Back to Home

Customer

Klien Adalah: Pengertian dan Perbedaannya dengan Customer dan Konsumen

BY
Regita Larasati

Regita Larasati

Content Strategic Associate

Regita adalah seorang Content Strategist dan Copywriter yang memulai karirnya sebagai Marketing Intern di TapTalk.io pada tahun 2021 dan secara konsisten menunjukkan dedikasinya hingga mencapai posisinya sekarang. Dengan memanfaatkan latar belakang pendidikan Sastra Jerman dari Universitas Indonesia yang memberinya kemampuan analitis dan kreatif dalam mengembangkan strategi konten yang efektif serta menulis copy yang menarik, menjadikannya aset berharga dalam membangun image dan komunikasi brand di berbagai platform digital.

Apa sebutan yang paling sering kita gunakan untuk pembeli produk atau jasa kita? Seringkali kita mendengar istilah klien, customer, dan konsumen digunakan secara bergantian. Meski sering dianggap sama, ketiga istilah ini sebenarnya memiliki makna yang berbeda dalam dunia bisnis. Lalu, apa saja perbedaanya? Artikel ini akan membahas apa itu klien, customer, dan konsumen di dalam dunia bisnis. Penasaran? Yuk, kita simak! 

Key Takeaways: 

  • Klien adalah orang yang membeli sesuatu atau memperoleh layanan. Klien lebih identik dengan penggunaan jasa dibandingkan barang. 
  • Customer adalah pihak yang melakukan transaksi pembayaran suatu produk atau jasa. Customer dapat bertindak sebagai konsumen sekaligus. 
  • Konsumen adalah pengguna akhir dalam rantai distribusi barang dan jasa. 

Apa itu Klien? 

Klien atau client dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan orang yang membeli sesuatu atau memperoleh layanan. Merujuk pada pengertian ini, klien adalah seseorang yang membeli produk berupa barang dan juga memakai sebuah jasa untuk mendapatkan layanan. 

Dilansir dari tugo.id (2021), client identik dengan menggunakan produk jasa dibandingkan barang. Misalnya, pada sektor hokum, orang yang membutuhkan jasa pendamping hukum disebut dengan client dan bukan customer atau konsumen. Klien lebih membutuhkan layanan, pendampingan, dan nasihat dibandingkan dengan produk. 

Apa itu Customer? 

Ef.co.id (2023) menyebutkan, customer atau pelanggan, adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang membeli produk atau jasa. Dalam hubungan jual beli ini, pelanggan adalah pihak yang melakukan transaksi pembayaran. Meskipun customer itu seringkali juga consumer yang menjadi pengguna akhir dari produk atau jasa yang telah dibelinya. Tetapi situasi ini tidak selalu terjadi. Ada kemungkinan di mana seseorang membeli produk atau jasa tetapi tidak untuk dirinya melainkan untuk orang lain. 

Contohnya, jika orang tua membeli sereal untuk anaknya. Jika anak adalah consumer, maka orang tuanya adalah customer karena orang tuanya lah yang melakukan transaksi. 

Apa itu Konsumen? 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, konsumen atau consumer adalah pemakai barang hasil produksi (bahan pakaian, makanan, dan sebagainya) atau diartikan juga sebagai pemakai jasa. Jadi, konsumen adalah istilah bagi orang yang mengkonsumsi atau menggunakan suatu produk atau jasa secara langsung. Dikutip dari Finance.detik.com (2024), konsumen merupakan pengguna akhir dalam rantai distribusi barang dan jasa. Kata consumer sendiri berasal dari ‘consume’ yang artinya ‘menggunakan’. Oleh sebab itu, seorang konsumen disebut juga sebagai pengguna barang atau jasa. 

Sebagai contoh, Andin selalu membeli susu bayi merek A di toko Pak Budi. Dalam hal ini, Andin merupakan customer tetap di toko Pak Budi karena selalu membeli susu bayi merek A untuk anaknya. Namun, Andin bukanlah seorang konsumen, karena Andin tidak mengkonsumsi susu bayi tersebut. Konsumen dalam kasus ini adalah anak Andin, karena selalu minum susu tersebut. 

Perbedaan Klien, Customer dan Konsumen

Dikutip dari id.jobstreet.com (2024), terdapat 2 poin utama perbedaan ketiga hal tersebut, yaitu: 

  1. Berdasarkan pembelian 

Klien bisnis atau perusahaan melakukan pembelian layanan profesional dengan tujuan mendapatkan solusi atas permasalah tertentu yang mereka hadapi. Klien biasanya menjalin hubungan yang lebih erat dan berkelanjutan dengan penyedia layanan, karena keputusan mereka seringkali melibatkan kepercayaan dan kebutuhan akan keahlian atau nasihat yang spesifik. 

Customer atau pelanggan, lebih sering terlibat dalam transaksi satu arah dengan tujuan membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Barang atau jasa yang mereka peroleh merupakan imbalan langsung dari pembayaran yang dilakukan. Hubungan dengan pelanggan biasanya tidak seintensif dengan klien, meskipun tetap penting dalam menciptakan kepuasan dan loyalitas 

Sementara itu, konsumen adalah pihak yang menggunakan atau memanfaatkan barang atau jasa tersebut. Konsumen tidak selalu menjadi pihak yang melakukan pembelian secara langsung. Jadi, konsumen adalah pengguna akhir dari produk atau jasa tersebut.

  1. Berdasarkan loyalitas 

Klien umumnya memiliki tingkat loyalitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan pelanggan. Klien cenderung menjalin hubungan jangka panjang dengan bisnis yang memberikan layanan professional. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan klien yang kompleks, spesifik dan memerlukan perhatian personal. Seperti nasihat hukum, konsultasi bisnis, atau manajemen keuangan. 

Pelanggan atau customer cenderung memiliki hubungan yang lebih singkat dan sporadik dengan bisnis. Mereka biasanya terlibat dalam transaksi yang lebih sederhana dan langsung, seperti pembelian barang di toko atau pemesanan layanan secara sesekali. Fokus utama pada pelanggan adalah memastikan pengalaman transaksi yang cepat, efisien, dan memuaskan untuk mendorong potensi pembelian ulang. 

Konsumen, di sisi lain, merupakan pihak yang menggunakan atau memanfaatkan barang atau jasa yang telah dibeli. Tidak seperti klien dan pelanggan yang langsung berhubungan dengan penyedia barang atau jasa, konsumen bisa menjadi pihak yang terpisah dari pembeli. Misalnya, seorang ibu membeli mainan untuk anaknya. Dalam kasus ini, ibu adalah pelanggan, sedangkan anaknya adalah konsumen.

Bangun Komunikasi yang Lebih Dekat dengan Klien, Customer dan Konsumen Bersama TapTalk.io! 

Jadikan komunikasi bisnis lebih mudah dan personal dengan TapTalk.io! Solusi komunikasi kami dirancang untuk membantu bisnis menjalin hubungan jangka panjang dengan klien, merespon kebutuhan customer dengan cepat, dan memastikan konsumen mendapatkan pengalaman terbaik. Dengan fitur-fitur inovatif seperti live chat, integrasi multi-platform, dan sistem komunikasi berbasis AI, kami dapat meningkatkan efisiensi sekaligus memberikan layanan yang luar biasa. Mulailah transformasi komunikasi bisnis hari ini dengan TapTalk.io! Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Related Posts