baik.

1. Hargai dan Ucapkan Terima Kasih kepada Pelanggan

Mulailah dengan mengucapkan terima kasih kepada konsumen. Melalui kegiatan after sales service, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menghargai dan berterima kasih kepada pelanggan karena mereka sudah menyelesaikan transaksinya dan melakukan pembelian.

Anda dapat melakukan hal ini melalui berbagai macam media, seperti email, kartu ucapan, chat, atau telepon.

2. Menghubungi Pelanggan

Hubungi pembeli setelah mereka menyelesaikan pembelian. Dalam kurun waktu satu atau dua minggu setelah pembelian, hubungi pembeli Anda untuk menanyakan layanan atau produk yang sudah mereka dapatkan.

Anda bisa menanyakan rasa puas mereka terhadap produk yang dibeli, apakah mereka puas dengan layanan yang diberikan, atau menjawab pertanyaan yang ada dari pembeli. Anda juga dapat menanyakan keluhan mereka terhadap produk.

Strategi after sales service ini merupakan bentuk perhatian dari penjual terhadap pelanggan, bukan untuk meningkatkan penjualan.

3. Menjaga dan Memahami Komunikasi Bisnis

Setelah menghubungi pelanggan, kini saatnya bagi Anda untuk menjaga hubungan itu untuk menjadi hubungan baik. Jagalah hubungan baik dengan pelanggan dengan menjaga komunikasi yang baik dengan mereka.

Hubungi pelanggan secara berkala untuk menjaga hubungan yang harmonis. Anda bisa mulai dengan menanyakan saran atau review pelanggan terhadap produk yang mereka beli. Menjaga komunikasi adalah peran yang dipegang oleh customer service yang disediakan oleh perusahaan.

4. Berikan Informasi Produk kepada Pelanggan

Selain menjaga komunikasi yang baik, customer service suatu perusahaan juga memiliki peran dalam memberikan informasi produk kepada pelanggan. Memberikan informasi produk kepada pelanggan adalah salah satu strategi after sales service yang penting agar pelanggan dapat selalu up to date dengan produk yang dijual bisnis.

5. Memberikan Garansi

Salah satu faktor yang sangat penting dalam menjalankan kegiatan after sales service adalah garansi. Dengan memberikan garansi, perusahaan dapat meyakinkan konsumen bahwa produk yang mereka terima dalam keadaan baik dan bebas dari kerusakan atau ketidaktelitian apapun.

6. Menawarkan Pemeliharaan atau Perbaikan

Tips after sales service lain yang tidak kalah penting adalah memberikan pelayanan pemeliharaan dan perbaikan.

Pemeliharaan diperlukan untuk memastikan produk bisa selalu berfungsi dengan baik. Selain itu, Anda juga dapat menyediakan perbaikan untuk kerusakan yang mungkin terjadi pada produk selama penggunaan.

Tips ini akan sangat penting bagi produk yang memiliki waktu penggunaan yang lama dan memerlukan perawatan yang teratur.

7. Menyediakan Suku Cadang atau Spare Part

Selain garansi, Anda juga dapat menyediakan spare part (suku cadang) yang penting untuk mencegah kerusakan produk. Suku cadang dapat memastikan produk dapat digunakan kembali oleh pembeli meskipun produk sempat rusak.

Dengan begitu, pelanggan akan merasa puas terhadap produk yang dibeli dan perusahaan dapat mempertahankan loyalitas pelanggan.

8. Sediakan Fasilitas dan Perlengkapan Produk

Fasilitas dan perlengkapan produk adalah salah satu sarana yang penting dalam kegiatan after sales service. Tips ini mampu menentukan kelancaran pelayanan para petugas dalam menjalankan pemeliharaan dan perbaikan produk.

Baca juga: Semua Tentang Sales Force Automation (SFA) yang Harus Kamu Ketahui

Jaga Komunikasi Efektif dengan Pelanggan Bersama OneTalk by TapTalk.io

Salah satu cara untuk dapat melakukan after sales service yang efektif adalah dengan menjaga hubungan baik antara perusahaan dan pelanggan. Untuk itu, perusahaan perlu memiliki cara strategis untuk menjaga komunikasi dengan pelanggan.

