pt tap talk teknologi blog

Memakai Live Chat Untuk Meningkatkan Sales

By Ardian
19 / 08 / 2020

Ketika customer ingin mengetahui informasi tentang suatu produk atau jasa yang dibutuhkan, customer biasanya akan mengunjungi sebuah website. Dan ketika customer ingin mengetahui informasi lebih lanjut berkaitan dengan produk dan jasa, customer lalu akan mencari kontak produsen. Messaging platform for sales, marketing and support dibutuhkan untuk memudahkan customer dalam mencari informasi yang dibutuhkan. 

Masalah yang sering muncul dari belanja online adalah pelanggan tidak bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang berhubungan dengan produk. Namun, saat ini sudah mulai banyak perusahaan yang menambahkan aplikasi live chat pada bisnis online. Apa saja alasan live chat perlu dimaksimalkan untuk bisnis Anda?

  • Membuat Pelanggan Nyaman

Sebuah studi ATG Global Consumer Trend Study menemukan bahwa 90% dari pelanggan menganggap cara ini sangat membantu mereka selama proses pembelian berlangsung. Survei emarketer.com menemukan bahwa 63% lebih customer mungkin akan kembali mengunjungi situs Web yang menawarkan live chat.

  • Mengurangi Beban

Live chat secara konsisten telah menunjukkan bahwa dapat menghemat office hour customer support dan biaya telepon. Beberapa penghematan biaya yang paling menonjol adalah dapat mengurangi biaya telepon ke pusat serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi customer support. Beberapa chatting bisa ditangani oleh sebagian kecil customer support secara bersamaan, sehingga mengurangi kebutuhan untuk mempekerjakan lebih banyak customer support. Waktu yang digunakan untuk melakukan percakapan via live chat jauh lebih singkat dibandingkan jika dilakukan via telefon, sehingga mereka bisa melakukan hal lain selama percakapan. Ini tidak hanya sebagai proses perbaikan tetapi juga dapat meningkatkan penjualan secara keseluruhan.

  • Meningkatkan Penjualan

Pelanggan harus memiliki seseorang yang dapat menjawab pertanyaannya mereka secara langsung saat melalui proses pembelian yang membuat mereka bingung. Hal ini dapat menghilangkan bounce situs (jumlah pengunjung yang meninggalkan situs Anda) dan memastikan adanya shopping cart (keranjang belanja) saat keluar.  

  • Memberikan Keunggulan dari Kompetisi Anda

Sebuah studi terbaru oleh TELUS International menemukan bahwa banyak bisnis ritel terbaik tidak menggunakan aplikasi chat. Jika Anda ingin unggul dalam kompetisi, live chat adalah  kunci yang harus Anda miliki di website agar Anda semakin kompetitif dan penjualan semakin naik. Karena ini merupakan cara mudah untuk berhubungan dengan pelanggan yang telah menghabiskan banyak uang melalui belanja online. 

Salah satu messaging platform seperti live chat yang ada di website, membuat customer tidak akan menemukan kesulitan lagi. Customer tidak perlu menulis kontak atau menghubungi melalui alamat email. Hanya dengan menyentuh tombol live chat, customer bisa mendapatkan jawaban dari informasi yang ingin diketahuinya. Teristimewanya live chat dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Dengan begitu customer akan senang, nyaman dan puas dengan kemudahan tersebut.

 Untuk lebih dekat dengan customer dan mengerti dengan apa yang customer butuhkan, live chat dapat dikirim berdasarkan waktu. Scheduled message atau timed message dilakukan untuk menjadi trigger bagi customer ketika customer sedang melakukan window shopping. Scheduled message diharapkan mengubah niat customer yang awalnya hanya sekadar ingin melihat-lihat produk atau jasa. Dari sisi customer keberadaan live chat dengan automated messages dari company dapat menunjukan effort yang besar dari produsen produk dan jasa. Effort yang besar dalam melayani customer dengan instan akan menjadi salah satu kepuasan bagi customer.

Terkadang customer yang telah mengetahui informasi tentang produk dan jasa merasa ragu untuk melanjutkan ke proses transaksi. Beberapa hal masih dirasa belum mampu membawa customer pada proses transaksi. Live chat dapat menjadi penarik customer dengan mengarahkan pada pages FAQ. Halaman ini menyajikan data-data, informasi tentang produk dan jasa dengan lebih mendalam. Penyajian tentang keunggulan produk dan jasa pada halaman ini diharapkan mampu meniadakan keraguan dan ganjalan customer. Sehingga effort ini mampu mengubah pikiran customer. Dengan begitu diskusi live chat akan berakhir dengan transaksi. Satu transaksi dengan kepuasan dan kenyamanan akan menuntun customer pada transaksi-transaksi berikutnya. Transaksi beruntun akan menjadikan customer salah satu pelanggan setia yang akan membuat grafik penjualan selalu berada pada titik target.

Dan solusi untuk mendapatkan kemudahan dalam melayani dan memuaskan customer, semua ada pada OneTalk. OneTalk adalah salah satu platform perangkat lunak yang akan membantu tugas sales, marketing and support. Perangkat lunak ini menyediakan fitur-fitur seperti live chat yang akan berdiri pada sisi produsen dan berada dekat dengan kebutuhan customer. Kelengkapan fitur-fitur OneTalk yang memuaskan customer dan memudahkan produsen dalam menjalin hubungan saling menguntungkan dengan customer. OneTalk live chat dapat digunakan pada website atau mobile apps. Keunggulan OneTalk dapat di install pada beberapa device sekaligus akan mempermudah agen untuk reach out to customers. Begitu juga sebaliknya customer dengan mudah dapat terhubung sewaktu-waktu. OneTalk dilengkapi dengan fitur Customer Rating sebagai wadah customer dalam memberikan feedback. Feedback customer akan memudahkan produsen dalam melakukan improve pada company. OneTalk sebagai Messaging platform for sales, marketing and support mengarahkan company pada apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh customer terkait produk dan jasa yang mereka gunakan. Jadi tidak perlu ragu untuk mengunjungi OneTalk by TapTalk.io untuk mendapatkan back up kemudahan dan layanan dalam meningkatkan sales dan marketing. 

Semoga bermanfaat!

Trial Akun Demo TapTalk
Ardian
linkedin penulisemail penulis

Related Posts

By Ardian

04 / 01 / 2021

Di dunia digital saat ini, kecepatan adalah yang terpenting. Ini juga berlaku untuk bisnis seperti pengiriman express, akses mudah ke produk yang ditawarkan, dan customer service. Jika Anda tidak memberikan kecepatan kepada pelanggan, mereka beralih ke bisnis serupa lainnya. Salah satu cara terbaik untuk memberikan layanan cepat kepada pelanggan Anda adalah dengan menggunakan live chat. […]

Read More

By Jessica Jacob

20 / 01 / 2023

Pernahkah Anda mendengar istilah social commerce? Kebanyakan dari masyarakat pengguna media sosial aktif pasti mengetahui istilah ini, atau paling tidak TikTok Shop dan Instagram Shopping. Social commerce telah berdampak dan mempengaruhi bisnis di dunia. Ingin tahu lebih lanjut tentang social commerce? Baca selengkapnya di bawah ini. Key Takeaways: Social commerce adalah proses jual beli produk […]

Read More

By Jessica Jacob

23 / 02 / 2023

Are you one of those kinds who still send SMS or email to notify your customers?  With each passing day, more and more companies are leaving email marketing behind and embracing the world of push notifications. Yep, those tiny boxes in your mobile are a new hit among marketers, and they have a good reason […]

Read More
1 2 3 124
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer