Untuk menjadi pebisnis yang sukses di era digital seperti sekarang, tidaklah cukup bila Anda hanya mengetahui teori-teori manajemen dan bisnis konvensional. Anda tidak dapat memaksimalkan bisnis Anda, terutama dalam hal marketing bila tidak memahami perkembangan IT saat ini. Apa lagi fakta lebih dari setengah masyarakat dunia telah aktif menggunakan internet.
Social Media Marketing adalah salah satu produk dari perkembangan teknologi informasi saat ini. Social Media Marketing menjadi metode pemasaran yang banyak dipilih oleh organisasi maupun perusahaan karena menawarkan potensi untuk menjangkau masyarakat secara lebih mendalam karena terjun langsung di kehidupan privat masing-masing orang.
Ada banyak platform media sosial yang menawarkan layanan bisnis, salah satunya adalah Facebook. Salah satu anak perusahaan Meta ini menawarkan layanan bisnis melalui Facebook Business Manager yang berada di bawah kendali Meta Business Suite. Facebook Business Manager memiliki fungsi sebagai alat pengelola aktivitas digital marketing dan periklanan di platform Facebook, yang meliputi mengunggah postingan produk, menanggapi pesan-pesan dari pelanggan, hingga melihat insight bisnis yang dapat berguna sebagai data evaluasi bisnis Anda.
Untuk bisa menggunakan layanan ini dengan maksimal, Anda perlu membuat dan memverifikasi akun. Artikel ini akan membahas apa saja syarat-syarat dan cara verify FBM atau Facebook Business Manager. Selain itu, artikel ini akan membahas sekilas beberapa hal lain mengenai verifikasi Facebook Business Manager.
Key Takeaways:
- Untuk memverifikasi akun Facebook Business Manager, Anda tidak hanya diharuskan mengisi detail bisnis saja, namun Anda juga perlu memiliki akun Facebook dan dokumen-dokumen yang telah ditetapkan oleh pihak Meta sebagai pengelola.
- Terdapat langkah-langkah yang harus Anda lalui untuk melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager.
- Anda sebagai pemilik akun dapat melakukan perubahan detail bisnis Anda guna melakukan update data dan mempertahankan status verifikasi.
- Terdapat beberapa hal yang dapat menjadi penyebab akun Facebook Business Manager Anda tidak mendapat persetujuan verifikasi dari pihak Facebook atau Meta.
Apa Saja yang Perlu Anda Siapkan untuk Memverifikasi Bisnis Anda?
Verifikasi Facebook Business Manager (FBM) merupakan sebuah langkah yang memiliki tujuan mengkonfirmasi akun Facebook bisnis Anda adalah akun resmi dari bisnis yang terdaftar secara hukum. Verifikasi akun FBM berguna untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda dan membantu Anda dalam mengelola bisnis di Facebook.
1. Akun Facebook
Hal paling pertama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan verifikasi Facebook Business Manager tentunya adalah memiliki akun Facebook sendiri. Untuk membuat akun Facebook, Anda perlu mengunjungi laman resmi Facebook. Kemudian Anda diwajibkan mengisi formulir pendaftaran di laman tersebut. Pastikan semua data pada formulir tersebut diisi dengan benar, karena data yang tidak benar akan sangat berpengaruh pada bisnis Anda di kemudian hari.
2. Akun Facebook Business Manager
Untuk membuat akun Facebook Business Manager, Anda dapat membuat akun melalui akun Facebook yang sebelumnya Anda buat, ataupun melalui laman langsungnya. Anda juga perlu memberikan nama dan email bisnis Anda, kemudian mengkonfirmasinya.
3. Dokumen-Dokumen
Salah satu tujuan verifikasi Facebook Business Manager adalah untuk mengonfirmasi bahwa akun Anda adalah milik bisnis atau organisasi yang sah. Oleh karena itu, diperlukan dokumen-dokumen yang memiliki landasan hukum yang jelas. Pihak Facebook hanya bisa mengonfirmasi hubungan Anda dengan bisnis atau organisasi dengan salah satu dokumen ini:
- Akta Pendirian (untuk kemitraan)
- AD/ART (untuk perusahaan)
- Izin Usaha Lokal atau Lisensi Bisnis (dikeluarkan oleh kota, daerah, negara, dst.)
- Tagihan layanan publik
- Surat setoran pajak
Sementara pihak Facebook tidak bisa mengkonfirmasi hubungan Anda dengan bisnis atau organisasi dengan salah satu dokumen ini:
- Kartu bisnis atau gambar logo
- Dokumen Kepemilikan Domain
- Kop surat atau amplop
- Surat pribadi atau korespondensi email
- Cuplikan layar atau tautan ke situs web atau halaman Wikipedia
- Selebaran
- Foto lokasi bisnis Anda
- Dokumen yang bisa diedit atau dokumen yang tersedia untuk umum
Baca juga: Mau Jualan Laris di Facebook? Baca 7 Tips Jitu Ini!
Langkah-Langkah Memverifikasi Akun Facebook Business Manager
Langkah 1: Buka Pengaturan Bisnis
Di langkah verifikasi pertama ini, mulailah dengan masuk ke akun Facebook Business Manager Anda. Kemudian, buka tab "Pengaturan Bisnis".
Langkah 2: Mulai Proses Verifikasi
Di bawah tab "Pusat Keamanan", Anda akan menemukan opsi untuk "Verifikasi Bisnis". Klik "Mulai Verifikasi" untuk memulai proses.
Langkah 3: Konfirmasikan Detail Bisnis
Anda harus memberikan detail bisnis Anda seperti nama, alamat, dan nomor telepon bisnis yang sah. Pastikan detail ini akurat, karena Facebook akan melakukan verifikasi silang terhadap informasi ini.
Langkah 4: Verifikasi Nomor Telepon
Facebook akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon Anda yang terdaftar. Masukkan kode ini untuk memverifikasi nomor telepon Anda.
Langkah 5: Kirim Dokumen Bisnis
Selanjutnya, Anda harus mengunggah dokumen yang membuktikan keberadaan bisnis Anda, seperti izin usaha atau berkas pajak.
Langkah 6: Tunggu Verifikasi
Setelah Anda mengirimkan dokumen yang diperlukan, keputusan bisa dibuat hanya dalam 10 menit hingga 14 hari kerja. Anda akan menerima notifikasi saat tinjauan selesai. Jika mendapat konfirmasi bahwa bisnis Anda sudah terverifikasi, Anda tidak perlu melakukan apa pun.
Anda bisa mengedit detail bisnis Anda kapan saja. Namun, setiap perubahan akan mengharuskan Anda menyelesaikan proses verifikasi bisnis lagi.
Bagaimana Cara Mengedit Detail Bisnis Anda?
Anda bisa meng-update detail bisnis Anda dengan cara mengedit kapan saja jika informasi bisnis Anda sudah tidak aktual. Dalam kasus tertentu, Anda mungkin diminta untuk memperbarui informasi demi mempertahankan status verifikasi, misalnya jika situs web bisnis Anda telah diubah.
Ikuti langkah-langkah ini untuk mengedit detail bisnis Anda:
- Buka Pusat Keamanan di Pengelola Bisnis.
- Klik Lihat detail.
- Klik Edit.
- Ubah sesuai keinginan Anda dan lanjutkan ke proses verifikasi bisnis. Pelajari cara memverifikasi bisnis Anda.
- Setelah diverifikasi, detail bisnis terbaru Anda akan terlihat di Pusat Keamanan.
Jika sebelumnya Anda telah memverifikasi bisnis, Anda akan diminta menyelesaikan proses verifikasi bisnis setiap kali memperbarui detail Anda. Status verifikasi bisnis Anda saat ini tidak akan berubah selama proses pengeditan. Namun, Anda bisa saja diminta menyertakan dokumen untuk mengonfirmasi detail bisnis terbaru seperti nama resmi bisnis, alamat fisik, atau nomor telepon. Anda juga akan diminta membuktikan hubungan Anda dengan bisnis menggunakan kode verifikasi yang dikirim ke email atau nomor telepon atau menggunakan verifikasi domain.
Baca juga: Tutorial Cara Mudah Membuat Iklan Facebook
Bagaimana Cara Mempertahankan Status Verifikasi Bisnis Anda?
1. Pertahankan Standar Integritas Bisnis Anda
Pihak Facebook atau Meta bisa mencabut status verifikasi bisnis Anda jika kami mendeteksi pelanggaran, seperti:
- Melanggar standar iklan Meta
- Memberikan informasi palsu atau menyesatkan selama proses verifikasi bisnis Anda
- Melakukan upaya apa pun untuk mengklaim atau memverifikasi bisnis yang bukan milik Anda dengan tidak memiliki otorisasi untuk mewakilinya
- Mencurangi sistem peninjauan verifikasi Meta.
2. Pertahankan Detail Situs Web Anda Saat Ini
Situs web aktif yang sesuai dengan HTTP diperlukan untuk memverifikasi bisnis Anda dan mempertahankan status bisnis terverifikasi. Jika detail situs web Anda diubah, Anda perlu mengonfirmasi nya secara akurat di Pengelola Bisnis. Jika Meta mendeteksi bahwa detail situs web Anda sudah tidak aktual, Anda mungkin diminta untuk memperbarui situs web sebelum tanggal tertentu atau akan kehilangan status verifikasi bisnis Anda.
3. Penyebab Situs Web Anda Dianggap Tidak Aktif
a. Pemeliharaan Situs Temporer
Jika situs web Anda untuk sementara terganggu dan beroperasi dengan baik pada batas waktu yang ditentukan, Anda tidak perlu melakukan tindakan apa pun.
b. Perubahan Pada Alamat Situs Web Anda
Jika Anda melakukan perubahan pada URL yang terkait dengan situs web Anda, pastikan untuk memperbarui tautan situs web di Pengelola Bisnis untuk menghindari pencabutan status bisnis terverifikasi Anda. Anda bisa saja diminta menyertakan dokumen untuk mengonfirmasi detail bisnis terbaru seperti nama resmi bisnis, alamat fisik, atau nomor telepon. Anda harus menyelesaikan proses verifikasi bisnis setiap kali memperbarui detail Anda untuk perubahan alamat situs web Anda.
c. Penghentian Situs Web
Jika situs yang Anda gunakan untuk memverifikasi situs web Anda tidak lagi berfungsi dan Anda tidak memiliki situs web alternatif, Anda akan kehilangan status verifikasi bisnis.
Penyebab Pengajuan Verifikasi Bisnis Anda Ditolak
Selama proses verifikasi bisnis, pihak Facebook akan mengevaluasi sejumlah faktor. Pihak Meta bisa mencegah bisnis Anda mendapatkan verifikasi jika pengiriman dokumen tidak memenuhi persyaratan untuk verifikasi. Ini bisa mencakup:
- Mengirimkan, atau dicurigai mengirimkan, informasi/dokumen palsu atau menyesatkan
- Mencoba untuk mengklaim atau memverifikasi Akun Bisnis yang bukan milik Anda atau Anda tidak memiliki otorisasi untuk mewakilinya
- Mencoba mengakali sistem peninjauan verifikasi Meta
- Memiliki situs web yang gagal dimuat, tidak mematuhi HTTPS, atau berisi tautan yang mengarahkan ke pesan kesalahan
- Jika permohonan verifikasi bisnis Anda ditolak, Anda mungkin memenuhi syarat untuk mengajukan banding. Kunjungi Pusat Bantuan atau kembali ke tempat Anda memulai proses verifikasi untuk mempelajari lebih lanjut tentang status verifikasi Anda.
Dokumen yang Mungkin Menjadi Penyebab Akun Anda Gagal Diverifikasi
Pihak Facebook ataupun Meta mungkin memutuskan bahwa informasi yang Anda berikan tidak cukup untuk menyelesaikan verifikasi. Jika Anda menerima notifikasi bahwa pengajuan Anda memerlukan informasi lain, bisa jadi karena salah satu alasan di bawah ini.
1. Jenis Dokumen yang Anda Kirim Bukan Jenis yang Diterima
Untuk mengatasinya, pastikan untuk mengirim dokumen dari daftar jenis dokumen yang diterima untuk memverifikasi bisnis Anda. Untuk pasar yang tidak mencantumkan persyaratan dokumen yang jelas, gunakan dokumen pemerintah yang bisa memvalidasi nama resmi dan alamat bisnis tersebut. Jika Anda memilih verifikasi nomor telepon, berikan dokumen yang memvalidasi nomor telepon bisnis tersebut.
2. Dokumen yang Anda Unggah adalah File yang Diisi Sendiri
Mungkin Anda telah mengirimkan dokumen hukum resmi, tetapi dokumen itu mungkin hanya dokumen arsip. Facebook tidak menerima dokumen yang diisi sendiri oleh pelaku bisnis tanpa dilengkapi tanda tangan atau stempel resmi. Anda perlu mengunggah sertifikat pendaftaran yang disetujui dengan tanda tangan dan/atau stempel resmi.
3. Bahasa Dokumen Tidak Mendukung
Saat ini, pihak Meta/Facebook hanya mendukung verifikasi bisnis dalam bahasa tertentu. Jika bahasa Anda tidak didukung, terjemahkan dokumen pendukung ke dalam bahasa Inggris. Dokumen itu juga harus memiliki stempel resmi agensi penerjemahan tersebut. Lihat daftar jenis dokumen yang diterima untuk memverifikasi bisnis Anda.
4. Dokumen Tidak Bisa Dilihat
Anda mungkin telah mengunggah dokumen pendukung, tetapi berukuran kecil, buram, beresolusi rendah, atau dalam file yang rusak. Coba pindai dokumen Anda dengan resolusi yang lebih tinggi atau format yang lebih besar.
5. Dokumen Kadaluarsa
Periksa tanggal masa berlaku dokumen Anda. Jika dokumen Anda kadaluarsa, perbarui dan unggah dokumen baru dengan masa berlaku yang baru.
6. Dokumen Tidak Berisi Nama Bisnis Resmi
Berikan dokumen yang diterima yang menyertakan nama resmi bisnis Anda seperti yang tertera di Pengaturan bisnis. Kecuali jika diminta verifikasi identitas pribadi, dokumen tersebut diharapkan mencantumkan nama bisnis resmi untuk memenuhi persyaratan verifikasi bisnis.
7. Nama di Dokumen Tidak Sesuai dengan Nama Bisnis
Nama yang tertera dalam dokumen yang Anda unggah tidak sesuai dengan nama bisnis dalam pengajuan Anda. Buka Pengaturan bisnis dan perbarui nama resmi bisnis seperti yang tertera di dokumen pendukung Anda atau berikan dokumen yang diterima dan mencantumkan nama resmi bisnis Anda seperti yang tertera di Pengaturan bisnis.
8. Dokumen Tidak Mencantumkan Alamat Bisnis
Dokumen Anda harus mencantumkan informasi alamat lengkap bisnis Anda dan sesuai dengan dokumen pendukung yang Anda kirimkan. Unggah dokumen baru yang mencantumkan nama resmi bisnis Anda beserta alamatnya.
9. Dokumen Tidak Mencantumkan Nomor Telepon Bisnis
Dokumen Anda harus mencantumkan informasi nomor telepon yang diwajibkan. Unggah dokumen baru yang diterima yang mencantumkan nama resmi bisnis dan nomor telepon yang sama.
10. Dokumen Tambahan Diperlukan untuk Verifikasi
Pastikan Anda telah memberikan jenis dokumen yang diterima. Pastikan nama bisnis Anda selalu muncul di dokumen itu. Misalnya, tagihan utilitas dengan nomor telepon tanpa nama bisnis tidak cukup untuk mengonfirmasi nomor telepon. Lihat daftar jenis dokumen yang diterima untuk memverifikasi bisnis Anda.
Baca juga: 3 Cara Mudah Mengaktifkan Facebook Messenger
Kembangkan dan Sebarkan Potensi Bisnis Anda di Facebook Business Manager Bersama TapTalk.io
Menjadi pebisnis di era digital seperti saat ini adalah berkah dari Tuhan yang tidak dimiliki pebisnis-pebisnis di masa lampau. Mengapa? Hal ini dikarenakan untuk menjalankan dan sukses di dunia bisnis tidak perlu lagi untuk datang door-to-door ataupun mengeluarkan modal lagi guna menyewa atau membeli lahan untuk mendirikan toko.
Di era digital seperti sekarang, Anda hanya perlu mendaftar di salah satu atau beberapa platform media sosial ataupun marketplace untuk memulai dan menjalankan bisnis. Hingga saat ini sudah terdapat puluhan hingga ratusan juta bisnis yang terjun ke dalam digital marketing. Namun hanya sedikit yang telah terverifikasi secara resmi, dan lebih sedikit lagi yang paham betul bagaimana memanfaatkan potensi bisnis di dalam dunia digital marketing, di Facebook Business Manager terutamanya. Masalah terbesar dan paling sering dihadapi para pebisnis adalah bagaimana menjaring banyak calon konsumen, serta bagaimana berkomunikasi dengan mereka secara massif namun efektif.
Hingga pada tahun 2016, Ritchie Nathaniel bersama timnya mendirikan TapTalk.io, sebuah aplikasi pesan instan yang menyediakan layanan omnichannel pertama di Indonesia, yaitu OneTalk. OneTalk merupakan layanan omnichannel messaging yang telah resmi terintegrasi dengan platform-platform media sosial besar, seperti Instagram, Whatsapp, Facebook, dll.
Selain itu, Anda juga bisa membalas dan mengatur pesan yang ingin dikirim, karena OneTalk telah menggunakan teknologi AI dalam operasinya, sehingga Anda dapat stay on 24/7 untuk membalas chat dari para konsumen.
Tidak hanya itu, dengan menggunakan OneTalk, pemasaran bisnis Anda akan dapat jauh lebih efektif lagi ketika mengirim pesan ke semua social messenger hanya di satu dashboard!
Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi situs ini untuk menciptakan social selling yang konsisten serta hubungan yang kuat dengan para konsumen Anda!