Dalam dunia bisnis yang persaingannya semakin ketat, maka penting untuk para pebisnis untuk memikirkan bagaimana teknik pemasaran yang ampuh untuk bisa meningkatkan penjualan usaha. Kini, di era yang serba digital, telah ramai dilakukan digital marketing atau pemasaran digital oleh para pebisnis. Digital marketing terbukti efektif dan efisien untuk menjangkau target audiens dimanapun mereka berada.
Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai digital marketing. Yuk, disimak!
Key Takeaways:
- Digital marketing adalah seluruh upaya marketing yang terjadi di internet.
- Digital marketing memberikan sejumlah fungsi utama bagi perusahaan, di antaranya yaitu sebagai media untuk berinteraksi dengan audiens, upaya untuk menjaga loyalitas pelanggan, serta membangun brand awareness.
- Terdapat beberapa jenis dari digital marketing yang sering digunakan, yaitu seperti SEO, SEM, content marketing, dan sebagainya.
Pengertian Digital Marketing
Dilansir dari Revou.co tahun 2022, yang dimaksud dengan digital marketing adalah semua upaya marketing yang terjadi via internet. Beberapa perusahaan memanfaatkan berbagai channel digital seperti search engine, media sosial, e-mail, serta website untuk bisa terkoneksi dengan customer.
Pada dasarnya, segala marketing campaign yang melibatkan komunikasi secara digital akan disebut sebagai digital marketing. Jenis marketing ini bertujuan untuk menjangkau target audiens perusahaan dengan lebih tepat dan efisien dibandingkan dengan offline channel tradisional seperti radio, koran, atau billboard.
Seorang digital marketer yang baik pasti sudah memiliki gambaran yang jelas mengenai bagaimana setiap campaign digital yang mereka buat dapat mendukung tujuan utama perusahaan. Setiap marketer juga bisa melakukan campaign melalui berbagai macam channel gratis maupun berbayar tergantung dengan goal dan strategi marketing perusahaan.
Fungsi Utama Digital Marketing
Menurut Logique.co.id tahun 2021, berikut adalah fungsi utama digital marketing bagi perusahaan.
- Media untuk Berinteraksi dengan Audiens
Salah satu tantangan ketika menjalankan sebuah usaha adalah membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Sebelum digital marketing banyak digunakan, perusahaan biasanya menjaga hubungan dengan pelanggan dengan cara tradisional seperti menghubungi lewat telepon, mengadakan event, atau bahkan datang langsung ke lokasi pelanggan. Namun, cara tersebut lama-lama tidak berjalan dengan efektif, bahkan tidak jarang pelanggan malah terganggu dengan pendekatan tersebut.
Sekarang strategi marketing semakin berkembang. Adanya kemudahan akses internet memungkinkan perusahaan untuk melakukan pendekatan untuk bisa terus berinteraksi dengan audiens. Bahkan dengan digital marketing, perusahaan bisa menjangkau target pasar yang luas dengan anggaran yang minim. Beberapa contoh digital marketing yang bisa dilakukan perusahaan adalah dengan membuat email newsletter, membuat konten interaktif di media sosial, membuat blog post yang informatif, dan sebagainya.
- Menjaga Loyalitas Pelanggan
Pelanggan yang loyal adalah aset perusahaan yang berharga sehingga perlu diperhatikan dengan baik. Karena pembeli dengan loyalitas tinggi akan terus melakukan pembelian dan akan merekomendasikan produk atau layanan kita secara sukarela. Dalam menjaga loyalitas pelanggan, kita perlu terus menjaga hubungan dengan mereka. Nah, digital marketing ini akan memudahkan perusahaan untuk melakukannya. Beberapa strategi yang bisa dilakukan adalah dengan mengirim e-mail marketing yang berisi berbagai informasi seperti produk baru, diskon, give away, dan sebagainya. Strategi ini tidak hanya membuat kita terhubung dengan pelanggan, tapi juga membuat mereka merasa dihargai, serta mendorong lebih banyak penjualan.
Selain mengirim e-mail, perusahaan bisa mengoptimalkan penggunaan berbagai sosial media seperti Facebook, Instagram, atau TikTok. Perusahaan bisa membuat konten-konten yang menarik untuk menarik pelanggan melakukan transaksi. Melalui sosial media, perusahaan bisa membuat konten seputar produk dan melakukan marketing yang menarik serta mengikuti tren.
- Membangun Brand Awareness
Fungsi selanjutnya dari digital marketing adalah untuk membangun brand awareness. Brand awareness ini merupakan salah satu faktor yang akan mempengaruhi kesuksesan penjualan sebuah produk. Hal ini karena sebagian besar pelanggan cenderung membeli produk atau menggunakan jasa dari brand yang sudah mereka kenal. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang sangat berusaha untuk membangun brand awareness supaya produk mereka dapat dikenal masyarakat luas.
Untuk membangun brand awareness secara efektif dan efisien, perusahaan dapat menggunakan strategi digital marketing seperti optimasi SEO. Dengan optimasi SEO, sebuah perusahaan bisa meningkatkan peringkat website di Google. Dengan demikian, ketika pelanggan melakukan pencarian dengan keyword tertentu di Google, maka website perusahaan akan ditampilkan di halaman pertama. Dengan visibilitas yang baik, tentu konsumen akan lebih mudah mengingat produk yang ditawarkan. Tal hanya itu, peringkat web yang tinggi juga akan menghasilkan lebih banyak traffic sehingga produk bisa melejit ketenarannya.
- Menjangkau Calon Pelanggan Potensial
Dengan melakukan digital marketing, perusahaan dapat menjangkau calon pelanggan potensial lebih luas. Hal ini akan sangat membantu dalam meningkatkan penjualan karena pemasaran yang perusahaan buat akan diterima oleh masyarakat yang tertarik dengan produk atau bisnis kita.
Beberapa contoh digital marketing yang dapat digunakan untuk menargetkan spesifik audiens adalah seperti Facebook Ads, Google Ads, atau Instagram Ads.
- Menghasilkan Konversi yang Lebih Baik
Jika strategi digital marketing sebuah perusahaan berhasil, maka hal tersebut akan membantu bisnis untuk menyampaikan pesan pemasaran dengan jangkauan yang lebih luas. Bahkan, strategi pemasaran ini juga memungkinkan perusahaan untuk menargetkan prospek secara detail dan spesifik.
Sebagai contoh perusahaan yang menggunakan Facebook Ads, maka mereka diizinkan untuk mengatur lokasi, usia, jenis kelamin, serta bahasa yang digunakan oleh target yang telah ditetapkan. Dengan pengaturan ini, pesan pemasaran akan diterima oleh orang-orang spesifik. Ketika pesan ini sampai ke para calon pelanggan potensial, maka perusahaan akan memperoleh lebih banyak peluang untuk menghasilkan konversi.
Apa Saja Jenis Digital Marketing?
Dikutip dari Dailysocial.id (2023), berikut adalah jenis-jenis dari digital marketing yang perlu diketahui agar bisa memaksimalkan pemasaran.
- Search Engine Optimization (SEO)
SEO ini adalah proses yang mengoptimalkan konten dan struktur dari situs web perusahaan untuk meningkatkan visibilitasnya di mesin pencari seperti Google. Tujuan dari SEO adalah untuk meningkatkan traffic ke situs web dengan memberi peringkat lebih tinggi pada Search Engine Results Pages (SERP).
Cara kerja SEO biasanya menggunakan kata kunci yang relevan, mengoptimalkan struktur dan navigasi situs web, serta membuat konten berkualitas tinggi yang melibatkan pelanggan.
- Search Engine Marketing (SEM)
Jenis digital marketing yang kedua adalah SEM. SEM bekerja dengan menggunakan iklan berbayar untuk bisa muncul di bagian atas Search Engine Results Pages (SERP). Biasanya dapat berupa iklan pay-per-click (PPC), yang ditampilkan pada bagian atas hasil pencarian dan mendapat keuntungan setiap kali pengguna mengklik iklan tersebut.
SEM dapat menjadi cara marketing yang efektif untuk menghasilkan traffic tertarget dengan cepat. Namun, SEM memerlukan perencanaan dan pengoptimalan yang cermat untuk memastikan Return on Investment (ROI) yang positif.
- Social Media Marketing (SMM)
Jenis selanjutnya ada SMM yang melibatkan penggunaan platform media sosial seperti Facebook, X, dan Instagram untuk mempromosikan produk atau layanan dari suatu perusahaan. SMM dapat mencakup pembuatan konten, iklan berbayar, pemasaran influencer, dan sebagainya. Tujuannya adalah untuk terlibat dengan pelanggan dan membangun brand awareness yang baik, sehingga akan menaikkan traffic situs web dan berujung pada peningkatan penjualan.
- Content Marketing
Content marketing berarti pembuatan konten yang menarik, relevan, dan konsisten untuk menarik dan mempertahankan audiens yang jelas dan mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan. Content marketing ini dapat berupa posting blog, e-book, infografis, video, dan banyak lagi.
Tujuan dari content marketing ini adalah untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan yang akhirnya akan mengarah pada peningkatan brand awareness dan loyalitas pelanggan.
- Email Marketing
Jenis yang satu ini berarti melibatkan pengiriman pesan promosi atau buletin ke daftar pelanggan yang telah memilih untuk menerima komunikasi dari suatu bisnis. Jenis ini dapat menjadi metode pemasaran yang efektif untuk memelihara prospek dan membangun hubungan dengan pelanggan, tetapi membutuhkan perencanaan dan segmentasi yang tepat untuk memastikan tingkat pembukaan yang tinggi.
- Influencer Marketing
Sesuai dengan namanya, jenis marketing ini melibatkan kemitraan dengan influencer media sosial atau blogger untuk mempromosikan produk atau layanan. Jenis ini bisa sangat berguna untuk menjangkau audiens yang sangat tertarget dan membangun brand awareness. Namun, perhatikan dengan seksama ketika pemilihan influencer agar pemasaran produk yang diinginkan dapat tercapai dengan maksimal.
- Affiliate Marketing
Jenis yang terakhir adalah affiliate marketing yang merupakan kemitraan dengan situs web atau individu lain untuk mempromosikan produk atau layanan dengan imbalan komisi penjualan. Affiliate marketing bisa menjadi cara yang efektif dalam meningkatkan traffic dan penjualan situs web, tetapi perlu melakukan pemilihan mitra afiliasi dengan cermat. Jangan lupa untuk mengkomunikasikan dengan jelas mengenai tarif dan ketentuan komisi.
Bagaimana Cara Mengoptimalkan Strategi Digital Marketing?
Setelah mengetahui jenis-jenis dari digital marketing ada apa saja, kini saatnya untuk mengetahui bagaimana cara untuk mengoptimalkan strategi digital marketing tersebut. Dilansir dari Sribu.com (2023), berikut adalah hal-hal yang bisa dilakukan.
- Pahami Target Pasar dengan Analisis Mendalam
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memahami target pasar. Untuk melakukan hal ini, suatu perusahaan bisa menggunakan alat seperti Google Analytics untuk menggali lebih dalam mengenai kebiasaan online para pelanggan. Kemudian dengan informasi tersebut, perusahaan bisa membuat persona pelanggan yang akan membantu dalam merancang konten yang lebih relevan dan menarik bagi para audiens.
Di sisi lain, jangan lupa untuk terus memperbarui informasi tersebut secara berkala. Pasar selalu mengalami perubahan, pun dengan kebutuhan dan keinginan para pelanggan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk mengikuti perubahan ini agar bisa menggunakan strategi marketing yang tepat.
