Tips dan Strategi WhatsApp Marketing Terbaik

whatsapp marketing

Diluncurkan pada 2019, WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan teks dan suara yang paling banyak digunakan. Ini adalah aplikasi gratis, Anda dapat mengirim pesan, menggunakan video call, dan melakukan panggilan suara di desktop dan perangkat seluler. WhatsApp didirikan oleh Brian Acton dan Jan Koum, mantan karyawan Yahoo!.

Aplikasi WhatsApp berjalan pada perangkat seluler tetapi juga dapat diakses dari komputer desktop, selama perangkat seluler pengguna tetap terhubung ke Internet saat mereka menggunakan aplikasi desktop. Layanan ini mengharuskan pengguna untuk memberikan nomor seluler standar untuk mendaftar ke layanan. Pada Januari 2018, WhatsApp merilis aplikasi bisnis mandiri yang ditargetkan untuk pemilik usaha kecil, yang disebut WhatsApp Business, untuk memungkinkan perusahaan berkomunikasi dengan pelanggan yang menggunakan WhatsApp.

Dibandingkan dengan media sosial lain, WhatsApp memiliki pengguna yang lebih banyak dari aplikasi bertukar pesan yang lain. Dengan lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia, aplikasi ini sangat populer bagi keluarga dan teman yang perlu tetap berhubungan meskipun jaraknya sangat jauh. 

WhatsApp adalah aplikasi obrolan paling populer di banyak negara, termasuk Brasil, Jerman, Indonesia, Italia, Belanda, Indonesia, Arab Saudi, Thailand, dan Turki, dan khususnya di Argentina, Hong Kong, India, Malaysia, Meksiko, Singapura, Selatan. Afrika, dan Spanyol, dengan penetrasi pengguna melebihi 50%. Salah satu alasannya, tentu saja, adalah bahwa pengiriman pesan teks di hampir semua negara kecuali AS membutuhkan biaya yang mahal dan bukan bagian dari paket operator. Saat WhatsApp muncul dan Anda hanya membutuhkan kuota untuk mengirim pesan, tentu saja banyak orang yang ingin menggunakannya.

Jika Anda sudah menggunakan WhatsApp di ponsel Anda untuk penggunaan pribadi, Anda pasti tidak menemukan cara untuk menggunakan nomor berbeda untuk menjalankan bisnis Anda. Tentu saja Anda membutuhkan nomor berbeda untuk kepentingan privasi dan skalabilitas.

Lalu apa yang harus dilakukan? Alih-alih menggunakan dual sim card, sekarang Anda hanya tinggal menggunakan WhatsApp Business!

Baca juga: Tips Untuk Memaksimalkan Akun WhatsApp Business Anda.

WhatsApp Business diluncurkan pada 2018 dan dirancang khusus untuk bisnis kecil sehingga orang dapat menggunakan dua akun di ponsel yang sama tanpa harus menggunakan akun WhatsApp standar lainnya. WhatsApp Business memiliki logo yang berbeda, sehingga karyawan dapat dengan mudah mengidentifikasi aplikasi pribadi dan bisnis.

Cara menjangkau audiens Anda di WhatsApp Business

Setelah Anda menyiapkan akun bisnis di WhatsApp, sekarang saatnya untuk mulai memikirkan cara untuk menjangkau audiens Anda. Mungkin Anda perlu sedikit menyesuaikan dan menyesuaikan citra brand Anda atau melatih orang yang bertindak atas nama perusahaan Anda. Namun apapun yang Anda lakukan, karena Anda mencoba untuk berbicara dengan (calon) pelanggan di ruang yang biasa mereka gunakan untuk percakapan informal, Anda perlu membuat citra brand yang menarik untuk mereka libatkan.

Mulailah mengembangkan audiens

Salah satu cara untuk mulai berkomunikasi dengan audiens Anda adalah dengan mulai meletakkan tombol di situs web Anda sehingga mereka dapat dengan cepat memulai percakapan dengan Anda.

Dengan menggunakan fungsi pesan otomatis, Anda dapat langsung mengirimi mereka penawaran promo. Namun, jangan lupa untuk menawarkan lebih dari sekadar pesan otomatis dengan penawaran promo, coba libatkan mereka sejak awal sehingga Anda dapat mulai membangun hubungan tersebut.

Apa yang dapat Anda lakukan dengan Whatsapp Business

1. Memberikan dukungan pelanggan

Saat Anda memiliki bisnis kecil atau startup, mungkin sulit untuk menyediakan seluruh meja dukungan pelanggan untuk pelanggan Anda. Dengan menggunakan WA Business, bahkan perusahaan yang memiliki uang tunai mampu menjawab pertanyaan yang mungkin ditujukan kepada pelanggan mereka dengan cepat.

Hal yang indah juga, tentu saja, aplikasi ini mendukung semua jenis media. Ini berarti di sebelah teks; Anda dapat menggunakan audio, video, bahkan panggilan cepat untuk memberikan dukungan pelanggan yang sangat baik.

2. Mendapatkan umpan balik dan melakukan riset konsumen

Dengan secara aktif melibatkan pelanggan Anda dalam proses pembuatan dan pembuatan produk atau layanan Anda, Anda dapat memperkuat hubungan itu dengan sangat mudah, sementara pada saat yang sama mempelajari banyak informasi menarik.

Alih-alih harus menelepon pelanggan, atau mengirim e-mail dengan harapan mereka akan membacanya, Anda dapat membuat pertanyaan di dalam berbagai grup tersegmentasi Anda. Partisipasi pelanggan selalu menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan jawaban yang relevan untuk bisnis Anda. Menggunakan WhatsApp Business berarti melakukan riset pemasaran dengan cepat dan efisien, dan yang paling penting, gratis!

3. Untuk mendapatkan ulasan dan peringkat

Anda bisa membuat pelanggan Anda mengulas produk atau layanan Anda. Beri mereka tautan atau opsi untuk membalas survei. Beri mereka cara inovatif untuk memberikan umpan balik dan mereka akan benar-benar berinteraksi dengan Anda.

4. Kirim pengingat

Sama seperti memberitahu pelanggan Anda tentang status pesanan mereka, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengirim pengingat. Milenial dan bahkan orang-orang Gen Y telah terbiasa memeriksa WhatsApp setiap hari seperti (atau mungkin kurang dari) surat kabar.

Artinya, jika mereka memiliki kebijakan yang perlu diperbarui atau penerbangan yang perlu dinaiki keesokan harinya, Anda dapat mengirim pesan untuk mengingatkan mereka tentang hal itu. Dengan cara ini Anda juga dapat mengurangi risiko mereka kehilangan tenggat waktu penting.

5. Menjadi kreatif menggunakan fitur Status WhatsApp

Ingat momen di tahun 2017 ketika setiap perusahaan di luar sana mengkloning fitur “story” dari Snapchat? Facebook Messenger, Facebook, Instagram, dan tentu saja WhatsApp juga tidak bisa ditinggalkan.

Baca juga: Penjualan Naik Pesat dengan menggunakan official whatsapp Business API

Berbagai cara yang dapat Anda pikirkan untuk menggunakan Status WhatsApp untuk bisnis Anda:

  • Berikan penawaran khusus

Penawaran khusus tampaknya menjadi salah satu hal pertama yang terlintas dalam pikiran, dan memang demikian ketika Anda menggabungkannya dengan ciri-ciri unik dari WhatsApp stories. Memberikan penawaran khusus di stories membuat pelanggan Anda merasa mendapatkan penawaran yang lebih eksklusif, karena durasi story yang hanya bertahan selama 24 jam.

  • Perlihatkan proses kreatif Anda

Mungkin bisa berupa video saat Anda mengunjungi pabrik untuk melihat di balik layar produk Anda, sketsa desain awal saat membuat produk, atau produk pertama yang bergulir dari produksi.

Jenis tampilan khusus tentang bagaimana proses kreatif bekerja di dalam perusahaan Anda dapat membantu Anda membangun tingkat kepercayaan baru dengan kontak Anda.

  • Bagikan cuplikan singkat mengenai bisnis Anda

Seringkali, akan ada orang yang berdedikasi di dalam kantor yang mengurus semua akun media sosial. Dan akibatnya juga dari akun WA Business perusahaan Anda.

Terdengar cukup rumit? Tapi tenang saja, TapTalk.io dapat membantu Anda untuk memanfaatkan WhatsApp for Business agar bisnis Anda lebih efektif dan optimal menjangkau audiens. Dengan TapTalk.io, semua marketing dan penjualan yang Anda lakukan tidak akan pernah sia-sia.

OneTalk by TapTalk.io, sebuah omnichannel messaging platform terpercaya menawarkan berbagai fitur yang dapat Anda gunakan dalam menggunakan WhatsApp for Business.

OneTalk menawarkan beberapa fitur yang memungkinkan Anda menjangkau pelanggan sebelum masalah muncul, mempraktekkan proactive chat. Salah satunya adalah fitur Start New Conversation yang memungkinkan Anda untuk memulai case agar bisnis Anda bisa menjangkau pelanggan Anda terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan fitur ini hanya dengan memasukkan nomor tujuan Anda.

Mempraktikkan proactive chat juga dapat dilakukan dengan fitur lain oleh OneTalk, Broadcast Message. Anda dapat menjangkau banyak pelanggan sekaligus dengan mengirimkan proactive chat. Anda bahkan tidak perlu khawatir tentang pengiriman pesan yang terlalu panjang untuk dibaca, karena fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat pesan Anda sebelum Anda menekan kirim. Menjangkau pelanggan Anda melalui broadcast message dapat meningkatkan kinerja Anda sebagai bisnis yang proaktif.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments