Pada era bisnis yang semakin kompetitif, keberadaan platform digital sepertii WhatsApp menjadi sangat penting. Mengutip dari buku 10 Proven WhatsApp Marketing Methods (2023), WhatsApp kini sudah menjadi sarana komunikasi terbesar di seluruh dunia. Aplikasi WhatsApp yang biasanya hanya digunakan sebagai sarana komunikasi pribadi, kini bisa menjadi alat untuk berinteraksi dengan pelanggan dan memperkuat reputasi bisnis.
Salah satu cara jitu dalam meningkatkan reputasi bisnis yaitu menggunakan fitur centang biru. Fitur ini menandakan kepercayaan dan profesionalisme bisnis pada WhatsApp. Fitur centang biru juga menunjukkan bahwa akun bisnis Anda telah terverifikasi.
Ingin tahu lebih lanjut terkait fitur centang biru pada WhatsApp? Anda bisa segera simak artikel berikut ini.
Key Takeaways:
Centang biru WhatsApp atau sering dikenal dengan sebutan verified badge memiliki beberapa arti. Beberapa akun yang terverifikasi dimiliki oleh orang, brand ternama, atau bahkan entitas. Namun, ada juga yang berlangganan pada Meta Verified.
Verified badge memiliki arti bahwa akun telah diverifikasi berdasarkan aktivitas bisnis di Whatsapp serta informasi yang diberikan. Mengutip dari Help Center WhatsApp (2024), akun WhatsApp bisnis yang mendapatkan tanda centang biru berarti telah diautentikasi melalui multi-verification. Melalui hal ini, pelanggan lebih mudah menemukan bisnis yang tepat.
Tanda centang biru atau verified badge di WhatsApp menunjukkan bahwa nomor tersebut milik Official Business Account (OBA). Untuk mendapatkan hal tersebut, bisnis harus menjalani proses verifikasi terperinci dan memenuhi kriteria Whatsapp tertentu.
Dilansir dari chatarmin.com, beberapa persyaratan yang ditetapkan oleh Meta untuk mendapatkan tanda centang biru atau verified badge:
Bisnis yang Anda miliki harus telah menggunakan akun WhatsApp Business API. Sebagai alternatif lain, Anda juga bisa memiliki Facebook Business Manager dengan track record tertentu dalam bentuk pengeluaran iklan atau hal serupa. Jika belum memilikinya, Anda bisa segera membuat akun baru atau menggunakan akun Facebook pribadi.
Syarat selanjutnya yaitu Anda harus mengaktifkan 2-Step Verification. Mengutip dari website resmi Meta, verifikasi dua langkah ini digunakan untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra untuk para klein WhatsApp Business API.
Dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah, ketika mendaftarkan nomor telepon baru di WhatsApp, pelanggan harus menyertai PIN enam digit melalui fitur ini.
Jika ingin mendapatkan centang biru WhatsApp, bisnis Anda harus resmi dan sah. Hal ini bisa dibuktikan dengan berbagai dokumen legal seperti TDP, NIB, NPWP, SIUP, dan lain sebagainya.
Tetapi, terdapat beberapa jenis usaha yang tidak diperbolehkan untuk mendaftar verification badge. Beberapa kategori usaha yang dilarang:
Bisnis yang ingin Anda ajukan untuk mendapatkan tanda centang biru di WhatsApp, harus dikenal oleh sebagian masyarakat dan relevan di bidangnya. Dengan begitu, bisnis akan lebih mudah untuk diverifikasi, sehingga layak dan kredibel untuk mendapatkan centang biru (verified badge).
Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan Whatsapp Verified (Whatsapp Centang Biru)
Jika bisnis Anda telah memenuhi berbagai persyaratan diatas, maka dapat diajukan centang biru WhatsApp dengan langkah berikut:
Sebelum lanjut ke proses verifikasi centang biru, Anda perlu mempersiapkan nomor dan nama bisnis untuk akun WhatsApp Business API. Jangan lupa untuk mengecek kembali bahwa nomor tersebut telah benar karena hal ini tidak dapat diubah setelah didaftar.
Langkah selanjutnya yaitu Anda bisa segera mendaftarkan nomor yang telah disiapkan tadi ke Business Solution Provider (BSP) Resmi.
Setelah mendaftarkan nomor ke BSP resmi, Anda dapat melanjutkannya ke proses verifikasi akun Facebook Business Manager. Jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen yang mengandung nama perusahaan, jenis industri, daerah operasional, website URL, dan Facebook Business Manager ID.
Setelah itu, Anda hanya cukup menunggu proses verifikasi selesai. Anda akan mendapatkan tanda centang biru WhatsApp di sebelah profil Anda setelah proses verifikasi berhasil.
Selain cara diatas, Anda juga bisa mengajukan verifikasi akun WhatsApp Business dengan langkah berikut:
Jika permintaan Anda disetujui, akun WhatsApp Business Anda akan otomatis diupgrade menjadi akun WhatsApp Official Business, ditandai dengan centang biru terverifikasi di sebelah gambar profil Anda.
Umumnya, WhatsApp akan memberikan keputusan verifikasi dalam waktu 2-4 hari kerja jika suatu brand memenuhi syarat untuk diverifikasi.
Jika permohonan verifikasi ditolak, Anda masih memiliki kesempatan untuk mengajukan kembali. Namun, Anda harus menunggu 30 hari sebelum dapat mengajukan permohonan verifikasi Green Tick lagi.
Baca juga: Inilah Update Harga WhatsApp Business API per Juni 2024
Jika pengajuan verifikasi centang biru Anda ditolak, jangan takut. Memang tanda centang biru tidak mudah didapatkan oleh semua orang. Oleh karena itu, kualitas dan nilai dari verified badge di Whatsapp akan sangat berguna dalam bisnis.
Sayangnya, Whatsapp tidak memberikan alasan dan detail ketika mereka menolak aplikasi. Namun, Whatsapp mengizinkan bisnis untuk mengajukan verifikasi lagi setelah 30 hari.
Oleh karena itu, jika pengajuan verifikasi centang biru ditolak, maka sebaiknya Anda meluangkan waktu 60 hari untuk meningkatkan kehadiran dan traffic online. Dengan begitu, peluang permintaan Anda akan disetujui akan semakin tinggi.
Jangan panik jika verifikasi centang biru Anda ditolak. Menurut 360dialog.com, berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan peluang mendapatkan centang biru WA:
Memiliki alamat email dan website resmi merupakan salah satu profesionalisme era saat ini. Tidak ada pelanggan yang mempercayakan bisnis tanpa informasi kontak resmi.
Dengan menjalankan pemasaran melalui Whatsapp, pelanggan akan merasa bisnis Anda merupakan platform tingkat lanjut yang bisa dipercayai. Semakin luas jangkauan aktivitas pemasaran Whatsapp, maka semakin banyak alasan bagi bisnis untuk mendapatkan verified badge di Whatsapp.
Pastikan volume pesan dan peringkat kualitas nomor akun WhatsApp API Anda mengesankan agar mendapatkan peluang terbaik untuk diverifikasi langsung oleh WhatsApp.
Menurut Meta, brand-awareness merupakan faktor penting bagi bisnis untuk dapat diverifikasi oleh Whatsapp. Anda perlu membangun eksistensi yang kuat baik terutama secara online agar merek bisnis Anda semakin dikenal oleh banyak orang. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan banyak publisitas hingga traffic web yang tinggi.
Baca juga: Apakah OTP WhatsApp Bisa di Hack? Cari Tahu di Sini!
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk dapat memperoleh tanda centang biru pada WhatsApp, Anda memerlukan akun WhatsApp Business API.
WhatsApp API menyediakan fitur canggih untuk komunikasi bisnis, dengan tingkat pembukaan pesan sebesar 99% melalui WhatsApp Business API, jauh melebihi saluran lainnya. Data dari AiSensy menunjukkan bahwa penggunaan chatbot di WhatsApp Business API dapat menghemat waktu hingga 2,5 miliar jam bagi bisnis.
Untuk mengakses WhatsApp API, Anda harus melalui pihak ketiga yang disebut Business Solution Provider (BSP) resmi. TapTalk.io adalah salah satu BSP resmi yang menawarkan solusi omnichannel untuk membantu Anda memaksimalkan manfaat WhatsApp API.
Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan konsultasi bisnis dengan TapTalk.io untuk menikmati manfaat WhatsApp Business API bagi bisnis Anda.