Bisnis Anda menggunakan pesan Broadcast untuk sarana promosi? Pasti Anda berharap dapat menarik pelanggan dengan berbagai penawaran menarik, bukan?
Membuat pesan broadcast tentu tidak semudah itu. Banyak tantangan dan hal-hal yang harus diperhatikan. Mulai dari pesan spam, nada bahasa yang tepat, dan lain-lain.
Ingin tahu cara membuat template pesan broadcast WhatsApp yang kreatif dan menarik? Simak artikel ini sampai habis ya.
Table of Contents
Brand terus-menerus berjuang untuk mendapatkan perhatian pelanggan karena orang-orang memiliki rentang perhatian yang terbatas. Dan hanya karena pelanggan lebih cenderung membuka pesan teks, hal ini bukan alasan untuk mengirim pesan yang membosankan!
Saat membuat template pesan, ingatlah untuk mengetik dengan cara yang menarik perhatian penerima, seperti menggunakan nama mereka atau mengakhiri kalimat dengan tanda seru.
Waktu mereka sangat penting dan Anda ingin menarik perhatian pelanggan Anda sehingga mereka akan tertarik dengan pesan Anda.
Anda mempromosikan bisnis Anda, tapi ada garis tipis antara mempromosikan dan OVERpromoting. Tidak ada yang suka mendapatkan pesan yang “berjualan” saja.
Pesan yang dimaksud adalah pesan yang:
Pesan spam di WhatsApp biasanya berisi konten berbahaya untuk mendapatkan informasi pribadi.
Jangan pernah meminta pelanggan untuk memberikan informasi pribadi apapun melalui teks atau mengirim tautan yang memberikan kesan sekecil apapun bahwa Anda adalah akun spam.
Itulah mengapa penting juga untuk tidak melakukan promosi berlebihan karena Anda dapat ditandai sebagai spam. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah pelanggan Anda memblokir Anda di WhatsApp bahkan setelah mereka dengan sukarela memberi Anda detail kontak mereka.
Baca juga: Hal yang Harus Dihindari dalam Menggunakan WhatsApp Business API
Tentu saja sebuah bisnis tidak bisa aktif selama 24 jam. Anda pasti memiliki working hours dan away hours. Menyetel Away Messages adalah pilihan tepat jika Anda ingin pelanggan merasa tetap direspon meskipun di luar jam kantor.
Beberapa bisnis dapat menyetel away messages dengan bantuan pihak ketiga (misalnya saja menggunakan omnichannel messaging platform untuk customer support-nya). Dengan menyetel jam kerja, pesan yang masuk di luar jam kerja akan otomatis terjawab menggunakan pesan yang sudah dibuat sebelumnya.
Ini dia template pesan untuk membalas pesan yang masuk ketika agent Anda tidak dapat menjawabnya secara langsung:
“Terima kasih sudah menghubungi kami. Tapi, sayangnya kamu menghubungi [nama brand] di luar waktu operasional nih. Kami akan segera membalas pesan Anda. Selagi menunggu, mungkin FAQ kami dapat membantu kamu.”
Jika Anda menggunakan WhatsApp sebagai sarana komunikasi dan update mengenai produk-produk terbaru, maka Anda harus membuat template pesan yang sesuai. Misal, sebuah bisnis dengan katalog yang terbatas dan diperbaharui setiap bulannya akan melakukan update eksklusif kepada member. Selain menggunakan sistem membership (yang mana membuat pelanggan merasa spesial dan mendapat keuntungan khusus), pesan yang personal ini tentu akan mempermudah sales dan promosi Anda.
Pikirkan saja – jika pengguna membeli dari toko Anda sebelumnya, hal ini berarti dia sudah mengetahui toko Anda dan kemungkinan besar akan tertarik dengan hal lain yang mungkin Anda tawarkan.
Jadi mengapa tidak menghubungi mereka dengan mengirimkan pesan iklan WhatsApp untuk memberitahu mereka tentang produk baru? Ini cukup mudah dan juga dapat dengan mudah menjadi bagian dari kampanye peluncuran produk yang lebih besar.
Berikut adalah contoh template pesan pemberitahuan item baru:
Selain dapat mencegah kemungkinan pembatalan janji atau ketidakhadiran pelanggan, Anda juga dapat membantu mereka untuk mengingatkan jadwal yang akan datang.
Jujur saja, merencanakan janji temu dari 1 minggu atau 2 minggu sebelumnya dapat dengan mudah dilupakan dengan aktivitas keseharian yang beragam. Untuk itu, pesan pengingat janji temu bisa membantu Anda mendayung 2 pulau sekaligus. Anda mendapat konfirmasi dan mencegah kemungkinan ghosting, pelanggan juga dapat mengingat bahwa mereka memiliki janji temu dengan Anda.
Gunakan pesan template ini untuk mengirimi mereka pengingat dan konfirmasi.
Hai, [nama pelanggan]! Terima kasih sudah membuat janji temu bersama [nama brand] pada [tanggal janji temu]. Kami berharap Anda bisa datang 10 menit lebih awal sebelum janji temu. Sampai jumpa!
Bukan hanya janji temu, pengingat event juga penting untuk pelanggan yang sudah mengadaptasi hustle-culture di zaman ini.
Untuk apa ada pengingat event?
Katakan saja brand Anda membuat launching party eksklusif untuk member, atau live streaming yang di dalamnya terdapat berbagai promo menggiurkan. Anda dapat memastikan peserta dalam event tersebut hadir. Tidak hanya hal tersebut berguna bagi mereka (karena mereka tentu senang dengan promo), hal ini juga memastikan event Anda sukses dan dihadiri banyak orang.
Anda dapat menggunakan template di bawah ini untuk pengingat event:
Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, pesan promosi akan ditolak oleh WhatsApp. Ini dapat mencakup apa saja mulai dari kode kupon hingga survei.
Dengan mengingat hal itu, template WhatsApp promosi ini hanya akan berfungsi untuk pengguna OneTalk by TapTalk.io karena kami melewati semua batasan ini.
Berikut adalah beberapa contoh yang dapat Anda gunakan:
Seperti yang sudah dibahas di atas, jika sudah sampai pada tahap pesan back-in-stock, pelanggan biasanya sudah pernah membeli produk Anda. Hal ini berarti mereka mungkin tertarik dengan barang yang kembali ada. Bahkan, bisa saja mereka salah satu diantara mereka yang menunggu kembalinya produk Anda.
Untuk itu, ini dia template pesan yang bisa Anda gunakan untuk notifikasi produk back-in-stock
Yang dicari-cari hadir kembali, [nama item] datang lagi. 10 pembeli pertama dapat keuntungan, diskon [jumlah diskon] tanpa minimal pembelian!
Menggunakan OneTalk by TapTalk.io, aplikasi pesan instan, membuat pengiriman pesan broadcast dan away messages menjadi lebih mudah. Away Messages adalah pesan otomatis yang dikirimkan ketika pelanggan mengirimkan pesan kepada bisnis Anda di luar Office Hours, yang bisa diatur menggunakan fitur OneTalk. Ketika Anda mengatur Office Hours, maka secara otomatis pesan ini akan dikirimkan. Ketika mereka menghubungi Anda pada Office Hours, maka yang dikirimkan adalah Welcome Messages. Welcome Messages akan otomatis dikirimkan ketika sebuah case (atau percakapan) dimulai.
Pesan broadcast pada WhatsApp tentu merupakan fitur yang sangat membantu Anda dalam melakukan promosi. Apalagi, jika Anda bisa mensegmentasi kontak! Fitur Broadcast Message di OneTalk dilengkapi dengan Contact Segments yang mengkategorikan kontak-kontak Anda. Hal ini dapat mempermudah pekerjaan Anda jika pesan yang dikirim hanya ditujukan untuk pelanggan-pelanggan tertentu. Misal: pesan yang dikirim hanya untuk pelanggan yang sudah lama berlangganan, pesan promosi hanya dikirim kepada pembeli pertama, atau pesan yang dikirim hanya yang berdomisili di Jabodetabek.
Ingin tahu apalagi yang ditawarkan OneTalk? Pastinya tidak hanya fitur-fitur tersebut. Cek di sini untuk melihat fitur OneTalk lainnya.
Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp Business dengan Multi User
By Jessica Jacob
Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dapat menjadi alat yang ampuh dalam hal bisnis. Ketika digunakan dalam pengaturan dunia nyata yang sudah terbukti, AI dapat menghasilkan manfaat yang mungkin tidak pernah Anda perkirakan, terutama bila dikombinasikan dengan teknologi canggih seperti chatbot. Chatbot adalah program kecerdasan buatan yang dapat mensimulasikan percakapan (atau obrolan) dengan pengguna melalui […]
By Jessica Jacob
This year's holiday season will feel different than any other we’ve ever experienced. There will be fewer consumers looking for products in physical stores to escape the crowd. But that doesn't mean they're buying less. Globally, Gen X’s and Boomers’ mobile purchases increased by more than 50% year on year during the Christmas season, with […]
By Regita
Pelanggan kini dapat berkomunikasi dengan bisnis lewat berbagai saluran komunikasi. Semua saluran komunikasi ini menyediakan suara, video, email, gambar, dan lain sebagainya. Terlebih lagi, mereka juga dapat menggunakan media sosial yang memiliki pengaruh besar pada generasi saat ini. Baik tiga atau bahkan sepuluh saluran, setiap bisnis saat ini dapat membuat setiap interaksi dengan pelanggan lancar […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)