- Optimasi Strategi SEO yang Efektif
SEO adalah fondasi penting dari strategi digital marketing. Penerapan SEO yang efektif bukan hanya tentang menggunakan kata kunci yang relevan, tapi juga memastikan bahwa website perusahaan memiliki struktur yang baik, kecepatan loading yang cepat, serta konten yang berkualitas.
Selain itu, cobalah untuk membuat konten yang tidak hanya mengandung kata kunci, tapi juga memberikan nilai pada pembaca. Hal ini akan meningkatkan peringkat website perusahaan di mesin pencari sekaligus membangun kepercayaan dengan audiens.
Jangan lupakan detail dari target SEO seperti optimasi mobile, penggunaan tag alt pada gambar, serta membuat meta deskripsi yang menarik. Perubahan kecil ini dapat berdampak besar dalam cara situs web dinilai oleh mesin pencari, serta bagaimana ia dipersepsikan oleh pengunjung.
- Mengoptimalkan Media Sosial untuk Interaksi Audiens
Media sosial adalah wadah yang sangat kuat untuk melakukan digital marketing karena dapat berinteraksi dengan pelanggan hingga membangun komunitas. Gunakan berbagai media sosial ini untuk berkomunikasi secara langsung dengan audiens untuk mendengar feedback dari mereka, serta sesuaikan konten yang akan dibuat dengan kebutuhan dan minat mereka.
Suatu bisnis bisa membuat konten yang menarik, seperti video, infografik, dan artikel yang informatif untuk meningkatkan engagement. Selain itu, jangan ragu untuk menggunakan fitur iklan yang tersedia oleh platform media sosial yang digunakan. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk menargetkan audiens secara spesifik dengan lebih akurat, yang akhirnya berujung pada peningkatan ROI (Return on Investment) dari digital marketing perusahaan.
- Buat E-mail Marketing yang Personal dan Berkala
E-mail masih menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk mencapai pelanggan. Kunci dari metode ini adalah personalisasi. Perusahaan bisa mengirim e-mail berisi informasi produk, penawaran produk yang dirancang khusus berdasarkan perilaku dan preferensi konsumen. Hal ini membuat konsumen merasa lebih dihargai dan meningkatkan kemungkinan mereka untuk berinteraksi dengan bisnis kita. Selain itu, lakukan pengiriman e-mail ini secara berkala untuk menjaga brand tetap berada di pikiran pelanggan tanpa membuat mereka merasa risih.
- Manfaatkan Tools Analitik untuk Analisis Bisnis
Cara terakhir adalah bisa dengan menggunakan alat analitik untuk memantau performa digital marketing secara real-time. Analisis data ini dapat memberikan wawasan berharga tentang apa yang berhasil dan apa yang gagal. Hal ini juga membantu perusahaan dalam membuat keputusan yang lebih tepat dan meningkatkan strategi pemasaran bisnis.
Optimalkan Strategi Digital Marketing Perusahaan bersama OneTalk
Digital marketing dinilai sangat efektif dalam memasarkan suatu produk atau layanan. Salah satu hal yang bisa dilakukan ketika melakukan digital marketing adalah dengan menggunakan omnichannel marketing.
Omnichannel ini adalah strategi pemasaran yang menggabungkan berbagai saluran digital untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan. Strategi ini dapat membantu bisnis untuk menjangkau lebih banyak pelanggan yang telah ditargetkan di berbagai channel.
OneTalk by TapTalk.io adalah penyedia layanan omnichannel yang bisa Anda coba untuk mendukung digital marketing perusahaan. OneTalk menawarkan berbagai fitur menarik yang sangat membantu Anda untuk bisa tetap terhubung dengan pelanggan. Tunggu apalagi? Yuk segera kunjungi website kami di sini untuk mendapat informasi selengkapnya.
Baca Juga: Strategi Digital Marketing yang Efektif Melalui Interactive Marketing