pt tap talk teknologi blog
Whatsapp Business API: Penjelasan dan Cara Menggunakannya

Whatsapp Business API: Penjelasan dan Cara Menggunakannya

By Jessica Jacob
02 / 12 / 2022

Pernahkah Anda berpikir untuk menggunakan WhatsApp API untuk bisnis tetapi Anda tidak yakin apa itu atau bagaimana cara kerjanya? WhatsApp mendapat peringkat teratas sebagai aplikasi perpesanan favorit pengguna. Mengacu pada pada hal tersebut. WhatsApp tak henti mengembangkan fitur-fitur di dalamnya untuk semakin meningkatkan pelayanan demi kepuasan pengguna. WhatsApp pun mencanangkan menjadi pelopor bagi pemilik bisnis-bisnis besar untuk berkomunikasi dengan pelanggan menggunakan WhatsApp Business API.

Blog ini akan menjawab seberapa penting WhatsApp Business API untuk bisnis, apa itu WhatsApp API, serta cara membuat akun WhatsApp API. SImak lebih lanjut di bawah ini.

Whatsapp Business API: Penjelasan dan Cara Menggunakannya

Apa itu WhatsApp API?

WhatsApp API dirancang untuk perusahaan menengah hingga besar yang ingin menggunakan WhatsApp dengan banyak pengguna. Ini lebih kompleks daripada akun WhatsApp Business. Misalnya, WhatsApp API tidak memiliki aplikasi atau antarmuka front-end dan perlu diintegrasikan ke dalam perangkat lunak bisnis.

Bisnis dapat menggunakan salah satu dari dua opsi API: WhatsApp Cloud API, yang dapat diperoleh langsung dari Meta, dan WhatsApp On-premises API, juga dikenal sebagai WhatsApp Business API atau WhatsApp API yang dapat diperoleh melalui layanan pihak ketiga yang disebut Business Solution Providers.

Keunggulan WhatsApp yang dapat digunakan pada beberapa device sekaligus juga menunjang Whatsapp untuk diakuisisi oleh OneTalk messaging platform sebagai agen penjualan, marketing, dan support (customer service). Gabungan antara messaging platform bersama WhatsApp for Business API akan membuat seolah-olah pengguna memiliki customer service yang selalu tersedia 24 jam. Dengan demikian komunikasi customer dengan pemilik bisnis sebagai pengguna WhatsApp tersebut dapat berjalan dengan baik. 

Untuk dapat menggunakan kinerja dua platform pendukung penjualan tersebut, pengguna dapat mengunduh WhatsApp pada device yang diinginkan, seperti laptop dan handphone, kemudian menyinkronkan kedua device dan men-scan kode QR yang ada pada handphone. 

Selama keduanya terhubung dengan jaringan internet, WhatsApp dapat melakukan tugasnya sebagai live chat e-commerce. Integrasi WhatsApp sebagai layanan pelanggan e-commerce memungkinkan Anda untuk melakukan beberapa hal berikut:

  • meningkatkan interaksi dengan pelanggan
  • sistem sales customer service
  • mengirim template pesan broadcast hingga menjadi manajemen basis data pelanggan sekaligus obrolan

Fitur Utama Layanan WhatsApp Business API

Sedikit berbeda dengan WhatsApp biasa, dengan WhatsApp Business API, Anda akan mendapatkan:

  • Integrasi dengan alat seperti CRM, analitik, dan aplikasi pihak ketiga
  • Centang Hijau, profil WhatsApp Business terverifikasi
  • Broadcast Message untuk pemberitahuan massal
  • Tidak ada aplikasi atau antarmuka, gunakan melalui BSP atau CRM
  • WhatsApp Chatbot & dukungan pesan interaktif
  • Akses multi-agent untuk dukungan pelanggan

Manfaat Menggunakan WhatsApp Business API

WhatsApp Business API merupakan platform yang dapat digunakan oleh pelaku bisnis sebagai media komunikasi dengan pelanggan. Ada banyak keuntungan dengan penggunaan Whatsapp Business API.

Setelah kalian telah menguasai cara-cara di atas, sekarang saatnya memahami kelebihan WhatsApp Business API untuk bisnis Anda. Terdapat beberapa keuntungan yang dapat membantu Anda dalam menjalankan aktivitas bisnis. Yuk, kita simak kelebihan-kelebihan dari WhatsApp Business API tersebut.

Manfaat Menggunakan WhatsApp Business API

1. Meningkatkan Penjualan

WhatsApp sudah menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Sebagian besar penggunanya mengakses aplikasi beberapa kali sehari. Hal ini menjadikan WhatsApp sebagai saluran yang menguntungkan sebagai saluran komunikasi kepada publik. Keuntungan ini meningkatkan peluang konversi pelanggan potensial menjadi pelanggan. WhatsApp adalah saluran pribadi dan menawarkan tingkat konversi yang lebih tinggi daripada website biasa.

Industri seperti Pendidikan, Perbankan, Telekomunikasi, Otomotif, Farmasi, Ritel, dll. sudah memanfaatkan saluran ini untuk meningkatkan penjualan mereka. WhatsApp Business API dapat menjadi toko serba ada untuk semua komunikasi bisnis Anda. Itu juga dapat diintegrasikan dengan CRM apa pun yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah memahami perilaku pelanggan.

Pelanggan lebih cenderung membeli bisnis yang memungkinkan mereka terhubung dengan mudah karena memberi mereka rasa aman. Karena ketika pada suatu saat mereka menerima produk yang cacat atau berbeda dari yang dipesan, meminta perusahaan mengganti produk atau pengembalian dana akan jadi lebih mudah. Itulah mengapa WhatsApp Business API memiliki peranan penting.

2. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Tersedia di saluran favorit mereka selama 24 jam akan meningkatkan customer experience pelanggan karena mereka dapat terhubung dengan bisnis kapan saja dan di mana saja. Mereka tidak perlu menunggu dalam antrean panjang pada panggilan dan juga menanggapi pesan tepat ketika mereka terkirim.

WhatsApp menyediakan solusi untuk menghubungkan bisnis dan pelanggan dalam dua arah. WhatsApp tidak mengharuskan pelanggan untuk mengetikkan nomor tertentu untuk memulai percakapan dan mereka juga tidak harus menutup aplikasi atau menghubungi nomor tersebut untuk menelepon bisnis. 

Dengan WhatsApp Business, pelanggan dapat membalas setiap percakapan dengan mulus di satu aplikasi. WhatsApp juga merupakan platform yang ideal untuk mengirim pemberitahuan penting termasuk konfirmasi pesanan, peluncuran produk baru, customer support, dan segala jenis komunikasi yang mengharuskan pelanggan mengunjungi toko fisik.

3. Mengurangi Biaya Operasional

Chatbot memungkinkan Anda untuk membalas pesan secara otomatis saat Anda tidak bekerja atau di luar jam kerja. Beberapa analisis menunjukkan bahwa chatbot bisa 3-4 kali lebih efektif daripada agent call center. Chatbot menghemat biaya layanan pelanggan karena dapat melakukan sekitar 30% percakapan pelanggan. 

Chatbot WhatsApp menanggapi sebagian besar pertanyaan pelanggan dan dengan demikian memberikan dukungan pelanggan 24/7 tanpa meningkatkan biaya operasional. Ini karena fitur chatbot WhatsApp ini memiliki AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan yang dapat merespon berbagai pesan yang dikirim. Anda bahkan dapat pergi berlibur dengan tenang dan menjalankan bisnis Anda sehingga Anda tidak perlu lagi takut atau khawatir.

Layanan WhatsApp memberikan biaya yang jelas bagi perusahaan jika dibandingkan dengan pusat panggilan tradisional.

4. Terdapat Sistem Komunikasi untuk Konsumen

Kelebihan yang pertama adalah, WhatsApp Business API memiliki fungsi notifikasi. WhatsApp Business API memungkinkan Anda memberikan pemberitahuan atau pemberitahuan kepada konsumen atau pasar sasaran kapan saja. Ini bisa berupa pembaruan terkini atau pengingat. 

5. Memiliki Fitur Chat Panel

WhatsApp Business API juga memiliki fitur chat panel yang memungkinkan Anda menjawab berbagai keluhan dan pertanyaan secara bersamaan menggunakan fitur ini. Menarik, bukan?  Fitur ini sendiri berbeda dengan fitur chatbot, karena memiliki layanan pelanggan yang langsung tanggap. Tentunya akan sangat berbeda dengan chatbot. Dengan menanggapi obrolan konsumen melalui chat panel, Anda dapat mengatakan bahwa mereka tahu dan tahu apa yang mereka inginkan.

6. Menyediakan Fitur Schedule Messages

Schedule Messages itu sendiri adalah fitur dari WhatsApp Business API yang mengatur detail waktu, seperti kapan chat dikirim. Tentunya dengan adanya fitur ini, Anda tidak akan lupa untuk mengirimkan informasi atau update terbaru kepada konsumen Anda. Anda dapat memastikan bahwa pelanggan Anda akan menerima update terbaru mengenai bisnis Anda dan Anda dapat menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan.

Selain manfaat di atas, terdapat banyak manfaat yang dapat diperoleh saat menggunakan WhatsApp Business API untuk meningkatkan kinerja bisnis dan konektivitas dengan konsumen. Salah satunya adalah untuk meningkatkan kesan baik pelanggan Anda terhadap bisnis Anda.

Baca juga: Cara Menggunakan dan Aplikasi Auto Reply WhatsApp Business

Apakah WhatsApp Business API tepat untuk Anda?

Sebelum memulai menggunakan WhatsApp Business API, pertanyaan penting ini harus Anda jawab terlebih dahulu.

Jawaban paling lugas biasanya adalah bisnis dengan 1-5 orang biasanya dapat mengelola dengan aplikasi WhatsApp Business gratis. Seiring skala bisnis Anda, disarankan untuk pindah ke WhatsApp Business API.

Tetapi mengambil keputusan untuk menggunakan WhatsApp Business API sebenarnya jauh lebih kompleks dari hal tersebut. Kriteria di bawah ini mungkin akan membantu Anda mengambil keputusan.

WhatsApp Business API tepat untuk Anda, jika:

  • Anda adalah bisnis besar dan memiliki lebih dari 300 pelanggan aktif yang ingin Anda ajak berinteraksi di WhatsApp secara real-time.
  • Anda menemukan solusi untuk menggunakan WhatsApp untuk mengirim pemberitahuan otomatis ke pelanggan Anda (pemberitahuan status, pembaruan pembelian, dll.).
  • Anda ingin menggunakan WhatsApp sebagai saluran untuk mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan dukungan pelanggan, atau menawarkan pengalaman pembelian yang dipersonalisasi.
  • Anda memerlukan lebih dari 2 orang untuk mengelola volume percakapan yang diharapkan.
  • Waktu agent yang dihabiskan untuk setiap percakapan dan waktu respons sangat penting untuk bisnis Anda dan Anda memerlukan alat otomatisasi pihak ketiga untuk meningkatkan efisiensi tim Anda secara keseluruhan.
  • Anda memerlukan perdagangan percakapan WhatsApp dan platform automatisasi.

Tutorial 5 Langkah Cara Daftar WhatsApp Business API

Langkah-langkah di bawah ini memberikan informasi tentang cara menyiapkan klien bisnis WhatsApp API, mendaftarkan nomor telepon, memperbarui pengaturan, dan mengirim pesan pengujian. Kita akan bahas tuntas semuanya!

Sebelum melakukan langkah demi langkah untuk menghubungkan dan menggunakan layanan WhatsApp Business API, Anda memerlukan:

a. Akun Facebook Business Manager

Anda harus menyiapkan nomor telepon di bawah WhatsApp Business API, yang dikelola melalui Facebook Business Manager. Facebook Business Manager juga merupakan tempat Anda mengelola aset Facebook lainnya. Setiap WABA dapat berisi hingga 25 nomor, tergantung pada kategori nomor telepon.

b. Bisnis yang terverifikasi (centang hijau)

Setelah memverifikasi bisnis yang Anda kelola, bisnis yang Anda miliki ditinjau kesesuaiannya dengan Persyaratan Layanan WhatsApp dan Kebijakan Perdagangan WhatsApp. Langkah ini dimulai secara otomatis dan Anda dapat memeriksa verifikasi bisnis (centang hijau) dan status verifikasi bisnis di tab pengaturan akun WhatsApp Business dari manajer bisnis. 

Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan Verified WA (Whatsapp Centang Hijau)

c. Akun WhatsApp Business

Profil Bisnis WhatsApp API memberi pelanggan lebih banyak informasi tentang bisnis Anda. Bisnis dapat mengoptimalkan profil bisnis mereka dengan memperbarui foto sampul, deskripsi, alamat, email, dan situs web mereka.

d. Fasilitas Kredit untuk Akun WhatsApp Business API

Langkah 1: Siapkan akun WhatsApp Anda

Tambahkan data seperti nama dan nomor telepon Anda ke akun WhatsApp Business Anda. Sekarang, jika Anda ingin mengubah nama tampilan akun Anda kapan saja, Anda hanya dapat mengubahnya 2 kali dalam 30 hari atau 1 bulan.

Setelah semua verifikasi dan entri data ini selesai, Anda dapat melihat dan mengakses sertifikat yang dikodekan base64 yang diperlukan untuk mendaftarkan klien WhatsApp Business API. Anda disarankan untuk mendaftar menggunakan nama tampilan yang disetujui untuk memulai integrasi. Anda dapat mengubah nama tampilan setiap saat setelah penggabungan, sebelum membuat perubahan lebih lanjut pada nama tampilan.

Langkah 2: Siapkan klien WhatsApp Business API

Klien WhatsApp API Business didasarkan pada Docker. Klien bisnis WhatsApp API berjalan di komputer yang memiliki koneksi internet dan menjalankan Docker. Misalnya, Anda dapat melakukan tes sederhana di laptop. Untuk server produksi, WhatsApp sendiri merekomendasikan minimal 250 GB SSD, RAM 16 GB, dan CPU 4 core. HDD tidak disarankan karena kecepatan I / O menyebabkan kertas macet saat sedang memuat.

Dalam kebanyakan kasus, Anda perlu menjalankan database di server fisik yang terpisah dari container Coreapp dan Webapp.

Pemasangan sendiri klien WhatsApp Business API dapat dilakukan dengan dua cara:

Penginstalan di tempat: Anda dapat menggunakan wizard penginstalan untuk menyiapkan container Docker Anda sendiri. WhatsApp merekomendasikan untuk memulai pengaturan pengembang untuk mempelajari proses pengaturan dan pengiriman pesan.

Solusi ini dapat digunakan di komputer sebelum bermigrasi ke lingkungan produksi.

Amazon Web Services (AWS): Jika Anda menggunakan AWS atau menginginkan solusi yang lebih mandiri, lihat Panduan AWS. Solusi AWS menyiapkan solusi WhatsApp API lengkap termasuk pencadangan, pemulihan, dan lainnya.

Langkah 3: Pendaftaran

Setelah berhasil meluncurkan klien bisnis WhatsApp API, Anda dapat mendaftarkan nomor telepon Anda dengan mengirimkan panggilan API ke endpoint akun Anda atau mengisi formulir pendaftaran di pengaturan bisnis web.

Langkah 4: Perbarui pengaturan

Pada titik ini, Anda dapat mengubah pengaturan aplikasi setelah klien WhatsApp API Business berjalan. Tetapi sisi negatifnya adalah Anda tidak akan dapat mengakses pengaturan profil klien bisnis WhatsApp API sampai pendaftaran selesai.

Seperti halnya proses pendaftaran, Anda dapat mengubah banyak pengaturan klien WhatsApp Business API menggunakan panggilan API atau pengaturan bisnis web.

Pengaturan aplikasi menentukan bagaimana klien berperilaku, seperti mengatur callback, webhook, pager, status yang ditransfer, dan media download. 

Catatan: Sebaiknya siapkan URL webhook untuk menerima pemberitahuan tentang pesan masuk dan kesalahan.

Pengaturan profil bisnis dan pengaturan profil mencakup informasi bisnis seperti alamat, email, situs web, industri, informasi tentang bisnis yang Anda kelola, dan gambar profil.

Langkah 5: Kirim pesan percobaan

WhatsApp Business API memungkinkan Anda mengirim empat jenis pesan pengujian: teks, templat pesan, dokumen, atau media. Dengan catatan, Anda harus memiliki template pesan yang disetujui di akun WhatsApp API Business Anda untuk menguji fungsinya.

Anda juga dapat menggunakan endpoint messages untuk mengirim pesan pengujian. Pertama, periksa status nomor telepon yang Anda gunakan untuk pengujian. Nanti, Anda perlu mengirim pesan dari nomor telepon uji Anda ke akun WhatsApp Anda untuk memastikan fitur ini berfungsi dan berfungsi sesuai keinginan. Anda dapat dengan lebih mudah mengirim semua jenis pesan dalam waktu 24 jam kemudian.

Kemudian kirim pesan teks ke nomor telepon tes. Ketika pesan tiba, itu berhasil diinstal. Jika tidak sampai, periksa webhook untuk pemberitahuan yang dapat memberitahu Anda tentang masalah dan masalahnya.

Baca juga: Simak Tutorial Menggunakan Chatbot WhatsApp!

Cara Mendapatkan WhatsApp Business API di Indonesia dengan Mudah?

Ingin tahu cara lain yang lebih mudah? Anda dapat menghubungi PT Tap Talk Teknologi untuk mendapatkan akun WhatsApp Business API. Karena PT Tap Talk Teknologi adalah penyedia layanan WhatsApp Business API terpercaya di Indonesia.

Langkah termudah dan tercepat yang dapat digunakan untuk menjadikan WhatsApp Business API untuk meningkatkan bisnis penjualan adalah dengan menggunakan OneTalk Messaging Platform.

OneTalk by TapTalk.io adalah omnichannel messaging platform yang dapat melakukan integrasi beberapa aplikasi perpesanan dalam satu dasbor.

Platform ini akan membantu pengguna sebagai pengusaha bisnis dalam banyak hal, selain untuk mencapai target penjualan, pengguna dapat menghemat pengeluaran untuk sumber daya manusia yang berperan sebagai customer service, mendapat akun centang hijau, tersedia secara real-time untuk pelanggan, dan tugas-tugas manajerial lain karena paduan kedua perangkat lunak ini akan menggantikan banyak tugas yang biasa dilakukan oleh sumber daya manusia.

Kesimpulannya, kedua kombinasi perangkat lunak ini akan efisiensi besar-besaran pada sisi pengguna. Jadi, yang ingin segera menempati puncak penjualan teratas dengan menjaring customer dengan mudah, pengguna dapat segera mengadopsi perangkat lunak era digital ini sebagai satu langkah tepat.

Share this article

Related Posts

By Jessica Jacob

12 / 11 / 2021

YouGov 2021 International FMCG/CPG report: Consumer Goods in Crisis reveals changes in FMCG/FMCG consumption in Singapore since the pandemic. Two of five (38%) of Singaporeans say they have purchased groceries or household necessities through an online supermarket, and more than two in five (46%) have done so in April 2021. Nearly two-thirds (63%) agree that […]

Read More

By Regita

20 / 05 / 2021

Perkembangan dunia komunikasi telah berkembang dari pesan yang lambat bagaikan siput menjadi obrolan super cepat seperti cheetah. Jumlah orang yang menggunakan chat dan messenger akan terus naik dan akan terus digunakan di masa mendatang.  Hal ini juga terjadi karena banyak orang yang cenderung lebih suka dengan timbal balik yang cepat. Karenanya, banyak messenger yang terus […]

Read More

By Jessica Jacob

06 / 07 / 2022

Pernahkah Anda membeli sebuah produk yang tidak sesuai dengan iklannya? Anda akan merasa ditipu, bukan? Tanpa harus pikir panjang, Anda pasti akan segera mengembalikan produk dan meminta pengembalian dana, terutama jika Anda telah mengeluarkan sejumlah uang untuk itu. Setelah itu, perlu banyak pertimbangan sebelum Anda akan membeli dari merek itu lagi. Itu terjadi karena mereka […]

Read More
1 2 3 63
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Jl. Kyai Maja No.25c, RT.12/RW.2, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120

© 2020 - 2021 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer