Di zaman yang sudah modern ini, para pemilik bisnis pasti sudah memperluas cara promosi mereka agar bisnisnya terus berkembang. Salah satunya adalah dengan menggunakan broadcast WhatsApp (WA). Dilansir dari Dwi Arizki Verdianto, broadcast adalah sebuah cara untuk mengirim pesan secara massal ke banyak nomor sekaligus dalam waktu waktu. Hal ini tentunya memudahkan Anda untuk mempromosikan bisnis Anda kepada banyak pelanggan dalam waktu yang singkat.
Terlebih kini Anda bisa mengirim broadcast WA tanpa save nomor terlebih dahulu. Anda tidak perlu repot-repot untuk menyimpan setiap nomor kontak pelanggan. Dengan demikian, proses promosi bisnis Anda akan berlangsung secara cepat dan efisien.
Lalu, bagaimana cara broadcast WA tanpa save nomor pelanggan terlebih dahulu? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.
Key Takeaways:
Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengirim broadcast WA tanpa perlu menyimpan kontak terlebih dahulu, alangkah baiknya jika Anda mengetahui tentang WA broadcast terlebih dahulu.
Dilansir dari trustedreviews.com, WA broadcast adalah salah satu fitur dari WhatsApp Business API yang dapat mengirim pesan ke ratusan hingga ribuan kontak pada waktu bersamaan. Fitur ini membuat Anda tidak perlu lagi menyalin dan mengirim isi pesan yang sama secara manual kepada calon pelanggan.
Perlu diketahui bahwa jika ingin mengirimkan pesan siaran WA tanpa menyimpan kontak, Anda harus menggunakan WhatsApp Business API. Jika sudah, maka Anda bisa mengirim pesan siaran secara langsung kepada para calon pelanggan Anda. Hal ini tentunya akan meningkatkan keefisienan bisnis Anda, bukan?
Terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus Anda penuhi jika ingin mengirim broadcast WA tanpa menyimpan nomor yang dituju terlebih dahulu. Dikutip dari Syaid Ahmad Fahri, berikut adalah syarat dan ketentuan yang harus Anda penuhi.
Jika sudah menerapkan seluruh syarat tersebut, itu artinya Anda sudah bisa mengirim pesan siaran tanpa perlu menyimpan kontak terlebih dahulu.
Baca juga: 3 Aplikasi Broadcast Message WhatsApp Menguntungkan Bisnismu
Menurut Kokatto.com, jika menggunakan WhatsApp versi biasa Anda hanya bisa mengirim pesan siaran ke 256 nomor saja. Selain itu, antara calon konsumen dengan Anda yang ingin mengirim pesan siaran harus sudah saling menyimpan nomor masing-masing. Jika tidak, maka Anda tidak bisa mengirim pesan siaran tersebut.
Oleh karena itu, akan lebih mudah jika Anda menggunakan WhatsApp Business API. WhatsApp Business API ini memang sengaja dirancang untuk Anda selaku pemilik bisnis untuk mempermudah komunikasi dengan para pelanggan. Keunggulan dari WhatsApp Business API tidak hanya pesan siaran saja, berikut adalah beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan WhatsApp Business API.
Setelah mengetahui syarat dan manfaat dari mengirim pesan siaran melalui WhatsApp Business API, ini dia 7 langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengirim pesan siaran WA tanpa harus menyimpan kontak yang dituju. Berdasarkan blog resmi WhatsApp WhatsApp.com, berikut adalah langkah-langkahnya:
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengakses situs resmi Google Chrome Web Store. Pastikan jaringan internet Anda lancar dan stabil, ya.
Jika Anda telah berhasil mengakses situs resmi Google Chrome, langkah selanjutnya adalah mencari ekstensi Broadcast WhatsApp. Caranya adalah dengan menemukan opsi WA Messages Sender, lalu klik tombol “Tambahkan ke Chrome” atau “Add to Chrome”.
Langkah berikutnya adalah Anda bisa masuk ke WhatsApp Web dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
Jika ponsel Anda telah terhubung ke WhatsApp Web, maka Anda bisa membuka ekstensi broadcast WA yang sudah ditambahkan sebelumnya. Ekstensi tersebut biasanya berada di bagian kanan atas pada layar PC Anda.
Salah satu syarat untuk mengirim pesan siaran tanpa menyimpan kontak adalah telah mempersiapkan file Excel yang berisi nomor yang akan dituju. File Excel tersebut diunggah pada langkah ini. Pastikan nomornya diawali dengan +62, bukan 0.
Jika daftar nomor penerima sudah diunggah, maka Anda bisa memasukkan pesan siaran yang akan dikirim ke semua kontak tersebut. Isi pesan siaran tersebut bisa Anda isi dengan pengumuman, hal-hal yang bersifat darurat, atau pesan promosi bisnis Anda kepada para calon pelanggan.
Langkah terakhir adalah dengan menekan tombol “Kirim Pesan” atau “Send Message”. Jika tombol tersebut sudah ditekan, tunggu beberapa saat hingga pesan siaran tersebut terkirim dan diterima oleh semua nomor yang dituju.
Mungkin Anda telah mencoba untuk mengirim pesan siaran WA ke banyak orang tanpa save nomor yang akan dituju terlebih dahulu, namun hal tersebut berulang kali gagal. Dilansir dari Syaid Ahmad Fahri, berikut adalah beberapa faktor penyebab gagalnya mengirim pesan siaran WA tersebut.
Setelah membaca sampai sini, pasti Anda sudah memahami bahwa menggunakan WhatsApp Business API bagi bisnis Anda adalah suatu hal yang menguntungkan. Salah satu fiturnya, broadcast WA, tentu mempermudah Anda dalam memberikan pemberitahuan terkini mengenai bisnis kepada para pelanggan.
Selain itu, dilansir dari Ivosights.com, berikut adalah sejumlah alasan mengapa WhatsApp Business API penting bagi perusahaan.
Dengan menggunakan WhatsApp Business API, perusahaan bisa melakukan komunikasi dengan pelanggan secara langsung dan cepat melalui platform. Hal ini tentunya memudahkan pelanggan untuk mengajukan pertanyaan, memesan produk atau jasa, dan mendapatkan tanggapan yang cepat dari perusahaan.
Salah satu fitur dari WhatsApp Business API adalah mengirim pesan yang disesuaikan untuk setiap pelanggan. Hal ini membuat para pelanggan merasa lebih personal sehingga dapat membentuk hubungan yang lebih erat dengan perusahaan, nantinya loyalitas pelanggan pun bisa meningkat karena hal tersebut.
Dengan WhatsApp Business API, perusahaan dapat mengatur pesan-pesan otomatis untuk menjawab pertanyaan umum atau ketika ingin memberikan informasi penting. Dengan demikian, perusahaan akan menghemat waktu serta tenaga dan bisa mengalokasikannya ke aspek-aspek yang lebih penting.
Fitur WhatsApp Business API memungkinkan perusahaan untuk melakukan analisis yang mendalam tentang bagaimana pesan-pesan tersebut diterima dan dibaca oleh para pelanggan. Hal ini membantu perusahaan untuk mengerti perilaku pelanggan dan dapat menciptakan strategi komunikasi yang lebih efektif.
WhatsApp Business API mendukung beragam bahasa, sehingga memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan di berbagai wilayah atau negara tanpa khawatir akan keterbatasan bahasa. Tentu ini bisa memperluas jangkauan perusahaan secara global.
Keamanan data pelanggan adalah suatu prioritas. Semua pesan dan informasi pelanggan akan disimpan dengan aman dan terenkripsi, sehingga akan menjaga privasi pelanggan.
WhatsApp Business API dapat dengan mudah berintegrasi dengan sistem perusahaan yang sudah ada, misalnya seperti sistem manajemen pelanggan (CRM) atau sistem e-commerce. Ini memungkinkan perusahaan untuk bisa mengelola semua interaksi pelanggan hanya dari satu tempat.
Seluruh fitur yang ada di WhatsApp Business API memungkinkan perusahaan untuk lebih responsif terhadap pelanggan mereka, sehingga dapat menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Jika pelanggan puas dengan pelayanan bisnis Anda, besar kemungkinan mereka akan memberikan kepercayaannya.
Baca juga: Ini Contoh Template Pesan Broadcast WhatsApp yang Kreatif!
Bagi Anda yang menjalankan suatu bisnis, pasti paham jika kepuasan pelanggan adalah sesuatu yang harus diraih dan dipertahankan. Salah satu caranya adalah dengan memberikan pengalaman yang terbaik bagi pelanggan dan menjalin komunikasi yang baik. Anda bisa menggunakan WhatsApp Business API di OneTalk by TapTalk.io untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan Anda.
Dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti adanya centang hijau, automasi layanan dengan chatbot, hingga kelola seluruh chat hanya dengan satu nomor tentu akan meningkatkan performa bisnis Anda. Tertarik untuk mencobanya? Silakan kunjungi kami TapTalk.io untuk mendapat informasi selanjutnya.