Bisnis modern harus tersedia di saluran favorit pelanggan mereka. Masa-masa di mana hanya alamat email dan nomor telepon yang cukup sudah berakhir dan kadaluarsa. Jika grup target Anda ada di Instagram, Anda juga harus ada di sana. Dan dilihat dari jumlahnya, Instagram memiliki peluang yang besar untuk Anda.
Pada tahun 2018, 71% dari semua bisnis di Amerika Serikat mengklaim bahwa mereka sudah menggunakan Instagram. 50% dari semua pengguna Instagram pada tahun 2018 mengikuti setidaknya satu merek. Selain itu, platform sosial memiliki pengaruh besar terhadap perilaku konsumen.
Brand dari berbagai industri dapat mendapatkan berbagai manfaat dari Instagram karena 90% pengguna mengikuti akun bisnis di media sosial ini. Plus, ada persepsi positif tentang brand di Instagram: Menurut survei Facebook, orang mengatakan bahwa mereka mengenali brand di Instagram sebagai populer (78%), relevan (74%) dan berkomitmen untuk membangun komunitas (72%).
Instagram sudah bukan tentang menyebarkan foto dan video saja, tetapi juga hadir dengan Instagram Shopping, Instagram Ads, dan yang paling baru, Reels. Fitur-fitur ini hadir untuk membantu banyak penggunanya, termasuk, para pemilik bisnis.
Hadir di Instagram berarti harus siap untuk berinteraksi dan menjawab pertanyaan dan komentar dari customer. Cara termudah dan paling efektif untuk menjalin percakapan yang baik mengenai produk bersama customer adalah melalui Instagram DM. Fitur yang seringkali tidak dianggap penting di Instagram.
Apa spesialnya Instagram DM? Instagram DM memang hanya sebuah layanan messenger dasar yang melengkapi Instagram, yang dapat mendukung pertukaran foto, gif, video, dan sebagainya. Fungsinya mirip dengan messenger lain. Tapi, adanya fitur ini dapat memberikan value yang dibutuhkan bisnis.
Baca juga: Ingin Belajar Instagram Marketing? Simak Tipsnya disini
Mari kita gali cara-cara memanfaatkan Instagram DM untuk mempromosikan brand dan memaksimalkan potensi brand di media sosial.
Tidak ada yang akan dapat menggantikan percakapan one-on-one
Instagram itu penuh dengan konten. Sangat banyak brand, influencer, ataupun bisnis yang bersaing untuk mendapatkan perhatian audiens. Instagram DM membantu dan menerobos kebisingan tersebut dengan memusatkan perhatian dan berbicara dengan seseorang secara langsung. Begitulah cara Anda bisa bangkit di atas hiruk pikuk keramaian media sosial dan benar-benar menonjol.
Dapat dibilang, semua hal penting terjadi di DM. Mulai dari berkomunikasi dengan customer, membuat koneksi dengan pemilik bisnis lain, hingga menghubungi influencer. Adanya personalisasi dan percakapan one on one ini yang menjadi value penting bagi bisnismu.
Keuntungan DM untuk Customer Service
- Menjual value lewat DM
Pakar media sosial, life coach, pakar kesehatan — mereka semua mencoba menjual sesuatu kepada Anda tetapi tidak menawarkan apa pun sebagai imbalan atas perhatian Anda. Jangan jadi seperti itu! Fokus untuk memberikan value melalui DM Anda.
Menjual value adalah tentang mengutamakan orang lain. Anda ingin memberi mereka sesuatu yang mereka inginkan atau butuhkan, dan sebagai gantinya, mereka akan lebih terbuka untuk melakukan hal yang sama untuk Anda. Namun, perlu diingat bahwa apa yang berharga bagi satu orang belum tentu berharga bagi orang lain, jadi Anda harus memikirkan siapa yang Anda kirimi pesan saat menulis penawaran value Anda.
- Membangun Brand Loyalty Diantara Followers yang Ada
- Menyediakan konten “insider’. Baik itu “sneak peek” produk baru atau pesan liburan khusus dari tim Anda, konten eksklusif membuat orang merasa seperti mereka adalah bagian dari "orang banyak".
- Jalankan promosi. Buat reward bahwa setiap orang yang menyukai atau mengomentari postingan tertentu akan menerima kupon di DM mereka. Gunakan itu sebagai kesempatan untuk memulai percakapan.
- Ucapkan terima kasih kepada pengikut Anda yang paling terlibat. Jika salah satu pengikut Anda terus-menerus menyukai atau mengomentari konten Anda, beritahu mereka di DM. Meskipun ucapan terima kasih yang sederhana sangat berguna, menawarkan diskon atau penawaran khusus akan benar-benar menarik perhatian mereka.
- Menjangkau Pelanggan Potensial Baru
- Kirimkan beberapa konten gratis Anda. Misalnya, Anda memiliki perusahaan yang memiliki spesialisasi dalam renovasi dapur. Mungkin Anda menemukan postingan dari beberapa orang yang baru saja membeli rumah baru. Coba kirimkan tautan ke posting blog yang relevan dari situs web Anda kepada mereka, dan Anda mungkin memiliki prospek baru.
- Menawarkan diskon pelanggan baru. Sekali lagi, Anda ingin menargetkan orang-orang di area Anda yang berpotensi tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.
- Bersikap murah hati dengan pujian. Jangkau pengikut Anda dan katakan sesuatu seperti, “Hei, saya hanya ingin berkata bahwa saya sangat menyukai konten Anda. Sungguh inspiratif!” akan mendorong kebanyakan orang untuk melihat profil Anda. Pujian itu gratis untuk diberikan, dan koneksi awal itu pada akhirnya dapat mengarahkan seseorang untuk melakukan pembelian dari bisnis Anda.
- Mempromosikan Produk Anda ke Influencer
- Tawarkan diskon kepada influencer atau berikan contoh produk Anda. Terkadang memiliki perwakilan influencer untuk mempromosikan produk Anda sepadan dengan biaya untuk memberikannya secara gratis. Misalnya, jika Anda seorang musisi, coba cari seseorang yang akan menggunakan musik Anda dalam sebuah video. Atau, jika Anda seorang pemilik restoran, tawarkan makanan gratis kepada blogger pecinta kuliner. Hanya dengan menampilkan produk Anda di depan audiens mereka, Anda dapat meningkatkan brand recognition dan memperoleh pelanggan baru.
Ingatlah, Anda tidak bisa masuk ke percakapan dengan berpikir, “Apa yang bisa saya dapatkan dari ini?” Orang lain melihat melalui pola pikir itu, dan tidak peduli seberapa bagus produk Anda, mereka akan menganggap Anda hanya sebagai spammer. Cari tahu apa yang Anda tawarkan, dan pimpin dengan itu.
NOW AVAILABLE, Instagram Direct Message API at OneTalk
Yang ditunggu-tunggu sudah datang! OneTalk by TapTalk.io kini dapat membantu Anda untuk mengintegrasikan Instagram bersama dengan platform messenger lainnya hanya dalam satu dasbor saja. OneTalk telah mengeluarkan Instagram DM API yang tentunya dapat membantu Anda membangun percakapan dan membalas pesan dengan lebih cepat! Kenapa Instagram DM API itu penting?
- Berbagai Channel dalam Satu Dasbor
Berganti-ganti tab dari satu media sosial ke yang lain tentu sangat rumit bukan? Menggunakan DM API untuk Instagram dan menyatukannya dalam satu dasbor tentu akan sangat membantu Anda.
- Bekerja Bersama dengan Tim
Menggunakan omnichannel untuk menjangkau pelanggan Anda dapat dilakukan oleh agent. Agent Anda dapat saling bekerjasama berinteraksi bersama pelanggan Anda. Tidak ada lagi alasan “terlalu banyak DM yang masuk dan tidak cukup waktu untuk membalas”. OneTalk akan memungkinkan lebih dari satu agent bekerja bersamaan untuk membalas pesan dari customer Anda.
- Tetap Faktual Dengan Statistik
Jangan lelah untuk bekerja dengan data. Catat apa yang dibutuhkan dan diminati pelanggan lewat catatan Disposition dan Case Details yang dihimpun oleh OneTalk. Anda dapat memanfaatkan data ini untuk future cases yang bisa saja Anda hadapi dengan customer yang sama.
- Automated Response untuk Waktu Sibuk Anda
Untuk memberi pelanggan Anda semua perhatian yang layak mereka dapatkan, Anda harus menyingkirkan kesibukan. Itu sebabnya di OneTalk, Anda dapat memberikan respon otomatis saat agent Anda tidak dapat membalas pesan secara langsung dengan Away Message dan Welcome Message. Fitur ini memungkinkan pelanggan Anda untuk mendapatkan balasan otomatis dan cepat saat mereka menghubungi di luar jam kerja.
- Menghemat Waktu
Berkurangnya waktu untuk berganti-ganti channel akan membuat Anda lebih hemat waktu untuk membalas pesan di channel yang lain. Selain Instagram, OneTalk dapat mengintegrasikan berbagai channel sekaligus seperti LINE, Facebook Messenger, Twitter, Telegram, WhatsApp, dan lain-lain. Untuk mengetahui mengenai fitur omnichannel yang ditawarkan oleh OneTalk, ayo berbincang bersama agent kami di sini.