Customer support atau customer service memegang peran penting dalam menjaga komunikasi antara perusahaan dan pelanggan. Dalam melaksanakan tugas mereka, customer service memerlukan strategi yang tepat. Menerapkan sistem omnichannel adalah salah satunya.

Sistem omnichannel memungkinkan perusahaan untuk bertemu dengan pelanggan dimanapun mereka berada dan menyediakan komunikasi yang terhubung dan konsisten di seluruh saluran.

OneTalk by TapTalk.io merupakan salah satu penyedia layanan omnichannel dengan berbagai fitur bermanfaat untuk perusahaan. Bersama OneTalk, Anda dapat meningkatkan layanan pelanggan melalui integrasi berbagai channel media sosial, live chat, dan lain-lain.

Fitur Chatbot yang disediakan OneTalk memungkinkan Anda untuk menanggapi pelanggan Anda dengan cepat dan siap sedia selama 24/7. Tingkatkan sistem customer service Anda dengan bantuan OneTalk, di mana Anda dapat mengumpulkan feedback dari pengalaman pelanggan dengan perusahaan Anda.

Siap untuk meningkatkan pelayanan Anda untuk pelanggan bersama OneTalk? Kunjungi website kami untuk mengetahui lebih lanjut!

Share this article

Jessica Jacob

VP Business Development

Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.

Dalam berbisnis, seorang pengusaha harus dapat menyusun strategi untuk dapat memenangkan persaingan bisnis yang ketat. Ada banyak strategi yang dapat dilakukan untuk menghadapi persaingan bisnis, salah satunya adalah dengan layanan after sales atau after sales service.

After sales service adalah salah satu cara yang sering digunakan oleh pengusaha untuk memuaskan konsumen. Banyak manfaat bisa dirasakan oleh bisnis dengan melakukan after sales service.

Pada artikel berikut, kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai after sales service. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut.

After Sales Service: Definisi, Manfaat dan Tips

Key Takeaways: 

  • After sales service adalah istilah untuk berbagai upaya yang dilakukan demi memastikan apakah konsumen sudah merasa puas dengan produk atau layanan yang perusahaan tawarkan.
  • Dengan memastikan kepuasan pelanggan, perusahaan secara tidak langsung dapat meningkatkan penjualan dan pastinya menciptakan hubungan yang baik dengan konsumen. 
  • Melalui after sales service, perusahaan berharap agar pelanggan dapat merekomendasikan produk atau layanan yang telah mereka beli kepada orang lain yang mereka kenal. 

Apa Itu After Sales Service?

After sales service adalah istilah untuk berbagai upaya yang dilakukan demi memastikan apakah konsumen sudah merasa puas dengan produk atau layanan yang perusahaan tawarkan.

Dengan memastikan kepuasan pelanggan, perusahaan secara tidak langsung dapat meningkatkan penjualan dan pastinya menciptakan hubungan yang baik dengan konsumen. Perusahaan dapat menciptakan loyalitas pelanggan jika mereka dapat mempertahankan hubungan ini untuk waktu yang lama.

Hubungan yang baik antara penjual dan pembeli akan membentuk terjadinya pembelian ulang atau membuat pembeli merekomendasikan produk atau jasa perusahaan secara sukarela.

Melalui after sales service, perusahaan berharap agar pelanggan dapat merekomendasikan produk atau layanan yang telah mereka beli kepada orang lain yang mereka kenal. Hal ini dikenal dengan istilah word of mouth.

After sales service dalam customer journey termasuk dalam level pemasaran funnel terbawah. Alasannya adalah orang yang telah menjadi konsumen atau pelanggan merupakan target utama layanan after sales.

4 Manfaat Utama Layanan After Sales

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat perusahaan rasakan dari menerapkan after sales service.

4 Manfaat Utama Layanan After Sales

1. Meningkatkan Angka Penjualan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, word of mouth dari pelanggan dapat meningkatkan penjualan. Selain itu, pelanggan juga dapat meningkatkan penjualan melalui review pembelian produk yang dapat mendukung calon pembeli lainnya untuk meneruskan proses pembelian mereka.

