Konsumen merupakan salah satu unsur terpenting sebagai faktor berkembangnya sebuah bisnis. Proses jual beli hanya akan terjadi jika ada transaksi antara pelaku bisnis dan konsumen. Selain itu, faktor berkembangnya sebuah bisnis berdasarkan jumlah transaksi yang dilakukan oleh konsumen berpengaruh besar dalam keberlangsungan bisnis.
Agar bisnis dapat meningkatkan angka penjualan mereka, mereka membutuhkan konsumen yang berpotensi tinggi membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan. Untuk itu, pelaku bisnis harus dapat memahami konsumen potensial yang wajib mereka kenali.
Konsumen potensial merujuk pada seseorang yang bersedia dan memiliki kemampuan untuk membeli produk atau layanan Anda, namun mereka belum menjadi pelanggan Anda. Memahami konsumen potensial sebagai target audiens sangatlah penting bagi perusahaan. Dengan begitu, perusahaan dapat memaksimalkan potensi dari konsumen potensial dengan membuat dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif setelah mengetahui kebutuhan dan preferensi pelanggan.
Pada artikel kali ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai siapa itu konsumen potensial dan berbagai karakter pelanggan potensial yang wajib pebisnis kenali.
Key Takeaways:
- Konsumen potensial merujuk pada seseorang yang bersedia dan memiliki kemampuan untuk membeli produk atau layanan Anda, namun mereka belum menjadi pelanggan Anda.
- Menargetkan konsumen potensial dapat memastikan bahwa uang dan upaya yang Anda gunakan untuk memanfaatkan efek jaringan yang diciptakan dari pelanggan Anda saat ini.
- Untuk menemukan konsumen potensial bagi perusahaan, ada beberapa ciri-ciri karakter konsumen potensial yang wajib pebisnis kenali, antara lain the innovator, the loyal customer, perfeksionis, the impulsive buyer, the bargain hunter, the skeptic, dan the trendsetter.
Siapa Itu Konsumen Potensial?
Konsumen potensial atau calon pelanggan adalah orang yang memiliki potensi untuk melakukan pembelian. Mereka menunjukkan ketertarikan untuk membeli produk atau jasa dan mungkin mempertimbangkan untuk melakukan pembelian dari bisnis Anda.
Sebelum melakukan pembelian, konsumen potensial dapat menyelidiki barang atau jasa Anda dan memperoleh detail barang atau jasa tambahan. Mereka mungkin penasaran akan karakteristik produk, harga, atau keuntungan tambahan lainnya.
Menargetkan konsumen potensial dapat memastikan bahwa uang dan upaya yang Anda gunakan untuk memanfaatkan efek jaringan yang diciptakan dari pelanggan Anda saat ini. Hal ini terjadi karena 72% dari konsumen potensial akan membagikan pengalaman mereka dengan merek Anda setidaknya kepada 6 orang atau lebih.
Selain itu, dengan mengidentifikasi siapa konsumen potensial Anda, Anda dapat menarik pasar yang tepat dan mengurangi biaya akuisisi pelanggan.
Langkah-Langkah Mengidentifikasi Konsumen Potensial
Kini setelah Anda memahami pentingnya mengenali konsumen potensial bagi bisnis Anda, ada 4 langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengidentifikasi mereka. Simak langkah-langkah mengidentifikasi konsumen potensial di bawah ini.
1. Lakukan Riset Pasar
Riset pasar adalah salah satu teknik terbaik untuk menemukan konsumen baru. Anda dapat menggunakan berbagai teknik untuk melakukannya, antara lain survei, focus groups, wawancara, dan umpan balik konsumen.
Data hasil riset yang telah Anda lakukan dapat digunakan untuk mengembangkan persona pembeli yang akan membantu Anda lebih memahami calon konsumen Anda dan apa yang mereka inginkan.
Dengan mengembangkan persona pembeli untuk calon klien di sebuah sektor spesifik, Anda dapat mempelajari lebih lanjut mengenai kebutuhan, tujuan, dan aspirasi mereka serta metode pilihan mereka dalam melakukan pembelian.
