Back to Home

Customer

Panduan Dan Tips Membangun Teamwork Yang Sukses Dan Efektif

BY
Carissa Tirta Wijaya

Carissa Tirta Wijaya

Carissa adalah strategis konten dan desainer grafis dengan keahlian mendalam dalam mengembangkan strategi konten yang meningkatkan keterlibatan dan konversi. Sejak 2021, ia telah memimpin inisiatif desain dan konten di TapTalk.io, menerapkan solusi kreatif yang memajukan tujuan bisnis. Dengan latar belakang yang kuat dalam desain dan komunikasi visual dari BINUS University, Carissa menggabungkan pendekatan analitis dan kreatif dalam setiap proyek. Pengalamannya mencakup pekerjaan dengan berbagai brand di Indonesia, di mana ia menyempurnakan kemampuannya dalam desain dan strategi konten.

Krisis pandemi dunia oleh serangan virus Covid-19 mengguncang sendi-sendi kehidupan manusia, khususnya Indonesia. Dampak signifikan terlihat salah satunya pada dunia bisnis dan komunikasi. Untuk beradaptasi dengan upaya pencegahan dan penanggulangan paparan virus Covid-19, cara berkomunikasi manusia bergeser dengan terkonsentrasi melalui online. Pergeseran ini kemudian diikuti oleh penyesuaian di segala bidang, termasuk di dalamnya dunia bisnis. 

Karena demikian sebuah teamwork akan menjadi penentu sukses atau tidaknya bisnis Anda di masa pandemi ini. Kerja sama tim yang baik dan bersinergi sangat diperlukan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Kerjasama tim yang baik akan membuat tujuan perusahaan lebih mudah tercapai dengan lebih efektif dan efisien. Apa saja yang perlu Anda perhatikan dalam membangun sebuah teamwork?

  • Membangun & mengkomunikasikan tujuan organisasi

Kunci utama dalam sebuah teamwork adalah memenuhi dan memahami kebutuhan dasar dari tim. Sebagai seorang pemimpin Anda harus mengkomunikasikan apa tujuan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang dari tim Anda. Seluruh angggota harus memahami dan berkomitmen memenuhi goal tersebut.

  • Membangun Trust di lingkungan kerja.

Landasan utama dalam membangun sebuah hubungan antara sesama anggota adalah trust. Rasa saling percaya antara anggota dapat menumbuhkan komitmen untuk bekerja dalam tim. Hal ini akan menciptakan suasana yang kondusif dan nyaman sehingga setiap anggota dapat fokus terhadap tujuan utama.

  • Membina budaya Partnership.

Budaya partnership dibangun dengan perasaan bahwa setiap anggota adalah partner, bukan musuh ataupun orang lain. Dengan memiliki perasaan bahwa semua anggota adalah partner maka akan terasa nyaman dan dapat melakukan kerja sama dengan baik. Hal ini juga akan menghasilkan kinerja yang maksimal dan sesuai dengan tujuan utama dibangunnya tim tersebut.

  • Memberikan kesempatan Sharing diskusi komunikasi terbuka.

Dalam sebuah teamwork bertukar pikiran dan berbagi pendapat ketika terdapat masalah adalah sebuah hal yang wajar. Keterbukaan akan mampu menyelesaikan masalah dengan tepat ketika terjadi krisis yang harus dihadapi. Setiap anggota harus sering melakukan sharing mengenai pandangan mereka untuk kemajuan tim di masa depan agar dapat mencapai tujuan bersama lebih cepat.

Untuk melakukan teamwork yang baik Anda bisa memanfaatkan teknologi dan aplikasi yang dapat membantu perusahaan.  Contohnya penggunaan WhatsApp sebagai layanan chat antar personal berkembang dengan menjadi chat untuk urusan bisnis atau multiple users WhatsApp Business. Hal ini terjadi juga dengan layanan chat messenger lain untuk kolaborasi mendukung kegiatan bisnis. Kolaborasi tersebut dapat didesentralisasikan dengan satu fitur seperti pengaplikasian fitur OneTalk All-in-One Inbox pada platform pendukung sales dan marketing.

Kemudahan penggunaan aplikasi ini WhatsApp sebagai aplikasi bisnis mendorong pengguna sebagai customer dengan cepat melontarkan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan produk yang dibutuhkan. Hal ini akan mengerucut menjadi sebuah diskusi tentang informasi yang dibutuhkan. Sebagai pelaku bisnis tentu butuh waktu yang lama untuk merespon case detail semacam ini. Dengan platform pendukung sales dan marketing, waktu respon dapat diperpendek dengan fitur OneTalk Take Over Case. Fitur ini akan melimpahkan customer yang bermasalah dengan case detail produk maupun user info kepada agen pada pelaku pengusaha yang dapat menangani masalah customer dengan lebih baik. Dengan ini baik customer dan pelaku bisnis dapat melakukan diskusi real time. Keduanya juga dapat mengakses informasi secara langsung sehingga jawaban dapat diperoleh dengan cepat. Dunia bisnis mengoptimalkan penggunaan tools dan teknologi untuk memaksimalkan kualitas customer service. 