2. Menciptakan Loyalitas Pelanggan

Salah satu manfaat utama dari strategi after sales service adalah menumbuhkan loyalitas konsumen. Dengan strategi ini, Anda dapat dengan mudah membangun kedekatan dengan konsumen, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan meningkatkan loyalitas mereka terhadap produk.

3. Mendukung Perbaikan Produk atau Layanan

Strategi after sales service dapat memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk menerima banyak saran dari pelanggan. Saran ini dapat digunakan untuk mendukung perbaikan produk dari berbagai aspek, mulai dari kualitas produk, strategi penjualan, dan lain-lain.

Selain itu, saran dari pelanggan juga dapat dijadikan bahan evaluasi.

4. Diferensiasi

Diferensiasi merupakan salah satu cara yang dapat pebisnis lakukan untuk memenangkan persaingan bisnis. Kelebihan dari melakukan kegiatan after sales service memungkinkan perusahaan dapat melakukan diferensiasi dan membuat produk menjadi top of mind yang kemudian mengarahkan pelanggan untuk repeat order.

Baca juga: Sales Order: Konsep untuk Menjawab Permintaan Pelanggan

3 Contoh After Sales Service

Tertarik untuk menerapkan kegiatan after sales service ke dalam bisnis Anda? Berikut adalah contoh after sales service yang dapat Anda terapkan.

1. Pemberian Kupon Loyalty atau Diskon

Contoh layanan after sales yang sudah marak dilakukan sejak dulu adalah pemberian kupon loyalty atau diskon. Banyak seller memberikan kupon loyalty agar pelanggan dapat lebih setia terhadap produk dan perusahaan.

Kupon yang diberikan dapat berisi diskon atau poin untuk ditukarkan dengan produk atau merchandise gratis.

2. Pengemasan Produk yang Menarik

Mengemas produk secara menarik dan unik juga merupakan salah satu contoh after sales service yang dapat Anda lakukan. Anda bisa menerapkan berbagai ide packaging yang unik dan kreatif agar menarik bagi pelanggan.

Anda dapat menerapkan desain pengemasan barang yang unik atau memberikan thank you card, greeting card, dan lain-lain.

3. Pemberian Hadiah Gratis atau Freebies

Pada masa kini, banyak seller online yang mulai memberikan freebies kepada konsumen mereka. Freebies sendiri merujuk pada hadiah gratis yang tak terduga yang dimasukkan ke dalam kemasan barang yang konsumen pesan.

Freebies yang diberikan tidak harus mahal. Anda bisa memberikan berbagai aksesoris atau barang lucu, seperti stiker, permen, cemilan, atau benda-benda lucu lainnya.

Tips-Tips Kegiatan After Sales Service yang Sukses dan Efektif

Untuk menghasilkan hasil yang diharapkan, kegiatan after sales service tidak dapat Anda lakukan secara sembarangan. Ada beberapa strategi ataupun teknik yang dapat Anda terapkan untuk melakukan layanan after sales secara maksimal.

Simak beberapa tips di bawah ini untuk menerapkan after sales service yang baik.

1. Hargai dan Ucapkan Terima Kasih kepada Pelanggan

Mulailah dengan mengucapkan terima kasih kepada konsumen. Melalui kegiatan after sales service, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menghargai dan berterima kasih kepada pelanggan karena mereka sudah menyelesaikan transaksinya dan melakukan pembelian.

Anda dapat melakukan hal ini melalui berbagai macam media, seperti email, kartu ucapan, chat, atau telepon.

2. Menghubungi Pelanggan

Hubungi pembeli setelah mereka menyelesaikan pembelian. Dalam kurun waktu satu atau dua minggu setelah pembelian, hubungi pembeli Anda untuk menanyakan layanan atau produk yang sudah mereka dapatkan.

Anda bisa menanyakan rasa puas mereka terhadap produk yang dibeli, apakah mereka puas dengan layanan yang diberikan, atau menjawab pertanyaan yang ada dari pembeli. Anda juga dapat menanyakan keluhan mereka terhadap produk.

Strategi after sales service ini merupakan bentuk perhatian dari penjual terhadap pelanggan, bukan untuk meningkatkan penjualan.

