Back to Home

Insight

Simak Cara Booking Hotel via WhatsApp dan Aplikasi Lainnya

BY
Regita Larasati

Regita Larasati

Content Strategic Associate
Regita adalah seorang Content Strategist dan Copywriter yang memulai karirnya sebagai Marketing Intern di TapTalk.io pada tahun 2021 dan secara konsisten menunjukkan dedikasinya hingga mencapai posisinya sekarang. Dengan memanfaatkan latar belakang pendidikan Sastra Jerman dari Universitas Indonesia yang memberinya kemampuan analitis dan kreatif dalam mengembangkan strategi konten yang efektif serta menulis copy yang menarik, menjadikannya aset berharga dalam membangun image dan komunikasi brand di berbagai platform digital.

Budaya staycation yang semakin populer membuat banyak orang harus memiliki pengetahuan cara memesan hotel. Nyatanya, jika Anda mengira satu-satunya cara memesan hotel adalah hanya dengan datang secara langsung ke hotel, maka Anda harus tahu bahwa Anda kini tidak perlu repot-repot ke hotel untuk memesan kamar.

Untuk memesan kamar hotel, ada 2 metode yang dapat Anda lakukan, yaitu pemesanan kamar secara langsung (offline) dan secara tidak langsung (online).

Pada artikel berikut, kami akan merincikan berbagai cara dan langkah-langkah yang dapat Anda tempuh untuk memesan kamar melalui dua metode tersebut, termasuk cara booking hotel via WhatsApp.

Simak Cara Booking Hotel via WhatsApp dan Aplikasi Lainnya

Key Takeaways: 

  • Untuk memesan kamar hotel, ada 2 metode yang dapat Anda lakukan, yaitu pemesanan kamar secara langsung (offline) dan secara tidak langsung (online).
  • Memesan secara langsung berarti tamu harus datang secara langsung dan memesan tipe kamar yang mereka inginkan di hotel yang ingin dituju.
  • Ada beberapa platform yang dapat Anda gunakan dalam booking hotel secara online, antara lain melalui Virtual Hotel Operator (VHO), Online Travel Agent (OTA), dan WhatsApp. 

Cara Pemesanan Kamar Secara Langsung (Offline)

Booking kamar hotel secara langsung adalah salah satu metode paling tradisional untuk reservasi kamar di hotel. Memesan secara langsung berarti tamu harus datang secara langsung dan memesan tipe kamar yang mereka inginkan di hotel yang ingin dituju.

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk memesan kamar secara langsung, yaitu:

1. Kunjungi Bagian Resepsionis Hotel di Meja Lobby Hotel

Langkah pertama bagi Anda yang ingin memesan kamar hotel secara langsung adalah mengunjungi lobby hotel dan menemui bagian resepsionis hotel. Komunikasikan kepada pihak resepsionis hotel bahwa Anda ingin melakukan reservasi kamar hotel.

2. Lakukan Reservasi dan Isi Formulir

Selanjutnya, resepsionis akan mengkonfirmasi bahwa Anda akan melakukan reservasi kamar. Pada langkah selanjutnya, resepsionis akan meminta dan memandu Anda dalam proses pengisian formulir.

Formulir ini akan berisi beberapa pertanyaan, termasuk biodata calon tamu, tipe kamar yang dipilih, hingga waktu check in dan check out yang tamu inginkan.

3. Check-In

Jika Anda sudah selesai mengisi data yang dibutuhkan dan Anda memutuskan untuk masuk pada waktu yang sama, maka proses check in dapat segera Anda lakukan. Langkah ini menjadi penanda Anda sudah mulai masuk dan menginap di hotel tersebut.

Anda akan diberikan kunci kamar dan diantar untuk menuju ke kamar hotel tempat Anda menginap.

Baca juga: Mengenal WhatsApp Partner Indonesia untuk Kemudahan Bisnis Anda

Cara Pemesanan Kamar Secara Tidak Langsung (Online)

Seiring berkembangnya teknologi, kini Anda dapat dengan mudah memesan kamar hotel Anda secara online. Dengan metode online, Anda tidak perlu repot-repot untuk datang langsung ke hotel untuk melakukan reservasi langsung.

Ada beberapa platform yang dapat Anda gunakan dalam booking hotel secara online, antara lain:

1. Cara Booking Hotel via Virtual Hotel Operator (VHO)

Ada beberapa aplikasi VHO yang dapat Anda gunakan untuk memesan kamar di hotel, di antaranya:

RedDoorz

Berikut adalah langkah-langkah untuk memesan kamar via RedDoorz.

  1. Buka aplikasi RedDoorz
  2. Daftarkan diri dengan memasukkan email atau nomor HP.
  3. Pilih wilayah dan kota tujuan Anda menginap.
  4. Pilih tanggal check in dan check out, serta jumlah kamar yang akan Anda pesan.
  5. Pilih kamar yang tersedia dan pilih Pesan Sekarang.
  6. Isi data lengkap, lalu pilih Metode Pembayaran.
  7. Lakukan pembayaran.
  8. Setelah pembayaran berhasil, e-voucher akan terkirim ke alamat email Anda.

Airy Rooms

Anda dapat memesan kamar melalui Airy Room dengan langkah-langkah berikut.

  1. Akses website atau aplikasi Airy Rooms.
  2. Klik tombol kamar.
  3. Isi nama kota atau daerah tujuan, dan pilih tanggal check in dan durasi menginap.
  4. Pilih jenis kamar yang Anda inginkan. Ada tiga jenis kamar yang dapat Anda pilih, yaitu Airy Eco, Airy Standar, dan Airy Premier.
  5. Lengkapi data diri untuk konfirmasi pemesanan.

Nida Rooms

Ada beberapa cara yang dapat Anda tempuh untuk memesan kamar hotel via Nida Rooms, salah satunya melalui tiket.com.

  1. Akses tiket.com.
  2. Pilih tujuan Nida Rooms sesuai lokasi menginap yang Anda inginkan.
  3. Pilih tanggal check in dan check out, serta jumlah kamar yang akan dipesan.
  4. Pilih Lihat Kamar dan pilih kamar yang Anda inginkan.
  5. Konfirmasi pemesanan.

2. Cara Booking Hotel Via Online Travel Agent (OTA)

Selain aplikasi VHO, Anda juga dapat melakukan pemesanan hotel dengan menggunakan aplikasi OTA.

Traveloka

Berikut adalah langkah-langkah untuk memesan kamar melalui Traveloka.

  1. Akses aplikasi Traveloka.
  2. Login atau register untuk mulai memesan.
  3. Isi halaman pencarian dengan mengisi lokasi tujuan, tanggal check in, dan jumlah hari akan menginap.
  4. Pilih hotel sesuai kebutuhan. Anda dapat melakukan sortir hotel berdasarkan popularitas, harga, rating, dan jarak hotel.
  5. Pilih kamar yang sesuai dengan keinginan Anda.
  6. Isi data pemesan dan tamu.
  7. Pilih Metode Pembayaran yang diinginkan.
  8. Lakukan konfirmasi pembayaran.
  9. Jika pembayaran sudah berhasil, maka e-voucher hotel akan diterbitkan.

Booking.com

Untuk memesan kamar via booking.com, ikutilah langkah-langkah berikut.

  1. Akses website atau aplikasi booking.com.
  2. Login atau register untuk mulai memesan.
  3. Pilih Accommodation, lalu pilih daerah tujuan.
  4. Pilih tanggal check in dan check out, serta jenis kamar.
  5. Pilih kamar hotel yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  6. Lanjutkan ke Next Step, lalu pilih Book Now untuk memesan.

Tiket.com

Ikuti langkah-langkah berikut untuk memesan kamar melalui tiket.com.

  1. Akses website atau aplikasi tiket.com.
  2. Pilih hotel dan lokasi yang ingin Anda tuju.
  3. Pilih tanggal menginap, jumlah tamu, dan jumlah kamar yang ingin Anda pesan
  4. Pilih dan pesan jenis kamar yang Anda inginkan.
  5. Isi data tamu yang akan check in dan lanjutkan pemesanan.
  6. Pilih Metode Pembayaran yang ingin Anda gunakan.
  7. Lakukan pembayaran.
  8. Setelah pembayaran berhasil, e-voucher akan terkirim ke alamat email Anda.

3. Cara Booking Hotel via WhatsApp

Kini, sudah banyak hotel yang menggunakan WhatsApp sebagai sarana untuk memesan kamar di hotel. Biasanya, hotel akan menyediakan contact person yang dapat dihubungi langsung.

Cara booking hotel melalui WhatsApp memiliki berbagai kelebihan. Selain proses pemesanan yang mudah menggunakan aplikasi messaging yang populer, melalui contact person yang Anda hubungi melalui WhatsApp, Anda juga dapat bertanya apabila ada kendala yang Anda temui saat melakukan pemesanan via contact person tersebut.

Mudahnya cara pesan hotel melalui WhatsApp membuat banyak orang mulai memesan hotel melalui aplikasi ini saat ini. Untuk itu, perusahaan perhotelan harus dapat mengejar teknologi untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar mereka.

WhatsApp Business API dapat menjadi solusi yang tepat untuk menjawab kebutuhan perusahaan perhotelan ini.

Aplikasi WhatsApp Business API by TapTalk.io untuk Memudahkan Proses Pemesanan Kamar melalui WhatsApp

Aplikasi WhatsApp Business API by TapTalk.io untuk Memudahkan Proses Pemesanan Kamar melalui WhatsApp

Mengetahui WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan favorit pengguna membuat Anda sebagai pemilik bisnis perhotelan ingin menggunakan aplikasi ini sebagai salah satu sarana pemesanan kamar di hotel Anda.

WhatsApp Business API memungkinkan Anda untuk mengirimkan notifikasi pelanggan melalui pesan template dari bisnis ke pelanggan dan layanan pelanggan melalui pesan ketika mereka menghubungi Anda.

Dengan otomatisasi WhatsApp Business API, Anda dapat menawarkan dukungan 24 jam untuk pelanggan dengan biaya yang lebih rendah. Biaya yang lebih hemat ini datang dari penggunaan pesan template dan chatbot yang mengurangi pekerjaan manual.

Tertarik untuk menggunakan WhatsApp Business API demi kemajuan bisnis Anda? OneTalk by TapTalk.io dapat menjawab kebutuhan Anda.

Sebagai penyedia layanan WhatsApp Business API terpercaya di Indonesia, sudah banyak perusahaan yang mempercayai TapTalk.io sebagai sumber aktivasi akun WhatsApp Business API mereka.

OneTalk by TapTalk.io juga dapat membantu Anda untuk menawarkan lebih banyak value kepada pelanggan. Ada banyak fitur yang dapat Anda manfaatkan dari OneTalk, antara lain fitur chatbot, mengirimkan pesan otomatis, mengatur pesan template, membuat pesan balasan di luar jam kerja, dan masih banyak lagi.

Di samping itu, sebagai platform omnichannel messaging, OneTalk by TapTalk.io juga memungkinkan perusahaan untuk melakukan integrasi beberapa aplikasi perpesanan dalam satu dasbor. Selain WhatsApp, Anda juga dapat mengintegrasikan aplikasi perpesanan populer lainnya, seperti Instagram dan Google. Dengan begitu, Anda tidak perlu takut kelewatan satu pelanggan pun melalui setiap aplikasi yang kamu gunakan.

Ingin merasakan langsung kemudahan yang ditawarkan oleh fitur-fitur dari OneTalk? Kunjungi link ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai OneTalk.

Share this article

Regita Larasati

Content Strategic Associate

Regita adalah seorang Content Strategist dan Copywriter yang memulai karirnya sebagai Marketing Intern di TapTalk.io pada tahun 2021 dan secara konsisten menunjukkan dedikasinya hingga mencapai posisinya sekarang. Dengan memanfaatkan latar belakang pendidikan Sastra Jerman dari Universitas Indonesia yang memberinya kemampuan analitis dan kreatif dalam mengembangkan strategi konten yang efektif serta menulis copy yang menarik, menjadikannya aset berharga dalam membangun image dan komunikasi brand di berbagai platform digital.

Budaya staycation yang semakin populer membuat banyak orang harus memiliki pengetahuan cara memesan hotel. Nyatanya, jika Anda mengira satu-satunya cara memesan hotel adalah hanya dengan datang secara langsung ke hotel, maka Anda harus tahu bahwa Anda kini tidak perlu repot-repot ke hotel untuk memesan kamar.

Untuk memesan kamar hotel, ada 2 metode yang dapat Anda lakukan, yaitu pemesanan kamar secara langsung (offline) dan secara tidak langsung (online).

Pada artikel berikut, kami akan merincikan berbagai cara dan langkah-langkah yang dapat Anda tempuh untuk memesan kamar melalui dua metode tersebut, termasuk cara booking hotel via WhatsApp.

Simak Cara Booking Hotel via WhatsApp dan Aplikasi Lainnya

Key Takeaways: 

  • Untuk memesan kamar hotel, ada 2 metode yang dapat Anda lakukan, yaitu pemesanan kamar secara langsung (offline) dan secara tidak langsung (online).
  • Memesan secara langsung berarti tamu harus datang secara langsung dan memesan tipe kamar yang mereka inginkan di hotel yang ingin dituju.
  • Ada beberapa platform yang dapat Anda gunakan dalam booking hotel secara online, antara lain melalui Virtual Hotel Operator (VHO), Online Travel Agent (OTA), dan WhatsApp. 

Cara Pemesanan Kamar Secara Langsung (Offline)

Booking kamar hotel secara langsung adalah salah satu metode paling tradisional untuk reservasi kamar di hotel. Memesan secara langsung berarti tamu harus datang secara langsung dan memesan tipe kamar yang mereka inginkan di hotel yang ingin dituju.

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk memesan kamar secara langsung, yaitu:

1. Kunjungi Bagian Resepsionis Hotel di Meja Lobby Hotel

Langkah pertama bagi Anda yang ingin memesan kamar hotel secara langsung adalah mengunjungi lobby hotel dan menemui bagian resepsionis hotel. Komunikasikan kepada pihak resepsionis hotel bahwa Anda ingin melakukan reservasi kamar hotel.

2. Lakukan Reservasi dan Isi Formulir

Selanjutnya, resepsionis akan mengkonfirmasi bahwa Anda akan melakukan reservasi kamar. Pada langkah selanjutnya, resepsionis akan meminta dan memandu Anda dalam proses pengisian formulir.

Formulir ini akan berisi beberapa pertanyaan, termasuk biodata calon tamu, tipe kamar yang dipilih, hingga waktu check in dan check out yang tamu inginkan.

3. Check-In

Jika Anda sudah selesai mengisi data yang dibutuhkan dan Anda memutuskan untuk masuk pada waktu yang sama, maka proses check in dapat segera Anda lakukan. Langkah ini menjadi penanda Anda sudah mulai masuk dan menginap di hotel tersebut.

Anda akan diberikan kunci kamar dan diantar untuk menuju ke kamar hotel tempat Anda menginap.

Baca juga: Mengenal WhatsApp Partner Indonesia untuk Kemudahan Bisnis Anda

Cara Pemesanan Kamar Secara Tidak Langsung (Online)

Seiring berkembangnya teknologi, kini Anda dapat dengan mudah memesan kamar hotel Anda secara online. Dengan metode online, Anda tidak perlu repot-repot untuk datang langsung ke hotel untuk melakukan reservasi langsung.

Ada beberapa platform yang dapat Anda gunakan dalam booking hotel secara online, antara lain:

1. Cara Booking Hotel via Virtual Hotel Operator (VHO)

Ada beberapa aplikasi VHO yang dapat Anda gunakan untuk memesan kamar di hotel, di antaranya:

RedDoorz

Berikut adalah langkah-langkah untuk memesan kamar via RedDoorz.

  1. Buka aplikasi RedDoorz
  2. Daftarkan diri dengan memasukkan email atau nomor HP.
  3. Pilih wilayah dan kota tujuan Anda menginap.
  4. Pilih tanggal check in dan check out, serta jumlah kamar yang akan Anda pesan.
  5. Pilih kamar yang tersedia dan pilih Pesan Sekarang.
  6. Isi data lengkap, lalu pilih Metode Pembayaran.
  7. Lakukan pembayaran.
  8. Setelah pembayaran berhasil, e-voucher akan terkirim ke alamat email Anda.

Airy Rooms

Anda dapat memesan kamar melalui Airy Room dengan langkah-langkah berikut.

  1. Akses website atau aplikasi Airy Rooms.
  2. Klik tombol kamar.
  3. Isi nama kota atau daerah tujuan, dan pilih tanggal check in dan durasi menginap.
  4. Pilih jenis kamar yang Anda inginkan. Ada tiga jenis kamar yang dapat Anda pilih, yaitu Airy Eco, Airy Standar, dan Airy Premier.
  5. Lengkapi data diri untuk konfirmasi pemesanan.

Nida Rooms

Ada beberapa cara yang dapat Anda tempuh untuk memesan kamar hotel via Nida Rooms, salah satunya melalui tiket.com.

  1. Akses tiket.com.
  2. Pilih tujuan Nida Rooms sesuai lokasi menginap yang Anda inginkan.
  3. Pilih tanggal check in dan check out, serta jumlah kamar yang akan dipesan.
  4. Pilih Lihat Kamar dan pilih kamar yang Anda inginkan.
  5. Konfirmasi pemesanan.

2. Cara Booking Hotel Via Online Travel Agent (OTA)

Selain aplikasi VHO, Anda juga dapat melakukan pemesanan hotel dengan menggunakan aplikasi OTA.

Traveloka

Berikut adalah langkah-langkah untuk memesan kamar melalui Traveloka.

  1. Akses aplikasi Traveloka.
  2. Login atau register untuk mulai memesan.
  3. Isi halaman pencarian dengan mengisi lokasi tujuan, tanggal check in, dan jumlah hari akan menginap.
  4. Pilih hotel sesuai kebutuhan. Anda dapat melakukan sortir hotel berdasarkan popularitas, harga, rating, dan jarak hotel.
  5. Pilih kamar yang sesuai dengan keinginan Anda.
  6. Isi data pemesan dan tamu.
  7. Pilih Metode Pembayaran yang diinginkan.
  8. Lakukan konfirmasi pembayaran.
  9. Jika pembayaran sudah berhasil, maka e-voucher hotel akan diterbitkan.

Booking.com

Untuk memesan kamar via booking.com, ikutilah langkah-langkah berikut.

  1. Akses website atau aplikasi booking.com.
  2. Login atau register untuk mulai memesan.
  3. Pilih Accommodation, lalu pilih daerah tujuan.
  4. Pilih tanggal check in dan check out, serta jenis kamar.
  5. Pilih kamar hotel yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  6. Lanjutkan ke Next Step, lalu pilih Book Now untuk memesan.

Tiket.com

Ikuti langkah-langkah berikut untuk memesan kamar melalui tiket.com.

  1. Akses website atau aplikasi tiket.com.
  2. Pilih hotel dan lokasi yang ingin Anda tuju.
  3. Pilih tanggal menginap, jumlah tamu, dan jumlah kamar yang ingin Anda pesan
  4. Pilih dan pesan jenis kamar yang Anda inginkan.
  5. Isi data tamu yang akan check in dan lanjutkan pemesanan.
  6. Pilih Metode Pembayaran yang ingin Anda gunakan.
  7. Lakukan pembayaran.
  8. Setelah pembayaran berhasil, e-voucher akan terkirim ke alamat email Anda.

3. Cara Booking Hotel via WhatsApp

Kini, sudah banyak hotel yang menggunakan WhatsApp sebagai sarana untuk memesan kamar di hotel. Biasanya, hotel akan menyediakan contact person yang dapat dihubungi langsung.

Cara booking hotel melalui WhatsApp memiliki berbagai kelebihan. Selain proses pemesanan yang mudah menggunakan aplikasi messaging yang populer, melalui contact person yang Anda hubungi melalui WhatsApp, Anda juga dapat bertanya apabila ada kendala yang Anda temui saat melakukan pemesanan via contact person tersebut.

Mudahnya cara pesan hotel melalui WhatsApp membuat banyak orang mulai memesan hotel melalui aplikasi ini saat ini. Untuk itu, perusahaan perhotelan harus dapat mengejar teknologi untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar mereka.

WhatsApp Business API dapat menjadi solusi yang tepat untuk menjawab kebutuhan perusahaan perhotelan ini.

Aplikasi WhatsApp Business API by TapTalk.io untuk Memudahkan Proses Pemesanan Kamar melalui WhatsApp

Aplikasi WhatsApp Business API by TapTalk.io untuk Memudahkan Proses Pemesanan Kamar melalui WhatsApp

Mengetahui WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan favorit pengguna membuat Anda sebagai pemilik bisnis perhotelan ingin menggunakan aplikasi ini sebagai salah satu sarana pemesanan kamar di hotel Anda.

WhatsApp Business API memungkinkan Anda untuk mengirimkan notifikasi pelanggan melalui pesan template dari bisnis ke pelanggan dan layanan pelanggan melalui pesan ketika mereka menghubungi Anda.

Dengan otomatisasi WhatsApp Business API, Anda dapat menawarkan dukungan 24 jam untuk pelanggan dengan biaya yang lebih rendah. Biaya yang lebih hemat ini datang dari penggunaan pesan template dan chatbot yang mengurangi pekerjaan manual.

Tertarik untuk menggunakan WhatsApp Business API demi kemajuan bisnis Anda? OneTalk by TapTalk.io dapat menjawab kebutuhan Anda.

Sebagai penyedia layanan WhatsApp Business API terpercaya di Indonesia, sudah banyak perusahaan yang mempercayai TapTalk.io sebagai sumber aktivasi akun WhatsApp Business API mereka.

OneTalk by TapTalk.io juga dapat membantu Anda untuk menawarkan lebih banyak value kepada pelanggan. Ada banyak fitur yang dapat Anda manfaatkan dari OneTalk, antara lain fitur chatbot, mengirimkan pesan otomatis, mengatur pesan template, membuat pesan balasan di luar jam kerja, dan masih banyak lagi.

Di samping itu, sebagai platform omnichannel messaging, OneTalk by TapTalk.io juga memungkinkan perusahaan untuk melakukan integrasi beberapa aplikasi perpesanan dalam satu dasbor. Selain WhatsApp, Anda juga dapat mengintegrasikan aplikasi perpesanan populer lainnya, seperti Instagram dan Google. Dengan begitu, Anda tidak perlu takut kelewatan satu pelanggan pun melalui setiap aplikasi yang kamu gunakan.

Ingin merasakan langsung kemudahan yang ditawarkan oleh fitur-fitur dari OneTalk? Kunjungi link ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai OneTalk.

Related Posts