Fitur OneTalk Take Over Case dapat meningkatkan kualitas informasi yang diberikan kepada customer. Fitur akan otomatis mengklasifikasikan case detail dari customer dan melimpahkan segera kepada para agen yang ahli dibidangnya. Para agen ahli pada sisi pelaku usaha yang telah dipersiapkan untuk menangani case detail, dengan cepat akan mengirimkan feedback terbaik dari case detail dari customer. Dengan demikian customer akan merasa puas karena mendapatkan informasi langsung dari ahlinya. Kepuasan customer ini akan menjadi pengalaman menyenangkan dan mengendap dalam ingatan. Customer yang bahagia dengan pengalaman bertransaksi yang dilakukan akan menceritakan hal yang menyenangkan ini pada orang-orang di sekitarnya. Dengan begitu, makin banyak orang yang tahu dan mengenal produk dan jasa dari pelaku usaha. Penyebaran informasi dari mulut ke mulut ini akan menjadi pendukung sales dan marketing pelaku bisnis. Sebagaimana metode testimoni ini menjadi metode konvensional terbaik untuk penyebaran informasi. Pelaku bisnis mendapatkan keuntungan ganda dari fitur OneTalk Take Over Case. Fitur ini membuat pelaku usaha memiliki teamwork yang sukses dan efektif.

Keuntungan ganda pelaku bisnis sebagai multiple user Whatsapp business dengan kolaborasi dengan fitur-fitur terbaik sebagai manajemen agen dapat dilakukan dengan mengunjungi OneTalk by TapTalk.io. One Talk merupakan satu platform sales, marketing and support yang akan membawa penjualan menuju titik puncak. OneTalk akan bertindak sebagai customer service sekaligus manajemen agen yang handal dan standby selama 24 jam. Hal ini akan mendukung keuangan pelaku usaha dengan menghemat post pembelanjaan untuk sumber daya manusia. Tugas yang biasa dibebankan pada customer service, IT dan manajemen dapat dilakukan sekaligus dengan sebuah platform dengan fitur-fitur mumpuni. Platform ini juga membebaskan pelaku usaha dari batasan tempat dan waktu.

Share this article

Carissa Tirta Wijaya

Carissa adalah strategis konten dan desainer grafis dengan keahlian mendalam dalam mengembangkan strategi konten yang meningkatkan keterlibatan dan konversi. Sejak 2021, ia telah memimpin inisiatif desain dan konten di TapTalk.io, menerapkan solusi kreatif yang memajukan tujuan bisnis. Dengan latar belakang yang kuat dalam desain dan komunikasi visual dari BINUS University, Carissa menggabungkan pendekatan analitis dan kreatif dalam setiap proyek. Pengalamannya mencakup pekerjaan dengan berbagai brand di Indonesia, di mana ia menyempurnakan kemampuannya dalam desain dan strategi konten.

Krisis pandemi dunia oleh serangan virus Covid-19 mengguncang sendi-sendi kehidupan manusia, khususnya Indonesia. Dampak signifikan terlihat salah satunya pada dunia bisnis dan komunikasi. Untuk beradaptasi dengan upaya pencegahan dan penanggulangan paparan virus Covid-19, cara berkomunikasi manusia bergeser dengan terkonsentrasi melalui online. Pergeseran ini kemudian diikuti oleh penyesuaian di segala bidang, termasuk di dalamnya dunia bisnis. 

Karena demikian sebuah teamwork akan menjadi penentu sukses atau tidaknya bisnis Anda di masa pandemi ini. Kerja sama tim yang baik dan bersinergi sangat diperlukan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Kerjasama tim yang baik akan membuat tujuan perusahaan lebih mudah tercapai dengan lebih efektif dan efisien. Apa saja yang perlu Anda perhatikan dalam membangun sebuah teamwork?

  • Membangun & mengkomunikasikan tujuan organisasi

Kunci utama dalam sebuah teamwork adalah memenuhi dan memahami kebutuhan dasar dari tim. Sebagai seorang pemimpin Anda harus mengkomunikasikan apa tujuan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang dari tim Anda. Seluruh angggota harus memahami dan berkomitmen memenuhi goal tersebut.

  • Membangun Trust di lingkungan kerja.

Landasan utama dalam membangun sebuah hubungan antara sesama anggota adalah trust. Rasa saling percaya antara anggota dapat menumbuhkan komitmen untuk bekerja dalam tim. Hal ini akan menciptakan suasana yang kondusif dan nyaman sehingga setiap anggota dapat fokus terhadap tujuan utama.

  • Membina budaya Partnership.

Budaya partnership dibangun dengan perasaan bahwa setiap anggota adalah partner, bukan musuh ataupun orang lain. Dengan memiliki perasaan bahwa semua anggota adalah partner maka akan terasa nyaman dan dapat melakukan kerja sama dengan baik. Hal ini juga akan menghasilkan kinerja yang maksimal dan sesuai dengan tujuan utama dibangunnya tim tersebut.

  • Memberikan kesempatan Sharing diskusi komunikasi terbuka.

Dalam sebuah teamwork bertukar pikiran dan berbagi pendapat ketika terdapat masalah adalah sebuah hal yang wajar. Keterbukaan akan mampu menyelesaikan masalah dengan tepat ketika terjadi krisis yang harus dihadapi. Setiap anggota harus sering melakukan sharing mengenai pandangan mereka untuk kemajuan tim di masa depan agar dapat mencapai tujuan bersama lebih cepat.

Untuk melakukan teamwork yang baik Anda bisa memanfaatkan teknologi dan aplikasi yang dapat membantu perusahaan.  Contohnya penggunaan WhatsApp sebagai layanan chat antar personal berkembang dengan menjadi chat untuk urusan bisnis atau multiple users WhatsApp Business. Hal ini terjadi juga dengan layanan chat messenger lain untuk kolaborasi mendukung kegiatan bisnis. Kolaborasi tersebut dapat didesentralisasikan dengan satu fitur seperti pengaplikasian fitur OneTalk All-in-One Inbox pada platform pendukung sales dan marketing.

Kemudahan penggunaan aplikasi ini WhatsApp sebagai aplikasi bisnis mendorong pengguna sebagai customer dengan cepat melontarkan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan produk yang dibutuhkan. Hal ini akan mengerucut menjadi sebuah diskusi tentang informasi yang dibutuhkan. Sebagai pelaku bisnis tentu butuh waktu yang lama untuk merespon case detail semacam ini. Dengan platform pendukung sales dan marketing, waktu respon dapat diperpendek dengan fitur OneTalk Take Over Case. Fitur ini akan melimpahkan customer yang bermasalah dengan case detail produk maupun user info kepada agen pada pelaku pengusaha yang dapat menangani masalah customer dengan lebih baik. Dengan ini baik customer dan pelaku bisnis dapat melakukan diskusi real time. Keduanya juga dapat mengakses informasi secara langsung sehingga jawaban dapat diperoleh dengan cepat. Dunia bisnis mengoptimalkan penggunaan tools dan teknologi untuk memaksimalkan kualitas customer service. 

Fitur OneTalk Take Over Case dapat meningkatkan kualitas informasi yang diberikan kepada customer. Fitur akan otomatis mengklasifikasikan case detail dari customer dan melimpahkan segera kepada para agen yang ahli dibidangnya. Para agen ahli pada sisi pelaku usaha yang telah dipersiapkan untuk menangani case detail, dengan cepat akan mengirimkan feedback terbaik dari case detail dari customer. Dengan demikian customer akan merasa puas karena mendapatkan informasi langsung dari ahlinya. Kepuasan customer ini akan menjadi pengalaman menyenangkan dan mengendap dalam ingatan. Customer yang bahagia dengan pengalaman bertransaksi yang dilakukan akan menceritakan hal yang menyenangkan ini pada orang-orang di sekitarnya. Dengan begitu, makin banyak orang yang tahu dan mengenal produk dan jasa dari pelaku usaha. Penyebaran informasi dari mulut ke mulut ini akan menjadi pendukung sales dan marketing pelaku bisnis. Sebagaimana metode testimoni ini menjadi metode konvensional terbaik untuk penyebaran informasi. Pelaku bisnis mendapatkan keuntungan ganda dari fitur OneTalk Take Over Case. Fitur ini membuat pelaku usaha memiliki teamwork yang sukses dan efektif.

Keuntungan ganda pelaku bisnis sebagai multiple user Whatsapp business dengan kolaborasi dengan fitur-fitur terbaik sebagai manajemen agen dapat dilakukan dengan mengunjungi OneTalk by TapTalk.io. One Talk merupakan satu platform sales, marketing and support yang akan membawa penjualan menuju titik puncak. OneTalk akan bertindak sebagai customer service sekaligus manajemen agen yang handal dan standby selama 24 jam. Hal ini akan mendukung keuangan pelaku usaha dengan menghemat post pembelanjaan untuk sumber daya manusia. Tugas yang biasa dibebankan pada customer service, IT dan manajemen dapat dilakukan sekaligus dengan sebuah platform dengan fitur-fitur mumpuni. Platform ini juga membebaskan pelaku usaha dari batasan tempat dan waktu.

Related Posts