Pernahkah Anda merasa masukkan dari pelanggan Anda yang merasa tidak dihargai meskipun Anda telah melakukan yang terbaik atau bahwa mereka tidak bisa mendapatkan solusi yang efektif untuk masalah mereka dengan perusahaan Anda? Atau Apakah Anda pernah memperhatikan penurunan tingkat retensi pelanggan Anda dalam bulan-bulan terakhir? Apakah Anda khawatir tentang apakah pesaing baru yang tidak terduga dapat mencuri klien dari Anda?
Jika ya, Anda perlu segera meningkatkan strategi CCM Anda.
Eits! Tetapi, apakah Anda tahu apa itu CCM?
CCM adalah singkatan dari Manajemen Komunikasi Pelanggan (Customer Care Management). Sebuah istilah yang cukup panjang untuk konsep sederhana, bukan? Jika dijelaskan secara singkat, ini adalah proses untuk memastikan pesan yang Anda kirim ke pelanggan Anda kongruen, lengkap, dan dipersonalisasi.
Hal ini berarti CCM adalah representasi dari semua cara berbeda Anda berkomunikasi dengan pelanggan Anda. Baik itu melalui email, di situs web Anda, melalui surat biasa, melalui berbagai saluran pemasaran, di media sosial, melalui telepon, dll.
Tujuan dari sistem CCM yang efektif adalah untuk meningkatkan komunikasi pelanggan Anda secara keseluruhan, apa pun jenis platform yang Anda gunakan. Strategi CCM yang baik memastikan bahwa semua komunikasi dibuat, dikirim, disimpan, dan tentu saja, dibuka oleh pelanggan Anda secara efektif.
Anda dapat menggunakan CCM untuk membantu klien memperbarui langganan mereka dengan perusahaan Anda, memastikan bahwa tagihan mereka dibayar tepat waktu, diberi tahu tentang produk dan layanan baru yang Anda tawarkan, dan yang terpenting, untuk memenuhi semua kebutuhan layanan pelanggan mereka. Mengapa manajemen kontak pelanggan sangat penting, dan bagaimana hal itu dapat membantu meningkatkan bisnis Anda?
Interaksi pelanggan Anda harus ramah pengguna untuk memastikan kualitas pengalaman klien Anda, sehingga memaksimalkan penjualan Anda dan mengoptimalkan biaya produksi produk atau layanan Anda. Tantangan? Menyesuaikan interaksi Anda dengan pelanggan dengan metode konsumsi dan komunikasi baru mereka. Anda harus bisa menyampaikan pesan yang tepat dimana audiens Anda menunggu Anda. Dengan kata lain, terapkan strategi komunikasi omnichannel yang efisien untuk terlibat dalam percakapan yang bermakna dan dipersonalisasi dengan pelanggan Anda.
Manfaat dan Keuntungan dari CCM
Biasanya banyak bisnis menggunakan sistem CCM untuk menangani dokumen atau data pelanggan dalam jumlah besar. Fluiditas dan efisiensi korespondensi pelanggan pada perusahaan dari semua jenis industri dapat secara drastis meningkat dengan menggunakan platform yang memungkinkan pembuatan massal, produksi dan distribusi dokumen.
Untuk itu, mari kita simak lima manfaat utama dari sistem CCM bagi perusahaan Anda:
CCM memudahkan pelanggan untuk terlibat dengan konten Anda dan memberikan jawaban atas pertanyaan yang sering ditanyakan— artinya pelanggan tidak perlu sering menghubungi Anda secara langsung.
Ini memastikan bahwa, bahkan jika pelanggan Anda perlu berbicara dengan banyak perwakilan, agen Anda dapat mempelajari tentang mengapa mereka menghubungi, informasi apa pun yang telah dikumpulkan oleh agen sebelumnya, dan di mana mereka berada dalam proses penyelesaian tanpa harus memulai kembali setiap saat. waktu pelanggan menghubungi Anda.
Sistem komunikasi pelanggan yang tepat bahkan akan melacak bahasa pilihan klien Anda, nada (formal atau kasual), dan tentu saja, saluran yang mereka pilih untuk menghubungi Anda.
2. Mempersingkat Perjalanan Pelanggan
Saat Anda tidak lagi harus mengumpulkan data penting dari klien secara manual, proses pembelian dipersingkat. Selain itu, sistem komunikasi pelanggan yang tepat juga dapat membantu Anda mempelajari dengan tepat di mana pelanggan “tersesat” di situs web Anda, sehingga Anda dapat menunjukkan masalah sebenarnya dan mengetahui kapan harus memberikan bantuan.
3. Membangun Efisiensi Lintas Departemen
Dengan sistem CCM, pemilik bisnis dapat membuat, mengedit, dan mengelola konten sendiri.
Artinya, mereka tidak perlu menunggu anggota staf IT melakukan pekerjaan untuk mereka.
Dengan sistem manajemen komunikasi pelanggan yang terpusat, semua pesan ini akan ada di tempat yang sama. Dengan mengklik tombol, Anda dapat membuat perubahan pada satu dokumen dan menyebarkannya ke seluruh perusahaan sehingga semua orang melihat (dan mendistribusikan) hal yang sama.
4. Memperbaiki Transformasi Digital
Sebagian besar sistem CCM akan disinkronkan dengan sistem inti yang dipakai. Dari sana, Anda dapat menerjemahkan template ini ke dalam dokumen dinamis dan kaya fitur yang ingin dilihat klien Anda.
5. Membantu Upaya Kepatuhan
Meskipun Anda mungkin memiliki tim peninjau internal, seberapa mudah bagi mereka semua untuk mendapatkan pendapat yang sama? Dengan sistem CCM, semua anggota tim yang terlibat dalam langkah ini dapat berkolaborasi dengan mudah.
Anda semua akan bekerja dari versi yang sama, melacak dan mengatur pengeditan di setiap langkah. Ini membantu meredakan konflik internal dan mempercepat waktu ke pasar.
Ini juga memberikan tampilan menyeluruh dan menyeluruh dari seluruh paket komunikasi, memberikan akses kepada pengulas ke setiap cara pesan Anda akan muncul, baik melalui pesan teks, situs web Anda, atau salinan cetak.
Dengan cara ini, setiap pengeditan yang dilakukan pada satu versi dapat diterjemahkan ke versi lain. Menangkap kesalahan dalam manual cetak? Anda dapat memperbaikinya secara keseluruhan, jadi versi online juga benar.