Marketing secara sederhana didefinisikan sebagai meletakkan produk yang tepat di tempat yang tepat, dengan harga yang tepat, dan pada waktu yang tepat. Konsep di balik marketing adalah product, price, place, dan promotion, singkatnya "Marketing Mix" atau "4P".
Anda mungkin pernah mendengar tentang 4P marketing ini. Mereka adalah konsep pemasaran yang sangat penting yang dapat Anda gunakan untuk mengiklankan bisnis baru Anda, mengoptimalkan penjualan, menjangkau target audience, atau menguji strategi pemasaran.
Ketahui bagaimana Anda dapat memanfaatkan keempat P untuk membantu mengembangkan bisnis Anda!
Key Takeaway:
- Strategi 4P pemasaran mencakup product (barang atau jasa untuk kebutuhan konsumen), price (harga product tersebut), place (tempat untuk mendistribusikan atau menjual produk), dan promotion (cara mempromosi produk agar terjual).
- Strategi 4P bermanfaat untuk menciptakan sinergi, meningkatkan loyalitas dan nilai brand, meningkatkan pendapatan, dan memandu proses keputusan pembeli.
- Cara menggunakan 4P marketing adalah tentukan dengan jelas produk atau layanan Anda, analisis bagaimana produk Anda memenuhi kebutuhan pelanggan, pahami tempat di mana target audiens Anda berbelanja, tentukan harga untuk produknya, lakukan evaluasi dan perubahan jika diperlukan.
Apa Itu Strategi Pemasaran 4P?
Dipopulerkan oleh Neil Borden, seorang profesor periklanan di Universitas Harvard, pemasaran 4P adalah model untuk meningkatkan komponen "marketing mix" Anda, seperti cara Anda memperkenalkan produk atau layanan baru ke pasar.
Hal ini membantu Anda menentukan opsi pemasaran dalam hal harga, produk, promosi, dan tempat sehingga penawaran Anda memenuhi kebutuhan atau permintaan pelanggan tertentu.
4P juga mencakup berbagai faktor yang harus dipertimbangkan saat memasarkan produk, termasuk apa yang diinginkan konsumen, bagaimana produk atau layanan memenuhi atau gagal memenuhi keinginan pelanggan, bagaimana produk atau layanan menonjol dari kompetitor, dan bagaimana perusahaan yang memproduksinya berinteraksi dengan pelanggannya.
Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai 4P.
1. Product
Produk adalah setiap barang atau jasa yang memenuhi kebutuhan/keinginan konsumen.
Ini juga dapat didefinisikan sebagai kumpulan utilitas yang hadir dengan aspek fisik seperti desain, volume, nama merek, dll.
Tugas marketer adalah mendefinisikan produk dan kualitasnya serta memperkenalkannya kepada konsumen.
Mendefinisikan produk juga merupakan kunci distribusinya. Marketer perlu memahami siklus hidup suatu produk, dan eksekutif bisnis perlu memiliki rencana untuk menangani produk di setiap tahap siklusnya.
Jenis produk juga menentukan berapa biayanya, di mana produk harus ditempatkan, dan bagaimana harus dipromosikan.
Saat Anda mengerjakan produk Anda, penting untuk mempertimbangkan target audience Anda dan kebutuhan unik mereka. Beberapa pertanyaan yang perlu dipertimbangkan saat mengerjakan suatu produk meliputi:
- Apa produk Anda?
- Apa yang dilakukan produk Anda? Apakah produk memenuhi kebutuhan yang tidak terpenuhi atau memberikan pengalaman baru?
- Siapa target audiens produk Anda?
- Bagaimana produk Anda berbeda dari yang ditawarkan orang lain?
2. Price
Price adalah nilai yang bersedia dibayar oleh konsumen untuk suatu produk.
Harga suatu produk secara langsung memengaruhi volume penjualan dan, akibatnya, keuntungan bisnis. Permintaan, biaya, tren harga di antara para pesaing, dan peraturan pemerintah merupakan faktor krusial yang menentukan harga.
Saat memasarkan produk atau layanan, penting untuk memilih harga yang secara bersamaan dapat diakses oleh target pasar dan memenuhi tujuan bisnis. Penetapan harga dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap kesuksesan produk secara keseluruhan.
Untuk mengidentifikasi harga yang berhasil, Anda harus benar-benar memahami target audiens Anda dan kesediaan mereka untuk membayar produk. Beberapa pertanyaan yang mungkin Anda tanyakan pada diri sendiri saat mempertimbangkan harga produk Anda meliputi:
- Berapa kisaran harga produk kompetitor Anda?
- Berapa kisaran harga yang diinginkan target konsumen Anda?
- Berapa harga yang terlalu tinggi untuk audiens Anda? Berapa harga yang terlalu rendah?
- Berapa harga yang paling sesuai dengan target pasar Anda?
3. Place (Distribution)
Place adalah pertimbangan di mana produk harus tersedia—di toko offline dan online—dan bagaimana produk itu akan ditampilkan.
Sama seperti harga, menemukan tempat yang tepat untuk memasarkan dan menjual produk Anda merupakan faktor kunci dalam menjangkau target audience Anda. Jika Anda menempatkan produk Anda di tempat yang tidak dikunjungi pelanggan target Anda—baik online maupun offline—kemungkinan besar Anda tidak akan memenuhi target penjualan Anda. Sementara itu, tempat yang tepat dapat membantu Anda terhubung dengan audiens target dan mempersiapkan Anda untuk sukses.
Untuk memutuskan di mana tempat terbaik untuk memasarkan dan menjual produk Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk meneliti tempat fisik atau digital tempat target konsumen Anda berbelanja dan mengonsumsi informasi. Beberapa pertanyaan yang perlu dipertimbangkan antara lain:
- Di mana Anda akan menjual produk Anda?
- Di mana target audiens Anda berbelanja?
- Saluran distribusi apa yang terbaik untuk menjangkau target pasar Anda?
4. Promotion
Promosi melibatkan keputusan yang berkaitan dengan periklanan, tenaga penjualan, pemasaran langsung, hubungan masyarakat, anggaran periklanan, dll.
Tujuan utama promosi adalah untuk menyebarkan kesadaran tentang produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Ini membantu dalam membujuk konsumen untuk memilih produk tertentu daripada produk lain yang ada di pasar.
Ada banyak cara berbeda untuk mempromosikan produk Anda. Beberapa metode tradisional termasuk dari mulut ke mulut, iklan cetak, dan iklan televisi. Di era digital, ada lebih banyak saluran pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk Anda, seperti pemasaran konten, pemasaran email, dan social media marketing
Beberapa pertanyaan yang perlu dipertimbangkan saat Anda mengerjakan promosi produk meliputi:
- Kapan waktu terbaik untuk menjangkau target audiens Anda?
- Saluran pemasaran apa yang paling efektif untuk target konsumen Anda?
- Pendekatan periklanan apa yang paling persuasif untuk target Anda?
Contoh dari 4P
Berikut rincian dari 4P pemasaran untuk perusahaan yang menawarkan layanan marketing:
- Product: Tonka Marketing adalah perusahaan lokal yang menyediakan layanan digital marketing Layanannya berbeda dengan para pesaingnya karena merupakan satu-satunya bisnis lokal yang juga menawarkan layanan pemasaran khusus untuk influencer. Tonka Marketing juga menyediakan social media marketing, pemasaran email, dan layanan SEO untuk usaha kecil.
- Price: Tonka Marketing menawarkan harga yang rendah untuk pelanggan baru. Harga juga lebih rendah dari pesaing mereka karena mereka fokus pada pelanggan dengan anggaran lebih kecil. Paket berbeda tersedia tergantung pada jenis pemasaran apa yang ingin dikejar bisnis.
- Place: Tonka Marketing beroperasi di Jakarta. Perusahaan beroperasi dari kantor kecil di kota, tetapi dapat berkomunikasi dengan klien melalui email dan panggilan telepon.
- Promotion: Tonka Marketing telah bermitra dengan bisnis lokal lainnya dengan menawarkan diskon referral. Mereka juga membayar iklan di koran lokal dan di jaringan media sosial. Tonka Marketing juga menyediakan buletin email dengan kiat pemasaran bisnis kecil untuk membangun authenticity dan menghasilkan lebih banyak minat pada layanannya.
Mengapa Strategi Pemasaran 4P Penting?
Bisnis Anda membutuhkan strategi untuk terus tumbuh dan maju. Bukan rahasia lagi bahwa memiliki rencana bisnis sangat penting untuk kesuksesan Anda.
4P Pemasaran adalah empat faktor terpenting untuk dipertimbangkan saat Anda membuat strategi itu. Setelah Anda memiliki pemahaman dasar tentang produk, harga, tempat, dan promosi, Anda dapat mulai memasarkan produk atau jasa Anda dengan sungguh-sungguh.
Faktor-faktor ini, seperti yang telah dibahas, bersifat internal dan eksternal. Saat Anda mempertimbangkan cara menjangkau target pasar, atau melibatkan mereka dengan lebih baik, menggunakan 4P akan membantu memastikan Anda mengajukan pertanyaan yang tepat dan mengambil langkah terbaik.
Selain itu, strategi pemasaran 4P memiliki berbagai manfaat lain bagi bisnis, seperi:
1. Menciptakan Sinergi
Setelah Anda menentukan 4P Anda, itu menciptakan rasa koordinasi di seluruh bisnis Anda dan departemennya. Produk mempengaruhi harga, harga mempengaruhi tempat, dan tempat mempengaruhi promosi.
Pelanggan mencari konsistensi. Penerapan 4P serta strategi pemasaran yang sukses dapat memfasilitasi hal itu.
2. Meningkatkan Loyalitas & Nilai Brand
Saat menggunakan 4P, ini semua tentang pelanggan.
Fokus untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka akan memastikan kepuasan pelanggan dan meningkatkan loyalitas brand Anda secara keseluruhan. Pelanggan setia adalah kunci karena mengarah pada nilai retensi pelanggan yang lebih tinggi.
Baca juga: Simak Cara Sederhana Membangun Loyalitas Pelanggan
3. Meningkatkan Pendapatan
Semakin puas seorang pelanggan dengan Anda, produk Anda, dan brand Anda, semakin besar kemungkinan mereka akan membeli dari Anda lagi atau menyebarkan informasi ke sesama teman.
Peningkatan penjualan berarti peningkatan laba dan lebih banyak pendapatan!
4. Memandu Proses Keputusan Pembeli
Tempat, harga, produk, dan promosi semuanya memengaruhi proses keputusan pembelian setiap pelanggan potensial. Bahkan, 4P sering menjadi faktor kunci dalam menentukan apakah pelanggan melakukan pembelian atau tidak.
Cara Menggunakan 4P Marketing untuk Menjual Produk
4P menyediakan kerangka kerja untuk membangun strategi pemasaran Anda. Pikirkan setiap faktor. Dan jangan khawatir ketika faktor saling tumpang tindih.
Berikut panduan untuk mengembangkan marketing mix menggunakan 4P:
1. Identifikasi dengan jelas produk atau layanan Anda
Sebelum Anda mulai mengembangkan marketing mix, penting untuk memiliki produk atau layanan berkualitas. Bahkan ketika perusahaan memiliki kumpulan produk yang beragam, 4P harus diterapkan secara terpisah untuk masing-masing produk.
2. Analisis bagaimana produk Anda memenuhi kebutuhan pelanggan
Produk Anda harus jelas bisa melayani kebutuhan pelanggan tertentu. Penting untuk dapat mengartikulasikan apa kebutuhan itu dan bagaimana produk atau layanan Anda secara unik memenuhinya.
