Back to Home

WhatsApp

Jualan Melalui WhatsApp Business

BY
Carissa Tirta Wijaya

Carissa Tirta Wijaya

Carissa adalah strategis konten dan desainer grafis dengan keahlian mendalam dalam mengembangkan strategi konten yang meningkatkan keterlibatan dan konversi. Sejak 2021, ia telah memimpin inisiatif desain dan konten di TapTalk.io, menerapkan solusi kreatif yang memajukan tujuan bisnis. Dengan latar belakang yang kuat dalam desain dan komunikasi visual dari BINUS University, Carissa menggabungkan pendekatan analitis dan kreatif dalam setiap proyek. Pengalamannya mencakup pekerjaan dengan berbagai brand di Indonesia, di mana ia menyempurnakan kemampuannya dalam desain dan strategi konten.
jualan melalui whatsapp business

Saat ini WhatsApp menjadi salah satu sosial media dengan database pengguna terbesar di dunia yang menurut data dari wikipedia memiliki jumlah Monthly Active Users sebesar 2 milyar users diseluruh dunia pada tahun 2020. Angka ini membuatnya unggul dibandingkan FB Messenger sebesar 1.3 milyar dan LINE sebesar 194 juta.

Tapi bagaimanakah cara efektif untuk berjualan menggunakan WhatsApp? Mari membahas cara tersebut lebih mendalam mulai dari mengupas sedikit tentang aplikasi WhatsApp.

Baca juga: Tips dan strategi whatsapp marketing yang terbaik

Apa Itu WhatsApp?

WhatsApp adalah aplikasi mobile gratis yang menggunakan koneksi internet ponsel untuk Anda chat dengan pengguna WhatsApp lainnya, tanpa biaya pesan teks SMS. WhatsApp memiliki fitur-fitur yang dapat mendukung Anda untuk lebih mudah berkomunikasi dengan customer Anda, antara lain berbagi file, gambar, lokasi, serta mendukung panggilan suara dan video gratis.

Aplikasi WhatsApp juga tersedia di berbagai operating system yangmana membuat WhatsApp menjadi sangat populer, terutama di wilayah dengan biaya SMS tinggi, termasuk Brasil, Meksiko, dan Malaysia di mana 60 persen penduduknya menggunakan WhatsApp.

Keberadaan WhatsApp saat ini juga sudah masuk ke ranah bisnis. Ada banyak pemilik bisnis dan toko online yang menggunakan WhatsApp sebagai saluran pemasaran dan juga komunikasi dengan customer. Melihat fenomena ini maka tidak mengherankan jika WhatsApp merilis aplikasi tambahan bernama WhatsApp Business. Sebuah aplikasi WhatsApp yang ditujukan untuk mendukung kegiatan bisnis. WhatsApp Business ini fitur-fiturnya juga lebih banyak dan sesuai untuk bisnis daripada aplikasi WhatsApp biasa.

Kemudian, mengapa WhatsApp Business dapat mendukung penjualan dari bisnis Anda?

WhatsApp Business

Salah satu alasan terbaiknya adalah mungkin karena sudah banyak customer bisnis Anda yang menggunakan messenger channel ini. Jadi yang mudah termudah untuk dijangkau dapat menjadi sebuah poin tambahan di mata customer Anda.

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk memaksimalkan penggunaan dari WhatsApp Business:

Melakukan Optimalisasi Business Profile

Dengan menggunakan WhatsApp business kita dapat menyediakan informasi yang lebih rinci seperti Foto profile, Alamat lengkap, Kategori bisnis, Deskripsi bisnis, Hari dan jam operasional, Alamat email bisnis, Alamat website

Salah satu alasan terbaiknya adalah mungkin karena sudah banyak customer bisnis Anda yang menggunakan messenger channel ini.

Menggunakan Label

Prinsip dari label ini adalah menandai dan mengkategorikan chat berdasarkan kriteria tertentu. Tujuannya supaya memudahkan bisnis untuk melakukan follow-up. Salah satu use case nya adalah untuk membedakan chat mana sudah melakukan pembayaran dan mana yang belum.

WhatsApp Business menyediakan label default antara lain :

  • New customer
  • New order
  • Pending payment
  • Paid
  • Order complete

Yang mana label-label ini dapat di custom sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Integrasikan dengan saluran pemasaran lainnya

Tips dan trik WhatsApp Business untuk bisnis yang terakhir adalah mengintegrasikan dengan saluran pemasaran lainnya. Ingat bahwa harapan dari penggunaan messenger seperti WhatsApp adalah untuk respons yang lebih cepat, jadi dalam menggunakan WhatsApp untuk bisnis pastikan Anda memiliki sumber daya untuk mengelola, membalas pesan-pesan dengan cepat.

Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mengoptimalkan WhatsApp Business anda adalah dengan menghubungkan WhatsApp Business API dengan OneTalk sehingga nomor WhatsApp yang anda gunakan untuk berkomunikasi dengan customer dapat diakses oleh beberapa agent/admin yang anda miliki secara bersamaan.

Agen anda juga dapat di assign ke topik-topik yang paling sering jadi bahasan customer Anda, sehingga dikemudian hari saat data ini dibutuhkan, Anda dapat menemukannya dengan mudah.

Dan anda dapat dengan langsung mencoba fitur-fitur ini langsung dengan mengklik tautan dibawah ini:

Demikianlah beberapa tips dan trik cara menggunakan WhatsApp Business untuk bisnis, semoga bermanfaat.

