Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dapat menjadi alat yang ampuh dalam hal bisnis. Ketika digunakan dalam pengaturan dunia nyata yang sudah terbukti, AI dapat menghasilkan manfaat yang mungkin tidak pernah Anda perkirakan, terutama bila dikombinasikan dengan teknologi canggih seperti chatbot. Chatbot adalah program kecerdasan buatan yang dapat mensimulasikan percakapan (atau obrolan) dengan pengguna melalui aplikasi perpesanan, situs web, aplikasi seluler, atau melalui telepon.
Misalnya saja. Anda ingin membeli sepatu dari toko ritel lokal Anda, Anda harus mengakses situs web mereka, menemukan apa yang Anda cari dan membelinya. Tetapi bagaimana jika toko itu memiliki bot? Anda hanya perlu menulis pesan kepada brand melalui Facebook dan memberi tahu mereka apa yang kita inginkan. Dan jika Anda ragu tentang ukuran, Anda bisa mendapatkan jawaban atas masalah Anda hanya dalam sekejap.
Menurut Forbes, market chatbot diperkirakan mencapai $ 1,25 miliar pada tahun 2025.
Di masa sekarang, di mana pelanggan percaya bahwa pengalaman yang diberikan perusahaan sama pentingnya dengan produk atau layanannya, chatbot AI masuk sebagai peluang. Dapat dikatakan bahwa bot adalah bagian penting dari otomatisasi layanan pelanggan.
Table of Contents
80% pemasar berencana untuk mulai menggunakan chatbot dengan berbagai cara. Ini adalah alasan penting mengapa merek berinvestasi dalam meningkatkan pengalaman pelanggan.
Chatbot berbasis AI meningkatkan efisiensi operasional dan menghemat biaya bisnis sambil menawarkan kenyamanan bagi pelanggan. Bisnis dapat mengotomatiskan FAQ dan mengurangi kebutuhan akan interaksi manusia.
Terdapat beberapa keuntungan menggunakan Chatbot untuk bisnis Anda, yaitu:
Salah satu keuntungan yang didapatkan dari chatbot adalah ketersediaannya selama 24/7. Meskipun bukan jam kerja sekalipun, chatbot tetap dapat melayani pelanggan kapan saja.
Dengan chatbot, pelanggan yang dapat menghubungi Anda dimana saja dan kapan saja akan mendapat respon langsung. Hal ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan karena mereka akan merasa bahwa perusahaan Anda cepat tanggap.
Dengan kecepatan respon yang saat itu juga, tentu akan mengurangi waktu yang terbuang karena perusahaan dapat merespon pelanggan dengan cepat.
Menciptakan lingkungan kredibilitas antara bisnis Anda dan calon pelanggan Anda adalah faktor fundamental, dan memiliki chatbot dapat membantu perusahaan mewujudkannya.
Meningkatnya kepercayaan pelanggan dan kepuasan pelanggan berarti Anda dapat meningkatkan penjualan. Hal ini secara otomatis terjadi karena kepercayaan dan kepuasan pelanggan berhubungan dengan penjualan dalam perusahaan.
Chatbot dapat dirancang untuk mengumpulkan informasi pengguna yang penting seperti email, telepon, dll, hingga kemudian mengirimkan informasi tersebut ke tim penjualan sehingga mereka dapat menindaklanjuti percakapan tersebut. Kemudian juga, chatbot dapat memfilter dan mengkualifikasi calon pelanggan dengan mengajukan pertanyaan dan mengevaluasi respons. Hasil filter ini kemudian dapat dilanjutkan kepada tim penjualan Anda.
Chatbot membantu menyederhanakan proses belanja dan pembayaran online. Mereka memberikan informasi dan memecahkan masalah yang dimiliki pengguna selama proses keputusan pembelian.
Chatbot juga dapat melakukan pencarian, menyediakan produk serupa atau bahkan mengizinkan pembayaran dari obrolan percakapan itu sendiri.
Chatbot tidak memerlukan aplikasi tambahan yang cukup merepotkan untuk di-install. Salah satu cara untuk menggunakan chatbot adalah melalui omnichannel messaging platform. Jika Anda familiar dengan istilah tersebut, Anda dapat memilih OneTalk by TapTalk.io sebagai penyedia omnichannel messaging solution terpercaya di Indonesia. Anda bisa mengaplikasikan chatbot pada aplikasi messenger yang Anda miliki, misalnya saja pada WhatsApp.
Dapatkan keuntungan menggunakan chatbot menggunakan OneTalk. Tidak hanya chatbot, Anda juga dapat mengintegrasikan berbagai aplikasi messenger hanya dalam satu dasbor. Apalagi, kini sudah tersedia Instagram API di OneTalk, Anda dapat terhubung dengan pelanggan Anda di berbagai saluran. Customer Satisfaction pelanggan Anda sudah pasti meningkat dan secara otomatis meningkatkan penjualan perusahaan Anda. Inilah saatnya mengatakan selamat tinggal kepada pelayanan pelanggan yang rumit.
OneTalk selalu siap menjawab pertanyaan Anda, hubungi agent kami di sini dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.
By Ardian
Whether you have started your business years ago or just started to build a new one, you will always have the need to find a new way of making your audience. Fret not, in the new era of modern communication, social messaging platforms have become recent hits. So much that even more than one social […]
By Jessica Jacob
Marketing secara sederhana didefinisikan sebagai meletakkan produk yang tepat di tempat yang tepat, dengan harga yang tepat, dan pada waktu yang tepat. Konsep di balik marketing adalah product, price, place, dan promotion, singkatnya "Marketing Mix" atau "4P". Anda mungkin pernah mendengar tentang 4P marketing ini. Mereka adalah konsep pemasaran yang sangat penting yang dapat Anda […]
By Ardian
How digital marketing takes over conventional marketing significantly makes the businesses take steps to go along with it. Digital marketing becomes the spearhead of the selling and marketing improvement. Digital marketing negates the time and place limits so that it can accommodate the customers’ needs anytime anywhere. In the business world, creating digital marketing campaigns […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)