Anda akan menggunakan informasi ini nanti saat Anda mengembangkan kampanye pemasaran yang memberi tahu pelanggan tentang produk Anda dan mengapa mereka harus membelinya.
3. Pahami tempat di mana target audiens Anda berbelanja
Evaluasi toko ritel dan platform online seperti apa yang sering dikunjungi pelanggan target Anda.
Jika produk Anda dijual di lokasi fisik, pastikan produk tersebut tersedia di lingkungan tempat tinggal pelanggan Anda dan di toko tempat mereka sering berbelanja. Jika Anda menjual produk secara online, pastikan bahwa pelanggan di target pasar Anda benar-benar berbelanja di situs e-commerce tempat Anda berjualan.
4. Tentukan harga untuk produk Anda
Manfaatkan riset pasar untuk menetapkan penilaian yang tepat untuk produk Anda yang akan menarik bagi target pelanggan Anda.
Penilaian harus bergantung pada data ekonomi mengenai anggaran dan kebiasaan belanja basis pelanggan Anda.
5. Merumuskan pesan pemasaran untuk mempromosikan produk Anda
Kembangkan konsep pemasaran yang akan menarik basis pelanggan Anda dan komunikasikan bagaimana produk Anda melayani mereka.
Ini juga merupakan tahap proses marketing mix ketika Anda akan memutuskan jenis komunikasi pemasaran apa yang akan diinvestasikan. Bergantung pada produk dan target pelanggan Anda, rencana pemasaran Anda dapat menggunakan berbagai channel.
6. Lihatlah 4P untuk produk Anda dan putuskan apakah semuanya cocok
Sekarang setelah Anda membuat marketing mix yang kohesif, lihat masing-masing 4 P Anda dan putuskan apakah rencana Anda cocok.
Membangun marketing mix adalah tentang menyusun rencana di mana setiap elemen bekerja bersama dengan yang lain.
7. Tinjau kembali bauran pemasaran Anda dari waktu ke waktu
Strategi pemasaran yang sukses mengharuskan Anda untuk meninjau kembali dan menyesuaikannya dari waktu ke waktu.
Saat produk tumbuh dalam market share dan popularitas, tempat dan strategi promosi yang Anda gunakan harus berubah untuk memenuhi permintaan.
Pembeli potensial Anda mungkin berubah seperti halnya profil produk Anda. Strategi 4P harus disesuaikan dan disempurnakan dari waktu ke waktu, ditinjau kembali secara teratur. Dengan demikian rencana pemasaran Anda kemungkinan besar akan berkembang.
Mulai Terapkan Strategi Pemasaran 4P untuk Bisnis dengan OneTalk
Ketika Anda telah membahas masing-masing dari 4P, dan memahaminya dengan baik dan apa artinya bagi Anda, maka inilah saatnya bagi Anda untuk mulai menjual produk Anda!
Strategi pemasaran yang efektif akan membantu mendorong lebih banyak prospek. Jika produk Anda cukup bagus, itu artinya Anda akan melihat lebih banyak penjualan dan kesuksesan!
Ketika Anda telah menentukan produk dan harga, Anda mungkin kebingungan untuk mulai berjualan di mana dan channel promosi apa yang paling tepat.
Namun, tidak perlu khawatir karena OneTalk dari TapTalk.io yang merupakan aplikasi pesan instan terbaik, menyediakan solusi yang tepat untuk masalah tersebut.
OneTalk menyediakan berbagai channel yang terintegrasi dalam satu dasbor. Artinya, pelanggan dapat menghubungi Anda melalui berbagai channel komunikasi, seperti WhatsApp, Instagram DM, Google Business Messages, dan lainnya. Begitu juga dengan sebaliknya, Anda dapat menghubungi mereka untuk menawarkan informasi atau promo terbaik sesuai dengan kebutuhan mereka.
Jadi tunggu apa lagi? Yuk, mulai kembangkan bisnis Anda dengan strategi pemasaran 4P bersama OneTalk.
Anda dapat menghubungi agent kami di sini untuk informasi lebih lanjut atau penawaran lainnya.