Baca juga: Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Business API

Share this article

Carissa Tirta Wijaya

Carissa adalah strategis konten dan desainer grafis dengan keahlian mendalam dalam mengembangkan strategi konten yang meningkatkan keterlibatan dan konversi. Sejak 2021, ia telah memimpin inisiatif desain dan konten di TapTalk.io, menerapkan solusi kreatif yang memajukan tujuan bisnis. Dengan latar belakang yang kuat dalam desain dan komunikasi visual dari BINUS University, Carissa menggabungkan pendekatan analitis dan kreatif dalam setiap proyek. Pengalamannya mencakup pekerjaan dengan berbagai brand di Indonesia, di mana ia menyempurnakan kemampuannya dalam desain dan strategi konten.

jualan melalui whatsapp business

Saat ini WhatsApp menjadi salah satu sosial media dengan database pengguna terbesar di dunia yang menurut data dari wikipedia memiliki jumlah Monthly Active Users sebesar 2 milyar users diseluruh dunia pada tahun 2020. Angka ini membuatnya unggul dibandingkan FB Messenger sebesar 1.3 milyar dan LINE sebesar 194 juta.

Tapi bagaimanakah cara efektif untuk berjualan menggunakan WhatsApp? Mari membahas cara tersebut lebih mendalam mulai dari mengupas sedikit tentang aplikasi WhatsApp.

Baca juga: Tips dan strategi whatsapp marketing yang terbaik

Apa Itu WhatsApp?

WhatsApp adalah aplikasi mobile gratis yang menggunakan koneksi internet ponsel untuk Anda chat dengan pengguna WhatsApp lainnya, tanpa biaya pesan teks SMS. WhatsApp memiliki fitur-fitur yang dapat mendukung Anda untuk lebih mudah berkomunikasi dengan customer Anda, antara lain berbagi file, gambar, lokasi, serta mendukung panggilan suara dan video gratis.

Aplikasi WhatsApp juga tersedia di berbagai operating system yangmana membuat WhatsApp menjadi sangat populer, terutama di wilayah dengan biaya SMS tinggi, termasuk Brasil, Meksiko, dan Malaysia di mana 60 persen penduduknya menggunakan WhatsApp.

Keberadaan WhatsApp saat ini juga sudah masuk ke ranah bisnis. Ada banyak pemilik bisnis dan toko online yang menggunakan WhatsApp sebagai saluran pemasaran dan juga komunikasi dengan customer. Melihat fenomena ini maka tidak mengherankan jika WhatsApp merilis aplikasi tambahan bernama WhatsApp Business. Sebuah aplikasi WhatsApp yang ditujukan untuk mendukung kegiatan bisnis. WhatsApp Business ini fitur-fiturnya juga lebih banyak dan sesuai untuk bisnis daripada aplikasi WhatsApp biasa.

Kemudian, mengapa WhatsApp Business dapat mendukung penjualan dari bisnis Anda?

WhatsApp Business

Salah satu alasan terbaiknya adalah mungkin karena sudah banyak customer bisnis Anda yang menggunakan messenger channel ini. Jadi yang mudah termudah untuk dijangkau dapat menjadi sebuah poin tambahan di mata customer Anda.

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk memaksimalkan penggunaan dari WhatsApp Business:

Melakukan Optimalisasi Business Profile

Dengan menggunakan WhatsApp business kita dapat menyediakan informasi yang lebih rinci seperti Foto profile, Alamat lengkap, Kategori bisnis, Deskripsi bisnis, Hari dan jam operasional, Alamat email bisnis, Alamat website

Salah satu alasan terbaiknya adalah mungkin karena sudah banyak customer bisnis Anda yang menggunakan messenger channel ini.

Menggunakan Label

Prinsip dari label ini adalah menandai dan mengkategorikan chat berdasarkan kriteria tertentu. Tujuannya supaya memudahkan bisnis untuk melakukan follow-up. Salah satu use case nya adalah untuk membedakan chat mana sudah melakukan pembayaran dan mana yang belum.

WhatsApp Business menyediakan label default antara lain :

  • New customer
  • New order
  • Pending payment
  • Paid
  • Order complete

Yang mana label-label ini dapat di custom sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Integrasikan dengan saluran pemasaran lainnya

Tips dan trik WhatsApp Business untuk bisnis yang terakhir adalah mengintegrasikan dengan saluran pemasaran lainnya. Ingat bahwa harapan dari penggunaan messenger seperti WhatsApp adalah untuk respons yang lebih cepat, jadi dalam menggunakan WhatsApp untuk bisnis pastikan Anda memiliki sumber daya untuk mengelola, membalas pesan-pesan dengan cepat.

Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mengoptimalkan WhatsApp Business anda adalah dengan menghubungkan WhatsApp Business API dengan OneTalk sehingga nomor WhatsApp yang anda gunakan untuk berkomunikasi dengan customer dapat diakses oleh beberapa agent/admin yang anda miliki secara bersamaan.

Agen anda juga dapat di assign ke topik-topik yang paling sering jadi bahasan customer Anda, sehingga dikemudian hari saat data ini dibutuhkan, Anda dapat menemukannya dengan mudah.

Dan anda dapat dengan langsung mencoba fitur-fitur ini langsung dengan mengklik tautan dibawah ini:

Demikianlah beberapa tips dan trik cara menggunakan WhatsApp Business untuk bisnis, semoga bermanfaat.

Baca juga: Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Business API

Related Posts