Budaya staycation yang semakin populer membuat banyak orang harus memiliki pengetahuan cara memesan hotel. Nyatanya, jika Anda mengira satu-satunya cara memesan hotel adalah hanya dengan datang secara langsung ke hotel, maka Anda harus tahu bahwa Anda kini tidak perlu repot-repot ke hotel untuk memesan kamar.
Untuk memesan kamar hotel, ada 2 metode yang dapat Anda lakukan, yaitu pemesanan kamar secara langsung (offline) dan secara tidak langsung (online).
Pada artikel berikut, kami akan merincikan berbagai cara dan langkah-langkah yang dapat Anda tempuh untuk memesan kamar melalui dua metode tersebut, termasuk cara booking hotel via WhatsApp.
Key Takeaways:
Booking kamar hotel secara langsung adalah salah satu metode paling tradisional untuk reservasi kamar di hotel. Memesan secara langsung berarti tamu harus datang secara langsung dan memesan tipe kamar yang mereka inginkan di hotel yang ingin dituju.
Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk memesan kamar secara langsung, yaitu:
Langkah pertama bagi Anda yang ingin memesan kamar hotel secara langsung adalah mengunjungi lobby hotel dan menemui bagian resepsionis hotel. Komunikasikan kepada pihak resepsionis hotel bahwa Anda ingin melakukan reservasi kamar hotel.
Selanjutnya, resepsionis akan mengkonfirmasi bahwa Anda akan melakukan reservasi kamar. Pada langkah selanjutnya, resepsionis akan meminta dan memandu Anda dalam proses pengisian formulir.
Formulir ini akan berisi beberapa pertanyaan, termasuk biodata calon tamu, tipe kamar yang dipilih, hingga waktu check in dan check out yang tamu inginkan.
Jika Anda sudah selesai mengisi data yang dibutuhkan dan Anda memutuskan untuk masuk pada waktu yang sama, maka proses check in dapat segera Anda lakukan. Langkah ini menjadi penanda Anda sudah mulai masuk dan menginap di hotel tersebut.
Anda akan diberikan kunci kamar dan diantar untuk menuju ke kamar hotel tempat Anda menginap.
Baca juga: Mengenal WhatsApp Partner Indonesia untuk Kemudahan Bisnis Anda
Seiring berkembangnya teknologi, kini Anda dapat dengan mudah memesan kamar hotel Anda secara online. Dengan metode online, Anda tidak perlu repot-repot untuk datang langsung ke hotel untuk melakukan reservasi langsung.
Ada beberapa platform yang dapat Anda gunakan dalam booking hotel secara online, antara lain:
Ada beberapa aplikasi VHO yang dapat Anda gunakan untuk memesan kamar di hotel, di antaranya:
Berikut adalah langkah-langkah untuk memesan kamar via RedDoorz.
Anda dapat memesan kamar melalui Airy Room dengan langkah-langkah berikut.
Ada beberapa cara yang dapat Anda tempuh untuk memesan kamar hotel via Nida Rooms, salah satunya melalui tiket.com.
Selain aplikasi VHO, Anda juga dapat melakukan pemesanan hotel dengan menggunakan aplikasi OTA.
Berikut adalah langkah-langkah untuk memesan kamar melalui Traveloka.
Untuk memesan kamar via booking.com, ikutilah langkah-langkah berikut.
Ikuti langkah-langkah berikut untuk memesan kamar melalui tiket.com.
Kini, sudah banyak hotel yang menggunakan WhatsApp sebagai sarana untuk memesan kamar di hotel. Biasanya, hotel akan menyediakan contact person yang dapat dihubungi langsung.
Cara booking hotel melalui WhatsApp memiliki berbagai kelebihan. Selain proses pemesanan yang mudah menggunakan aplikasi messaging yang populer, melalui contact person yang Anda hubungi melalui WhatsApp, Anda juga dapat bertanya apabila ada kendala yang Anda temui saat melakukan pemesanan via contact person tersebut.
Mudahnya cara pesan hotel melalui WhatsApp membuat banyak orang mulai memesan hotel melalui aplikasi ini saat ini. Untuk itu, perusahaan perhotelan harus dapat mengejar teknologi untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar mereka.
WhatsApp Business API dapat menjadi solusi yang tepat untuk menjawab kebutuhan perusahaan perhotelan ini.
Mengetahui WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan favorit pengguna membuat Anda sebagai pemilik bisnis perhotelan ingin menggunakan aplikasi ini sebagai salah satu sarana pemesanan kamar di hotel Anda.
WhatsApp Business API memungkinkan Anda untuk mengirimkan notifikasi pelanggan melalui pesan template dari bisnis ke pelanggan dan layanan pelanggan melalui pesan ketika mereka menghubungi Anda.
Dengan otomatisasi WhatsApp Business API, Anda dapat menawarkan dukungan 24 jam untuk pelanggan dengan biaya yang lebih rendah. Biaya yang lebih hemat ini datang dari penggunaan pesan template dan chatbot yang mengurangi pekerjaan manual.
Tertarik untuk menggunakan WhatsApp Business API demi kemajuan bisnis Anda? OneTalk by TapTalk.io dapat menjawab kebutuhan Anda.
Sebagai penyedia layanan WhatsApp Business API terpercaya di Indonesia, sudah banyak perusahaan yang mempercayai TapTalk.io sebagai sumber aktivasi akun WhatsApp Business API mereka.
OneTalk by TapTalk.io juga dapat membantu Anda untuk menawarkan lebih banyak value kepada pelanggan. Ada banyak fitur yang dapat Anda manfaatkan dari OneTalk, antara lain fitur chatbot, mengirimkan pesan otomatis, mengatur pesan template, membuat pesan balasan di luar jam kerja, dan masih banyak lagi.
Di samping itu, sebagai platform omnichannel messaging, OneTalk by TapTalk.io juga memungkinkan perusahaan untuk melakukan integrasi beberapa aplikasi perpesanan dalam satu dasbor. Selain WhatsApp, Anda juga dapat mengintegrasikan aplikasi perpesanan populer lainnya, seperti Instagram dan Google. Dengan begitu, Anda tidak perlu takut kelewatan satu pelanggan pun melalui setiap aplikasi yang kamu gunakan.
Ingin merasakan langsung kemudahan yang ditawarkan oleh fitur-fitur dari OneTalk? Kunjungi link ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai OneTalk.