Sejak Instagram dibuat, platform social media ini telah berkembang menjadi platform terbaik untuk berbagi foto. Memiliki lebih dari 800 juta pengguna aktif bulanan, lebih dari 60 juta foto diunggah setiap hari, dan 1,6 miliar "likes" setiap hari diberikan.
Ada juga influencer dengan jumlah pengikut yang sangat besar dan berpengaruh. Bisnis Anda juga bisa memiliki pengikut dan pengaruh yang besar jika melakukan strategi yang tepat. Bagaimana caranya?
Instagram membuat Anda untuk terus memposting jenis konten yang relevan dengan pengikut Anda saat ini. Konsistensi ini juga akan membawa Anda mendapatkan pengikut baru. Hal yang perlu diperhatikan dalam mengunggah konten Instagram adalah, Anda harus cerdik untuk mengetahui jenis postingan mana yang paling cocok untuk menumbuhkan audiens Anda.
Berikut adalah tujuh tips dan strategi Instagram Marketing yang ampuh dan berhasil untuk menaikkan brand Anda.
1. Beralih ke Akun Bisnis (Professional Account) SECEPATNYA
Sebelum mulai memikirkan rencana Instagram Marketing, pastikan Anda memiliki Akun Bisnis Instagram. Mudah untuk mengalihkan profil Anda saat ini ke akun bisnis.
Cukup buka Pengaturan (Settings) dan klik "Beralih ke Akun Profesional" untuk memulai.
Akun bisnis atau profesional ini dapat membuat pengikut Anda mengklik tombol kontak untuk menghubungi bisnis Anda langsung dari halaman Instagram.
Profil bisnis juga memungkinkan Anda membuat dan menerbitkan iklan Instagram tanpa perlu menggunakan alat periklanan Facebook. Anda juga dapat mengakses alat analitik Instagram, yang disebut Insights untuk melihat statistik tentang tayangan dan jangkauan posting Anda.
Bermula dari sini, Anda harus mulai cermat menggunakannya untuk melacak metrik dan memahami konten yang disukai audiens Anda.
2. Pantau Insight di Setiap Postingan
Profil bisnis di Instagram tidak jauh berbeda dengan profil bisnis Facebook. Melalui Insights, Anda dapat melihat statistik seperti tayangan, data keterlibatan, dan lainnya. Anda bahkan bisa mendapatkan rincian demografi pengikut Anda, termasuk informasi tentang usia, jenis kelamin, lokasi, dan jam paling aktif mereka.
Insights juga tidak hanya digeneralisasikan. Anda bisa mendapatkan informasi khusus tentang postingan selama seminggu yang menunjukkan berapa banyak tayangan yang Anda peroleh untuk periode waktu itu dan apa postingan teratas Anda.
Alat gratis ini sangat berharga karena Anda dapat menggunakannya untuk memahami dengan tepat bagaimana pengguna berinteraksi dengan konten Anda. Semakin banyak yang Anda ketahui tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan posting Anda, semakin baik Anda dapat menyesuaikan konten Anda untuk meningkatkan engagement.
3. Pasang teaser produk yang akan mendorong orang untuk membeli
Bagaimana jika Anda bisa menjual lebih banyak produk hanya dengan memposting teaser produk di Instagram?
Tentu saja bisa!
Instagram adalah tempat yang tepat untuk mengiklankan produk Anda. jika Anda memainkan strategi dengan benar, Anda tidak akan mengganggu pengguna atau membuat mereka anti dengan iklan.
Jika Anda terlalu memaksa, pengikut akan turun secepat kilat. Namun, postingan teaser produk adalah cara sederhana untuk membicarakan produk Anda dan meningkatkan antusias pelanggan tanpa terlihat seperti Anda berusaha terlalu keras.
4. Buat Iklan Bersponsor/Sponsored Ads
Iklan Instagram atau Instagram Ads telah menjadi hal biasa di platform ini. Bagian terbaiknya? Anda dapat mengontrol dengan tepat berapa banyak yang ingin Anda belanjakan untuk mereka dengan menetapkan anggaran iklan.
Anda hanya dapat menampilkan satu iklan bersponsor atau beberapa iklan dengan fitur carousel.
Ini memberi brand kemampuan untuk menargetkan audiens mereka dengan cara yang benar-benar baru. Sebelum posting bersponsor, hanya pengguna yang mengikuti akun Anda yang dapat melihat pembaruan dan foto Anda. Sekarang, brand dapat mempromosikan foto mereka kepada siapa saja yang sesuai dengan audiens target mereka untuk meningkatkan jangkauan mereka lebih jauh dari sebelumnya.
Gunakan konten yang menarik sekaligus menarik bagi demografis target yang Anda inginkan untuk menampilkan iklan. Anda juga dapat mengubah postingan yang ada menjadi iklan bersponsor, jadi perhatikan postingan teratas Anda.
Jalankan banyak posting ke audiens yang berbeda secara bersamaan untuk lebih banyak jangkauan. Ingatlah bahwa ada berbagai bentuk iklan bersponsor yang dapat Anda posting, seperti:
- Foto
- Video
- Korsel / Iklan Dinamis
- Stories
- Canvas Stories
Baca juga : Kiat - Kiat melakukan Instagram Ads yang sukses
5. Buat Instagram Stories Lebih Interaktif
Jika Anda ingin menghasilkan lebih banyak interaksi dengan followers, Instagram Stories siap membantu. Cerita Instagram berbeda dari kiriman Instagram biasa karena memiliki format "slideshow". Mereka hanya tayang selama 24 jam, tetapi stories dapat disimpan ke perangkat Anda mana pun dan digunakan kembali di lain waktu.
Instagram Stories muncul di area kecil di atas feed. Manfaat Instagram Stories untuk brand benar-benar tidak ada habisnya. Sebagai permulaan, Stories ditampilkan di bagian atas timeline pengikut yang sudah dilihat pengguna setiap hari.
Brand dapat menggunakan cerita untuk menangkap postingan orang dalam di balik layar yang mungkin tidak "berkualitas tinggi" seperti postingan biasa. Dan Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang memposting konten yang sesuai dengan "estetika" brand atau halaman Instagram Anda saat berhubungan dengan Stories.
Instagram juga memudahkan bereksperimen dengan berbagai jenis konten di fitur Stories, seperti foto, video pendek, video rewind, video langsung, atau Boomerang. Anda dapat menggunakan alat seperti Canva dan InVideo untuk membuat gambar dan video yang luar biasa untuk cerita Anda.
Anda juga dapat menandai akun lain di Stories, yang sangat bagus jika Anda berkolaborasi dengan brand atau influencer lain. Setiap foto dan video yang Anda tambahkan akan diputar dalam urutan yang sama dengan saat Anda menambahkannya. Jumlah postingan yang dapat Anda tambahkan ke Stories pada waktu tertentu tidak terbatas, dan fitur tersebut tersedia untuk semua bisnis secara global.
6. Bermitra dengan Influencer untuk Jangkauan yang Lebih Luas
Jika Anda ingin menjangkau calon pelanggan di Instagram, cara tercepat untuk melakukannya adalah melalui influencer yang telah membangun audiens dengan banyak pengikut.
Banyak orang membeli layanan atau produk berdasarkan apa yang mereka lihat di feed mereka dari orang-orang berpengaruh yang mereka ikuti. Mereka mempercayai review dari orang ‘berpengaruh’ tersebut. Jika Anda bermitra dengan influencer di industri yang tepat, Anda dapat menampilkan brand Anda di hadapan ratusan hingga ribuan pengguna yang memiliki ketertarikan pada bidang bisnis Anda..
7. Kumpulkan Foto Kiriman Pengguna
Bukankah menyenangkan jika ada cara cepat dan mudah untuk membuat konten yang bagus untuk halaman Instagram Anda? Ini dapat dicapai melalui foto yang dikirim pengguna.
Bila brand Anda sudah memiliki audiens yang terlibat, Anda dapat memanfaatkan untuk menghasilkan konten yang bermanfaat. Pengikut Anda juga mungkin akan menikmati konten buatan pengguna lebih dari mereka menikmati konten Anda karena autentik dan tidak dapat diprediksi.
Keterlibatan pelanggan dan pengguna lain membuat brand Anda terlihat sangat aktif dan memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan. Ini akan menunjukkan bahwa Anda melibatkan pelanggan dalam perjalanan brand Anda dan memberikan citra ramah kepada pengguna. Pelanggan akan merasa diperlakukan dengan baik oleh brand Anda.
Itu dia beberapa strategi yang dapat Anda praktekkan untuk mengoptimalkan Instagram Marketing Anda, mana yang paling cocok untuk brand Anda?
Baca juga: Cara ampuh manfaatkan SEO untuk Instagram