3. Menjaga dan Memahami Komunikasi Bisnis

Setelah menghubungi pelanggan, kini saatnya bagi Anda untuk menjaga hubungan itu untuk menjadi hubungan baik. Jagalah hubungan baik dengan pelanggan dengan menjaga komunikasi yang baik dengan mereka.

Hubungi pelanggan secara berkala untuk menjaga hubungan yang harmonis. Anda bisa mulai dengan menanyakan saran atau review pelanggan terhadap produk yang mereka beli. Menjaga komunikasi adalah peran yang dipegang oleh customer service yang disediakan oleh perusahaan.

4. Berikan Informasi Produk kepada Pelanggan

Selain menjaga komunikasi yang baik, customer service suatu perusahaan juga memiliki peran dalam memberikan informasi produk kepada pelanggan. Memberikan informasi produk kepada pelanggan adalah salah satu strategi after sales service yang penting agar pelanggan dapat selalu up to date dengan produk yang dijual bisnis.

5. Memberikan Garansi

Salah satu faktor yang sangat penting dalam menjalankan kegiatan after sales service adalah garansi. Dengan memberikan garansi, perusahaan dapat meyakinkan konsumen bahwa produk yang mereka terima dalam keadaan baik dan bebas dari kerusakan atau ketidaktelitian apapun.

6. Menawarkan Pemeliharaan atau Perbaikan

Tips after sales service lain yang tidak kalah penting adalah memberikan pelayanan pemeliharaan dan perbaikan.

Pemeliharaan diperlukan untuk memastikan produk bisa selalu berfungsi dengan baik. Selain itu, Anda juga dapat menyediakan perbaikan untuk kerusakan yang mungkin terjadi pada produk selama penggunaan.

Tips ini akan sangat penting bagi produk yang memiliki waktu penggunaan yang lama dan memerlukan perawatan yang teratur.

7. Menyediakan Suku Cadang atau Spare Part

Selain garansi, Anda juga dapat menyediakan spare part (suku cadang) yang penting untuk mencegah kerusakan produk. Suku cadang dapat memastikan produk dapat digunakan kembali oleh pembeli meskipun produk sempat rusak.

Dengan begitu, pelanggan akan merasa puas terhadap produk yang dibeli dan perusahaan dapat mempertahankan loyalitas pelanggan.

8. Sediakan Fasilitas dan Perlengkapan Produk

Fasilitas dan perlengkapan produk adalah salah satu sarana yang penting dalam kegiatan after sales service. Tips ini mampu menentukan kelancaran pelayanan para petugas dalam menjalankan pemeliharaan dan perbaikan produk.

Baca juga: Semua Tentang Sales Force Automation (SFA) yang Harus Kamu Ketahui

Jaga Komunikasi Efektif dengan Pelanggan Bersama OneTalk by TapTalk.io

Salah satu cara untuk dapat melakukan after sales service yang efektif adalah dengan menjaga hubungan baik antara perusahaan dan pelanggan. Untuk itu, perusahaan perlu memiliki cara strategis untuk menjaga komunikasi dengan pelanggan.

Customer support atau customer service memegang peran penting dalam menjaga komunikasi antara perusahaan dan pelanggan. Dalam melaksanakan tugas mereka, customer service memerlukan strategi yang tepat. Menerapkan sistem omnichannel adalah salah satunya.

Sistem omnichannel memungkinkan perusahaan untuk bertemu dengan pelanggan dimanapun mereka berada dan menyediakan komunikasi yang terhubung dan konsisten di seluruh saluran.

OneTalk by TapTalk.io merupakan salah satu penyedia layanan omnichannel dengan berbagai fitur bermanfaat untuk perusahaan. Bersama OneTalk, Anda dapat meningkatkan layanan pelanggan melalui integrasi berbagai channel media sosial, live chat, dan lain-lain.

Fitur Chatbot yang disediakan OneTalk memungkinkan Anda untuk menanggapi pelanggan Anda dengan cepat dan siap sedia selama 24/7. Tingkatkan sistem customer service Anda dengan bantuan OneTalk, di mana Anda dapat mengumpulkan feedback dari pengalaman pelanggan dengan perusahaan Anda.

Siap untuk meningkatkan pelayanan Anda untuk pelanggan bersama OneTalk? Kunjungi website kami untuk mengetahui lebih lanjut!

Related Posts