pt tap talk teknologi blog
Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps, Mudah dan Praktis

Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps, Mudah dan Praktis

By Jessica Jacob
03 / 01 / 2024

Di era yang serba modern ini, penggunaan teknologi merupakan suatu hal yang sangat penting untuk tetap diikuti perkembangannya. Terlebih untuk anak muda zaman sekarang, teknologi sudah menjadi salah satu bagian penting dalam hidupnya. Di era yang serba digital ini masyarakat Indonesia telah memanfaatkan teknologi digital untuk mendapatkan kemudahan dalam beraktivitas. Mulai dari kalangan muda hingga lanjut usia, semuanya berusaha untuk tetap update dengan perkembangan teknologi.

Perkembangan teknologi yang pesat ini memiliki banyak manfaat dalam berbagai bidang, misalnya di bidang pendidikan penggunaan alat canggih seperti smartphone akan sangat membantu para pelajar dalam mendapatkan ilmu yang tidak terbatas. Selain itu, manfaat yang sangat terlihat adalah di bidang ekonomi, yaitu dengan adanya inovasi membuka usaha melalui online dan sebagai wadah untuk mempromosikan bisnis Anda, hasilnya ternyata sangat membantu perekonomian masyarakat Indonesia. 

Bagi Anda yang sedang memulai usaha pribadi terutama yang memiliki toko secara offline, penting untuk membuat tempat usaha Anda dikenal oleh banyak orang. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi berupa Google Maps yang merupakan navigasi untuk memberikan informasi berisi lokasi dan rute perjalanan. Dengan memasukkan tempat usaha Anda ke Google Maps, maka akan menambah peluang agar pelanggan menemukan toko Anda. 

Lalu, bagaimana cara menambahkan lokasi di Google Maps? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps, Mudah dan Praktis

Key Takeaways:

  • Dalam usaha meningkatkan pelanggan usaha Anda, pastikan untuk mencantumkan lokasi usaha Anda di Google Maps supaya memudahkan para pelanggan untuk berkunjung.
  • Cara menambahkan lokasi di Google Maps ternyata mudah dan praktis, bisa dilakukan via smartphone maupun komputer. 
  • Proses yang dibutuhkan Google untuk memverifikasi alamat Anda dapat berbeda-beda. Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda siapkan terlebih dahulu untuk mempercepat proses tersebut, salah satunya adalah menyiapkan foto lokasi ketika mendaftarkan alamat Anda. 
  • Terdapat beberapa keuntungan jika lokasi bisnis Anda terdaftar di Google Maps, seperti memberikan informasi yang akurat, meningkatkan jumlah pelanggan, sebagai media untuk bertukar informasi, serta memudahkan dalam pengiriman maupun penjemputan barang.

Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps, Ternyata Mudah!

Dalam rangka mengembangkan bisnis yang sedang dikelola, Anda bisa menambahkan alamat bisnis Anda ke Google Maps agar pelanggan dapat menemukan tempat usaha Anda dengan mudah. Lalu, bagaimana langkah-langkahnya? Yuk, langsung saja kita bahas di bawah ini.

  1. Cara Menambahkan Alamat ke Google Maps Melalui Ponsel
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Klik menu “kontribusi”
  • Klik “tambahkan tempat”
  • Isikan dengan detail mengenai tempat yang akan didaftarkan, mulai dari “nama tempat”, “kategori”, dan “alamat”
  • Sesuaikan dengan titik peta, jika belum sesuai makan klik “edit lokasi peta”
  • Sebagai opsi tambahan, Anda bisa menambahkan informasi berupa “jam buka” atau “nomor telepon”
  • Langkah terakhir, klik “posting”
  1. Cara Menambahkan Alamat ke Google Maps Melalui Komputer
  • Buka website https://www.google.com/maps/
  • Lalu cari tempat yang ingin ditambahkan
  • Caranya bisa dilakukan dengan mencari lokasi terdekat yang sudah terdaftar di Google Maps dan periksa peta serta sesuaikan dengan titik peta
  • Klik kanan, lalu pilih “tambahkan tempat”
  • Kemudian isikan dengan detail keterangan tempat yang ingin ditambahkan
  • Lalu jika sudah, maka klik “posting”

Nah, mudah sekali bukan prosesnya? Selain menambahkan alamat baru di Google Maps, Anda juga bisa mengedit informasi yang kurang tepat atau melengkapi informasi yang belum disampaikan. Berikut langkah-langkah untuk mengedit informasi dari alamat Anda:

  • Buka Google Maps
  • Telusuri tempat
  • Kemudian klik “sarankan edit”
  • Untuk melakukan pengeditan, maka klik “ganti nama atau detail lainnya”
  • Pilih bagian yang ingin diedit, lalu klik “posting”

Setelah menambahkan informasi alamat, Google akan memvalidasi informasi yang diberikan dan akan mengirim email berisi status penambahan lokasi yang diajukan. Proses verifikasi alamat baru pada Google Maps memiliki waktu yang berbeda-beda dalam setiap kasus. Namun, umumnya setelah Google menyetujui alamat baru yang Anda ajukan, dibutuhkan waktu satu hingga dua minggu sampai akhirnya alamat Anda akan dipublikasikan.

Baca juga: Meningkatkan Reputasi Bisnis dengan Review Google Maps

Tips Agar Alamat Baru Anda Cepat Diverifikasi oleh Google!

Menambahkan alamat bisnis Anda di Google Maps bisa dibilang menjadi salah satu trik marketing yang bisa Anda lakukan untuk menambah jumlah pelanggan yang datang. Selain memudahkan pelanggan untuk menemukan toko Anda, Anda juga bisa menambahkan foto produk, list menu, beserta fasilitas yang usaha Anda miliki. Sebagai bonus, Anda juga bisa mendapatkan review dari pelanggan sehingga bisa menambah kepercayaan calon pelanggan Anda jika review yang diberikan positif. 

Memang benar adanya jika proses verifikasi alamat baru yang telah Anda tambahkan pada Google Maps memiliki waktu yang relatif berbeda-beda. Namun, terdapat beberapa tips supaya waktu prosesnya menjadi lebih singkat. Tentunya Anda menginginkan proses verifikasi ini cepat selesai agar semakin cepat pula Anda akan mendapat calon pelanggan baru. Nah, berikut beberapa hal yang perlu disiapkan agar alamat baru Anda cepat diverifikasi oleh Google.

  1. Siapkan foto lokasi yang berisi papan nama, tampilan luar dan dalam tempat bisnis Anda, menu, foto produk-produk yang Anda jual, etalase toko, dan hal-hal yang terkait dengan apa yang ada pada bisnis Anda.
  2. Mengetahui estimasi kapan layanan bisnis Anda dapat beroperasi. 
  3. Cantumkan nomor kontak pemilik bisnis agar bisa dipasang di info Google Maps nantinya.
  4. Jika bisnis Anda telah memiliki situs resmi, hal ini juga akan mempermudah proses verifikasi. 

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membantu mempercepat proses verifikasi Google terhadap lokasi baru yang telah Anda ajukan. Selamat mencoba!

Keuntungan yang Akan Anda Dapat Jika Lokasi Bisnis Tercatat di Google Maps

Bagi seseorang yang senang berkelana, Google Maps pasti menjadi andalan mereka. Namun ternyata tidak semua lokasi tercantum alamatnya di Google Maps, sehingga akan sulit untuk menemukan lokasi tersebut jika tidak tahu daerah tersebut. 

