Back to Home

OneTalk

Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps untuk Bisnis

BY
Jessica Jacob

Jessica Jacob

VP Business Development
Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.

Google Maps adalah salah satu layanan yang paling banyak digunakan dari Google. Jutaan orang menggunakan Google Maps setiap hari. 

Selama bertahun-tahun, Google Maps telah berubah dari peta online menjadi sumber daya untuk menemukan tempat baru yang disarankan, meneliti bisnis lokal, dan merencanakan perjalanan yang menyeluruh. 

Selain itu, Google Maps juga memiliki berbagai manfaat bagi bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut tentang manfaatnya dan cara mendaftarkan alamat di Google Maps melalui blog ini.

Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps untuk Bisnis

Key Takeaways:

  • Google Maps dapat membantu Anda dalam memberi petunjuk arah, metode transportasi yang tersedia, jarak, waktu tempuh, hingga kepadatan tempatnya.
  • Dengan mendaftarkan alamat bisnis ke Google Maps, Anda bisa membantu orang menemukan bisnis Anda lebih mudah, menghubungi bisnis Anda lebih cepat, mendorong pengguna untuk mengunjungi bisnis, menunjukkan foto, dan meningkatkan kredibilitas.
  • Anda bisa mendaftarkan bisnis Anda di Google Maps melalui handphone atau PC.

Apa Fungsi Google Maps Secara Umum?

Google Maps sangat bagus dalam memberi Anda petunjuk tentang metode transportasi mana yang tersedia di mana saja serta detail yang menyertai metode tersebut. Jika Anda ingin tahu di mana Anda bisa naik bus atau semacamnya, Anda bisa menemukan informasi itu dengan Google Map.

Saat menggunakan fitur Maps, cukup mengklik titik tertentu, Anda mengetahui seberapa jauh jaraknya ke lokasi Anda saat ini dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sana. Ini akan membantu Anda merencanakan perjalanan dan mengatur jadwal Anda.

Selain itu, Google Maps juga dapat memberi tahu Anda tempat mana yang padat pada jam berapa.

Manfaat Mendaftarkan Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Dengan begitu banyak orang yang mengandalkan Google Maps, ini menjadi alat pemasaran yang menarik untuk bisnis. 

Google Maps membantu pengguna menemukan apa saja. Dari mencari restoran terdekat, menemukan bengkel mobil, atau menemukan pom bensin terdekat, Google Maps adalah solusi yang tepat.

Berikut manfaat yang akan Anda dapat jika mendaftarkan alamat bisnis Anda di Google Maps.

1. Membantu Pelanggan Menemukan Bisnis Anda

Seperti yang disebutkan, salah satu manfaat utama Google Maps adalah memungkinkan orang menemukan bisnis Anda dengan cepat. Kemampuan penelusuran lokal memungkinkan Google Maps menyematkan dan mencantumkan bisnis yang terkait dengan penelusuran pengguna. 

Pengguna dapat dengan mudah melihat opsi mereka sebelum memutuskan untuk mengunjungi atau menghubungi bisnis tersebut.

Google Maps bertindak sebagai search engine untuk menemukan bisnis yang dicari pengguna, dan kemudian sebagai peta untuk mengarahkan pengguna ke lokasi tersebut.

Ini sangat penting karena hampir 1/3 dari semua pencarian seluler berhubungan dengan lokasi, yang berarti Google Maps adalah pendorong traffic mobile yang penting.

2. Memungkinkan Orang Menghubungi Bisnis Anda dengan Cepat

Saat pengguna melihat bisnis Anda di Google Maps, platform menyediakan informasi komprehensif yang menyertakan nomor telepon perusahaan Anda. Dan karena sebagian besar penelusuran Google Map dilakukan melalui handphone, mereka dapat menghubungi bisnis Anda hanya dengan satu klik.

Karena orang-orang menggunakan Google Maps untuk membuat keputusan (misalnya, di mana menemukan donat atau menemukan toko pakaian terdekat), platform ini memberi pengguna kemampuan untuk menghubungi bisnis dengan mudah, mengajukan pertanyaan, dan kemudian memutuskan untuk berkunjung atau tidak. 

Itu memudahkan pengguna untuk mengambil langkah berikutnya dan bagi bisnis untuk terhubung langsung dengan pelanggan potensial.

3. Mendorong Orang untuk Mengunjungi Lokasi atau Website Anda

Selain memberikan nomor telepon bisnis, Google Maps juga menyoroti informasi kontak atau kunjungan lainnya.

Untuk toko offline, seperti toko atau restoran, pengguna dapat dengan cepat menjelajahi profil bisnis Anda dan menemukan petunjuk arah. Tidak perlu beralih antara aplikasi atau halaman web. Ini adalah scrolling dan klik sederhana yang dilakukan pelanggan.

Untuk bisnis yang menjual layanan atau produk yang memerlukan penelitian lebih lanjut atau pembelian yang lebih besar, Anda bisa menautkan link website ke Google Maps. Pengguna dapat membuka dan mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan dengan cara yang mudah diakses.

4. Menampilkan Bisnis Anda dengan Gambar

Pengguna saat ini tergila-gila dengan gambar. Saat menjelajahi atau mengevaluasi bisnis, citra dapat dengan mudah menjadi faktor penentu.

Misalnya, Anda memutuskan antara dua restoran untuk makan siang bersama teman. Setelah melihat ulasan dan menu (langsung dari daftar bisnis Google Maps Anda), Anda beralih ke foto makanannya.

Untuk restoran dengan gambar yang lebih banyak dan lebih baik, mereka akan lebih sering memenangkan keputusan Anda.

Informasi dan konten terkini itu penting, foto dan gambar membawa representasi visual dari bisnis Anda yang jika tidak akan hilang.

Sebaiknya bisnis Anda membagikan gambar ke listing Anda (melalui Profil Google Bisnis Anda). Namun, yang lebih bagus lagi adalah foto yang diposkan pelanggan Anda melalui review.

5. Menawarkan Kredibilitas Pelanggan Melalui Review

Tidak ada yang membangun kepercayaan brand lebih baik dari konfirmasi sosial orang lain, dan cara paling sukses untuk melakukannya adalah melalui review online, yang ditampilkan Google Maps di daftar profil.

Kredibilitas bisnis Google Maps meliputi:

  • Rating bintang
  • Ulasan tertulis
  • Foto yang dikirim

Mendorong konsumen untuk memberikan ulasan di Google memungkinkan calon pelanggan lainnya mendapatkan kepercayaan pada bisnis Anda dan mendorong konversi.

Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps dari Handphone

Berikut cara mendaftarkan alamat bisnis Anda di Google Maps melalui handphone atau tablet.

Tambahkan bisnis Anda melalui Google Maps

  • Di ponsel atau tablet Anda, buka aplikasi Google Maps.
  • Search nama bisnis Anda dan pilih yang benar.
  • Gulir ke bawah lalu ketuk Klaim bisnis ini Klaim bisnis ini.

Klaim bisnis Anda melalui Google Maps

  • Di ponsel atau tablet Anda, buka aplikasi Google Maps.
  • Di search bar, masukkan nama bisnis dan pilih yang benar.
  • Di Profil Bisnis, klik Klaim bisnis ini, lalu pilih saya memiliki atau mengelola bisnis ini.
    • Untuk memilih bisnis lain, ketuk Saya memiliki atau mengelola bisnis lain.
  • Pilih opsi verifikasi, dan ikuti langkah-langkah di layar.

Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps dari PC

Tambahkan bisnis Anda melalui Google Maps

  • Di komputer Anda, masuk ke Google Maps.
  • Anda dapat menambahkan bisnis Anda dengan 3 cara:
    • Masukkan alamat Anda di search bar. Di sebelah kiri, di Profil Bisnis, klik Tambahkan bisnis Anda.
    • Klik kanan di mana saja di peta. Kemudian, klik Tambahkan bisnis Anda.
    • Di kiri atas, klik Menu, lalu Tambahkan bisnis Anda.
  • Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan pendaftaran ke Profil Bisnis Anda.

Klaim bisnis Anda melalui Google Maps

  • Di komputer Anda, buka Google Maps.
  • Di search bar, masukkan nama bisnis.
  • Klik nama bisnis dan pilih yang benar.
  • Klik Klaim bisnis ini lalu Kelola sekarang.
    • Untuk memilih bisnis lain, klik Saya memiliki atau mengelola bisnis lain.
  • Pilih opsi verifikasi, dan ikuti langkah-langkah di layar.

Cara Mendaftarkan Alamat dari Google My Business

  1. Masuk ke Google
  2. Buka Halaman Profil Google Bisnis

Setelah Anda login ke Google, buka halaman Google Profil Bisnis di www.google.com/business. Klik tombol "Kelola Sekarang". Ini akan membawa Anda ke formulir pendaftaran tempat Anda akan memasukkan beberapa informasi dasar tentang bisnis Anda.

  1. Daftarkan Bisnis Anda Di Google Profil Bisnis

Anda akan diminta untuk mengisi detail berikut:

  • Nama Bisnis
  • Jenis Bisnis
  • Kategori bisnis (Hadiah dan Bunga, Hewan Piaraan, Penjualan Kendaraan dll)
  • Alamat bisnis
  • Area pengiriman (jika Anda mengirim)
  • Detail kontak
  • Alamat situs web (jika ada)
  1. Lakukan Verifikasi

Baca juga: Perluas Visibilitas Bisnis Anda dengan Google My Business!

Dapatkan Pelanggan Baru dari Google Maps dengan OneTalk

Dapatkan Pelanggan Baru dari Google Maps dengan OneTalk

Google Maps adalah alat penting untuk usaha kecil yang ingin menjangkau pelanggan lokal dan menonjol dibandingkan pesaing di wilayah mereka. 

Tools ini tidak hanya memudahkan pelanggan untuk menemukan informasi tentang bisnis dengan cepat dan mudah, tetapi juga menyediakan fitur hebat seperti review rating, foto/video, update, dan iklan bertarget – yang semuanya dapat membantu meningkatkan traffic dan mendorong lebih banyak penjualan untuk bisnis. 

Oleh karena itu, jika Anda adalah pemilik usaha kecil, memanfaatkan Google Maps adalah suatu keharusan!

Setelah mendaftarkan bisnis Anda di Google Maps, pengguna dapat menghubungi Anda melalui tombol yang sudah disediakan oleh Google.

Namun, ketika memiliki bisnis tentu kita memiliki lebih dari satu channel untuk tetap terhubung dengan pelanggan, bukan?

Agar Anda bisa dengan mudah mengakses semua pesan dari berbagai channel termasuk Google Maps, Anda bisa menggunakan layanan omnichannel dari OneTalk by TapTalk.io.

OneTalk kini telah terintegrasi dengan Google Business Messages. Jadi, semua pesan yang masuk dari Google Maps akan terhubung dalam satu inbox yang sama.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan OneTalk agar Anda bisa terhubung dengan lebih banyak calon pelanggan.

Anda bisa menghubungi kami di sini untuk informasi lebih lanjut dan penawaran menarik lainnya.

Share this article

Jessica Jacob

VP Business Development

Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.

Google Maps adalah salah satu layanan yang paling banyak digunakan dari Google. Jutaan orang menggunakan Google Maps setiap hari. 

Selama bertahun-tahun, Google Maps telah berubah dari peta online menjadi sumber daya untuk menemukan tempat baru yang disarankan, meneliti bisnis lokal, dan merencanakan perjalanan yang menyeluruh. 

Selain itu, Google Maps juga memiliki berbagai manfaat bagi bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut tentang manfaatnya dan cara mendaftarkan alamat di Google Maps melalui blog ini.

Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps untuk Bisnis

Key Takeaways:

  • Google Maps dapat membantu Anda dalam memberi petunjuk arah, metode transportasi yang tersedia, jarak, waktu tempuh, hingga kepadatan tempatnya.
  • Dengan mendaftarkan alamat bisnis ke Google Maps, Anda bisa membantu orang menemukan bisnis Anda lebih mudah, menghubungi bisnis Anda lebih cepat, mendorong pengguna untuk mengunjungi bisnis, menunjukkan foto, dan meningkatkan kredibilitas.
  • Anda bisa mendaftarkan bisnis Anda di Google Maps melalui handphone atau PC.

Apa Fungsi Google Maps Secara Umum?

Google Maps sangat bagus dalam memberi Anda petunjuk tentang metode transportasi mana yang tersedia di mana saja serta detail yang menyertai metode tersebut. Jika Anda ingin tahu di mana Anda bisa naik bus atau semacamnya, Anda bisa menemukan informasi itu dengan Google Map.

Saat menggunakan fitur Maps, cukup mengklik titik tertentu, Anda mengetahui seberapa jauh jaraknya ke lokasi Anda saat ini dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sana. Ini akan membantu Anda merencanakan perjalanan dan mengatur jadwal Anda.

Selain itu, Google Maps juga dapat memberi tahu Anda tempat mana yang padat pada jam berapa.

Manfaat Mendaftarkan Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Dengan begitu banyak orang yang mengandalkan Google Maps, ini menjadi alat pemasaran yang menarik untuk bisnis. 

Google Maps membantu pengguna menemukan apa saja. Dari mencari restoran terdekat, menemukan bengkel mobil, atau menemukan pom bensin terdekat, Google Maps adalah solusi yang tepat.

Berikut manfaat yang akan Anda dapat jika mendaftarkan alamat bisnis Anda di Google Maps.

1. Membantu Pelanggan Menemukan Bisnis Anda

Seperti yang disebutkan, salah satu manfaat utama Google Maps adalah memungkinkan orang menemukan bisnis Anda dengan cepat. Kemampuan penelusuran lokal memungkinkan Google Maps menyematkan dan mencantumkan bisnis yang terkait dengan penelusuran pengguna. 

Pengguna dapat dengan mudah melihat opsi mereka sebelum memutuskan untuk mengunjungi atau menghubungi bisnis tersebut.

Google Maps bertindak sebagai search engine untuk menemukan bisnis yang dicari pengguna, dan kemudian sebagai peta untuk mengarahkan pengguna ke lokasi tersebut.

Ini sangat penting karena hampir 1/3 dari semua pencarian seluler berhubungan dengan lokasi, yang berarti Google Maps adalah pendorong traffic mobile yang penting.

2. Memungkinkan Orang Menghubungi Bisnis Anda dengan Cepat

Saat pengguna melihat bisnis Anda di Google Maps, platform menyediakan informasi komprehensif yang menyertakan nomor telepon perusahaan Anda. Dan karena sebagian besar penelusuran Google Map dilakukan melalui handphone, mereka dapat menghubungi bisnis Anda hanya dengan satu klik.

Karena orang-orang menggunakan Google Maps untuk membuat keputusan (misalnya, di mana menemukan donat atau menemukan toko pakaian terdekat), platform ini memberi pengguna kemampuan untuk menghubungi bisnis dengan mudah, mengajukan pertanyaan, dan kemudian memutuskan untuk berkunjung atau tidak. 

Itu memudahkan pengguna untuk mengambil langkah berikutnya dan bagi bisnis untuk terhubung langsung dengan pelanggan potensial.

3. Mendorong Orang untuk Mengunjungi Lokasi atau Website Anda

Selain memberikan nomor telepon bisnis, Google Maps juga menyoroti informasi kontak atau kunjungan lainnya.

Untuk toko offline, seperti toko atau restoran, pengguna dapat dengan cepat menjelajahi profil bisnis Anda dan menemukan petunjuk arah. Tidak perlu beralih antara aplikasi atau halaman web. Ini adalah scrolling dan klik sederhana yang dilakukan pelanggan.

Untuk bisnis yang menjual layanan atau produk yang memerlukan penelitian lebih lanjut atau pembelian yang lebih besar, Anda bisa menautkan link website ke Google Maps. Pengguna dapat membuka dan mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan dengan cara yang mudah diakses.

4. Menampilkan Bisnis Anda dengan Gambar

Pengguna saat ini tergila-gila dengan gambar. Saat menjelajahi atau mengevaluasi bisnis, citra dapat dengan mudah menjadi faktor penentu.

Misalnya, Anda memutuskan antara dua restoran untuk makan siang bersama teman. Setelah melihat ulasan dan menu (langsung dari daftar bisnis Google Maps Anda), Anda beralih ke foto makanannya.

Untuk restoran dengan gambar yang lebih banyak dan lebih baik, mereka akan lebih sering memenangkan keputusan Anda.

Informasi dan konten terkini itu penting, foto dan gambar membawa representasi visual dari bisnis Anda yang jika tidak akan hilang.

Sebaiknya bisnis Anda membagikan gambar ke listing Anda (melalui Profil Google Bisnis Anda). Namun, yang lebih bagus lagi adalah foto yang diposkan pelanggan Anda melalui review.

5. Menawarkan Kredibilitas Pelanggan Melalui Review

Tidak ada yang membangun kepercayaan brand lebih baik dari konfirmasi sosial orang lain, dan cara paling sukses untuk melakukannya adalah melalui review online, yang ditampilkan Google Maps di daftar profil.

Kredibilitas bisnis Google Maps meliputi:

  • Rating bintang
  • Ulasan tertulis
  • Foto yang dikirim

Mendorong konsumen untuk memberikan ulasan di Google memungkinkan calon pelanggan lainnya mendapatkan kepercayaan pada bisnis Anda dan mendorong konversi.

Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps dari Handphone

Berikut cara mendaftarkan alamat bisnis Anda di Google Maps melalui handphone atau tablet.

Tambahkan bisnis Anda melalui Google Maps

  • Di ponsel atau tablet Anda, buka aplikasi Google Maps.
  • Search nama bisnis Anda dan pilih yang benar.
  • Gulir ke bawah lalu ketuk Klaim bisnis ini Klaim bisnis ini.

Klaim bisnis Anda melalui Google Maps

  • Di ponsel atau tablet Anda, buka aplikasi Google Maps.
  • Di search bar, masukkan nama bisnis dan pilih yang benar.
  • Di Profil Bisnis, klik Klaim bisnis ini, lalu pilih saya memiliki atau mengelola bisnis ini.
    • Untuk memilih bisnis lain, ketuk Saya memiliki atau mengelola bisnis lain.
  • Pilih opsi verifikasi, dan ikuti langkah-langkah di layar.

Cara Mendaftarkan Alamat di Google Maps dari PC

Tambahkan bisnis Anda melalui Google Maps

  • Di komputer Anda, masuk ke Google Maps.
  • Anda dapat menambahkan bisnis Anda dengan 3 cara:
    • Masukkan alamat Anda di search bar. Di sebelah kiri, di Profil Bisnis, klik Tambahkan bisnis Anda.
    • Klik kanan di mana saja di peta. Kemudian, klik Tambahkan bisnis Anda.
    • Di kiri atas, klik Menu, lalu Tambahkan bisnis Anda.
  • Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan pendaftaran ke Profil Bisnis Anda.

Klaim bisnis Anda melalui Google Maps

  • Di komputer Anda, buka Google Maps.
  • Di search bar, masukkan nama bisnis.
  • Klik nama bisnis dan pilih yang benar.
  • Klik Klaim bisnis ini lalu Kelola sekarang.
    • Untuk memilih bisnis lain, klik Saya memiliki atau mengelola bisnis lain.
  • Pilih opsi verifikasi, dan ikuti langkah-langkah di layar.

Cara Mendaftarkan Alamat dari Google My Business

  1. Masuk ke Google
  2. Buka Halaman Profil Google Bisnis

Setelah Anda login ke Google, buka halaman Google Profil Bisnis di www.google.com/business. Klik tombol "Kelola Sekarang". Ini akan membawa Anda ke formulir pendaftaran tempat Anda akan memasukkan beberapa informasi dasar tentang bisnis Anda.

  1. Daftarkan Bisnis Anda Di Google Profil Bisnis

Anda akan diminta untuk mengisi detail berikut:

  • Nama Bisnis
  • Jenis Bisnis
  • Kategori bisnis (Hadiah dan Bunga, Hewan Piaraan, Penjualan Kendaraan dll)
  • Alamat bisnis
  • Area pengiriman (jika Anda mengirim)
  • Detail kontak
  • Alamat situs web (jika ada)
  1. Lakukan Verifikasi

Baca juga: Perluas Visibilitas Bisnis Anda dengan Google My Business!

Dapatkan Pelanggan Baru dari Google Maps dengan OneTalk

Dapatkan Pelanggan Baru dari Google Maps dengan OneTalk

Google Maps adalah alat penting untuk usaha kecil yang ingin menjangkau pelanggan lokal dan menonjol dibandingkan pesaing di wilayah mereka. 

Tools ini tidak hanya memudahkan pelanggan untuk menemukan informasi tentang bisnis dengan cepat dan mudah, tetapi juga menyediakan fitur hebat seperti review rating, foto/video, update, dan iklan bertarget – yang semuanya dapat membantu meningkatkan traffic dan mendorong lebih banyak penjualan untuk bisnis. 

Oleh karena itu, jika Anda adalah pemilik usaha kecil, memanfaatkan Google Maps adalah suatu keharusan!

Setelah mendaftarkan bisnis Anda di Google Maps, pengguna dapat menghubungi Anda melalui tombol yang sudah disediakan oleh Google.

Namun, ketika memiliki bisnis tentu kita memiliki lebih dari satu channel untuk tetap terhubung dengan pelanggan, bukan?

Agar Anda bisa dengan mudah mengakses semua pesan dari berbagai channel termasuk Google Maps, Anda bisa menggunakan layanan omnichannel dari OneTalk by TapTalk.io.

OneTalk kini telah terintegrasi dengan Google Business Messages. Jadi, semua pesan yang masuk dari Google Maps akan terhubung dalam satu inbox yang sama.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan OneTalk agar Anda bisa terhubung dengan lebih banyak calon pelanggan.

Anda bisa menghubungi kami di sini untuk informasi lebih lanjut dan penawaran menarik lainnya.

Related Posts