2. Analisis Persaingan Anda
Selain memahami pelanggan Anda, penting juga untuk memahami posisi pasar dan demografi pesaing Anda. Anda dapat mempelajari apa yang berhasil dan apa yang tidak dengan menyelidiki klien dan taktik pemasaran pesaing Anda sehingga Anda dapat membedakan diri Anda dari yang lain.
Misalnya, Anda dapat mengembangkan rencana pemasaran yang ditargetkan pada beberapa kelompok umur atau wilayah geografis, jika pesan Anda berfokus pada demografi tertentu.
Baca juga: Promosi Produk Tepat Sasaran dengan Customer Segmentation
3. Gunakan Network dan Referensi
Network merupakan sumber yang bagus untuk menemukan calon klien. Membangun hubungan dengan individu yang bisa menjadi klien dan mendapatkan petunjuk baru dapat dicapai melalui rekomendasi pribadi.
Bertemu lebih banyak pelanggan di target pasar Anda dapat dilakukan melalui acara networking seperti konferensi industri atau pertemuan bisnis.
Mengembangkan hubungan dengan influencer atau pemimpin melalui platform media sosial adalah salah satu contohnya. Bersama-sama, mereka dapat membantu menarik klien baru dan menyebarkan informasi tentang layanan Anda.
4. Optimalisasi Kampanye Pemasaran dan Periklanan Anda
Membangun kampanye pemasaran yang sukses adalah komponen penting dari strategi setiap perusahaan. Kebutuhan, minat, dan perilaku calon konsumen harus menjadi fokus periklanan dan pemasaran.
Buat kampanye yang memberikan pesan khusus kepada calon konsumen dengan berinvestasi pada saluran yang sesuai. Salah satunya di media sosial Anda dapat melakukan promosi yang memungkinkan Anda terhubung dengan calon klien yang sesuai dengan demografi tertentu.
Selain itu, Anda dapat menerapkan Search Engine Optimization (SEO) untuk membuat situs web Anda lebih terlihat di hasil pencarian dan membuat konten Anda lebih dioptimalkan dengan kata kunci. Selain menggunakan media digital, Anda juga dapat menggunakan strategi pemasaran yang lebih tradisional, seperti iklan cetak atau outdoor advertising untuk menarik pelanggan dan mengoptimalkan tingkat konversi.
Baca juga: Interactive Marketing: Strategi Ampuh Digital Marketing
7 Karakter Konsumen Potensial
Untuk menemukan konsumen potensial bagi perusahaan, ada beberapa ciri-ciri karakter konsumen potensial yang wajib pebisnis kenali. Anda dapat menemukan karakter pelanggan potensial melalui berbagai cara, misalnya mengunjungi website atau sosial media bisnis Anda, atau saluran lainnya tempat mereka biasanya bertanya mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.
Ketahui, ini 7 karakter konsumen potensial yang wajib pebisnis kenali untuk meningkatkan penjualan.
1. The Innovator
Seorang konsumen potensial dapat memiliki karakter the innovator. Konsumen potensial dengan karakter ini merupakan orang yang senang mencoba hal baru, bisa berupa barang atau jasa yang belum pernah mereka coba sebelumnya.
Mereka memiliki kecenderungan menyukai produk atau jasa yang memiliki sifat unik dan inovatif. Umumnya, mereka memiliki pendapatan yang stabil dan tinggi, sehingga mereka berani untuk membeli produk bisnis yang belum pernah mereka coba sebelumnya untuk menjawab rasa ingin tahu mereka. Mereka juga berani mengambil resiko untuk membeli produk yang unik dan anti mainstream.
2. The Loyal Customer
Konsumen potensial the loyal customer adalah konsumen loyal bersifat setia pada satu merek saja. Para konsumen ini biasanya tidak tertarik untuk bertransaksi di toko kompetitor.
Sebagai konsumen potensial yang disukai para pelaku bisnis, biasanya bisnis akan memberikan program reward yang didesain khusus untuk pelanggan loyal.
3. Perfeksionis
Sesuai dengan namanya, konsumen potensial yang perfeksionis adalah mereka yang mengharapkan hasil yang sempurna dari setiap produk atau jasa yang sudah mereka beli.
Saat mereka membeli produk atau jasa, biasanya mereka membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk membuat keputusan. Hal ini karena konsumen dengan sifat perfeksionis akan memeriksa dan memastikan setiap detail barang atau jasa yang mereka pilih adalah opsi paling sempurna bila dibandingkan dengan yang lainnya.
4. The Impulsive Buyer
Karakter pelanggan potensial selanjutnya adalah the impulsive buyer. Pelanggan yang memiliki sifat impulsif cenderung membeli produk atau jasa tanpa pikir panjang.
Biasanya mereka mudah terpengaruh oleh iklan atau promosi yang menarik dan jarang memikirkan resiko yang mungkin akan terjadi setelah membeli produk.
5. The Bargain Hunter
Jika Anda kerap menemukan pelanggan dengan kebiasaan membeli barang dengan harga diskon atau selalu melakukan penawaran harga sebelum membeli produk atau jasa yang ditawarkan, maka mereka adalah konsumen potensial dengan karakter the bargain hunter.
Konsumen dengan karakter ini biasanya tidak akan segan untuk membandingkan harga produk atau jasa yang dijual dengan kompetitor Anda. Pastikan produk Anda memiliki value atau nilai yang kuat dan dapat menjadi solusi bagi kebutuhan konsumen untuk menghadapi konsumen dengan karakteristik ini.
6. The Skeptic
Salah satu contoh karakteristik konsumen potensial yang mungkin sulit dihadapi oleh para pebisnis adalah the skeptic. Konsumen potensial dengan karakter ini memiliki kebiasaan membeli barang dengan sangat selektif
Biasanya, para pelanggan yang skeptis akan bersikap lebih hati-hati dan kritis pada klaim yang diberikan oleh para pelaku bisnis terhadap produk-produknya. Oleh karena itu, Anda harus dapat memenuhi klaim yang Anda berikan pada produk atau jasa yang Anda tawarkan.
7. The Trendsetter
Karakter pelanggan potensial yang wajib pebisnis kenali lainnya adalah the trendsetter. Dinilai memiliki gaya hidup unik, inovatif, dan trendy, konsumen potensial dengan karakter trendsetter memiliki pengaruh besar dalam mempengaruhi keputusan orang lain dalam melakukan pembelian mereka.
Pengaruh besar ini dapat dilihat melalui sosial media. Untuk itu, bisnis harus dapat mengikuti trend yang sedang populer untuk dapat membangun hubungan dengan konsumen trendsetter.
Hubungan positif kepada konsumen potensial trendsetter dapat menciptakan word of mouth marketing (WoMM) yang kemudian akan membawa lebih banyak keuntungan dan konsumen potensial bagi perusahaan Anda.
Baca juga: Pasti Ampuh, Ini Dia Tips Berkomunikasi dengan Pelanggan!
Terapkan Pendekatan Omnichannel untuk Menarik Konsumen Potensial
Seperti yang sudah disebutkan di atas, dalam dunia berbisnis, konsumen menjadi salah satu faktor berkembangnya suatu bisnis. Untuk itu, penting bagi sebuah bisnis untuk membentuk sebuah hubungan positif dengan konsumen mereka.
Salah satu pendekatan yang dapat bisnis terapkan demi membangun hubungan positif ini adalah layanan omnichannel messaging. Layanan omnichannel messaging dapat menjadi strategi yang efektif untuk mempertahankan konsumen.
OneTalk dari aplikasi TapTalk.io adalah rekomendasi platform penyedia layanan omnichannel messaging terbaik yang dapat membantu Anda untuk menarik dan mempertahankan pelanggan Anda.
OneTalk menyediakan berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan oleh tim sales untuk menjawab pertanyaan pelanggan dan menyelesaikan berbagai masalah dengan lebih cepat dan efisien. Selain itu, dengan OneTalk, Anda dapat menawarkan produk atau layanan yang relevan kepada pelanggan berdasarkan interaksi sebelumnya.
Dengan berbagai fitur yang disediakan oleh OneTalk, Anda dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian ulang. Hal ini kemudian akan meningkatkan nilai penjualan dan meningkatkan pendapatan perusahaan.
Ingin merasakan langsung manfaat dari OneTalk by TapTalk.io? Kunjungi link ini untuk menemukan informasi lebih lanjut mengenai fitur-fitur yang disediakan oleh OneTalk.