Hal tersebut tentu sangat disayangkan, terlebih jika Anda baru memulai usaha. Hal tersebut dapat menyebabkan Anda kehilangan calon pelanggan karena lokasi bisnis Anda yang tidak bisa ditemukan. Terkadang, alamat yang dicantumkan di brosur, pamflet, atau di media sosial kurang membantu pelanggan untuk benar-benar menemukan lokasi usaha. Oleh karena itu, sangat diperlukan alamat lokasi yang jelas tercantum di Google Maps. 

Berikut keuntungan yang akan Anda dapat jika lokasi usaha tercatat di Google Maps: 

Keuntungan yang Akan Anda Dapat Jika Lokasi Bisnis Tercatat di Google Maps

1. Memberikan Informasi yang Akurat

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa alamat yang dicantumkan dalam sosial media maupun pamflet tidaklah cukup untuk menggiring pelanggan ke usaha Anda jika tidak ada alamat yang pasti tercatat di Google Maps. Jika lokasi usaha Anda tercantum jelas di Google Maps, hal ini tentunya akan memudahkan calon pelanggan untuk dapat mengunjungi usaha Anda.

Terlebih Google Maps akan menjadi navigator calon pelanggan Anda yang akan menunjukkan arah ke lokasi usaha, memberitahu informasi keberadaan pelanggan, hingga memberi rute tercepat untuk sampai ke lokasi sehingga sangat mempermudah pelanggan untuk menemukan lokasi usaha Anda dengan akurat. 

2. Menarik Pelanggan

Biasanya ketika pelanggan mengetahui suatu tempat baru dan tertarik untuk mengunjunginya, langkah pertama yang dilakukan adalah dengan mengecek lokasinya di Google Maps. Kemudian setelahnya akan melihat menu atau fasilitas yang tersedia, beserta review dari pelanggan yang sebelumnya sudah pernah mengunjungi tempat tersebut. Nah, bayangkan jika usaha Anda sudah tercatat di Google Maps dan calon pelanggan Anda dapat dengan mudah menelusuri usaha Anda secara online. Jika memang rating usaha Anda bagus, tentu hal ini semakin meyakinkan calon pelanggan untuk datang berkunjung.

Selain itu, calon pengunjung juga bisa mengajukan pertanyaan seputar usaha Anda lewat Google Maps, misalnya mengenai ketersediaan produk yang dijual. Hal ini akan menguntungkan calon pelanggan karena lebih praktis sehingga tidak perlu repot-repot datang langsung ke lokasi karena Anda bisa menjawabnya pada Google Maps.

3. Memudahkan Penjemputan atau Pengiriman Barang

Jika usahamu menyediakan penjualan secara online, tentu diperlukan alamat yang jelas di Google Maps sehingga akan memudahkan para driver ojek online untuk menjemput pesanan Anda sehingga bisa sampai ke tangan pelanggan dengan selamat. 

Selain untuk pesanan, alamat yang terdaftar di Google Maps juga akan memudahkan Anda jika ingin membeli suatu barang secara online, sehingga nantinya kurir paket yang mengantar pesanan Anda akan menemukan lokasinya dengan mudah dan tepat.

4. Sebagai Media untuk Berbagi Informasi

Selain alamat, terdapat berbagai informasi lainnya yang bisa ditemukan di Google Maps seperti jarak lokasi dari titik awal pelanggan, nomor telepon, gambar, ulasan, jam operasional, hingga overview lokasi yang terdapat di sekitarnya. Adanya informasi detail seperti itu selain akan memudahkan pelanggan untuk menemukan lokasi, juga akan menambah kepercayan untuk mengunjungi lokasi usaha Anda.

Karena adanya jam operasional juga mereka akan mengetahui kapan waktu harus berkunjung, karena biasanya jam operasional setiap usaha berbeda sekalipun masih satu cabang. Jika ada hal yang ingin mereka tanyakan, mereka bisa bertanya di laman Google Maps atau menghubungi langsung kontak yang tersedia. 

Bagaimana? Banyak keuntungan yang Anda dapat jika mendaftarkan lokasi usaha Anda di Google Maps, bukan? Oleh karena itu, segera daftarkan lokasi usaha Anda untuk memperbanyak calon pelanggan agar berkunjung.

Baca juga: Route To Market: Definisi, Analisa, Hingga Strategi

Tingkatkan Kepuasan Customer dengan OneTalk

Selain fokus untuk meningkatkan jumlah pelanggan, menjaga dan meningkatkan kepuasan pelanggan juga hal yang harus Anda prioritaskan ketika menjalani usaha. Karena jika kepuasan pelanggan terjaga akan melahirkan loyal customer yang akan berdampak baik bagi perkembangan usaha Anda. 

Di era yang serba digital ini, semua hal rasanya bisa dilakukan dengan mudah secara online. Termasuk juga dengan aktivitas meningkatkan kepuasan pelanggan. Jika Anda memiliki usaha yang menyediakan penjualan secara offline dan online, maka Anda juga harus menjaga kepuasan customer secara langsung ketika di tempat usaha, maupun secara online dengan memanfaatkan media sosial yang ada. 

OneTalk by TapTalk.io merupakan solusi untuk Anda jika ingin meningkatkan kepuasan pelanggan secara online. OneTalk by TapTalk.io memungkinkan Anda untuk berinteraksi secara daring dengan pelanggan Anda menggunakan Google Business Messages yang terhubung dengan Google Maps, Google Search, dan Google Ads. Selain itu, terdapat layanan Chatbot berbasis ChatGPT yang akan menjawab atau merespon pelanggan Anda secara realtime untuk mendapatkan pelayanan yang instan serta efisien.

Tidak hanya Google Business Messages, Onetalk by TapTalk.io juga memungkinkan Anda untuk menjawab chat pelanggan yang ada di berbagai platform chat lainnya, seperti WhatsApp, Instagram DM, Facebook Messenger, dan masih banyak yang lainnya hanya di satu inbox terpusat. Hal ini tentunya akan meningkatkan efisiensi, responsivitas dan kepuasan pelanggan di Instagram. Anda juga bisa menggunakan template OneTalk Quick Reply untuk memberi jawaban dari pertanyaan repetitif secara singkat.

Ingin tahu lebih lanjut? Segera hubungi kami di sini untuk mendapatkan informasi lebih detail. 

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Jessica Jacob

31 / 01 / 2024

Tokopedia adalah salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia. Dengan lebih dari 117 juta pengguna aktif setiap bulannya, Tokopedia menawarkan peluang yang besar bagi para penjual untuk memasarkan produk mereka. Platform ini juga menawarkan berbagai fitur dan layanan yang memudahkan Anda untuk berjualan, mulai dari pembuatan toko, pengelolaan produk, hingga promosi. Oleh karena itu, bagi […]

Read More

By Jessica Jacob

14 / 08 / 2021

Pandemi COVID-19 telah mengganggu banyak aspek kehidupan sehari-hari, termasuk bagaimana kita saat ini menerima perawatan kesehatan dan bagaimana itu akan dikonsumsi di masa depan. Sebelum pandemi, biasanya pasien akan datang ke klinik terdekat untuk berkonsultasi tentang kesehatan mereka. Namun, sekarang mereka menjadi lebih waswas untuk pergi ke luar karena harus memikirkan resiko terpapar virus.  Dalam […]

Read More

By Jessica Jacob

10 / 06 / 2022

Customer loyalty dan customer retention adalah bagian penting dari strategi bisnis. Mampu mengukur dan mengelola keduanya adalah bagian penting untuk berhasil di pasar mana pun.  Hari ini kita akan membahas perbedaan antara customer loyalty dan customer retention– menggali lebih dalam tentang cara mengukur keduanya dan bagaimana keduanya memainkan peran kunci dalam pertumbuhan sebuah bisnis. Mari […]

Read More
1 2 3 109
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer