pt tap talk teknologi blog
5 Tips Cegah Pelanggan Kesal Ketika Harga Naik

5 Tips Cegah Pelanggan Kesal Ketika Harga Naik

By Jessica Jacob
10 / 04 / 2022

Mengumumkan kenaikan harga kepada pelanggan mungkin menjadi tugas yang menakutkan bagi perusahaan. Namun, dengan strategi yang tepat, Anda bahkan dapat memenangkan kesetiaan mereka.

5 Tips Cegah Pelanggan Kesal Ketika Harga Naik

Apakah ada pelanggan yang suka harga produk favoritnya naik? Sepertinya tidak. Namun, terkadang bisnis mengalami kondisi tertentu yang mengharuskan mereka untuk menaikkan harga. Bisa saja karena inflasi, peningkatan harga modal, fitur, dan banyak lagi. 

Menaikkan harga tanpa memberikan tanda-tanda kepada pelanggan dapat menyebabkan tren negatif. Mereka perlu memahami maksud di balik kenaikan harga. Karena itu, Anda perlu mengkomunikasikan alasan kenaikan harga. Simak tips cegah pelanggan kesal ketika harga naik pada artikel berikut ini!

Bagaimana cara mengumumkan kenaikan harga kepada klien?

Bagaimana cara mengumumkan kenaikan harga kepada klien?

Menurut riset yang dilakukan Esteban Kolsky, 13 persen pelanggan yang tidak senang akan menyampaikan keluhan mereka kepada 15 orang atau lebih. Dan, mereka yang tidak complain (91%) akan berhenti membeli produk Anda. Angka ini tentunya berdampak besar pada bisnis.

Baca juga: Sikat Tuntas CRM untuk Kembangkan Bisnis Anda

Oleh karena itu, Anda bisa mencoba untuk mencegah ketidaksenangan mereka akan kenaikan harga dengan melakukan cara-cara ini.

1. Hubungi mereka secara langsung

Pastikan Anda langsung mengatasi kenaikan harga sebelum mulai berlaku. Bayangkan betapa kesalnya Anda jika langganan Netflix Anda tiba-tiba meningkat 10% tanpa peringatan. 

Jadi, kirimkan email atau pesan ke pelanggan Anda sebelum itu terjadi. Beri tahu mereka situasinya (termasuk kapan kenaikan harga akan berlaku). Semakin jelas Anda dengan pelanggan, semakin kecil potensi kesalahpahaman. 

2. Beri pelanggan waktu

Jika memungkinkan, beri pelanggan pemberitahuan satu atau dua bulan. Hal ini memungkinkan mereka untuk memahami perubahan harga, dan juga untuk membuat keputusan selama periode waktu itu sebelum harga naik.

Misalnya, Anda adalah pemilik brand skincare dan memutuskan untuk menaikan harga toner. Bila Anda menginformasikan kenaikan harga 2 bulan sebelum harganya benar-benar naik, pelanggan Anda berkesempatan untuk membeli atau menyetok produknya.

3. Yakinkan mereka kalau harga tinggi menghasilkan kualitas yang lebih baik

Mengumumkan kenaikan harga dapat dibuat sederhana jika Anda meyakinkan mereka tentang kualitas yang lebih baik. 

Kenaikan harga dapat membingungkan pelanggan jika mereka adalah pelanggan tetap dan sudah sering membeli produk Anda dalam waktu yang cukup lama. Ini berarti Anda perlu memastikan bahwa kualitas produk dipertahankan atau mungkin menjadi lebih baik.

Anda juga bisa menginformasikan mereka alasan apa saja yang membuat harga naik. Beberapa alasan umum untuk kenaikan harga:

  • biaya produksi meningkat,
  • layanan baru atau pilihan produk, dan
  • perubahan biaya operasional.

4. Berikan kesempatan bagi pelanggan untuk menghubungi Anda kembali

Sangat penting untuk memberitahu pelanggan bahwa mereka bisa menghubungi Anda setelah menerima informasi harga baru ini. Yakinkan pelanggan bahwa mereka selalu dapat menghubungi seseorang di tim Anda dengan pertanyaan tentang pembaruan harga.

Pastikan tim customer service Anda diberi pengarahan tentang cara terbaik untuk merespons pelanggan ini.

5. Berterima kasih kepada pelanggan

Tunjukkan rasa terima kasih Anda kepada pelanggan karena mereka telah berusaha memahami kenaikan harga.

Selain itu, bila Anda kehilangan klien karena persoalan harga, bersikaplah sopan dan hargai hubungan yang Anda miliki. Mungkin, suatu hari nanti mereka akan kembali menjadi pelanggan Anda.

Baca juga: 7 Tips Meningkatkan Retensi Pelanggan yang Wajib Dicoba

Contoh Pesan Kenaikan Harga

Meski menghubungi pelanggan melalui telepon terkesan lebih baik, Anda tidak mungkin bisa menghubungi mereka jika jumlahnya sangat banyak. Oleh karena itu, Anda perlu menyusun email atau pesan broadcast untuk berkomunikasi dengan audiens massal Anda. Berikut ini salah satu contoh pesan yang bisa Anda ikuti.

Pemberitahuan Kenaikan Harga
Setelah menganalisis dengan cermat peningkatan biaya bahan dan operasional, kami menulis ini untuk memberitahu Anda tentang kenaikan harga yang diperlukan di masa mendatang.
Kami akan mengalami kenaikan harga sebesar 10% pada beberapa produk sunscreen. Harga baru ini akan efektif mulai tanggal 15 April 2022.
[Anda bisa menjelaskan fitur-fitur baru atau kandungan baru apa saja yang akan muncul nanti]
Percayalah bahwa kami telah melakukan segala upaya untuk menjaga kenaikan ini seminimal mungkin. Jika ada pertanyaan terkait perubahan harga dan kandungan baru, Anda bisa menghubungi customer care kami melalui email ini.
Terima kasih atas dukungan kalian

Seperti yang Anda lihat, pesan tersebut menyatakan persentase kenaikan harga dan kapan akan berlaku. Surat itu dimulai dengan menyatakan alasan yang jelas untuk perubahan itu. 

Selain itu, pesan ini juga menekankan bahwa pelanggan bisa menghubungi brand untuk menanyakan perubahan harga tersebut.

Jangan takut akan kenaikan harga

Jangan takut akan kenaikan harga

Value setiap produk akan berubah seiring waktu dan harganya berkemungkinan untuk berubah secara berkala. Jangan takut untuk mengubah strategi keuangan Anda tergantung pada kondisi pasar, pengembangan produk, atau alasan lainnya. 

Bagian tersulit dari kenaikan harga adalah mengelola reaksi pelanggan. Tapi itu tidak terlalu rumit jika Anda mengingat aturan sederhana yang singkat ini:

  • Tunjukkan kepastian dalam keputusanmu dan teruslah maju
  • Jelaskan  bahwa kenaikan harga akan berharga bagi pelanggan
  • Tetap singkat jangan bertele-tele
  • Buka percakapan pribadi, one-on-one dan berikan cara kepada pengguna untuk menghubungi Anda
  • Pertimbangkan untuk memberikan penawaran khusus untuk peningkatan pendapatan sebelum harga naik

Menghubungi pelanggan satu per satu memang bukanlah tugas yang mudah. Namun, Anda bisa mencoba mengirimkan pesan broadcast ke mereka dengan OneTalk dari Taptalk. Layanan omnichannel ini mempunyai fitur Broadcast Message yang dilengkapi dengan Contact Segments. Fitur ini dapat mempermudah pekerjaan Anda jika pesan yang dikirim hanya ditujukan untuk pelanggan tertentu.

Dengan pesan broadcast, Anda tidak perlu banyak tenaga dan waktu untuk menghubungi semua pelanggan Anda.

Baca juga: Ini Contoh Template Pesan Broadcast WhatsApp yang Kreatif!

Selain itu, layanan omnichannel ini juga menyediakan berbagai saluran agar pelanggan bisa menghubungi agent Anda sesuai dengan channel yang mereka inginkan. Ini akan memudahkan pelanggan saat mereka ingin menanyakan kejelasan harga yang naik.

Sebenarnya pelanggan tidak akan benar-benar marah tentang kenaikan harga, tetapi jika Anda memberikan pesan yang tepat, Anda dapat menghindari emosi klien. Ingat komunikasi yang tepat adalah kunci sukses dalam mendapatkan pelanggan loyal. 

Anda bisa mulai mendapatkan pelanggan setia dengan menggunakan OneTalk! Agent kami juga akan selalu tersedia dalam menanggapi Anda di sini.

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Ardian

14 / 12 / 2020

Now we have entered the digital era, where everything is easier with the help of the internet and technology. In this era, all companies need to improve how they think, how they deal with consumers, partners, and vendors, and how the organization functions within them. Table of Contents What is Digitalization and Digital Transformation?What is […]

Read More

By Jessica Jacob

14 / 07 / 2023

Mengeluh di media sosial terkait buruknya pelayanan sebuah perusahaan memang sedang marak. Terkadang kalimat menohok datang sebagai kritik yang membangun, tetapi tak jarang juga mereka berbentuk cercaan frustasi pelanggan. Ujaran seperti ini dapat merusak reputasi perusahaan dan sangat fatal akibatnya.  Pun demikian, Anda dapat mengatasi dan mengantisipasi hal tersebut terjadi. Bukan dengan cara yang kasar […]

Read More

By Jessica Jacob

16 / 04 / 2022

Ramadan hampir tiba. Artinya sekarang sudah waktunya untuk memulai kampanye marketing Ramadan Anda. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan Snapcart, sebanyak 46% orang berencana untuk meningkatkan pengeluarannya selama Ramadan. Table of Contents Mengapa Strategi Pemasaran Saat Ramadan Penting?Apa yang Orang Beli di Bulan Ramadan?Tips Membuat Kampanye Marketing Selama Ramadan1. Buat Rencana dan Menerapkannya Lebih Awal2. Bersikap […]

Read More
1 2 3 109
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer